Saturday

Jangan Bingung, Ini Dia Format Surat Pengunduran Diri

Format Surat Pengunduran Diri Secara Resmi

Jangan Bingung, Ini Dia Format Surat Pengunduran Diri - Banyak orang langsung keluar kerja tanpa pembuatan format surat pengunduran diri secara resmi. Biasanya hal ini dilakukan oleh para karyawan swasta atau di pabrik-pabrik yang sedang mengalami persoalan dalam pekerjaannya.

Tapi jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang kredibel, Anda harus membuat surat pengunduran diri agar lebih sopan. Surat pengunduruan diri ini memang menjadi aturan kantor. Anda dapat memahami betapa pentingnya surat pengunduruan diri melalui artikel ini.

format surat pengunduran diri


Surat pengunduran diri merupakan surat yang secara resmi dibuat oleh para pekerja atau karyawan yang hendak memutuskan hubungan kerja. Surat ini sifatnya formal dan bersifat resmi bagi kantor maupun pimpinan perusahaan.

Contoh Format Surat Pengunduran Diri yang Baku

Anda harus memahami bagaimana format surat pengunduran diri yang baku, untuk jaga-jaga jika nanti memang diperlukan. Adapun formatnya sebagai berikut ini:

Semarang, 25 Januari 2018
Kepada
Yth. ManagerHRD
PT Mustika Ratu
Jl. Stroberi 2, Banyumanik
Semarang

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya Raihan Adi, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Mustika Ratu sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 25 januari 2010.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT Mustika Ratu, dan tidak hanya itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Mustika Ratu jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu PT Mustika Ratu dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.
Salam Sejahtera,

Hormat saya,
(TTD)
Raihan Adi

Kegunaan Surat Pengunduran Diri yang Perlu Diketahui

Ada beberapa kegunaan surat pengunduran diri yang perlu diketahui secara detail agar bisa menggunakannya dengan baik yaitu sebagai berikut:

Pengajuan Formal

Saat Anda hendak melamar pekerjaan, tentu Anda melakukan pengajuan formal kepada kantor dan atasan. Sama halnya ketika Anda hendak mengundurkan diri dari pekerjaan, tentu Anda akan membuat ulang surat pengunduran diri secara formal. Anda tentunya mendaftar pekerjaan secara baik-baik, tentunya keluar pun juga dengan cara baik-baik.

Pemberitahuan Resmi Kepada Atasan dan Kolega 

Saat Anda hendak melakukan pemutusan hubungan kerja, tentunya Anda juga perlu yang namanya pemberitahuan secara resmi kepada atasan dan kolega. Pengunduran diri ini tentunya untuk memberikan deklarasi kepada teman sejawat di dalam kantor mengetahui bahwa Anda sudah keluar dari pekerjaan.

Persyaratan Surat Pengalaman Kerja

Apabila Anda mengundurkan diri dari kantor dengan kondisi resmi dan baik-baik saja, tentu Anda akan mendapatkan surat pengalaman kerja. Sebaliknya jika Anda keluar tanpa permisi, tentu Anda tidak akan mendapatkan surat pengalaman kerja.


Pengarsipan di Bagian Human Resource

Pada bagian human resource, setiap profil anggota kerja tentunya harus tersimpan rapi. Salah satunya ialah profil pegawai yang sudah mengundurkan diri. Sehingga semua biodata karyawan yang pernah bekerja juga tersimpan dengan baik.

Demikian format dari surat pengunduruan diri yang bisa Anda gunakan sebagai pedoman. Jangan sampai Anda asal dalam melakukan pengunduran diri. Anda bisa melakukan pengunduran diri dengan cara yang baik dan terhormat.

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat jika dapat membuat surat resmi, salah satunya ialah surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri merupakan salah satu surat yang harus dipahami oleh setiap karyawan sehingga mampu menempatkan diri dengan baik, termasuk saat ingin mengundurkan diri. Semoga format surat pengunduran dri ini bermanfaat. 


Update! Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang surat resign, kami telah mempersiapkan pembahasan yang lebih mendalam di ✪ Contoh Surat-surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top