Thursday

99+ Contoh Cerpen Persahabatan

99+ Contoh Cerpen Persahabatan - Cerpen tentang persahabatan adalah salah satu contoh cerpen yang isi nya mengandung nilai-nilai kehidupan dalam bersosial. Isi cerpen persahabatan biasanya bercerita tetang lika-liku persahabatan. Terdapat cerita gembira, sedih duka ataupun yang menyeramkan.

Cerpen tentang persahabatan biasanya memiliki hikmah yang dapat diambil pembaca di akhir ceritanya. Itulah kenapa cerpen yang bertema tentang persahabatan sangat menarik untuk dibaca. Sebagai bentuk apresiasi kepada pecinta cerpen tentang persahabatan, kami telah membuatkan rangkuman cerpen tentang persahabatan dengan daftar judul yang dapat dilihat dibawah ini:




Di sebuah pulau karang kecil ombak berdebur-debur memukul-mukul hamparan luas nan indah sisir pantai. Di pulau itu bersarang seekor burung rajawali yang berbadan besar dan gagah perkasa. Tubuhnya berwarna coklat kehitaman dengan leher berwarna kuning emas. Seandainya sang rajawali menerkam kambing atau rusa, ia sanggup membawanya terbang ke atas membumbung tinggi di awan-awan. Sayapnya yang lebar dan indah menambah keperkasasaan si rajawali tersebut. 

"Tidak ada Makhluk yang segagah dan kuat aku. Pulau ini adalah wilayah ku. Barangsiapa melawanku akan aku cakar dengan kuku kuku ku yang tajam", gumam sang rajawali sambil mengepakkan sayap dan menggoreskan kukunya yang tajam diantara bebatuan. Pada saat sang rajawali sedang asyiknya bergumam menyombongkan dirinya, melintaslah seekor burung camar yang sejak tadi memperhatikannya dari langit.

"Ah... belum tentu wahai rajawali". sahut sang burung camar sambil bertebangan mengelilingi sang Rajawali. 

"Hah.....??, apa katamu burung kerdil, hah.", kata sang rajawali dengan mata yang memerah seraya mengawasi burung camar yang senyum-senyum di udara. 

"Jangan lekas marah wahai sahabatku. Di tengah lautan sana, masih ada makhluk yang lebih perkasa dan kuat daripada kau. Jika dibandingkan dengna kau, baahhh,,,, belum ada apa-apanya kau.hahaha" ejek burung camar,

Kemarahan sang rajawali makin menjadi-jadi karena tersinggung oleh perkataan burung camar. berasa kebarakaran jenggot meluap-luap. "Manaa.... Tunjukkan padaku makhluk yang bisa melebihi keperkasaanku," teriak sang rajawali sembari membusungkan dadanya. 

"Kau tidak percaya wahai sahabatku, Terbanglah ke arah selatan dan kita buktikan siapa yang lebih besar dan perkasa." kata burung camar seraya meledek sahabatnya si rajawali. Lanjut membaca 

Sudah pukul tujuh pagi Andi belum juga berangkat ke sekolah. ia telah berpakaian dan menyiapkan tasnya. rupanya masih ada yang dipikirkannya. ia duduk di serambi muka menunggu kawannya, Majid. Sebentar kemudian munculah si Majid di depan rumahnya seperti  biasanya.

"Selamat pagi, An! Ayo, sudah pukul tujuh lewat ini" serunya.
"Majid, hari ini saya tidak masuk sekolah"
"Ah, mengapa? Sudah berpakaian rapi. Ayolah, jangan sampai terlambat", Jawab Majid keheranan.
"Jid, benar-benar saya tidak masuk sekolah. Sekarang tanggal dua belas. Uang SPP tanggal sepuluh sudah harus dibayarkan. Saya bingung hari ini. Ayah sedang ke pasar menjual buah-buahan, mungkin juga untuk mencari uang untuk membayar SPP itu. Ibu sudah dua hari sakit panas. Dua adik saya sudah berangkat sekolah dan keduanya juga belum membayar SPP juga".

Majid sudah tidak tahan lagi mendengar keluhan sahabat karibnya tersebut, Andi tampaknya wajahnya sudah memerah, hendak meneteskan air mata kepiluannya. Matanya mulai berlinangan air mata.

"Baiklah An, jika begitu saya pergi sendiri saja tidak mengapa. Tidak usah kamu masuk sekolah. Nanti akan saya utarakan kepada guru kita. Bantu ibumu saja dirumah. Pulang sekolah nanti saya akan singgah kemari lagi untuk menemuimu."

Andi tidak bisa berkata sepatah pun, Suaranya tersendat-sendat dan tidak dapat keluar. ia hanya mengangguk dan memandangi sahabatnya itu. Majid tampak tergesa-gesa. 

Sesampainya di sekolah, Majid berdebar-debar melihat pekarangan sekolahnya sudah sepi, pertanda bel masuk sudah berbunyi dari tadi. Tahulah ia bahwa sudah terlambat. Apa yang harus dilakukannya. Segera ia menuju ke kantor Pak Tata, Kepala Sekolahnya, dan menerangkan kepadanya mengapa dia terlambat. Pak Tata kemudian mengambil secarik kertas, dibuatnya catatan diatasnya, kemudian diberikannya kepada Majid. Setelah ia memberi hormat kepada Pak Tata kemudian ia langsung masuk kedalam ruang kelasnya. Lanjut membaca

Kau bertanya pada Mak tentang cinta. Usiamu kala itu sebelas tahun. teman-teman sekolah suka menggodamu dengan kata itu. “Cinta itu apa, Mak?”tanyamu dalam logat Malaysia yang kental.

Aku menggaruk kepala yang tak gatal. Kenapa tak kau tanyakan masalah sepenting ini pada Mami dan Papi, Cinta?

“Mak macam tak tahu saja. Mami Papi busy terus. Bila pula Cinta nak ketemu mereka?” Jawabanmu tepat sasaran. Kesibukan dua orang tuamu memang luar biasa. Belum dengan waktu yang sedikit kau masih harus berbagi pula dengan tiga adik perempuan, yang hanya berjarak satu atau dua tahun. Kecuali si kecil, Aminah yang baru berusia enam bulan. Bocah mentel itu hadir di tengah-tengah langkah awalmu menginjak usia remaja. Apa yang bisa Mak cakap, begitulah adanya. Dua orang tuamu ketika pulang, langsung disibukkan terutama oleh ulah si kecil. Dan Cinta? Mau tak mau tampaknya Emak yang dungu ini yang harus menjelaskan rasa ingin tahumu, ya?

“Cinta itu ...” Aku merangkai kata, dengan pandangan serona mawar. Mestinya cinta sesuatu yang indah. Namun, hingga usiaku kala itu, menjelang

lima puluh tahun, tak juga kumengerti arti kata yang cuma lima huruf itu. Apa suatu saat aku akan mengerti? Entah. Tak tahu, Mak, Cinta.
“Mak tak pendidikan tinggi macam Mami dan Papi kau, Cinta.”
“Tak soallah, Mak jawapkan saja soalan itu.”
“Mak pikir, cinta itu istimewa. Dia memberi kemampuan tanpa batas untuk memberi pada yang dicintai. Puas kau sekarang?” Jujur, Mak belum puas, ucapku dalam hati. Waktu itu kudapati kau merunduk. Rambutmu yang panjang menyentuh pinggang bagai ikut tepekur beberapa lama.
“Menurut Mak, cintakah Mami dan Papi pada Cinta?”
“Tentu saja mereka sayang dan cintakan kau, Cinta! Pertanyaan apa pula tu’?” suaraku tegas menepis keraguanmu. Lalu dengan mata polos yang tak kudustai, kudengar kalimatmu bernada sedih.

“Tapi mereka tak ada ketika Cinta perlukan? Mereka always busy. Mereka tak memberi . kecuali uang! Kalau cintakan kami, kenapa mereka tak hendak play dengan kami. Tak membacakan story ketika kami nak tidur?” Lanjut membaca
Demikianlah cerpen tentang persahabatan yang kami rangkum untuk pecinta cerpen persahabatan. Semoga bermanfaat dan cintai karya sastra Indonesia khususnya cerpen persahabatan. 

Sunday

212 Kata Kata Bijak Singkat Pendek Penuh Makna

212 Kata-kata bijak Terlengkap - Pada artikel ini, kami akan mengajak anda untuk memahami dan memaknai kata-kata motivasi yang menyentuh hati. Ada banyak sekali kutipan kata-kata inspiratif meyentuh hati yang dapat dijadikan renungan anda dalam menjalani kehidupan anda.

Kata-kata bijak singkat menyentuh hati sangatlah menarik untuk disimak dan direnungkan. Akan tetapi banyak sebagian kalangan yang menganggap kata-kata menyentuh hati hanyalah omong kosong dan bualan semata. Sementara mereka tidak menyadari bahwa keterbatasan pikiran dan keterbukaan hati mereka dalam menerima referensi hati sangatlah terbatas.



Terkadang kita tidak perlu mengalami sebuah hal agar bisa mereferensikan sebuah kata-kata bijak, kata-kata motivasi, atau kata-kata menyentuh hati, dengan mendengar, dan menerima kata-kata bijak, kata-kata motivasi, atau kata-kata menyentuh hati dari orang lain secara alam sadar sudah menjadikan anda memiliki wawasan pengalaman yang sama dengan orang tersebut. Itulah Naluri Manusia yang diciptakan Tuhan dalam bentuk Intuisi.

Kata-kata Singkat Menyentuh Hati

  • Bila mencintaimu itu hanya mimpi, jangan pernah membangunkanku dari tidurku
  • Mencintaimu adalah momen anugrah Tuhan untukku
  • Ketika Tuhan memberikan satu kesempatan untukku, hanya mencintaimulah kesempatan yang kuinginkan
  • Bagiku tidak perlu menunggu valentine untuk mencintaimu, karena bagiku, setiap hari adalah momen terbaikku mencintaiku

Kata-kata Singkat Keren Banget

  • Jadilah Dirimu Sendiri dengan segala apa yang kamu miliki, Karena kamu special di mata Tuhan
  • Lo harus yakin bahwa Lo diciptakan Tuhan dengan sejuta alasan. Jangan Menyerah.
  • Banyak orang yang bisa mencibir lo, tapi hanya sedikit orang yang mampu kasih lo pujian tulus
  • Jangan pernah lelah berjalan, karena bisa jadi saat kamu berhenti untuk menyerah, lo sudah diujung kemenanganmu

Kata Bijak Bermakna Mendalam

  •  Hargailah apa yang sudah kamu miliki saat ini. Karena bisa jadi Tuhan sedang menitipkan kebahagiaan padamu untuk Tuhan lihat apakah kamu siap dan sadar tidak.
  • Lakukanlah yang terbaik saat ini. Karena akan sangat menyayangkan apabila kamu menyesalinya kelak dan mengkhawatirkannya nanti
  • Jangan tenggelam oleh kenangan masa lalu. Ketahuilah bahwa kenangan hanya akan membuatmu tidak bisa menatap kedepan
  • Hidup hanya sekali, jangan sia-siakan setiap kesempatan yang Tuhan berikan padamu

Kata-kata Bijak Islam

  • Yakinlah bahwa Tuhan memberikan ujian padamu karena Tuhan Tau bahwa kamu akan naik kelas kehidupan yang lebih baik
  • Janganlah menjadi pribadi yang buruk, karena suatu saat keburukan itu hanya akan kembali padamu,
  • Seseorang yang baik adalah manusia yang tau siapa Tuhannya dan Siapa Dirinya, hingga sombong pun enggan mendekat padanya
  • Sebaik-baik seorang muslim adalah yang mampu menjaga lisan dan akhlaknya

Kata Bijak Singkat Lucu

  • Cantik itu relatif, tergantung letak kamera dan intensitas cahayanya
  • Hidup itu, Tuhan yang tentuin, kita yang jalanin, orang lain yang ngomentarin
  • Cinta itu kayak lapar, kalo ditahan hanya akan menimbulkan penyakit
  • Kalah gaya menang setia
  • Sabar itu memang susah karena hadiahnya surga, coba kalo gampang, hadiahnya cumin kipas angin


Kata Mutiara Mario Teguh Tentang Kehidupan

  • Wanita yang baik memang menuntut untuk diperhatikan, tapi tidak akan menjadikan dirinya pengemis perhatian
  • Jangan hanya menunggu, bergeraklah dan lakukan sesuatu yang baik. Karena kebaikan menyukai orang yang giat
  • Hal yang lebih mudah adalah menyampaikan nasehat,yang tidak adalah melaksanakan nasehat, terutama yang kita berikan pada orang lain
  • Sesempurnanya gading, pasti ada retaknya, begitu juga dengan cinta dan kehidupan. Bersabarlah, Keindahan hidupmu dibangun atas ketidaksempurnaan yang kamu syukuri, dan yang kau jadikan sebagai tempat sebaik-baiknya memulai kebahagiaan

Kata Kata Bijak Semangat Hidup

  • Masalah adalah ujian pendewasaan, Jadi tidak ada alasan menyalahkan orang lain. Benahi diri dan mari melangkah
  • Hidup adalah sebuah perjalan. Berarti aka nada ujungnya.
  • Hidup ini pilihan, tidak ada alasan khilaf
  • Bermimpilah setinggi langit, jika tidak kesampaian, seenggaknya berada masih diantara langit

Kata Kata Bijak Motivasi Kehidupan

  • Hidup adalah sebuah perjalanan yang harus dilakoni, bukan sibuk memikirkan kemungkinan hal buruk yang akan terjadi sebelum menjalani
  • Rejeki itu berada di tangan Tuhan, kita cukup menjalani dan selalu mensyukurinya
  • Senyum mampu menyelesaikan banyak masalah, dan diam mampu membuat kita terhindar dari banyak masalah
  • Orang bijak menemukan kebijaksanaannya melalui kerasnya kehidupan

Kata Kata Bijak Mario Teguh

  •  Pikiran yang baik, perasaan yang indah, dan semangat yang kuat adalah tiga pembentuk keajaiban
  • Pendidikan memang bukan penentu kesuksesan seseorang, namun tanpa pendidikan kehidupan ini berasa sulit
  • Bersabar dalam derita adalah jalan menuju kesejahteraan dan kekayaan yang utuh
  • Tuhan menguji kepantasan kita untuk naik derajat dengan pujian dan hinaan yang silih berganti
 

Kata Kata Bijak Mario Teguh Tentang Wanita

  •  Siapa bilang wanita tidak tegas, wanita hanya mengenal dua pilihan, cinta dan benci, tidak setengah-setengah
  • Wanita mengagumi laki laki yang ramah tapi tegas, cintanya setia dan hasilnya mensejahterakan keluarganya.
  • Ingatan wanita sangat kuat, terutama tentang kesalahan laki-laki, kesan adalah pembangun perlakuan, bukan citra atau gaya saja
  • Wanita itu tidak banyak maunya, dia hanya mau semuanya

Kata Kata Mario Teguh Tentang Sahabat

  • Tidak ada kebersamaan yang bisa tumbuh mencapai bentuk terbaiknya tanpa persahabatan
  • Sahabat sejati adalah kawan terbaik yang bahkan waktu tak mampu memudarkan ikatannya
  • Tidak akan terjadi sebuah persahabatan yang abadi tanpa komitmen dan rasa memiliki diantara keduanya 
  • Mencari teman itu mudah, tapi sahabat sejati hanya sekali seumur hidupmu

Kata Kata Bijak Cinta

  • Cinta tidak pernah sendiri, cinta itu selalu mendua, cinta adalah aku dan kamu
  • Aku siap menghadapi apapun masalah, asalkan ada kamu yang senantiasa ada disampingku
  • Semua orang bisa berucap cinta, namun tidak semua orang yang mampu menjaga cintanya
  • Jika cinta, Jagalah, peliharalah. Karena cinta itu hati, bukan isapan jempol
  • Cewek itu kayak sandal jepit, dikit2 minta putus, kalo cowok kayak anak tk, dikit2 minta “main”

Kata kata Bijak Tentang Cinta Sejati 

  • Cinta sejati tidak akan pernah berkata untuk pergi
  • Sejatinya cinta hanya satu, aku dan kamu
  • Cinta sejati sesungguhnya komitmen yang takkan lekang oleh waktu, karena masalah hanya pendewasaan cinta saja
  • berikanlah cinta sejatimu kebahagiaan, karena cinta sejati takkan pernah ada rasa ingin menyakiti

Kata Kata Mutiara Kehidupan Terbaru

  • Kematian tidak akan menunda-menunda, yang perlu disiapkan apakah sudah ada bekalnya untuk menyambutnya.
  • Terkadang kamu harus berada di dalam gelap, untuk mengetahui indahnya bintang-bintang
  • Ubahlah hidupmu hari ini, jangan pernah berspekulasi untuk hari esok. Lakukanlah aksi tanpa penundaan
  • Jadilah orang yang tetap sejuk sekalipun berada dilingkungan yang panas sekalipun, agar orang-orang sekelilingmu merasakan betapa sejuknya dirimu

Kata Kata Bijak Untuk Sahabat

  • Wahai sahabatku, tetaplah berada bersamaku, dan mari kita menyelesaikan semuanya bersama-sama
  • Sahabatku, Hari demi hari telah banyak kita lalui, jangan pernah menyia2kan setiap hari kebersamaan kita
  • dibalik kebahagiaan kita, bisa jadi karena doa tulus sahabat yang menyertai kita
  • ingatlah kebahagiaanmu hari ini, karena sahabatmu juga


Kata Kata Bijak Persahabatan Bahasa Inggris

  •  Good Friends are like stars, You dont always see them. But you know they`re always there
  • Good Friends are hard to find, harder to leave, and impossible to forget
  • Good Friends Dont let you do stupid things Alone
  • A Friend is someone who knows all about you and still love you

Kata Kata Bijak Singkat Islam

  • Kesabaran adalah penawar terbaik untuk menghadapi segala kesulitan
  • Berkelana mencari ilmu membuka pintu surga
  • Jika belum pernah berbuat baik, setidaknya jangan merepotkan orang lain
  • Sholat adalah cara Tuhan memberikan jalan Surga hamba2Nya
  •  Disaat kata-kata hanya menimbulkan fitnah, diamlah lebih baik


Kata Kata Mutiara Bijak Bahasa Inggris

  • Beauty is not in the face, beauty is a light in the heart
  • Life must go on, dont stack in time now
  • Open your mind before your mouth
  • Smile make a happy your life
  • first love is amazing, but the last love is a perfect

Kata Kata Bijak Bahasa Inggris dan Artinya Tentang Kehidupan

  • Some happy life cant be found without you lost before Artinya beberapa jalan yang bahagia tidak akan ditemukan jika tidak kamu alami kegagalan terlebih dahulu
  • You will be thanksfull for the adventure in your life. You only make this life in your time. Artinya anda harus bersyukur atas hidup anda. Karena anda hanya akan sekali mengalaminya.
  •  mother is a way to happy life ending. Ibu adalah jalan untuk kebahagiaan hidup 
  • Baby is a gift from god to your life. Artinya anak adalah hadiah dari Tuhan untuk hidupmu


Kata Kata Bagus Buat Status FB

  • Ada 1000 alasan untuk sebuah perpisahan, namun ada 1 alasan untuk sebuah cinta
  • jangan pernah berkata tidak untuk sebuah proses kebahagiaan
  • jadilah dirimu sendiri. karena orang lain hanya melihatmu dari jauh
  • Tetaplah menjadi hal yang berbeda dari orang lain, agar tuhan menganggapmu spesial


Kata Kata Mutiara Bijak Tentang Kehidupan Cinta

  •  Bahagia itu disaat kamu dan aku menjadi kita
  • Tidak ada seni yang dapat menandingi daripada cinta
  • Cinta bisa datag dan pergi kapan saja, namun cinta sejati hanya pada waktu dan tempat yang tepat.
  • Aku mencintaimu lebih banyak daripada rasa rindu kemarau pada rintik air hujan
  • Berada jauh dari hatimu membuatmu paham tentang arti kerinduan


Kata Kata Bijak Singkat Para Tokoh Terkenal Dunia

  • Satu ons praktek lebih berharga daripada seribu ton teori, Mahatma Gandhi
  • Cobalah untuk tidak menjadi orang yang sukses, namun jadilah manusia yang bernilai, Albert Einsteins
  • Setiap orang memiliki jatah gagal, nikmati itu saat mudamu, Dahlan Iskhan
  • Jika kita memiliki ambisi yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya, Soekarno
  • Kadang kekalahan itu hasil terbaik agar kita mampu keluar dari zona nyaman, Sir Alex Ferguson 

Kata Kata Bijak Lucu Singkat

  •  Belajarlah dari bulu ketek, sekalipun selalu terhimpit, tapi tetap tegar bertahan dan tumbuh
  • Masalah itu mendewasakan, maka banggalah disaat terkena masalah]
  • Ga bisa tidur itu masih bisa lebih baik daripada ga bisa dibangunin
  • Dimana ada kelebihan, disitu ada kembalian
  • Awali harimu dengan senyuman, jika tidak ada yang membalas senyummu, senyum2 sendiri aja


Kata Kata Bijak Lucu Tentang Cinta

  • Yang bangun pagi-pagi itu kalo ga suami sholeh, ya jomblo cari doi
  • Sekali lagi kamu bilang "aku sayang kamu" akan aku seret kamu keKUA
  • Boleh Jadi jodoh itu hanya berada pada sebuah kebetulan yang tidak kita sadari
  • Mencintai itu bagai naik angkot, naik gratis, turun bayar


Kata Kata Mutiara Cinta Islami

  • Allah akan senantiasa membantu hambanya, disaat hambaNya senantiasa menolong sesamanya
  • Jika dua orang ditakdirkan bersama, diujung bumi sekalipun mereka akan tetap bertemu
  • Bukanlah kesabaran jika berbatas, bukanlah keikhlasan jika masih ada rasa sakit
  • Sujud adalah momen terdekat antara Hamba dan Tuhannya
  • Life is Journey from Allah to Allah
Kehidupan tak selamanya menyenangkan, membahagiakan, dan baik selalu. Terkadang ujian dan cobaan selalu datang silih berganti sebagai cara Tuhan menaikkan derajat kita untuk naik kelas kehidupan. Terkadang disaat orang lain berkata sesuatu yang menyentuh hati kita atas pengalaman, masalah, likaliku, kebahagiaan yang kita alami tentunya hati ini mengatakan iya, saya pernah merasakannya, dan otak merespon kenangan akan peristiwa dari hal yang diucapkan atau yang terdengar dari perkataan orang lain pada kita.

Apabila hati merasa pilu, terkadang kata kata dapat menempatkan hati kita pada situasi yang lebih baik dan mampu memberikan referensi pada kita dalam menyikapi proses yang sedang kita alami. Itu hal yang lumrah atau naluri kemanusiaa anda hidup. Yakinlah bahwa hati anda benar, karena pada hakikatnya hati lah yang menjawab dan merepresentasikan atas referensi kata-kata inspiratif yang anda dengar dan anda lihat untuk di gambarkan pada diri anda, sebagai evaluasi, instropeksi, dan pegingat anda.

Anda hanya perlu memahami makna dibalik untaian kata-kata inspiratif yang anda lihat dan anda dengar untuk anda masukkan, anda rasakan pada diri anda, agar anda merasakan manfaat dari kata-kata tersebut. Jika anda sulit menerima perkataan oranglain, bagaimana anda bisa move on jika anda tidak bisa membuka diri anda atas input yang orang lain sampaikan pada diri anda.

Anda masih tidak percaya? Kalau anda ragu dan penasaran apakah hal itu benar atau tidak, coba deh tanyakan pada diri anda dan hati anda untuk memaknai perkataan-perkataan yang sudah kami rangkum. Semoga kumpulan kata-kata bijak menyentuh hati dari kami dapat mengobati, memberikan khasanah, dan manfaat bagi anda dalam proses menapaki kehidupan.

Tuesday

Sekolah Berwawasan Lingkungan Menciptakan Pendidikan Karakter Anak Bangsa

Ilmubahasa.net | Sudah menjadi hal yang wajar apabila sekolah memilik peran penting dalam mendidik anak didiknya dengan tujuan meningkat sumber daya manusia dari dini untuk masa depan Indonesia. Berpijak dari situ, pemerintah kemudian mengeluarkan anjuran tentang pendidikan karakter sebagai penunjang dan metode dalam proses belajar mengajar bagi anak. 



Sekolah berperan dalam proses penanaman pendidikan karakter anak. Hal itu perlu dipahami mengingat banyak orang yang masih belum paham betul mengenai pendidikan karakter yang bermutu. Sebagian orang tua menilai sekolah adalah instansi belajar yang mendidik anak mereka dalam belajar saja, dan menjastifikasi sekolah disaat anak mereka tidak bisa berprestasi dalam sekolah berarti sekolah lah yang kurang betul. Sementara mereka tidak pernah menyadari potensi anak dalam bidang tertentu. Menurut Ibu Hamdah salah satu Fasilitator Pendidikan di Kota Banjarbaru, anak perlu dipahami dan diarahkan seperti apa potensi anak.

"hal ini perlu dipahami orang tua siswa agar jangan terlalu menuntut anak untuk menjadi seperti apa yang orang tua inginkan sementara anak memiliki kepribadian dan potensi diri sesuai dengan minat anak tersebut", ujar beliau.

Dalam proses pembentukan karakter anak, Kota Banjarbaru yang menjadi salah satu peserta terbanyak se- Indonesia dalam kegiatan Adiwiyata mencanangkan bahwa sekolah adalah pihak kedua setelah home parent dalam proses mendidik, membina, mengarahkan, dan membimbing anak untuk menjadi salah satu pioner kota pendidikan di Indonesia. Dalam kegiatan adiwiyata di Banjarbaru ini, anak diikutsertakan dalam proses pengembangan, peningkatan, dan pembentukan sikap mandiri yang bertanggung jawab, baik terhadap dirinya, lingkungan sekolah, ataupun lingkungan rumah.

"Sekolah harus menerapkan prinsip kepedulian dan kemandirian bagi anak agar memiliki sikap tanggung jawab, kesadaran berpikir agar antara psikomotor dan kognitif secara sadar sinkron, ujar", ujar bapak Darliansyah selaku pimpinan kepala sekolah tingkat SD se-kota Banjarbaru.

Beliau juga memaparkan, bahwa kami sebagai kepala sekolah menanamkan sikap peduli, simpati, dan empati dalam proses pembangunan karakter anak yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, bagaimanapun juga anak adalah calon generasi bangsa yang patut kita tanamkan jiwa kepedulian, nasionalisme, dan mandiri agar kelak di masa depan tidak menjadi generasi yang tidak berkualitas.

Anda pasti pernah merasakan bagaimana dulu duduk di bangku sekolah, bagaimana peran sekolah dulu dengan sekarang?, bagaimana sistem pendidikan sekolah dulu dan sekarang? , perubahan zaman sudah menuntut kita harus berinovasi dalam mendidik anak dari dini. Jika tidak, banyak hal yang memungkinkan anak melakukan tindakan yang bukan pada porsinya sebagai anak pada usianya.

Wujud pendidikan karakter dalam bentuk adiwiyata itulah yang coba diterapkan oleh kota Banjarbaru sebagai sikap membangun pendidikan dasar sebagai cikal bakal untuk membangun bangsa. Peran LSM, LH, Praktisi Lingkungan juga penting untuk membina sekolah yang sedang adiwiyata di Banjarbaru.

Memang pada dasarnya adiwiyata merupakan wujud apresiasi pemerintah di bidang lingkungan kepada sekolah yang berwawasan lingkungan hidup. Namun perlu dipahami bahwa adiwiyata juga salah satu faktor yang memicu sekolah untuk mengikutsertakan anggota sekolah dari siswa hingga guru untuk ikut berperan serta dalam proses penanaman pendidikan karakter anak agar menciptakan generasi bangsa yang mandiri, bertanggung jawab, dan berkualitas.

Karena tidak hanya mempelajari mata pelajaran yang diajarkan sekolah saja bukan?, tidak hanya melulu mementingkan prestasi anak di bidang akademis saja bukan?, namun pendidikan karakter yang bermoral dan berkualitaslah yang perlu digali dan ditanamkan oleh orang tua. hal tersebut akan berperan penting untuk kesuksesannya di masa depan.  Prestasi non akademis tersebut seharusnya bisa didapatkan anak di sekolah, karena sekolah adalah tempat yang paling tepat bagi anak untuk mempelajari berbagai macam hal. 

Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter Anak

Menurut ibu Hamdah, fasilitator pendidikan di Kota Banjarbaru yang sekaligus salah satu kepala sekolah di kota pendidikan tersebut memaparkan, bahwa ada 4 peran sekolah dalam proses pembentukan pendidikan karakter anak, yakni
  • Sekolah sebagai tempat bagi anak untuk lebih berekspresi

Sekolah seharusnya menjadi wadah bagi anak untuk memberikan kesempatan anak menunjukkan kemampuan mereka. Hal ini akan menjadi dasar modal anak untuk menciptakan dan meningkatkan rasa percaya diri dari dalam diri anak tersebut. Bukan hanya kemampuan diri mereka di dalam kelas saja, namun kemampuan mereka dalam mengikuti kegiatan di luar kelas, seperti ekstrakurikuler, berorganisasi, dan bersosial
  • Sekolah sebagai tempat bagi anak untuk menemukan bakat

Anak terlahir pasti memiliki masing-masing. Namun, tidak semua anak menyadari bakat mereka masing-masing yang mereka miliki, walaupun ada prosentase anak sudah mengetahui bakat mereka dari kecil. Namun sekolah perlu menjadi fasilitator anak dan orang tua untuk mengetahui dan menggali bakat mereka. Disamping itu, sekolah juga perlu memfasilitasi anak untuk menggali bakat mereka agar semakin berminat dan terpacu bakat mereka dari dini.
  • Sebagai tempat untuk belajar lebih menghargai

Anda pasti memahami bahwa di sekolah anak tidak hanya berinteraksi dengan diri mereka saja, namun berinteraksi dengan guru dan siswa yang lain. Dengan berinteraksi tersebut membentuk anak untuk bersosial masyarakat agar lebih menghargai dan menciptakan rasa simpati, empati, dan memiliki lingkungannya tanpa memandang tingkat sosial masyarakat yang melingkupinya.

“Semua sekolah di Banjarbaru sudah menerapkan aturan menerima semua anak sekalipun kondisinya berkebutuhan khusus yang masih memenuhi kriteria kami, kenapa? Karena selagi anak itu berkeinginan untuk meraih cita-citanya, kami akan segenap hati memfasilitasi, membimbing, dan mengarahkan anak yang berkebutuhan khusus tersebut tanpa membeda-bedakannya dengan anak pada umumnya, sekalipun harus dengan metode-metode pembelajaran khusus”, ujar Bapak Darliansyah Kepala K3S Kota Banjarbaru.

Hal tersebut menjadi poin yang perlu diapresiasi oleh instansi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan agar pemerintah juga mengetahui bahwa visi misi pendidikan karakter tercapai dan terealisasikan secara baik di ditingkat SD di Kota Banjarbaru, Kalimantan selatan.
  • Sebagai tempat yang mengajarkan persahabatan

Anda tentunya memiliki sahabat yang baik bukan?, atau bahkan mungkin sahabat anda sebagai partner bisnis anda?. Hal tersebut dikarenakan persahabatan yang terus terjalin dari semenjak sekolah hingga dewasa bukan?, Dan sekolah yang baik adalah sekolah yang menjadi wadah persahabatan bagi siswanya.

Pemaparan Bu Hamdah mengenai empat hal diatas, tentunya membuka pikiran anda bagaimana peran sekolah dalam pendidikan karakter anak.  Peran sekolah dalam hal ini sudah jelas penting dalam pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, Mari sukseskan sekolah berwawasan lingkungan sebagai wujud peran serta kita membentuk karakter anak kita agar menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, berkualitas demi terciptanya generasi bangsa yang unggul. {DAP/130318/Imbas}

✔ Cara Pelaporan SPT Tahunan Melalui e-Filing

Cara Pelaporan SPT Tahunan Melalui e-Filing - Pajak ialah iuran wajib bagi seseorang yang tinggal di suatu negara yang dilakukan setiap jangka waktu tertentu. Dengan rajin membayar pajak, secara tidak langsung kita akan membantu pembangunan sebuah negara. Manfaat pajak tidak dirasakan langsung, dikarenakan pajak digunakan untuk pembangunan secara umum.

Pengertian SPT

SPT atau Surat Pemberitahuan adalah surat yang oleh Wajib Pajak digunakan untuk melaporkan perhitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak, dan/atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

SPT Masa atau Surat Pemberitahuan Masa adalah Surat pemberitahuan untuk suatu masa pajak. SPT Tahunan atau Surat Pemberitahuan Tahunan adalah surat pemberitahuan untuk suatu tahun pajak atau
bagian tahun pajak.

Menurut Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan No.16 Tahun 2009 Pasal 1


Siapa Saja Yang Wajib Menyampaikan SPT

Setiap wajib pajak yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan wajib mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak dan kepadanya diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak.

cara lapor pajak online


Persyaratan subjektif adalah persyaratan yang sesuai dengan ketentuan mengenai subjek pajak dalam UndangUndang Pajak Penghasilan 1984 dan perubahannya. Persyaratan objektif adalah persyaratan bagi subjek pajak yang menerima atau memperoleh penghasilan atau diwajibkan untuk melakukan pemotongan/pemungutan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pajak Penghasilan 1984 dan perubahannya.

Menurut Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan No.16 Tahun 2009 Pasal 2 ayat 1.

Subjek Pajak yang dimaksud adalah Wajib Pajak yang mana orang pribadi atau Badan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Apa Saja Yang Dilaporkan Dalam SPT

Hal-hal yang dilaporkan di dalam SPT diantaranya:

  1. Penghasilan yang di dapat dari dalam maupun luar negeri dari satu maupun lebih pemberi kerja
  2. Harta yang diperoleh saat tahun berjalan
  3. Utang yang dimiliki saat tahun berjalan maupun sisa utang atas pembelian secara kredit
  4. Zakat dan sumbangan lainnya
  5. Pajak yang telah disetor dan/atau dipungut oleh pihak lain
  6. Penghasilan bukan objek pajak (sumbangan/bantuan/hibah, warisan, klaim asuransi, beasiswa, bagian laba anggota perseroan komanditer tidak atas saham, persekutuan, perkumpulan, firma, kongsi dan penghasilan lain yang tidak termasuk objek pajak)
  7. Angsuran pajak PPh 25 selama masa tahun pajak bersangkutan

Cara mengisi dan melaporkan SPT

Secara Manual*:

  1. Mengisi formulir SPT dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan huruf latin, angka arab, satuan mata uang Rupiah sesuai dengan Formulir 1721-A1 atau 1721-A2 dan menandatanganinya. Formulir tersebut dapat di ambil di Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4), Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP), Kantor Wilayah DJP, Kantor Pusat DJP atau melalui website DJP
  2. Laporkan SPT tersebut langsung ke loket kantor pajak terdekat hingga mendapat Bukti Penerimaan Surat atau melalui dropbox dilokasi-lokasi yang telah ditentukan oleh pihak kantor pajak
  3. Atau mengirimkan formulir SPT yang telah diisi melalui pos atau jasa ekspedisi lainnya dengan resi tsb sebagai bukti penerimaan surat
(* Di Kantor Pajak tertentu sudah tidak menerima pelaporan pajak manual dan akan diarahkan untuk menggunakan E-Filing)


Secara Elektronik:

  1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk melaporkan SPT
  2. Melalui situs DJP Online https://djponline.pajak.go.id ataupun ASP yang difasilitasi oleh Online Pajak
  3. Click e-Filing lalu ikuti panduan yang diberikan
  4. Jika SPT sudah dibuat, sistem akan menampilkan ringkasan SPT lalu dikirimkan kode verifikasi ke alamat email yang terdaftar di website tsb
  5. Login ke dalam email untuk mencopy kode verifikasi tersebut lalu input ke dalam sistem SPT
  6. Lalu click menu Kirim SPT untuk mengirim SPT yang telah diisi dengan lengkap dan benar

Batas waktu penyampaian SPT

Untuk SPT Masa, paling lambat 20 (dua puluh) hari setelah akhir Masa Pajak. Untuk SPT Tahunan Wajib Pajak orang pribadi, paling lambat 3 (tiga) bulan setelah akhir Tahun Pajak. Untuk SPT Tahunan Wajib Pajak Badan, paling lambat 4 (empat) bulan setelah akhir Tahun Pajak.

Apabila wajib pajak masih memerlukan waktu dalam pengisian SPT, wajib pajak dapat melakukan permohonan perpanjangan jangka waktu penyampaian SPT secara tertulis disertai surat pernyataan mengenai perhitungan sementara pajak terutang dalam 1 (satu) tahun pajak.

Formulir Aktivasi Efin Pajak


formulir aktivasi efin pajak

Cara Aktivasi Efin


cara aktivasi efin

Lapor Pajak Online Karyawan



lapor pajak online karyawan

Friday

10 Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup CV yang Baik dan Benar beserta Contohnya

CONTOH DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) YANG BAIK DAN BENAR – Halo kawan-kawan semua, hendak mencari kerja? Atau sedang mencari kerja? Atau baru proses mempersiapkan untuk mencari pekerjaan?. Bingung bagaimana cara melamar pekerjaan yang baik dan benar itu?. Sebelumnya sudah kita cuplik mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar, Nah… Pada kesempatan baik ini, kami akan mengulas yang tidak kalah pentingnya apabila anda hendak melamar pekerjaan, yakni daftar riwayat hidup atau CV yang kepanjangannya adalah Curiculum Vitae.


Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae memang sangat penting dan menjadi salah satu indikator penilaian penyeleksi karyawan baru dalam proses mencari karyawan baru. Daftar riwayat hidup adalah surat yang berisi mengenai siapa dirimu, seperti apa dirimu, bagaimana riwayatmu, dan kelebihan dan kekurangan dirimu, serta dimana kamu sebelumnya bekerja. Wahh… pasti susah buatnya. 

Enggak kok… Daftar riwayat hidup memang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk melihat seperti apa calon pekerja yang akan menjadi bagian dari suatu perusahaan. Membuat Daftar riwayat hidup sebenarnya bukan hal yang sulit kok, semua kalangan pendidikan mampu dan bisa untuk membuatnya. Meskipun begitu masih banyak kalangan masyarakat diluar sana yang masih kebingungan dalam membuat daftar riwayat hidup atau CV (curriculum vitae).
 

Fungsi Daftar Riwayat Hidup atau Curiculum Vitae (CV)

Daftar riwayat hidup atau cv memiliki beberapa fungsi sebagai salah satu cara kita dalam proses melamar sebuah pekerjaan, baik instansi maupun swasta. Berikut ini beberapa fungsi daftar riwayat hidup yang perlu anda ketahui agar setelah membaca artikel ini nanti, kami harap anda akan mendapatkan wawasan mengenai seperti apa cara membuat daftar riwayat hidup atau cv yang baik dan benar. 
  1. Daftar riwayat hidup berfungsi sebagai indikator pribadi untuk menawarkan diri kepada instansi atau perusahaan yang ia dambakan.
  2. Daftar riwayat hidup berfungsi sebagai rekam jejak pelamar atau seseorang selama beberapa tahun belakangan
  3. Menjadi bukti bagaimana karir dan pendidikan pelamar
  4. Menjadi alat untuk mengetahui seberapa mampukah seseorang terhadap perusahaan yang diminatinya
  5. Menjadi Alat untuk mengetahui seseorang apakah mampu atau tidak kelak bekerja di sebuah perusahaan
  6. Mengenali jati diri kepada orang lain
  7. Menjadi cara untuk mengetahui seluk beluk seseorang sebagai calon karyawan di sebuah perusahaan atau instansi.

Apabila kawan-kawan merupakan salah satu di antara orang orang yang saat ini mencari contoh daftar riwayat hidup, maka kami berharap contoh yang kami berikan di bawah ini bisa membantu agar kawan-kawan bisa lebih paham, lebih jelasnya silahkan lihat contoh daftar riwayat hidup berikut ini:


Pada saat anda hendak melamar sebuah posisi pekerjaan di perusahaan, baik institusi ataupun perusahaan swasta, tentunya perlu mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Karena setiap perusahaan memiliki kriteria yang harus dipenuhi dalam proses mencari calon karyawan barunya. Ada perusahaan yang memintamu untuk membuat contoh daftar riwayat hidup dengan ketikkan, ada juga yang meminta dengan tangan. Ada yang tidak menetapkan apapun dalam proses membuat daftar riwayat hidup.


Bagi kawan-kawan yang sudah terbiasa dengan organisasi dan kegiatan di sekolah ataupun kampus, seperti seminar, simposium, presentasi ilmiah, pementasan, tentu sudah tidak asing lagi mengei bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Hal ini memang perlu dipelajari agar kawan-kawan terbiasa untuk menulis daftar riwayat hidup kalian saat melamar sebuah pekerjaan. Soalnya bagi yang fresh graduate atau masih belum pernah berkecimpung di organisasi atau pekerjaan, maka pasti akan kebingungan bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup atau cv yang baik dan benar. 

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup atau CV yang baik dan benar.  

Memang wajib bagi anda yang akan atau sedang melamar sebuah pekerjaan, menulis daftar riwayat hidup atau cv harus disusun sebaik mungkin, serapi mungkin, sebagus mungkin, namun harus mencerminkan diri dan pengalaman anda sebagai pelamar.. Tips menulis daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

  1. Harus mencerminkan diri sendiri
  2. Tidak boleh melebih-lebihkan agar tampak wah dalam CV
  3. Harus sesuai dengan riwayat anda sebagai pelamar, dimana sajakah sebelumnya anda bekerja
  4. Mencantumkan identitas diri yang jelas dan sebenar-benarnya 
  5. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan anda. 
  6. Prestasi apa saja yang pernah anda raih selama berkarir sebelumnya
  7. Mencamtumkan visi misi anda sebagai pelamar kerja pada perusahaan yang sedang anda lamar.
  8. Singkat, padat, dan jelas
  9. Menggunakan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang baik dan benar
  10. Jika diperlukan dicantumkan papan foto di pojok kanan atau kiri atas di lembar Daftar Riwayat Hidup atau cv anda.

Perlu kawan kawan ketahui, dalam urusan melamar pekerjaan, menulis daftar riwayat hidup atau cv memang harus dibuat sebaik mungkin agar ada peluang untuk diterima perusahaan yang dilamar. Karena isi dan caramu menulis daftar riwayat hidup juga menjadi indikator penilaian kelayakan juga.
Nah itulah ulasan kami mengenai contoh daftar riwayat hidup. Semoga tulisan kami ini memberikan tambahan pemahaman anda sebagai calon pekerja yang sukses. Salam kami

Monday

✪ 3 Contoh Surat Pengunduran Diri (Surat Resign) yang Baik dan Benar

Contoh Surat-surat Pengunduran Diri (Surat Resign) yang Baik dan Benar – Halo kawan-kawan imbas, pada kesempatan hari ini kami akan mengulas mengenai surat pengunduran diri.

Terkadang ada banyak hal disaat kita bekerja di sebuah perusahaan atau instansi yang membuat kita tidak nyaman bekerja lagi, stress, hal ini sering banyak dipicu berbagai konflik yang ada, baik anda ataupun lingkungan kerja anda.

Disaat anda ingin memutuskan untuk berhenti dari perusahaan anda, anda tentunya akan menentukan apakah anda angkat kaki dengan tidak hormat atau dengan elegan. Tentunya ingin angkat kaki dengan sopan bukan?, maka dari itu membuat surat pengunduran diri adalah salah satu cara terbaik jika anda ingin keluar dari pekerjaan anda dengan terhormat dan elegan.

surat resign


Surat pengunduran diri merupakan jenis surat yang sangat banyak dibutuhkan, baik di instansi sekolah, universitas, perusahaan, swasta maupun negeri. Surat pengunduran ini biasanya dibuat disaat seseorang sudah tidak nyaman lagi bekerja di perusahaan, instansi, swasta ataupun negeri atau disaat seseorang ingin mencari tempat pekerjaan yang lebih baik dari tempat pekerjaan yang saat ini dijabat untuk mencari pengalaman baru dengan suasasna dan kondisi yang baru.

Okei….. jika ingin mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan dengan cara yang baik, benar dan beretika, anda memerlukan pengetahuan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri atau bahasa umumnya adalah surat resign dari perusahaan anda saat ini, karena surat resign atau surat pengunduran diri ini menjadi salah satu indikator jika anda merupakan pekerja yang memiliki etika baik, sopan, disaat anda datang dan melamar pekerjaan dengan surat lamaran anda yang baik dan benar, sudah menjadi etika kerja anda disaat hendak keluar pun dengan surat resign atau surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Sebelumnya sudah diterangkan mengenai apa manfaat dan fungsinya membuat surat resign atau surat pengunduran diri dari perusahaan. Di bawah ini akan kami berikan daftar beberapa contoh surat pengunduran diri anda dari perusahaan anda yang mungkin akan bermanfaat bagi anda apabila saat ini anda hendak berencana ingin keluar dari tempat anda bekerja untuk mencari atau pindah ke tempat pekerjaan anda yang baru.

contoh surat pengunduran diri

Apa sih Surat Pengunduran Diri / Resign

Surat pengunduran diri atau biasa disebut surat resign adalah surat yang berisi mengenai keterangan yang bersifat formal menyatakan bahwa seseorang hendak atau akan mengundurkan diri dari suatu perusahaan atau instansi pemerintah. Hal ini memang menjadi hak setiap karyawan atau seseorang apabila mundur dari sebuah jabatan yang disandinya.

Seorang pekerja keluar atau mundur dari jabatannya bisa jadi karena beberapa hal, seperti visi misi tempatnya bekerja sudah tidak sesuai lagi dengan dirinya, faktor lingkungan kerja yang tidak kondusif lagi, atau karena disinyalir perusahaan tempat bekerja hendak mengalami kerugian atau gulung tikar.

Berikut ini kami paparkan contoh alasan realistis yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi anda apabila anda kebingungan mencari alasan yang akan ditulis dalam surat pindah kerja atau surat pengunduran diri.

Inilah alasan-alasan resign kerja yang baik, benar, realistis, dan professional


  1. Lingkungan kerja yang tidak nyaman
  2. Upah atau honor yang tidak cukup atau jauh dari standar gaji
  3. Jenuh, atau ingin observatif dengan tempat baru, jenjang karir di perusahaan stagnan atau tidak berkembang
  4. Hendak meneruskan studi pendidikan untuk menunjang karir
  5. Keluarga Pindah
  6. Mempunyai anak yang tidak bisa ditinggalkan
  7. Hendak memulai usaha sendiri
  8. Ketidaksesuaian jobdisk dengan yang sudah disepakati
  9. Kondisi fisik yang menuntut untuk resign
  10. Aturan perusahaan yang merugikan karyawan
  11. Waktu jam kerja melebihi jam kerja pada umumnya
  12. Persaingan yang tidak sportif

Disamping itu, kami juga memaparkan alasan-alasan yang kurang tepat apabila anda hendak menulis surat pengunduran diri atau surat resign. Adapun contoh  alasan resign yang kurang layak ditulis adalah sebagai berikut:


  1. Tidak suka dengan rekan kerja karena sombong
  2. Atasan terlalu otoriter
  3. Iri terhadap karyawan yang mudah dalam proses naik jenjang
  4. Cinta di tolak admin
  5. Di fitnah rekan kerja
  6. Tidak ada tempat makan
  7. Jauh dari air
  8. Dekat dengan mantan kekasih
  9. Dengan dengan mantan yang sudah menikah
  10. Makanan kantor tidak pernah enak

Nah… sahabat imbasm jika anda hendak mengajukan surat pengunduran diri, hendaklah memberikan alasan yang tepat dengan memberikan bahasa-bahasa yang jelas, sopan, dan professional. Hal ini dilakukan agar anda dimata atasan tampak benar-benar ingin keluar, sehingga akan timbul rasa berat di atasan untuk melepas anda dari instansi atau perusahaan.

Fungsi Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

  1. Untuk menentukan jelas atau tidaknya status seseorang dalam sebuah instansi atau perusahaan
  2.  Memberikan kesempatan bagi perusahaan tempat anda bekerja untuk mencari pengganti anda
  3. Mengakhiri proses anda dalam bekerja
  4. Sebagai sarana anda secara resmi dalam rangka mengundurkan diri dari perusahaan
  5. Menunjukkan pada perusahaan apabila anda ini merupakan seseorang yang professional, baik sikap, etika, dan moral
  6. Menjadi sarana untuk menunjukkan pada perusahaan bahwa anda loyal, datang baik-baik, dan keluar pun dengan baik-baik 

Format Dalam Surat Pengunduran Diri / Surat Resign 

Bentuk atau Format surat pengunduran diri sangatlah sederhana. Semakin sederhana semakin baik. Tapi tetap harus memperhatikan etika, karena pengunduran diri seseorang merupakan hal yang kurang disukai oleh instansi atau perusahaan manapun.
Sederhananya surat pengunduran diri terdiri dari poin-poin berikut ini:
  • Waktu tanggal dan tempat surat resign : Biasanya di sebelah kanan atas
  • Nama dan alamat tujuan surat: Bisa di sebelah kanan atau kiri atas. Tapi di bagian kiri lebih menguntungkan.
  • Isi surat pengunduran diri
  • Tanda tangan dan nama terang
  • Materai
Sudah paham belum kawan-kawan semua, jika sudah, yukk bareng-bareng kita simak contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Contoh Surat Resign

Nah pada kesempatan kali ini, kami berikan contoh surat pengunduran diri bila anda kerepotan dalam membuatnya atau kebingungan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri atau cara membuat surat berhenti kerja, silahkan disalin saja contoh surat pengunduran pekerjaan di bawah.

                                                  SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                                        : BABUL ROHIM
Tempat, tanggal lahir                            : Pelaihari, 11 Juni 1979
Jabatan                                                     : Sekretaris Desa

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Sekretaris Desa terhitung sejak tanggal 4 Mei 2017. Pengunduran diri ini saya ajukan karena sudah tidak sanggup lagi memikul atau melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban sebagai perangkat desa tersebut. Demikian, harap menjadi maklum.



                                                                                                     Bati-bati, 8 Desember 2017
                                                                                                              Yang Menyatakan


                                                                                                               BABUL ROHIM

Surat Pengunduran diri di atas sangat sederhana dan simpel, namun tetap mengedepankan kesopanan dan etika.

                                         SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI 

  
                                                                                                            Yogyakarta, 2 Januari 2018


Kepada Yth, 
Kepala Cabang J&T Express Yogyakarta 
Jl. Parangtriris, No. 14 km.12, Sewon, Bantul 



Dengan Hormat, Bersama surat ini Harli mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi sebagai Kurir Delivery sejak tanggal 13 Desember 2016 Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi kepada saya untuk bekerja di J&T EXPRESS Cabang Yogyakarta sebagai Kurir Delivery selama kurang lebih 1 tahun ini. Tidak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi Saya sangat berharap PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses menjadi “Nomor 1 di Indonesia”. 

                                                                                                                         Hormat saya



                                                                                                                                 Harli

Contoh surat pengunduran diri diatas tampak lebih kompleks dan lengkap dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan si penulis menganggap bahwa perusahaannya merupakan perusahaan unggulan, terbukti dengan harapan yang diutarakan dalam surat pengunduran diri tersebut

Yth. Kepala UPT K3L UIN Malang
Prof. drs. Hendro, M.Si., Ph. D
 Di Kampus UIN, Malang


Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Diana Ramadhani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari UPT K3L UIN Malang sebagai karyawan per tanggal 7 Maret 2015 dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di UIN Malang, dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen UPT K3L UIN Malang jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja. Saya mengharapkan selalu UPT K3L UIN Malang dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.


                                                                                          Hormat Saya,



                                                                                    Mawar Hasta Sari

Jangan beranggapan hanya di perusahaan swasta saja yang membuat surat pengunduran diri perusahaan, namun instansi pendidikan berstandar universitas pun apabila hendak mengundurkan diri atau mendapatkan pekerjaan lain, juga perlu membuat surat pengunduran diri, hal ini agar semua rekan se instansi universitas mengetahui alasan pindah atau mengetahui alasan mengapa menyerahkan surat pengunduran diri.

Tips dan Trik Dalam Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Setelah anda mengetahui bagaimana surat pengunduran diri perusahaan dan contoh surat resign pribadi, kesimpulan anda bagaimana? Tidak susah bukan, asalkan anda perlu memperhatikan penggunaan bahasa dan penerapannya terhadap perusahaan anda.

Membuat surat pengunduran diri memang tidak sembarang saja. Surat pengunduran diri tentuya dibuat dengan harapan agar anda diperbolehkan untuk keluar dari perusahaan anda. Surat pengunduran diri diberikan agar perusahaan anda mengetahui kesan baik dari anda untuk perusahaan.

Surat pengunduran diri diharapkan akan memberikan dampak positif bagi anda. Anda tidak mau bukan meninggalkan jejak negatif di perusahaan anda sebelumnya. Lagipula peraturan pemerintah terbaru yakni memberika pesangon, sekaligus sertifikat kerja yang membuktikan bahwa anda pernah menjabat posisi tertentu dalam perusahaan sebelumnya anda bekerja.

Dengan demikian sebenarnya surat pengunduran diri ini memberikan kesan baik dan citra baik anda dimata rekan-rekan dan bos anda. Ingat, buatlah surat pengunduran diri sesuai dengan EYD, etika, dan bahasa yang cakap. Agar anda semakin memahami artikel ini, berikut ini kami paparkan mengenai tips daan trik agar surat pengunduran diri anda pada perusahaan diterima baik dan di acc oleh pihak kantor anda.
  • Isi surat sebaiknya “to the point” atau tidak bertele-tele. Agar pihak perusahaan mengetahui secara gambling isi surat anda.
  • Buatlah alasan mundur yang logis, realistis, jelas dan tidak mencela rekan kerja atau instansi perusahaan tempat anda bekerja.
  • Luangkan bait dalam surat pengunduran diri anda dengan memberikan ucapan terima kasih kepada pimpinan instansi atau perusahaan. Meski mungkin kamu ada rasa kecewa, setidaknya kamu pernah belajar dan mengasah skill disana.
  • Yang tidak kalah penting bagi anda, sampaikan juga permohonan maaf, sebab beberapa sikap kita dalam beraktivitas pasti pernah menyakiti mereka.
Nah semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda yang akan atau sedang membuat surat pegunduran diri dari perusahaan anda. Semoga anda sukses dalam proses keluar dari perusahaan anda. Terimakasih

Tuesday

Contoh Surat Pengunduran Diri Alasan Pindah Kerja Terbaru

Contoh Surat Pengunduran Diri Alasan Pindah Kerja yang Baik

Contoh Surat Pengunduran Diri Alasan Pindah Kerja Terbaru - Ada banyak orang yang mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan dengan cara yang tidak sopan. Anda harus memiliki pengetahuan untuk membuat contoh surat pengunduran diri alasan pindah kerja sehingga bisa tetap menjaga silaturahmi dengan baik.

Jangan merasa karena sudah mendapatkan pekerjaan yang lain sehingga Anda bisa seenaknya sendiri dalam melakukan pengunduran diri. Pengunduran diri harus dibuat secara format. Surat pengunduran diri merupakan surat resmi yang dibuat oleh pekerja untuk atasan di kantor bahwa dirinya sudah tidak ingin satu pekerjaan lagi.

Anda harus memperhatikan bagaimana prosedural kantor dalam melakukan pemutusan hubungan kerja. Pemutusan hubungan kerja bisa dilakukan karena banyak alasan, salah satunya memang karena pindah kerja. Biasanya orang akan mengalami pindah kerja jika memang dirasa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Contoh Surat Pengunduran Diri Alasan Pindah Kerja


Format Surat Pengunduran Diri yang Baik

Ada contoh surat pengunduran diri alasan pindah kerja yang bisa Anda buat di saat memang dibutuhkan sebagai berikut:

Semarang, 2 Februari 2018

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Alamsyah Elang
Jl. Jalan Durian 5, Banguntapan
Yogyakarta

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Rini Andini bermaksud mengundurkan diri dari PT. Alamsyah Elang sebagai Operator Mesin Bordir, terhitung mulai dari tanggal 5 Februari 2017 karena ingin pindah kerja ke PT Ramayana Store sebagai Supervisor. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Alamsyah Elang. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena akan memulai usaha mandiri.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan perusahaan selama ini kepada saya; sekaligus permintaan maaf atas kesalahan atau kekurangan yang telah saya perbuat selama berada di sini.

Saya berharap nantinya PT. Alamsyah Elang akan berkembang menjadi lebih besar dan hebat. Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian dan waktu Bapak saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,


                                                                                                                        ( tanda tangan )
                                                                                                                           Rini Andini


Kegunaan Surat Pengunduran Diri yang Harus Kamu Tahu


Pemberitahuan Formal

Anda pasti akan dicari banyak orang jika mengundurkan diri secara tidak formal. Anda juga akan dicoret dari daftar presensi kehadiran selama berhari-hari. Sebaiknya pengajuan surat pengunduran diri segera dilakukan agar tidak membuat pertanyaan di antara para pekerjaan yang lain.

Permintaan Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja dibuat untuk mendapatkan pekerjaan yang lain. Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat jika sudah memiliki pengalaman kerja daripada pelamar yang baru lulus sekolah atau kuliah. Anda patut bersyukur memiliki pengalaman kerja.


Arsip Kantor

Setiap kantor memiliki arsip yang lengkap soal karyawannya. Salah satunya jika Anda juga melamar atau pun mengundurkan diri dari kantor. Anda bisa membuat surat pengunduran diri untuk mendapatkan persetujuan dari kantor bahwa sudah tidak bekerja.

Surat pengunduran diri memang harus dibuat agar terkesan memiliki etika. Jadi, Anda tidak langsung kabur dari sebuah pekerjaan. Anda jangan sampai melakukan pengunduran diri dengan cara yang tidak benar. Anda harus mengundurkan diri dengan cara yang sopan meskipun sudah mendapatkan pekerjaan pengganti. 

Sebaiknya Anda membuat contoh surat pengunduran diri alasan pindah kerja  untuk mendapatkan persetujuan dari atasan di kantor. Pastikan Anda memahami tata cara yang ada di kantor. Jangan sampai keluar kerja dengan cara yang tidak sopan. Etika harus dijaga agar silaturahim tetap terjaga meskipun sudah keluar kerja.

Update! Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang surat resign, kami telah mempersiapkan pembahasan yang lebih mendalam di ✪ Contoh Surat-surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Saturday

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan yang Sesuai dengan Kaidah

Ada banyak contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan yang sesuai dengan kaidah. Surat pengunduran diri ini merupakan surat formal yang harus diajukan kepada kantor tempat bekerja untuk memutuskan hubungan kerja.

Surat pengunduran diri sama halnya dengan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan surat formal yang digunakan sebagai syarat formal untuk mendaftar suatu pekerjaan. Surat pengunduran diri merupakan surat formal yang sebaliknya digunakan untuk memutuskan hubungan kerja suatu pekerjaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja


Surat pengunduran diri dibuat bertujuan untuk syarat administarasi pemutusan hubungan kerja yang sesuai dengan procedural. Surat pengunduran diri memiliki esensi untuk mengurus administrasi dalam permintaan legalitas pemutusan hubungan kerja.


Format Surat Pengunduran Diri yang Bisa Dibuat Secara Mudah

Anda membutuhkan contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan untuk mempermudah dalam urusan pemutusan hubungan kerja. Salah satu contoh format surat pengunduran diri yaitu sebagai berikut:

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Semarang, 13 Januari 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. Argo Arta Sejahtera
di Jalan Nakula 5, Banyumanik
Semarang

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Argo Arta Sejahtera, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama : Ramli Azhar
Departemen : General Affair 
Jabatan : Manajer GA

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Argo Arta Sejahtera karena urusan ingin fokus membangun bisnis pribadi. Surat ini saya buat tanpa maksud buruk dan hanya berkaitan dengan hubungan kerja.

Saya memiliki harapan besar agar Bapak menerima permohonan pengunduran diri saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua perhatian dan kebaikan Bapak selama ini kepada saya selama menjadi karyawan di Perusahaan Bapak.

                                                                                                                         Hormat saya


                                                                                                                         Ramli Azhar


Kegunaan Surat Pengunduran Diri yang Sesuai dengan Format Baku

Ada beberapa kegunaan surat pengunduran diri yang sesuai dengan format baku yang bisa Anda ketahui ialah sebagai berikut:

Pengajuan Pemutusan Hubungan Kerja Secara Resmi

Anda bisa melakukan pengajuan pemutusan hubungan kerja secara resmi kepada kantor yang menaungi Anda dalam bekerja. Pemutusan hubungan kerja ini harus dibuat dalam bentuk surat resmi bisa membawa Anda ke dalam situasi yang formal dan sopan meskipun harus berhenti bekerja.

Permintaan Surat Pengalaman Kerja

Apabila Anda mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan tanpa menggunakan surat pengunduran yang resmi, maka Anda akan dinilai tidak sopan. Anda tidak akan mendapatkan surat pengalaman kerja. 
Pengalaman kerja merupakan salah satu persyaratan penting untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Jadi pastikan Anda membuat surat pengunduran diri yang baik untuk mendapatkan surat ini.


Pendataan Arsip Karyawan

Anda harus menggunakan surat pengunduran diri untuk mendata arsip di data karyawan. Pendataan karyawan ini sangat baik untuk memastikan bahwa Anda memang sudah melakukan pemutusan hubungan kerja.

Anda harus memutuskan hubungan kerja secara sopan. Sebaiknya jangan langsung kabur, Anda harus membuat pengunduran diri secara formal. Anda bisa membuat surat pengunduran diri ini dengan baik dan benar. 

Sebaiknya Anda memahami contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan sehingga bisa diajukan saat memang sudah dibutuhkan. Jangan langsung mengambil keputusan untuk tidak masuk kerja tanpa adanya pemberitahuan secara resmi.

Update! Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang surat resign, kami telah mempersiapkan pembahasan yang lebih mendalam di ✪ Contoh Surat-surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

Ilmu Bahasa

Ilmu Bahasa
 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top