close

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Surat Resign) yang Baik dan Simpel

Contoh Surat Pengunduran Diri (Surat Resign) yang Baik dan Benar – Halo kawan-kawan ilmubahasa.net, pada kesempatan hari ini kami akan mengulas mengenai surat pengunduran diri.

Kadang ada banyak hal disaat kita bekerja di sebuah perusahaan atau instansi yang membuat kita merasa tidak nyaman bekerja lagi. Hal pertama dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak mendukung. Dikarenakan sakit, seseorang memiliki keterbatasan dalam bekerja sehingga memutuskan untuk resgin. Yang kedua adalah stress, hal ini sering banyak dipicu berbagai konflik yang ada, baik anda ataupun lingkungan kerja anda.

Disaat anda ingin memutuskan untuk berhenti dari perusahaan anda, pastikan proses resign dari pekerjaan sesuai dengan prosedur pengunduran diri karywan yang berlaku di perusahaan anda.

contoh surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri merupakan jenis surat yang sangat banyak dibutuhkan, baik di instansi sekolah, universitas, perusahaan, swasta maupun negeri. Surat pengunduran ini biasanya dibuat disaat seseorang sudah tidak nyaman lagi bekerja di perusahaan, instansi, swasta ataupun negeri atau disaat seseorang ingin mencari tempat pekerjaan yang lebih baik dari tempat pekerjaan yang saat ini dijabat untuk mencari pengalaman baru dengan suasasna dan kondisi yang baru.

Jika ingin mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan dengan cara yang baik, benar dan beretika, anda memerlukan pengetahuan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri atau bahasa umumnya adalah surat resign dari perusahaan anda saat ini, karena surat resign pekerjaan atau surat pengunduran diri ini menjadi salah satu indikator jika anda merupakan pekerja yang memiliki etika baik dan sopan.

Disaat anda datang dan melamar pekerjaan dengan surat lamaran anda yang baik dan benar, sudah menjadi etika kerja anda disaat hendak keluar pun dengan surat resign atau surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Sebelumnya sudah diterangkan mengenai apa manfaat dan fungsinya membuat surat resign atau surat pengunduran diri dari perusahaan. Di bawah ini akan kami berikan daftar beberapa contoh surat pengunduran diri kerja anda dari perusahaan anda. Contoh surat resign simple mungkin akan bermanfaat bagi anda apabila saat ini anda hendak berencana ingin keluar dari tempat anda bekerja untuk mencari atau pindah ke tempat pekerjaan anda yang baru.

contoh surat pengunduran diri lengkap

Apa itu Surat Pengunduran Diri / Resign

Surat pengunduran diri kerja atau biasa disebut surat resign adalah surat yang berisi mengenai keterangan yang bersifat formal menyatakan bahwa seseorang hendak atau akan mengundurkan diri dari suatu perusahaan atau instansi pemerintah. Hal ini memang menjadi hak setiap karyawan atau seseorang apabila mundur dari sebuah jabatan yang disandinya.

  Surat Tugas: Arti, Unsur dan Contohnya

Seorang pekerja keluar atau mundur dari jabatannya bisa jadi karena beberapa hal, seperti visi misi tempatnya bekerja sudah tidak sesuai lagi dengan dirinya, faktor lingkungan kerja yang tidak kondusif lagi, atau karena disinyalir perusahaan tempat bekerja hendak mengalami kerugian atau gulung tikar.

Berikut ini kami paparkan contoh alasan keluar kerja realistis yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi anda apabila anda kebingungan mencari alasan pengunduran diri yang akan ditulis dalam surat pindah kerja atau surat pengunduran diri.

12 Alasan Mengapa Seseorang Ingin Resign Kerja

Seyogyanya pengunduran diri disertai dengan alasan yang jelas agar tidak terjadi salah paham. Berikut beberapa alasan yang biasa digunakan:

  1. Lingkungan kerja yang tidak nyaman;
  2. Upah atau honor yang tidak cukup atau jauh dari standar gaji;
  3. Jenuh, atau ingin observatif dengan tempat baru, jenjang karir di perusahaan stagnan atau tidak berkembang;
  4. Hendak meneruskan studi pendidikan untuk menunjang karir;
  5. Keluarga Pindah;
  6. Mempunyai anak yang tidak bisa ditinggalkan;
  7. Hendak memulai usaha sendiri;
  8. Ketidaksesuaian jobdisk dengan yang sudah disepakati;
  9. Kondisi fisik yang menuntut untuk resign;
  10. Aturan perusahaan yang merugikan karyawan;
  11. Waktu jam kerja melebihi jam kerja pada umumnya;
  12. Persaingan yang tidak sportif.

Disamping itu, kami juga memaparkan alasan-alasan berhenti bekerja yang kurang tepat apabila anda hendak menulis surat pengunduran diri atau surat resign. Adapun contoh  alasan resign yang kurang layak ditulis adalah sebagai berikut:

  1. Tidak suka dengan rekan kerja karena sombong
  2. Atasan terlalu otoriter
  3. Iri terhadap karyawan yang mudah dalam proses naik jenjang
  4. Cinta di tolak admin
  5. Di fitnah rekan kerja
  6. Tidak ada tempat makan
  7. Jauh dari air
  8. Dekat dengan mantan kekasih
  9. Dengan dengan mantan yang sudah menikah
  10. Makanan kantor tidak pernah enak

Nah… sahabat imbasm jika anda hendak mengajukan surat pengunduran diri, hendaklah memberikan alasan yang tepat dengan memberikan bahasa-bahasa yang jelas, sopan, dan professional. Hal ini dilakukan agar anda dimata atasan tampak benar-benar ingin keluar, sehingga akan timbul rasa berat di atasan untuk melepas anda dari instansi atau perusahaan.

Fungsi Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

  1. Untuk menentukan jelas atau tidaknya status seseorang dalam sebuah instansi atau perusahaan
  2.  Memberikan kesempatan bagi perusahaan tempat anda bekerja untuk mencari pengganti anda
  3. Mengakhiri proses anda dalam bekerja
  4. Sebagai sarana anda secara resmi dalam rangka mengundurkan diri dari perusahaan
  5. Menunjukkan pada perusahaan apabila anda ini merupakan seseorang yang professional, baik sikap, etika, dan moral
  6. Menjadi sarana untuk menunjukkan pada perusahaan bahwa anda loyal, datang baik-baik, dan keluar pun dengan baik-baik 

Format Surat Pengunduran Diri Kerja / Surat Resign 

Bentuk atau Format surat pengunduran diri sangatlah sederhana. Semakin sederhana semakin baik. Tapi tetap harus memperhatikan etika, karena pengunduran diri seseorang merupakan hal yang kurang disukai oleh instansi atau perusahaan manapun.Sederhananya surat pengunduran diri terdiri dari poin-poin berikut ini:

  • Waktu tanggal dan tempat surat resign : Biasanya di sebelah kanan atas
  • Nama dan alamat tujuan surat: Bisa di sebelah kanan atau kiri atas. Tapi di bagian kiri lebih menguntungkan.
  • Isi surat pengunduran diri
  • Tanda tangan dan nama terang
  • Materai

Sudah paham belum kawan-kawan semua, jika sudah, yukk bareng-bareng kita simak contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.

  √ Contoh Surat Resign Simple Sederhana [Tidak Ribet]

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Contoh Surat Resign

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Nah pada kesempatan kali ini, kami berikan contoh surat pengunduran diri bila anda kerepotan dalam membuatnya atau kebingungan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri atau cara membuat surat berhenti kerja, silahkan disalin saja contoh surat pengunduran pekerjaan di bawah.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                                        : BABUL ROHIM
Tempat, tanggal lahir                            : Pelaihari, 11 Juni 1979
Jabatan                                                     : Sekretaris Desa

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Sekretaris Desa terhitung sejak tanggal 4 Mei 2017. Pengunduran diri ini saya ajukan karena sudah tidak sanggup lagi memikul atau melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban sebagai perangkat desa tersebut.
Demikian, harap menjadi maklum.

                            Bati-bati, 8 Desember 2017
                                                                                  Yang Menyatakan

                                                                                   BABUL ROHIM

Surat Pengunduran diri di atas sangat sederhana dan simpel, namun tetap mengedepankan kesopanan dan etika.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Pekerjaan

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

  Yogyakarta, 2 Januari 2018

Kepada Yth, 
Kepala Cabang J&T Express Yogyakarta 
Jl. Parangtriris, No. 14 km.12, Sewon, Bantul

Dengan Hormat,
Bersama surat ini Harli mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi sebagai Kurir Delivery sejak tanggal 13 Desember 2016.

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi kepada saya untuk bekerja di J&T EXPRESS Cabang Yogyakarta sebagai Kurir Delivery selama kurang lebih 1 tahun ini.

Tidak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi
Saya sangat berharap PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses menjadi “Nomor 1 di Indonesia”. 

Hormat saya,

Harli

Contoh surat pengunduran diri diatas tampak lebih kompleks dan lengkap dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan si penulis menganggap bahwa perusahaannya merupakan perusahaan unggulan, terbukti dengan harapan yang diutarakan dalam surat pengunduran diri tersebut.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Kampus

Yth. Kepala UPT K3L UIN Malang
Prof. drs. Hendro, M.Si., Ph. D

Di Kampus UIN, MalangDengan hormat,Melalui surat ini, saya Diana Ramadhani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari UPT K3L UIN Malang sebagai karyawan per tanggal 7 Maret 2015 dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di UIN Malang, dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen UPT K3L UIN Malang jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu UPT K3L UIN Malang dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.
Hormat Saya,

Mawar Hasta Sari

  Contoh Surat Penawaran: Pengertian Surat Penawaran Beserta Contoh Cara Membuat Surat Penawaran Terlengkap

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Perusahaan

Dibawah ini adalah contoh surat resign dalam bentuk gambar apabila sudah diketik dan siap untuk diajukan ke perusahaan atau instansi.

contoh surat pengunduran diri kerja
contoh surat pengunduran diri instansi

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

contoh surat resign
contoh surat pengunduran diri guru SMK

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah

surat pengunduran diri
contoh surat pengunduran diri untuk guru

7. Contoh Format Surat Pengunduran Diri Kerja

form contoh surat pengunduran diri
contoh form surat pengunduran diri

Jangan beranggapan hanya di perusahaan swasta saja yang membuat surat pengunduran diri perusahaan, namun instansi pendidikan berstandar universitas, alfamart, hotel, pabrik, organisasi, ketua RT pun apabila hendak mengundurkan diri atau mendapatkan pekerjaan lain, juga perlu membuat surat pengunduran diri, hal ini agar semua rekan se instansi universitas mengetahui alasan pindah atau mengetahui alasan logis mengapa menyerahkan surat pengunduran diri.

8. Contoh Surat Resign Kerja DOC

Untuk mempermudah dalam pembuatan surat pengunduran diri karyawan, berikut ini kami lampirkan template surat pengunduran diri dalam format Microsoft Word yang dapat diedit sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak perlu membuat dari awal.

Contoh Surat Resign.doc

Tips dan Trik Dalam Membuat Surat Pengunduran Diri

contoh surat resign

Setelah anda mengetahui bagaimana surat pengunduran diri perusahaan dan contoh surat resign pribadi, kesimpulan anda bagaimana? Tidak susah bukan, asalkan anda perlu memperhatikan penggunaan bahasa dan penerapannya terhadap perusahaan anda.

Membuat surat pengunduran diri memang tidak sembarang saja. Surat pengunduran diri tentuya dibuat dengan harapan agar anda diperbolehkan untuk keluar dari perusahaan anda. Surat pengunduran diri diberikan agar perusahaan anda mengetahui kesan baik dari anda untuk perusahaan.

Surat pengunduran diri diharapkan akan memberikan dampak positif bagi anda. Anda tidak mau bukan meninggalkan jejak negatif di perusahaan anda sebelumnya. Lagipula peraturan pemerintah terbaru yakni memberika pesangon, sekaligus sertifikat kerja yang membuktikan bahwa anda pernah menjabat posisi tertentu dalam perusahaan sebelumnya anda bekerja.

Dengan demikian sebenarnya surat pengunduran diri ini memberikan kesan baik dan citra baik anda dimata rekan-rekan dan bos anda. Ingat, buatlah surat pengunduran diri sesuai dengan EYD, etika, dan bahasa yang cakap.

Pertanyaan Sering Ditanyakan!

Agar anda semakin memahami artikel ini, berikut ini kami paparkan mengenai tips dan trik agar surat pengunduran diri kerja anda pada perusahaan diterima baik dan di acc oleh pihak kantor anda.

Bagaimana sebaiknya penulisan isi surat resign?

Isi surat sebaiknya “to the point” atau tidak bertele-tele. Agar pihak perusahaan mengetahui secara gamblang isi surat anda.

Apakah harus disertai alasan dalam membuat surat resign?

Ya. Buatlah alasan keluar kerja yang baik, sopan, realistis, jelas dan tidak mencela rekan kerja atau instansi perusahaan tempat anda bekerja.

Apakah ucapan terimakasih harus ada didalam surat resign?

Ya. Luangkan bait dalam surat pengunduran diri anda dengan memberikan ucapan terima kasih kepada pimpinan instansi atau perusahaan. Meski mungkin kamu ada rasa kecewa, setidaknya kamu pernah belajar dan mengasah skill disana.

Apa ucapan yang baik agar surat resign sempurna?

Yang tidak kalah penting bagi anda, sampaikan juga permohonan maaf, sebab beberapa sikap kita dalam beraktivitas mungkin pernah menyinggung mereka.

Nah semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda yang akan atau sedang membuat surat pegunduran diri dari perusahaan anda. Semoga anda sukses dalam proses keluar dari perusahaan anda. Terimakasih

Contoh Surat Pengunduran Diri

6 thoughts on “Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Surat Resign) yang Baik dan Simpel”

Leave a Comment