Perdagangan Internasional: Teori, Manfaat, Pengertian, Faktor Pendorong, Faktor Penghambat, Tujuan, Keuntungan, dan Jenis Perdagangan Internasional - Ilmu Bahasa

Tuesday

Perdagangan Internasional: Teori, Manfaat, Pengertian, Faktor Pendorong, Faktor Penghambat, Tujuan, Keuntungan, dan Jenis Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional merupakan perdagangan yang terjadi di anara kedua belah pihak beda negara. Mereka melakukan hubungan perdagangan dengan perjanjian tertentu yang disepakati bersama sebelum dilakukannya transaksi.

Pihak yang melakukan perdagagan ini bisa seorang individu, perusahaan, atau pemerintah. Perdagangan internasional memungkinkan orang-orang untuk membeli barang-barang impor atau melakukan ekspor ke luar negeri.

Perdagangan Internasional: Teori, Manfaat, Pengertian, Faktor Pendorong, Faktor Penghambat, Tujuan, Keuntungan, dan Jenis Perdagangan Internasional


Agar memahami perdagangan internasional dengan lebih baik, berikut kami sajikan uraian singkat mengenai perdagangan internasional.

Teori Perdagangan Internasional 

Sebelum lebih jauh membicarakan tentang perdagangan internasional, berikut kami sajikan dua bentuk teori tentang perdagangan internasional.

1. Teori keunggulan mutlak

Berdasarkan teori ini, perdagangan nasional terjadi dengan tujuan untuk memberikan keuntungan pada negara yang memproduksi barang dengan penjualan di dalam negeri dengan harga yang lebih rendah dari yang dijualnya di negara lain.

2. Teori keunggulan komparatif

Sedangkan berdasarkan teori kedua ini, perdagangan nasional dapat dilakukan oleh sebuah negara pada barang yang paling produktif dan efisien untuk diproduksi. Hal ini berlaku di manapun meski negara tersebut tidak memiliki keunggulan mutlak dalam memproduksi barang tertentu.

Berdasarkan dua teori di atas, maka perdagangan internasional sebenarnya memungkinkan negara, perusahaan atau individu untuk melakukan perdagangan dengan barang apapun. Mereka bisa melakukan proses produksi di dalam negeri dan menjualnya di luar negeri. 

Perdagangan Internasional: Teori, Manfaat, Pengertian, Faktor Pendorong, Faktor Penghambat, Tujuan, Keuntungan, dan Jenis Perdagangan Internasional

Manfaat Perdagangan Internasional 

Manfaat dari adanya perdagangan internasional ini ada sangat banyak. Bebera di antaranya tidak dapat dirasakan langsung oleh masyarakat namun hadir di antara mereka.

Manfaat dari adanya perdagangan internasional ini antara lain bisa berupa:

  1. Masyarakat dalam negeri bisa memperoleh barang yang dijual di luar negeri atau barang impor dengan kualitas impor
  2. Masyarakat bisa mengenal barang-barang yang sedang trend di luar negeri
  3. Masyarakat dapat memperoleh barang dan jasa yang belum bisa dihadirkan sendiri di dalam negeri
  4. Masyarakat bisa memanfaatkan sumber daya manusia, sumber daya alam, teknologi dan lain sebagainya yang berasal dari luar negeri
  5. Para pedagang internasional memiliki kesempatan memperluas pasar
  6. Para pedagang internasional memiliki kesempatan meningkatkan profit di bidang tertentu yang diminati masyarakat luar negeri
  7. Perdagangan internasional bahkan memungkinkan terjadinya transfer teknologi modern untuk meningkatkan proses produksi dalam negeri
  8. Perdagangan internasional meningkatkan pertukaran informasi ilmu pengetahuan sehingga dapat meningkatkan produksi dengan lebih efisien
  9. Perdagangan internasional meningkatkan potensi percepatan pertumbuhan ekonomi lokal
  10. Perdagangan internasional meningkatkan peluang peningkatan devisi negara dari hasil pajak ekspor dan impor
  11. Perdagangan internasional juga memperluas kesempatan lapangan kerja
  12. Perdagangan internasional memungkinkan seseorang, pemerintah, dan perusahaan menjalin networking dengan pengusaha di negara lain
  13. Perdagangan internasional meningkatkan hubungan persahabatan dari berbagai sektor industri

Demikian manfaat dari perdagangan internasional, sesuai dengan pengertiannya yang dapat disimak di bawah ini.

Pengertian Perdagangan Internasional 

Pengertian perdagangan internasional tak dapat dipisahkan dari arti dari masing-masing kata tersebut. Perdagangan sendiri diartikan sebagai proses transaksi yang terjadi berdasarkan kesepakatan bersama antar dua belah pihak.

Sementara internasional adalah sesuatu yang menyangkut hubungan antar dua negara atau lebih. Sesuatu itu bisa berupa kegiatan pendidikan, bahasa, dan juga perdagangan.

Merujuk pada pengertia kedua kata tersebut maka bisa dipahami bahwa perdagangan internasional ialah transaksi perdagangan yang terjadi berdasarkan atas kesepakatan dua negara atua lebih. Negara-negara yang belum bisa memproduksi barang dan kebutuhan sendiri bisa mendapatkannya melalui transaksi perdagangan internasional ini.

Mereka juga dapat menawarkan barang atau jasa yang dapat diproduksinya kepada konsumen di luar negeri. Hubungan ini kemudian menjadi kegiatan perdagangan antar negara yang menguntungkan satu sama lain.

Perdagangan antar dua negara ini juga memegang peranan penting untuk meningkatkan kebutuhan dalam negeri. Di samping itu juga memberikan manfaat besar kepada pendapatan negara.

Kedua belah pihak bisa memenuhi kebutuhan urgens mulai dari sumber daya alam, bahan makanan tertentu, sumber daya tenaka kerja, modal, dan lain sebagainya. Kedua belah pihak bisa mengadakan hubungan yang menyejahteraan ekonomi masing-masing negara.

Dengan demikian, perdagangan antar negara ini  memungkinkan terjadinya kegiatan sebagai berikut:
  • Jual beli barang dan jasa antar negara
  • Kegiatan tukar menukar barang dan jasa antar negara
  • Terjadinya kerjasama di berbagai bidang kepada negara yang dapat menyediakan kebutuhan negara tertentu.
  • Terjadinya peningkatakan kegiatan ekonomi dalam negeri
  • Perdagangan internasional juga meningkatkan pengaruh sebuah negara di negara lain sampai ke tingkat global
  • Perdagangan internasional memungkinkan adanya perkembangan ekspor dan impor serta Balance of Payment/ Neraca Pembayaran Internasional (NPI) suatu negara
  • Perdagangan internasional memungkinkan tidak adanya kelangkahan sumber bahan makanan, sumber tenaga kerja, modal dan lain sebagainya.

Tingkat transaksi memiliki faktor pendorong masing-masing. Faktor pendorong perdagangan internasional dapat disimak di bawah ini.

Perdagangan Internasional: Teori, Manfaat, Pengertian, Faktor Pendorong, Faktor Penghambat, Tujuan, Keuntungan, dan Jenis Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Faktor pendorong perdagangan internasional bisa berupa hal-hal berikut ini:

  • Tidak semua negara menghasilkan bahan makanan yang dihasilkan negara lain seperti rempah-rempah.
  • Tidak semua negara dapat memproduksi teknologi seperti interner, indonesia adalah pengimpor teknologi ini
  • Tidak semua negara  memiliki modal yang cukup untuk mendorong pertumbuhan ekonomi
  • Tidak semua negara memiliki pengetahuan untuk mengolah sumber daya alam dan sumber daya manusia
  • Tidak semua negara memiliki sumber daya manusia yang kompeten untuk menjawab tantangan industri

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional 

Jika ada faktor pendorong perdangan internasional tentunya ada juga faktor penghambat perdagangan internasional, misalnya sebagai berikut:
  1. Perbedaan pandangan politik dua negara
  2. Kondisi keamanan sebuah negara
  3. Adanya perbedaan informasi
  4. Adanya perbedaan penguasaan teknologi
  5. Tidak adanya kesepakatan yang menguntungkan di antara kedua negara yang hendak melakukan perdangan


Tujuan Perdagangan Internasional 

Dari penjelasan di atas, sebenarnya sudah terkandung tujuan perdagangan internasional. Akan tetapi, berikut kami daftar secara singkat tujuan perdagangan internasional agar lebih jelas.
  1. Meningkatkan stok bahan atau barang yang tidak tersedia dalam negeri
  2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri
  3. Meningkatkan adanya pertukaran informasi
  4. Agar sebuah negara tidak tertinggal dari kemajuan teknologi yang dikuasai negara lain
  5. Agar terjadi peningkatan kesejahteraan individu dalam negeri
  6. Agar terjadi peningkatan pendapatan nasional


Keuntungan Perdagangan Internasional 

Keuntungan perdagangan internasional dapat dirasakan semua pihak. Mulai dari individu, perusahaan, atau lembaga pemerintah yang melakukannya. keuntungan itu bisa dirasakan secara langsung maupun tidak langsung, seperti berikut ini.
  1. Mendapatkan teknologi yang tidak diproduksi di dalam negeri
  2. Tidak adanya kekurangan bahan makanan dari kegiatan impor ke dalam negeri
  3. Tidak adanya hambatan melakukan pertukaran pendidikan dan informasi

Perdagangan Internasional: Teori, Manfaat, Pengertian, Faktor Pendorong, Faktor Penghambat, Tujuan, Keuntungan, dan Jenis Perdagangan Internasional

Jenis Perdagangan Internasional 

Jenis perdagangan internasional diidentifikasi sebagai berikut:

1. Ekspor dan Impor

Bentuk yang pasti terjadi ialah ekspor dan impor. Ekspor adalah perdagangan internasional yang dilakukan sebuah negara untuk mengirim barang ke luar negeri. Sedangkan impor kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri dan menjualnya kembali.

2. Barter

Perdagangan internasional dalam bentuk barter biasanya berbentuk direct barter, switch barter, counter purchase dan bay back barter.

3. Konsinyasi

Perdagangan internasional ini dilakukan melalui pasar bebas atau bursa dagang lelang di lembaga tertentu.

4. Package Deal

Perdagangan internasional ini dilaksanakan dengan perjanjian tertentu dengan negara lain.

5. Border Brossing

Perdagangan internasional ini memungkinkan dua negara yang berdekatan mengijinkan penduduknya melakukan transaksi, misalnya Indonesia dengan Malaysia, Indonesia dengan Singapura, dan lain sebagainya.

Demikian uraian singkat tentang perdagangan internasional untuk anda. semoga dapat meningkatkan wawasan anda.
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top