√ Pengertian Informasi: Definisi, Jenis, dan Contoh Informasi Terlengkap - Ilmu Bahasa

Monday

√ Pengertian Informasi: Definisi, Jenis, dan Contoh Informasi Terlengkap

Informasi - Untuk membicarakan tentang informasi ada baiknya jika kita melihatnya mulai dari etimologis. Kata Informasi berasal dari Bahasa Perancis Informacion. Istilah ini memiliki arti “Konsep, ide, atau garis besar”.

Informasi termasuk juga kata benda. Berasal dari kata informare yang berarti aktifitas. Kata itu merujuk pada kegiatan pengetahuan yang dikomunikasikan.

Pengertian Informasi: Definisi, Jenis, dan Contoh Informasi

Pengertian Informasi 

dari penjelasan singkat ini, bisa dimengerti jika informasi adalah penyampaikan ide, konsep, atau ilmu pengetahuan kepada khalayak luas. Penyampaian tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari teks, gambar, audio, atau video, bisa juga secara langsung dengan tatap muka.            

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian singkat mengenai informasi berikut ini.

12 Definisi Informasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih dalam memahami tentang pengertian informasi, berikut kami sajikan definisi informasi menurut beberapa ahli.

1. Abdul Kadir dan McFadden dkk

Kedua ilmuwan ini mendifinisikan informasi sebagai data yang telah berhasil diproses sedimikian rupa oleh seseorang atau lebih. Data tersebut memiliki nilai pengetahuan tambahan untuk meningkatkan wawasan orang lain.

Data tersebut bahkan dapat digunakan untuk mengubah perilaku, sikap, dan kebijakan di lingkungan sekitar. Data hasil pengolahan ini amat berharga, sehingga banyak orang akan menginginkannya.

2. Azhar Susanto

Dalam bukunya Sistem Informasi Akuntansi, Azhar Susanto mendefinisikan infomasi adalah sebuah hasil pengolahan data yang dilakukan sedimikian rupa hingga diperoleh data yang paling sederhana untuk membantu orang lain menyelesaikan masalah.

3. Burch dan Strater

Keduanya mendefinisikan informasi sebagai data yang dikumpulkan dan diolah untuk meningkatkan wawasan lingkungan.

4. George R. Terry

George R. Terry mendefinisikan informasi sebagai data yang benilai penting dan sangat berguna untuk banyak orang.

5. Jogianto

Melalui bukunya Analisis dan Desain Sistem Informasi, Jogianto mengungkapkan definisi informasi sebagai data yang diolah menjadi lebih berguna untuk penerimanya. Sehingga penerima dapat memanfaatkannya untuk tujuan yang baik.

6. Lani Sidharta

Definisi informasi menurut Lani Sidharta ialah data yang disajikan setelah diolah atau dianalisis sehingga membantu seseorang untuk membuat suatu keputusan.

7. Anton M. Meliono

Definisi informasi menurut Anton M. Meliono ialah data yang diproses untuk tujuan tertentu. Umumnya dimanfaatkan untuk menghasilkan sebuah kebijakan yang baik.

8. George H. Bodnar

Definisi informasi menurut George H. Bodnar ialah data yang diolah dan hasilnya menjadi dasar untuk mengambil keputusan dan merencanakan kebijakan baru.

9. Tata Sutabri

Definisi informasi menurut Tata Sutabri ialah data yang telah dikumpulkan, diolah, dianalisis, kemudian diinterpretasikan guna membantu seseorang mengambil keputusan.

10. Gordon B. Davis

Definisi informasi menurut Gordon B. Davis adalah data yang telah diolah menjadi bentuk sederhana yang dengan mudah dimengerti oleh penerimanya. Data tersebut bermanfaat untuk mengambil keputusan untuk kebijakan yang akan datang.

11, Jogiyanto HM

Definisi informasi menurut Jogoyanto HM ialah pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna dan memiliki nilai manfaat yang lebih tinggi dari bahan mentahnya. Data tersebut kemudian dimanfaatkan untuk mengambil keputusan. Data bisa berupa gambar, grafik statistik, tulisan, dan lain sebagainya.

12. Raymond d Mc.leod

Definisi informasi menurut Raymond d Mc. Leod adalah data yang berarti bagi si penerima informasi da memiliki nilai manfaat untuk kebutuhannya.

Pengertian Informasi: Definisi, Jenis, dan Contoh Informasi


Jenis Informasi

Berdasarkan penjelasan mengenai definisi informasi di atas, informasi memiliki beberapa jenis. Berikut adalah uraian singkat mengenai jenis-jenis informasi.
Informasi berdsarkan Fungsinya

Informasi berdasarkan fungsi merukapan informasi yang menyimpan materi dan nilai manfaat yang tinggi untuk suatu kebutuhan. Informasi berdsarkan fungsi juga dibedakan dalam beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

  • Informasi Untuk Menambah Pengetahuan

Informasi untuk menambah pengetahuan biasanya bisa berupa rentetan data yang berbentuk kata-kata. Informasi ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman seseorang atau lebih pada suatu topik.  
Misalnya kondisi geografis, ekonomi, kesehatan, dan lain sebagainya dari suatu wilayah. Data tersebut umumnya akan dibutuhkan oleh pemimpin daerah untuk menentukan kebijakan strategis.

  • Informasi Edukatif

Informasi edukatif adalah informasi yang di dalamnya mengandung nilai-nilai edukatif. Bentuk informasi ini bisa berupa makalah atua artikel yang membahas secara mendalam suatu permasalahan.

  • Informasi Berdasarkan Format Penyajian

Informasi ini bisa dilihat dari bentuk penyajiannya, bisa berupa tulisan, gambar, statistik, grafik, audio, atau video. Masing-masing bentuk akan mempermudah orang untuk memahami isi informasi.
Informasi jenis ini bahkan bisa berbentuk lukisan abstrak sampai lukisan realis. Semakin rumit bentuknya, berarti informasi itu dibuat dan ditujukan secara khusus kepada pihak-pihak yang dapat memahami simbol-simbol yang digunakannya.

Misalnya kode-kode morse. Penggunaan informasi menggunakan kode morse berarti hanya ditujukan kepada orang yang mengerti kode tersebut.

  • Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa

Informasi jenis ini merupakan informasi yang berkaitan dengan suatu negara, wilayah, atau daerah khusus. Informasi ini menyimpan segenap data terkait kawasan yang dijadikan lokasi pengumpulan data.

  • Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Informasi berdasarkan bidang kehidupan hampir mirip dengan informasi berdsarkan lokasi peristiwa bentuknya. Bedanya informasi ini merujuk secara khusus ke suatu aktifitas, seperti olahraga di suatu daerah. Bisa juga seperti musik, budaya, tradisi, iptek, sastra, dan lain sebagainya.

  • Informasi Berdasar Teknik Penyampaian

Informasi jenis ini akan memiliki beberapa bentuk dan cenderung menyebalkan ketika tidak dapat disampaikan sampai tuntas. Bentuk-bentuk informasi berdasarkan teknik penyampaian antara lain:
  1. Laporan mendadak
  2. Laporan mingguan
  3. Laporan bulanan
  4. Laporan tahunan
  5. Laporan khusus
  6. Laporan berdasarkan permintaan

Pengertian Informasi: Definisi, Jenis, dan Contoh Informasi Terlengkap


Contoh Informasi Terbaru dan Terlengkap

Setelah membaca uraian singkat di atas, mungkin anda masih membutuhkan contoh informasi secara lebih spesifik. Berikut adalah contoh informasi di sekitar anda.

Informasi Gempa Bumi

BMKG menyampaikan data-data terkait kejadian sebuah gempa. BMKG akan memaparkan hal-hal berikut:
  • Kekuatan gempa
  • Waktu kejadian
  • Titik gempa
  • Himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati
  • Titik rawan
  • Titik aman

Informasi Harga

Sebuah toko akan menginformasikan perubahan harga karena sebuah kebijakan. Bisa juga informasi harga disampaikan di setiap retail untuk membuat orang dapat mempertimbangkan belanjanya setiap hari.

Informasi ini akan ditempel, bisa di pintu masuk, atau di masing-masing barang yang ditampilkan di etalase toko.

Informasi Pendaftaran Kuliah

Sebuah universitas akan mengumumkan waktu pendaftaran dibuka. Dalam informasi itu akan memuat hal-hal sebagai berikut:
  • Waktu pendaftaran
  • Cara melakukan pendaftaran
  • Waktu pelaksanaan tes (mask (jika ada)
  • Pengumuman diterima
  • Waktu daftar ulang
  • Jumlah dana untuk daftar ulang

Informasi Penyakit Berbahaya

Rumah sakit atau lembaga kesehatan sebuah negara akan mengeluarkan pengumuman agar warganya waspada terhadap penyakit tertentu. Dalam pengumuman itu akan dicantumkan informasi seperti:
  • Nama penyakit
  • Penyebab
  • Cara menghindari
  • Penanganan darurat
  • Lokasi penanganan darurat
  • Himbauan untuk menjaga kesehatan


Demikian uraian singkat mengenai pengertian informasi untuk anda. Semoga bermanfaat.

Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top