√ 8 Contoh Teks Eksplanasi | Pengertian & Struktur Teks Ekplanasi - Ilmu Bahasa

Sunday

√ 8 Contoh Teks Eksplanasi | Pengertian & Struktur Teks Ekplanasi

Teks Eksplanasi - Teks dalam berkomunikasi dan mengkomunikasikan sesuatu harus dikemas dalam paragraf yang sesuai dengan tujuannya. Dalam pembahasan ini ada yang disebut dengan teks eksplanasi yang memiliki fungsi khusus untuk menginformasi peristiwa yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, dan budaya.

Teks Eksplanasi pada hakikatnya dalam ilmu bahasa bertujuan untuk menjelaskan sebuah peristiwa yang terjadi. Unsur yang lebih di gali oleh teks eksplanasi adalah "mengapa dan bagaimana" sebuah peristiwa melingkupinya. Kemudian teks eksplanasi akan memaparkan dan memberikan informasi peristiwa yang terjadi apakah bersangkutan dengan peristiwa lain, apakah berhubungan dengan fenomena lain yang berunsurkan sosial, budaya, ekonomi, dan lain-lain.

pengertian teks eksplanasi

Apa itu Teks Eksplanasi?

Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang memiliki fungsi untuk menjelaskan proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ suatu peristiwa yang berkaitan dengan hal-hal ilmiah, alam, budaya, dan sosial dijelaskan.

Ada pendapat lain yang menerangkan teks eksplanasi merupakan teks yang di dalamnya menjabarkan proses kejadian suatu fenomena baik itu ilmu pengetahuan, sosial, budaya, sampai dengan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, teks eksplanasi mudah diidentifikasi dari buku-buku sains, geografi, atau sejarah.

Di dalam teks eksplanasi terdapat penjabaran mengenai hubungan sebab-akibat dari sebuah peristiwa. Entah itu peristiwa sejarah, sains, geografi, atau pun budaya dijelaskan dari mulai ‘mengapa’ sampai ‘bagaimana’ peristiwa tersebut terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Apa Fungsi Teks Eksplanasi?

Sangat jelas diidentifikasi bahwa tujuan dari teks eksplanasi ialah untuk menerangkan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ sebuah peristiwa terjadi. Misalnya menjelaskan sebab dan akibat dari gunung meletus, polusi udara, dan lain sebagainya.

Teks eksplanasi kemudian memiliki fungsi sebagai alat atau metode untuk meningkatkan pemahaman masyarakat pada kejadian sebuah peristiwa secara logis. Penyampaian yang jelas dengan struktur menjawab ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ ini dapat membuat masyarakat memahami sebuah peristiwa terjadi tidak dengan alasan sederhana, melainkan ada faktor kompleks yang mempengaruhinya. Harapannya, dengan adanya teks eksplanasi, masyarakat menjadi lebih bijak untuk menilai dan menghadapi sebuah peristiwa.

Bagaimana Struktur Teks Eksplanasi?

struktur teks eksplanasi

Struktur dan Ciri-ciri teks eksplanasi ialah dibuat dengan struktur sebab-akibat menjawab pertanyaan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ di dalam paragrafnya. Struktur teks dibuat dalam tiga tahapan mulai dari pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat, dan ditutup dengan interpretasi.

Berikut penjelasan secara lebih terperinci.

1. Pernyataan Umum

Pada bagian pernyataan umum dalam teks eksplanasi harus memuat deskripsi umum mengenai topik yang sedang dibahas. Dalam pernyataan umum, penulis teks eksplanasi harus dapat mengenalkan peristiwa atau fenomena yang dibahas secara singkat namun jelas, enak dibaca, dan mudah dimengerti.

2. Deretan Penjelas

Dalam teks eksplanasi ada bagian deretan penjelas dalam strukturnya. Di bagian ini penulis musti menyampaikan informasi tentang sebab-akibat fenomena yang menjadi topik utama di dalam teks.

Deretan penjelas harus disusun dengan baik, jelas, dan enak dibaca untuk memudahkan pembaca mengenali peristiwa yang sedang dijelaskan. Oleh karena itu, dalam deretan penjelas ini terdapat urutan penjelasan dari awal sampai akhir. 

Kronologi dapat dijabarkan dengan sequence marker seperti pertama, kedua, ketiga dan seterusnya sesuai dengan urutan hal yang harus dijelaskan agar teks eksplanasi yang menjelaskan sebuah peristiwa mengandung informasi yang tuntas.

3. Interpretasi

Interpretasi dalam teks eksplanasi merupakan bagian penting yang tak boleh ditinggalkan penulis. Dalam teks eksplanasi, interpretasi merupakan paragraf penutup. Pada bagian interpretasi para penulis menuliskan kesimpulan atau intisari umum dari setiap deretan penjelas yang sudah dideskripsikan di paragraf sebelumnya oleh penulis. 

Penulis tidak boleh melewatkan satupun paragraf dalam deretan penjelas tanpa interpretasi. Sementara itu, dalam penulisan interpretasi penulis juga diharapkan dapat menghindarkan diri dari pembentukan opini pribadi. Penulis harus membuat kesimpulan berdasarkan fakta dan data yang ditemukan.

Apa Ciri-ciri Teks Eksplanasi?


Adapun ciri-ciri dari teks eksplanasi dapat dijabarkan sebagai berikut:
  • Seluruh informasi yang terkandung dalam teks merupakan informasi yang sesuai fakta tanpa ada opini dari penulis
  • Topik yang terkandung dalam teks ekplanasi merupakan sebuah peristiwa nyata yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau kasus-kasus lain yang bersifat ilmiah.
  • Teks bersifat informatif dan di dalamnya tidak terkandung usaha untuk mempengaruhi pembaca dengan gaya persuasif hingga pembaca mempercayai dan menjadi fanatik terhadap hal-hal yang dibahas.
  • Penjelasan teks eksplanasi memanfaatkan sequence markers, yaitu pemanfaatan diksi pertama, kedua, ketiga dan seterusnya selama menjelaskan tahap sebab-akibat.
  • Unsur kebahasaan teks ekplanasi sangat unik, harus menggunakan kalimat pasif, dalam penulisannya penulis akan kerap memanfaatkan verba material dan verba relasinal atau kata kerja aktif.

Langkah-langkah Menulis Teks Eksplanasi

cara menulis teks eksplanasi

Menurut Priyatni (2014: 87), langkah-langkah dalam menulis teks eksplanasi, yakni
1. Menentukan topik/tema;
2. Menentukan tujuan karangan;
3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber;
4. Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih agar menjadi suatu urutan pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup/interpretasi;
5. Mengembangkan kerangka menjadi karangan eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh teks eksplanasi berdasarkan NWS Department School and Education (2012) bisa berupa teks untuk menjelaskan terjadinya hujan, tahapan terjadinya tanah longsor, gunung meletus, sampai dengan efek terjadinya kolonialisasi dari pandangan sejarah dan lain sebagainya.


No Struktur Teks Peristiwa
1 Pernyataan Umum Kata “tsunami” berasal dari bahasa Jepang “tsu”yang berarti „pelabuhan‟ dan “nami” yang berarti „gelombang‟. Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut atau didaratan dekat pantai. Gelombangnya yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai.
2 Deretan penjelas/Eksplanasi Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun (pergeseran lempeng di dasar laut) di sepanjang patahan selama gempa terjadi. Patahannya menyebabkan keseimbangan air menjadi terganggu. Semakin besar daerah patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang di hasilkan. Selain itu, tsunami juga tercipta karena meletusnya gunung berapi yang menyebabkan pergerakan air di laut atau perairan sekitarnya sangat tinggi. Gelombang tsunami yang terjadi di laut melaju lebih cepat daripada gelombang normal. Gelombang tersebut menyebar ke segala arah dengan ketinggian 30 sampai dengan 50 meter dan kecepatan sekitar 800 km/jam. Ketika gelombang tsunami memasuki air dangkal, kecepatannya akan menurun dan ketinggiannya akan bertambah. Ketinggian gelombang itu juga bergantung pada bentuk pantai dan kedalamannya.
Gempa bumi yang tejadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami dan sangat berbahaya bagi manusia.
3 Interpretasi Kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua gempa dan letusan gunung berapi menyebabkan tsunami dan tidak semua tsunami menimbulkan gelombang besar. Tsunami selalu menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang paling besar terjadi ketika gelombang besar tsunami itu mengenai pemukiman manusia sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya.

Berikut ini beberapa contoh teks eksplanasi yang dapat anda pelajari untuk latihan menulis teks eksplanasi.



Demikian penjelasan singkat tentang teks eksplanasi untuk anda, mulai dari pengertian teks eksplanasi, Fungsi teks eksplanasi, Tujuan teks ekplanasi, Struktur teks eksplanasi, Ciri Khas teks eksplanasi, dan Contoh Teks Ekplanasi.

Semoga bermanfaat!
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ About ☎ Contact ✿ Sitemap ▲ Disclaimer ♛ Privacy Policy
Back To Top