Sistem: Pengertian, Unsur-unsur, Hingga Jenis-jenis Sistem Terbaru - Ilmu Bahasa

Friday

Sistem: Pengertian, Unsur-unsur, Hingga Jenis-jenis Sistem Terbaru

Di kehidupan sosial masyarakat masa kini ada sebuah sistem yang dianut bersama-sama. Bagi siapa saja yang melanggarnya umumnya akan terkena sanksi baik itu sanksi sosial maupun sanksi hukum.

Hal tersebut dikarenakan sistem adalah sesuatu yang sudah dianut bersama-sama dengan tujuan tertentu. Umumnya untuk mencapai kesejahteraan, rasa aman, dan lain sebagainya. Supaya lebih jelas mengenai sistem, silahkan baca sampai habis penjelasan tentang sistem berikut ini.

Sistem: Pengertian, Unsur-unsur, Hingga Jenis-jenis Sistem

Pengertian Sistem

Pengertian sistem adalah satu kesatuan baik obyek nyata maupun abstrak yang saling berkaitan satu salam lain. masing-masing komponen dalam sistem memiliki hubungan ketergantungan satu sama lain sehingga supaya berjalan lancar harus saling mendukung. Secara keseluruhan sistem adalah satu kesatuan utuh yang dilaksanakan bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektif dan efisien.

Di samping itu, sistem bisa juga disebut seabgai sebuah gabungan dari beberapa unsur atau elemen yang saling terhubung membentuk satu kesatuan karena sebuah kesepakatan. Mereka kemudian membentuk sebuah aliran informasi dan materi atau energi secara bersama-sama secara konstan untuk mewujudkan tujuan bersama yang telah disepakai sebelumnya.

Sedangkan secara etimologis, sistem diketahui berasal dari bahasa Latin “Systema” dan dalam bahasa Yunan “Sustema”. Kedua bahasa dipakai untuk menyembut atau menggambarkan sebuah interaksi yang terjadi dalam sebuah entitas. Oleh karenanya istilah sistem kerap dijumpai dalam berbagai bidang karena penerapannya juga bisa terdapat dalam berbagai bicang kehidupan.

Dari pengertian di atas dapat disimpulan bahwa sistem adalah suatu aturan yang berjalan untuk mewujudkan sebuah tujuan yang telah disepakai oleh suatu entitas kehidupan. Mereka bersama-sama mewujudkannya dengan mengikuti sistem yang sudah ditetapkan.

5 Definisi Sistem Menurut Ahlinya

Definisi sistem dapat ditemukan juga dari para ahli berikut ini.

1. Harijono Djojodihardjo

Sistem menurut Harijono Djojodihardjo adalah gabungan obyek yang memiliki keterkaitan satu sama lain dan masing-masing memiliki fungsi dan hubungan yang erat. Antar obyek saling mendukung hingga menjadi satu kesatuan yang berfungsi khusus.

2. Indrajit

Sistem menurut Indrajit adalah sekumpulan komponen yang telah disepakati dan memiliki nilai kekuatan tertentu untuk mengikat antara satu entitas dengan entitas lainnya.

3. Jogianto

Sistem menutur Jogianto adalah cara para entitas untuk saling berinteraksi dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Dalam siklus interaksinya tercerminkan hubungan kesatuan yang nyata sehingga memiliki fungsi terentu yang tak dapat dipatahkan begitu saja.

4. Colin Cherry

Definisi sistem menurut Colin Cherry adalah bentuk hubungan dari berbagai macma bagian atau assambel dari berbagai macam sifat dan bagian-bagain tertentu untuk memenuhi kewajibannya masing-masing.

5. R. Fagen dan A. Hall

Definisi sistem menurut R. Fagen dan A. Hall adalah kumpulan objek yang bersatu membentuk hubungan saling melengkapi antar sifat masing-masing hingga mewujudkan sebuah manfaat universal. 

Sistem: Pengertian, Unsur-unsur, Hingga Jenis-jenis Sistem

Apa itu Sistem

Dari pengertian sistem dan definisi sistem di atas, sudahkah anda menyadari secara lebih jelas apa itu sistem?

Jika merujuk pada pengertian dan definisi sistem di atas, sistem adalah sebuah bentuk hubungan yang didasarkan pada sebuah kepentingan untuk mencapai suatu tujuan dengan memanfaatkan sifat-sifat dari masing-masing entitas. Hasil akhirnya adalah manfaat universal.

Unsur-Unsur Sistem

Sistem memiliki unsur-unsur pembangun. Berikut ini adalah paparan singkat mengenai unsur-unsur sistem.

1. Obyek

Unsur sistem yang pertama adalah objek. Di mana dalam sistem terdapat sekumpulan oyek yang akan saling terkit membentuk elemen utuh, sebagian, atau hanya variabel tertentu saja. Dalam alam semesta semua obyek ini saling terkait satu sama lain.

2. Atribut

Di dalam sistem terdapat unsur yang disebut atribut yakni sesuatu yang memiliki kedudukan penting dalam menentukan mutu atau sifat kepemilikan terhadap sebuah objek.

Hubungan internal

Unsur sistem yang kentara dan dapat dirasakan ialah hubungan internal antar elemen. Seperti yang sudah diungkapkan setiap elemen atau objek saling terikat satu sama lain untuk membentuk satu kesatuan yang berhubungan dengan kepentingan universal.

Lingkungan

Unsur sistem berikutnya dan yang terakhir adalah lingkungan. Sistem berjalan di suatu tempat, wilayah, atau negara tertentu.

Sistem: Pengertian, Unsur-unsur, Hingga Jenis-jenis Sistem

Jenis-jenis Sistem

Jenis-jenis sistem dibagi atas dua kategori besar sebagai berikut:

Berdasarkan Keterbukaan

sistem berdasarkan keterbukaan ada dua, yakni sistem terbuka yang dipangaruhi oleh pihak luar karena terdapatnya akses terbuka dan akses tertutup yang tidak dipengaruhi oleh pihak luar, hanya pihak internal saja yang bisa mengaksesnya.

Berdasarkan Komponen

Sistem berdasarkan komponennya ada dua, yaitu sistem fisik yang bisa berupa energi dan materi dan unsur non-fisik yang merupakan bentuk abstak dari sistem. Bentuk abstrak ini antara lain berupa ide, konsep, dan lain sebagainya. Segala sesuatu yang masih dalam tataran ide, itulah unsur sistem non-fisik, namun kekuatan dan keberadaanya mempengaruhi keberlangsungan sistem itu sendiri.
Demikian pemaparan tentang sistem yang semoga dapat menambah wawsan anda.

Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top