Pengertian Pendidikan: Pendidikan, Jenis, Tujuan, dan Pengertian Pendidikan Menurut para Ahli - Ilmu Bahasa

Tuesday

Pengertian Pendidikan: Pendidikan, Jenis, Tujuan, dan Pengertian Pendidikan Menurut para Ahli

Pengertian Pendidikan Terbaru - Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran dan proses transfer ilmu pengetahuan, keterampilan, dan norma kepada sekelompok orang. hasil pendidikan ini kemudian dapat diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Proses itu bisa dilakukan melali pengajaran di kelas, pelatihan, penelitian, dan pengalaman di lapangan. Pendidikan kemudian mencapai tujuannya ketika tercapai perubahan positif di lingkungan orang yang memperoleh transfer ilmu dari proses pendidikan itu.

Pengertian Pendidikan: Pendidikan, Jenis, Tujuan, dan Pengertian Pendidikan Menurut para Ahli


Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan lengkap mengenai pendidikan berikut ini.

Jenis Pendidikan

Jenis pendidikan di Indonesai sendiri mengacu pada pengertian wawasan nusantara. Di mana wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap penduduk bangsa Indonesia dalam mengisi kehidupan.

Cara pandang dan sikap bangsa ini mengacu kepada kondisi geografis, Pancasla, dan UUD 1945. Caaranya dengan menghargai dan mengutamakan semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika dalam pergaulan berbangsa dan bernegara.

Berdasarkan pada wawasan nusantara itu maka ada beberapa jenis pendidikan di Indonesia. Di mana masing-masing diadakan guna mencapai tujuan berbangsa dan bernegara. Jenis pendidikan itu dapat dikelompokkan ke dalam empat kategori.

Pertama, jenis pendidikan berdasarkan wawasan dan kepentingan pembangunan. Di dalamnya terdapat unsur-unsur transfer ilmu mengenai aspek politik, sosiaal, kesatuan budaya, pertahanan dan keamanan negara, sampai dengan aspek ekonomi.

Kedua, aspek ketahanan nasional. Di dalam pendidikan yang berbasis konsep ketahanan nasional akan terdapat transfer ilmu mengenai ketahanan nasional. Siswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai pembangunan berdasarkan wilayah dan pembangunan nasional.

Ketiga, pendidikan berdasarkan pada wawasan pertahanan dan keamanan untuk negara. Jenis pendidikan ini akan melingkupi siswa dengan penegtahuan geopolitik negara, tanah air dan segenap wilayah negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keempat, pendidikan berdasarkan wawasan kewilayahan. Jenis pendidikan berbasis pada hal ini akan membicarakan wawasan kewilayahan. Di dalamnya dibicarakan banyak hal termasuk batas wilayah indonesia untuk menghindari potensi sengketa dengan negara tetangga.

5 Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan di Indonesia sendiri disesuaikan dengan wawasan nasional tersebut di atas. oleh karena itu, tujuan pendidikan Indonesia meliputi hal-hal berikut ini yang mana hal ini juga tercermin dalam lima sila pancasila.

1. Mencapai Amanat UUD 45

Dalam amanat UUD 45 dicantumkan inti bahwa masyarakt indonesia harus bekerjasama dalam persatuan dan kesatuan untuk mencapai kesejahteraan bersama sekaligus mewujudkan rasa cinta terhadap tanah air.

2. Mewujudkan manusia Pancasila

Sesuai dengan tujuan UUD 45, tujuan pendidikan juga bermaksud untuk mewujudkan manusia yang berpancasila di Indonesia. Sesuai dengan ideologinya menjadikan masyarakat indonesia masyarakat yang terdidik sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Masyarakat indonesia bisa menjadi manusia yang berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan mampu bergotong royong dalam mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara.

3. Mewujudkan Manusia yang Adil

Sama dengan elemen pancasila sila ke 5, di mana pendidikan bertujuan menciptakan masyarakat yang adil. Sehingga masyarakat mengetahui cara memperoleh hak dan kewajibannya dengan baik dalam berbagai aspek kehidupan.

4. Kejujuran

Pendidikan di Indonesia bertujuan untuk mewujudkan manusia yang jujur. Diharapkan mereka dapat bertindak sesuai dengan asas-asa kemanusiaan, berani bertindak dan berpikir jernih sesuai dengan fakta dan kenyataan yang ada demi terlaksanya keadamaian di seluruh nusantara. 

5. Solidaritas

Pengembangan solidaritas juga menjadi tujuan utama pendidikan. Hal ini juga tercantum dalam Pancasial sila ke empat dan ke dua. Mewujudkan masyarakat yang dapat adil dan beradab dengan lingkungannya adalah tujuan penting dari pendidikan Indonesia. Sikap solidaritas diperlukan untuk menghilangkan diskriminasi antar sesama.

Masih ada banyak tujuan pendidikan, namun intinya adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang berwawasan nusantara dan berpancasila.

Pengertian Pendidikan: Pendidikan, Jenis, Tujuan, dan Pengertian Pendidikan Menurut para Ahli

Pengertian Pendidikan Menurut 5 Pakar Pendidikan

Setelah membahas tujuan pendidikan, kini saatnya melihat penjelasan lebih ringkas mengenai pengertian pendidikan. Penjelasan pengertian berikut ini memperkuat alasan kenapa tujuan pendidikan penting untuk dicapai bersama-sama.

1. Ki Hajar Dewantara

Toko nasional Indonesia ini mengungkapkan pengertian pendidikan merupakan proses memperoleh tuntunan dalam kehidupan individu untuk kepentingannya dan lingkungannya. Maksudnya ialah pendidikan merupakan proses memperoleh segalam macam kekuatan kodrat pada anak-anak agar mereka segera bisa menjadi manusia.

Di mana dia kelak menjadi bagian dari anggota masyarakat. Sehingga dari hasil proses pendidikan ini diharapkan dia mewujud menjadi bagian positif dari masyarakat.

Pendidikan juga diartikannya sebagai usaha sadar yang dilakukan peserta didik untuk mempersiapkan dirinya terjun ke dunia masyarakat melalui bimbingan, pengajaran dan pelatihan guru.

2. Ahmad D. Marimba

Ahmadn D. Marimba berpendapat pengertian pendidikan adalah proses membimbing secara sadar kepada peserta didik yang secara sadar juga ingin memperoleh pendidikan. Di dalamnya terkandung aspek membimbing mulai dari aspek jasmani sampai rohani sehigga terbentuk kepribadian unggul guna membangun masyarakat.

3. Driyarkara

Driyarkara mengungkap pengertian pendidikan sebagai sebuah usaha untuk memanusiakan manusia sejak usia muda hingga ke skala yang insani. Proses ini kemudian diharapkan berhasil membentuk manusia berkepribadian unggul untuk mendukung kemajuan masyarakat sekitarnya.

4. H. Horne

H. Horne mengungkapkan pendidiakn adalah proses yang dilaksanakan secara terus menerus dari manusia untuk berkembang secara fisik dan mental. Dalam perkembangannya terjadi penerimaan kesadaran dan kebebasan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar, hingga terbentuk sisi emosional dan kemunisaan dari masing-masing individu.

5. Martinus Jan Langeveld

Martinus Jan Langeveld mengungkapkan pendidikan merupakan upaya mendorong seorang individu untuk memperoleh ilmu gua mencapai kemandiriannya. Tujuannya untuk membentuk individu terkait menjadi lebih mampu bertanggung jawab.

Diartikannya pula pendidikan sebagai proses usaha manusia dewasa untuk membimbing yang lebih muda menuju kedewasaannya. Pada proses ini kemudian terjadi transfer ilmu dan pengalaman yang cukup untuk dimanfaatkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Pendidikan: Pendidikan, Jenis, Tujuan, dan Pengertian Pendidikan Menurut para Ahli

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Dari menyimak pengertian pendidikan menurut para ahli di atas, dapat dikatakan pengertian pendidikan secara umum adalah usaha sadar dan terencana dari seorang peserta didik dan pendidik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Di mana proses itu merupakan proses yang diperlukan untuk mengembangkan karakter peserta didik. Pengembangan karakter itu bisa melingkupi aspek spiritual, rohani, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak, dan lain sebagainya. Aspek keterampilan dan kecakapan juga termasuk dalam proses pendidikan ini.

Dapat diartikan juga pendidikan sebagai proses membimbing secara sistematis untuk mendukung seorang individu yang tidak mengetahui apapun menjadi bisa lebih mandiri. Tujuan utamanya adalah mempersiapkan masing-masing individu menjadi lebih paham dan dapat menghadapi berbagai macam hal.

Sederhananya, pengertian pendidikan adalah proses pembelajaran yang dapat membuat seseorang memahami, mengerti, dan memiliki keterampilan serta pemikiran kritis dan logis. Semua itu dikemudian hari memberikan manfaat bagi masing-masing individu untuk hidup di lingkungannya sendiri.

Apa itu Pendidikan?

Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan dengan jelas apa itu pendidikan. Pendidikan adalah proses memperoleh dan memberi suatu ilmu dari seseorang kepada orang lain.

Ilmu tersebut bermanfaat bagi masing-masing individu untuk bertahan hidup dan memperoleh derajat hidup yang lebih baik. Demikian pemaparan tentang pendidikan. Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top