Pengertian Komputer Terlengkap : Definisi, Fungsi, dan Komponen Komputer - Ilmu Bahasa

Monday

Pengertian Komputer Terlengkap : Definisi, Fungsi, dan Komponen Komputer

Pengertian Komputer Terlengkap - Siapa sih yang tidak mengenal komputer di era jaman milenial saat ini. Tentunya semua mengetahui bagaimana sebuah komputer dan juga mengetahui fungsi komputer secara mendasar seperti apa. Nah pada kesempatan yang baik ini, kami akan mengulas mengenai definisi komputer secara keilmuan. Hal ini perlu kita catatkan, karena mengingat semakin cepatnya perkembangan dunia informasi, 

Komputer adalah perangkat keras yang dewasa ini telah membantu proses produksi manusia dalam mencapai tujuannya. Komputer adalah teknologi yang telah berkembang pesat. Dari yang awalnya berbentuk sangat besar, kini sudah semakin sederhana dan bisa ditenteng ke manapun oleh pemiliknya.

Agar lebih jelas mengenai keberadaan komputer di sekitar kita, silahkan cek definisi, fungsi, dan komponen komputer berikut ini.

Pengertian Komputer

               

Definisi Komputer

Lebih jelasnya, definisi komputer adalah perangkat elektronik yang dimanfaatkan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya. Data tersebut dimasukkan ke dalam suatu software yang diinstal di dalam komputer tersebut.

Hasil dari proses input dan pengolahan data di dalam komputer  umumnya berupa informasi yang berguna untuk penggunanya.

Ada juga yang mendefinisikan komputer sebagai alat elektronik yang terdiri atas sekumpulan komponen yang saling terhubung dengan kode tertentu membentu suatu sistem kerja yang sistematis. Sistem di dalam komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan yang kompleks.

Proses olah pekerjaan terjadi berdasarkan program software yang diinstal di dalamnya. Sehingga hasilnya adalah informasi berdasarkan data yang dimasukkan di masing-masing program. Hasil data dapat dibaca oleh pengguna dengan lebih baik.

Berdasarkan definisi di atas maka dapat diketahui bahwasanya komputer memiliki tiga elemen utama.
Pertama adalah perangkat keras atau hardware yang terdiri atas Processor, RAM, Harddisk, Motherboard, dan CPU.

Kedua, adalah perangkat lunak yang disebut juga dengan software. Perangkat lunak ini meurpakan sistem operasi yang dipasang di dalam perangkat hardware untuk bekerja dan menghasilkan informasi sesuai dengan data yang diinputkan.

Ketiga adalah pengguna komputer itu sendiri. pengguna disebut juga dengan brainware, si pemakai yang memasukkan data ke dalam software dan yang juga memanfaatkan data tersebut.

Fungsi Komputer

Berdasarkan informasi definisi komputer di atas, maka dapat diketahui dengan mudah bahwa komputer memiliki fungsi penting untuk penggunanya. Beberapa fungsi komputer dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut ini.

Data Input

Komputer memiliki fungsi sebagai data input, yakni komputer menerima data dari berbagai sumber yang dimasukkan oleh pengguna. Data tersebut kemudian diterima melalui software yang sudah terpasang. Data juga dapat diterima melalui beberapa bentuk seperti dari email, keyboard, klik mouse, dan lain sebagainya.

Data Processing

Komputer memiliki fungsi sebagai data prosesing yang menghasilkan output berupa informasi yang diinginkan oleh pengguna.  Proses ini diperoleh dari operasi dan perintah yang dimasukkan oleh penguna kepada sistem komputer itu sendiri.

Umumnya data yang diproses itu berbentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lain sebagainya. Hasil dari olahan juga bisa berupa teks, gambar, audio, video, dan grafik yang jauh lebih baik daripada sebelum diolah.

Hasil dari data prosesing dapat membantu pengguna untuk membuat keputusan. Jika si pengguna odalah mahasiswa, bisajadi data yang terproses membuatnya mendaptkan nilai A karena tugas kuliahnya terselesaikan dengan sempurna.

Data Output

Data output merupakan fungsi komputer yang terkait erat dengan fungsi data prosesing dan data input. Data output adalah hasil dari kerja data prosesing yang telah bekerja mengolah informasi yang disampaikan di tahap data input.

Hasil dari pengolahan informasi itu dapat dilihat dalam bentuk soft data di layar komputer, dibaca ketika sudah diprint, atau didengar melalui audio. Bisa juga hasilnya ditonton melalui software untuk menonton video atau film. Semua itu kemudian dapat dinikmati bersama-sama oleh para pengguna komputer.

Data Storage

Komputer juga memiliki fungsi sebagai data storage. Maksudnya adalah sebagai perangkat penyimpan data. File yang disimpan di sistem komputer suatu hari dapat dilihat kembali.

Komputer yang sudah dipasang perangkat penyimpan ini sangat bermanfaat untuk membuat pengguna tidak perlu repot menyimpan data dalam bentuk buku atau print out. Data dapat disimpan dalam memori internal komputer.

Data Movement

Komputer memiliki fungsi sebagai data movement. Maksud dari fungsi ini adalah komputer dapat digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain.

Dulu orang memindahkan data menggunakan flashdisk. Sekarang, orang sudah beralih memindahkan data melalui email yang lebih praktis.

pengertian komputer

Komponen Komputer

Perkembangan komputer saat ini memang sudah sangat canggih. Akan tetapi, komponen komputer pada dasarnya dari dulu sampai sekarang sama saja.

Komponen komputer dibedakan menjadi tiga, yakni komponen input, proses, dan output. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Komponen Input

Komponen input ialah komponen yang digunakan untuk mengimput data sesuai dengan fungsinya. Beberapa komponen input tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Keyboard

Perangkat keras yang berupa alfanumerik dan interpretasi ASCII yang digunakan untuk mengimput kata-kata atau angka ke software komputer yang sedang dimanfaatkan oleh pengguna.
  • Mouse dan Trackpad

Kedua alat ini merupakan alat penghubung antara pengguna atau brainware dengan software komputer serta layar monitor komputer.
  • Pen

Pen digunakan khusus untuk layar sentuh. Fungsinya mirip dengan mouse untuk menunjuk dan menjadi penghubung brainware dengan layar komputer. Bentuknya seperti pena.
  • Scanner

Scanner adalah perangkat keras yang digunakan untuk memindai gambar supaya bisa dimasukkan ke dalam sistem komputer.
  • Microphone

Alat ini adalah perangkat input data suara untuk menghasilkan video

Komponen Proses Komputer

Komponen proses sesuai dengan jenisnya digunakan untuk memproses data. Komponen ini juga menjadi bagian untuk memerintahkan software bekerja sesuai dengan perintah pengguna. Komponen proses terkait erat dengan komponen input. Berikut adalah bentuk-bentuk dari komponen proses.

  • Monitor

Layar monitor yang ada di komputer merupakan bagian dari komponen prosesor yang memperlihatkan kerja software kepada pengguna. Dari layar monitor, penguna dapat memastikan software menjalankan perintah sesuai dengan yang diinginkannya.
  • Processor

Prosesor adalah komponen utama di dalam komputer untuk menggerakkan pengolahan data yang sedang dikerjakan pengguna bersama software tertentu di dalam komputer.
  • Motherboard

Motherboard merupakan kompnen penghubung antara komponen di dalam komputer. Kerja motherboard juga kompleks untuk mengantarkan input data menuju prosesor, kemudian menghasilkan output sesuai yang diharapkan pengguna.
  • Hard Disk

Hard disk adalah komponen komputer untuk menyimpan data. Hardisk bersifat permanen di dalam komputer. Hardisk juga mengandung sistem operasi komputer.
  • RAM

Banyak yang menyebut RAM merupakan otak dari komputer. RAM merupakan memori yang ditanamkan di dalam komputer untuk menyimpan berbagai aktifitas komputer.

Komponen Output Komputer

Komponen ketiga ialah komponen output. Komponen ini merupakan perangkat yang menampilkan informasi hasil dari data yang telah diproses di dalam komputer oleh pengguna.
Komponen output bisa berupa:
  • Monitor

Monitor adalah alat penampil proses yang sedang dikerjakan oleh pengguna di komputer. Lewat monitor, pengguna bisa memantau proses kerjanya.
  • Printer

Perangkat keras ini merupakan alat yang digunakan untuk mencetak informasi yang sudah selesai di olah di komputer. Hasilnya berupa hard copy dengan beberapa jenis kertas yang dipilih oleh pengguna.
  • Speaker

Perangkat ini menghasilkan suara yang dapat didengar oleh pengguna komputer.


apa itu komputer

Apa itu Komputer?

Dari semua penjelasan di atas, sudahkah anda memahmi dengan baik pengertian komputer? Pada intinya komputer adalah perangkat teknologi dengan softaware khusus yang dapat mempermudah manusia untuk mengolah data.

Demikian informasi kali ini mengenai pengertian komputer. Semoga memperdalam wawasan anda tentang komputer.

Loading...
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top