Pengertian Teknologi, Macam-macam Teknologi, dan Manfaat Teknologi Terlengkap - Ilmu Bahasa

Monday

Pengertian Teknologi, Macam-macam Teknologi, dan Manfaat Teknologi Terlengkap

Pengertian Teknologi - Teknologi adalah ilmu yang mengupas dan melaksanakan keterampilan menciptakan alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda. Alat yang dihasilkan umumnya bersifat praktis untuk membantu menyelesaikan berbagai macam keperluan manusia.

Dilihat dari wujudnya, maka teknologi adalah sarana dan prasarana yang dibuat untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan barang atau jasa. Teknologi dimanfaatkan untuk memenuhi kenyamanan dan keberlangsungan hidup manusia.

Pengertian Teknologi, Macam-macam Teknologi, dan  Manfaat Teknologi Terbaru


Sementara secara etimologis, teknologi berasal dari kata “Technologia” yang bila dipenggal terdiri dari dua kata yakni tech yang artinya keahlian dan logia yang artinya pengetahuan. Jika dulu bentuk teknologi terbatas dalam wujud mesin dan peralatan, kini bentuknya sudah dalam berbagai macam bentuk.

Software, internet, gadget, dan seterusnya merupakan alat-alat teknologi baru yang sudah ditemukan manusia. seiring dengan perkembangannya teknologi itu makin sederhana makin banyak manfaatnya. Agar lebih jelas, simak paparan tentang teknologi berikut ini.

6 Macam-macam Teknologi 

Berikut adalah macam-macam teknologi yang beredar di kehidupan masyarakat. Dapat dikatakan bahwa teknologi hadir hampir di semua bidang kehidupan manusia.

1. Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah teknologi yang paling populer saat ini. banyak orang memanfaatkannya karena teknologi informasi adalah teknologi yang dapat membantu manusia untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dalam waktu singkat.

Teknologi informasi itu kini bisa berupa internet, sosial media, media online, dan lain sebagainya. Produk-produk seperti televisi, radio, dan lain sebagainya juga termasuk ke dalam bentuk teknologi informasi.

2. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi melenkapi pemanfaatan teknologi informasi. Teknologi komunikasi adalah sebuah alat yang membantu manusia untuk berkomunikasi satu sama lain sekaligus mengirimkan informasi dengan sebuah perangkat khusus.

Teknologi komunikasi dulu berupa telepon rumah, pos, dan telegram. Kini teknologi itu sudah berkembang menjadi smartphone, website, mesin fax, email, sosial media, aplikasi chatting, dan lain sebagainya. Bahkan teknologi ini masih terus dikembangkan.

3.  Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi merupakan sebuah teknologi yang dapat membantu manusia berpindah tempat dalam waktu yang lebih cepat. Produk teknologi transportasi ialah kereta, pesawat, sepeda, kapal laut, motor, mobil, dan lain sebagainya.

Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi transportasi juga amat pesat.  Contohnya saja kereta, dulunya tidak secepat sekarang, namun dengan kemajuan ilmu pengetahuan, manusia dapat menciptakan kereta api yang sangat cepat seperti sinkansen di Jepang.

4. Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan adalah bagian dan faktor pendorong penting dari kemajuan teknologi. Dalam dunia pendidkan, teknologi pendidikan adalah alat yang  dapat meningkatkan pola pembelajaran di kelas.

Dengan adanya teknologi pendidikan seperti printer, laptop, studio kelas bahasa, dan lain sebagainya, murid menjadi dapat berpraktik langsung. Seperti misalnya peralatan laboratorium di kelas kedokteran, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman dan meningkatkan pengalamannya di bidang kesehatan.

5. Teknologi Medis

Teknologi medis adalah alat yang berkaitan dengan dunia kedokteran. Alat ini sangat berperan penting untuk mempercepat proses penanganan terhadap pasien, sehingga dapat menyelamatkan nyawanya.

Teknologi medis dapat berupa tensimeter, termoter tubuh, stetoskop, alat suntik dan infus, alat USG, alat X-Ray, obat-obatan dan lainnya. Teknologi medis juga berkembang pesat, sehingga penyakit yang sebelumnya belum mendapatkan obatnya, kini sudah ada.

6. Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi merupakan teknologi yang dimanfaat dan bermanfaat untuk diandalkan dalam proses pembangunan. Teknologi kontruksi berperan penting agar manusia bisa membangun sebuah infrastruktur yang aman.

Beberapa bentuk teknologi konstruksi itu termasuk metode kerja, software gambar struktur (AutoCAD), alat-alat berat, dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi konstruksi tidak hanya harus digunakan oleh orang yang bisa saja, melainkan harus terampil dan tahu betul cara menggunakannya supaya fungsi utamanya bisa berjalan maksimal.


Pengertian Teknologi, Macam-macam Teknologi, dan  Manfaat Teknologi Terbaru

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Agar dapat dipahami secara lebih mendalam, berikut pengertian teknologi menurut para Ahli.

1. Iskandar Alisyahbana

Iskandar Alisyahbana memaparkan pengertian teknologi sebagai cara melakukan sesuatu guna memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal. Dengan kombinasi keduanya terjadilah kinerja yang lebih kuat, lebih ampuh, dan lebih berdaya tahan lama untuk seluruh kebutuhan manusia.

2. Manuel Castells

Pengertian teknologi menurut Manuel Castells ialah seperangkat alat, aturan, dan prosedur penerapan pengetahuan ilmiah secara sistematis dan teratur. Penerapannya dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi, bahkan akan terjadi pengulangan jika diperlukan.

3. Gary J. Anglin

Pengertian teknologi menurut Gary J. Anglin ialah penerapan ilmu pengetahuan ke dalam sebuah sistem yang konsisten untuk memecahkan masalah manusia. Dalam teknologi terdapat solusi praktis untuk kehidupan sehari-hari manusia.

4. Jacques Ellil

Pengertian teknologi menurut Jacques Ellil ialah keseluruhan metode rasional yang digunakan mengarah kepada efisiensi dan efektifitas kegiatan manusia.

5. Merriam Webster

Pengertian teknologi menurut Merriam Webster ialah penerapan pengetahuan praktis di berbagai bidang. Penerapan itu menghasilkan alat yang dapat membantu menyelesaikan tugas terutama dalam proses teknik, metode, dan aspek khusus tertentu dari masing-masing bidang.

Apa itu Teknologi? dan Apa Tujuan Dibuatnya Teknologi?

Dari pemaparan pengertian di atas, sudahkah anda menangkap apa itu teknologi yang sebenarnya? dari pengertian di atas, layaknya dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan hasil dari penerapan ilmu pengetahuan yang berupa sarana dan prasarana. Masing-masing teknologi dibuat untuk kebutuhan yang berbeda disesuaikan dengan fokus bidang industri yang ditujunya.

Teknologi dapat mempermudah kerja manusia. Teknologi juga bisa membantu manusia mendapatkan informasi dan mengirim informasi secara lebih cepat.

5 Manfaat Teknologi

Pemaparan di atas juga menyiratkan adanya beragam manfaat dari kemajuan teknologi. Berikut merupakan beberapa manfaat teknologi yang sudah dirasakan oleh manusia jaman sekarang.

• Mempermudah komunikasi

Manfaat ini didapatkan dari teknologi komunikasi. Sekarang bentuknya beragam, yang semuanya memberikan manfaat kemudahan dalam berkomunikai jarak jauh maupun jarak dekat.

• Memudahkan orang mendapatkan informasi

Kemudahan ini berkaitan dengan manfaat teknologi informasi. Dengan adanya beragam bentuk teknologi informasi, semua orang di seluruh dunia bisa berbagi informasi dengan sangat cepat tanpa terbatasi oleh wilayah, ruang, dan waktu. Bahkan bahasa juga tidak menjadi kendala ketika ada alat penerjemah.

• Memurahkan orang melakukan transaksi

Jika dulu orang harus pergi ke pasar untuk membeli barang, kini hal itu tidak harus dilakukan. Orang bisa melakukan transaksi perdagangan hanya via internet. Bisnis online berkembang pesat karena perkembangan teknologi berbasis web ini.

• Memudahkan Bepergian

Jika dulu bepergian membutuhkan waktu berhari-hari karena tidak ada alat transportasi, kini hal itu sudah berubah. Orang bisa berpindah tempat dengan cepat. Kini orang bisa berada di berbagai negara dalam waktu seminggu.

Perkembangan teknologi transportasi sudah memungkinkan hal itu. Dengan demikian, urusan bisnis pun menjadi lebih cepat tertangani.

• Memudahkan murid untuk belajar

Ketika dulu murid mendapatkan metode menguasai sesuai hanya dari guru, kini sumber informasi itu sudah beragam. Guru kini bukan lagi satu-satunya sumber memperoleh metode. Murid bisa mendapatkannya melalui internet, TV, dan lain sebagainya.

Demikian uraian singkat mengenai pengertian teknologi dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan anda.

Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top