Wednesday

Pengertian dan Fungsi Jurnal Penyesuaian beserta Jenis-jenisnya

Info Jurnal - Tentunya bagi kalian yang masuk di dunia Ekonomi mengenai jurnal penyesuaian bukan hal yang baru pastinya. Nah, pada kesempatan yang baik ini, kami akan mengulas mengenai pengertian jurnal penyesuaian, tujuan atau fungsi dari jurnal penyesuaian, dan jenis-jenis jurnal penyesuaian.

Jurnal penyesuaian merupakan jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk menyesuaikan saldo-saldo perkiraan atau akun agar menunjukkan keadaan sebenarnya sebelum penyusunan laporan keuangan. Jadi bisa disimpulkan sedikit bahwa jurnal internasional ini berisi tentang laporan keuangan yang ada di sebuah perusahaan. Adapun juga tujuan dari pembuatan jurnal penyesuaian ini, yaitu agar pada akhir periode akun riil yaitu harta, kewajiban dan modal menunjukkan keadaan yang sebenarnya dan supaya akun-akun nominal, yaitu akun pendapatan dan beban dapat diakui dalam suatu periode dan menunjukkan keadaan yang sebenarnya.  

Pengertian dan Fungsi Jurnal Penyesuaian beserta Jenis-jenisnya

Pada kali ini kita juga akan membahas tentang fungsi dari jurnal penyesuaian.  Fungsi jurnal penyesuaian antara lain, yaitu menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode sehingga sesuai dengan saldo riil (yang sesungguhnya), dan menghitung pendapatan dan beban selama periode yang bersangkutan. Nah, itulah fungsi dari jurnal penyesuaian. Oke selain pengertian dan fungsi kita juga akan membahas jenis jenis jurnal penyesuaian. Jurnal penyesuaian ii memilik beberapa jenis. Mari kita simak bersama-sama

Jenis -  jenis Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka (prepaid expenses)

Beban dibayar dimuka adalah beban yang seharusnya dibayar disetiap bulan tetapi langsung dibayarkan sekaligus setahun atau beberapa tahun. Jadi, ketika menemukan beban yang seharusnya dibayarkan pada periode mendatang, maka harus dihitung beban mana yang dilaporkan pada periode yang bersangkutan (sekarang).
 

Jurnal penyesuaian penyusutan (Depreciation)

Penyusutan peralatan harus dicatat sebagai pengakuan beban depresiasi atau bisa jadi beban penyusutan oleh perusahaan. Contohnya seperti kendaraan, bangunan dan benda fisik lainnya.
 

Jurnal Penyesuaian Beban Terhutang (Accrued Expense)

Suatu kewajiban yang berasal dari beban yang telah diakui atau telah terjadi di dalam perusahaan tapi belum dibayar.  Contoh kasusnya adalah gaji karyawan.
 

Jurnal Penyesuaian Pendapatan Belum Diterima (Accrued Revenue)

Piutang Pendapatan adalah pendapatan yang sudah diperoleh tetapi masih belum diterima dan belum dicatat dalam rekening-rekening. Oleh karena itu setiap periode harus dibuat penyesuaian untuk mencatat pendapatan tersebut.
 

Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka (Unearned Revenue)

Biasanya banyak yang masih bingung  dengan istilah unearned revenues atau deferred revenues. Di dalam bahasa Indonesia kedua istilah tersebut mengacu pada istilah pendapatan diterima dimuka, yang artinya kalian menerima uang di muka sedangkan service atau barang yang kalian perjual belikan belum diterima customer.  Contohnya seperti pemesanan tiket pesawat secara online. Oke, sekian pembahasan kali ini tentang jurnal penyesuaian

Nah bagaimana ulasan kami mengenai Pengertian dan Fungsi Jurnal Penyesuaian beserta Jenis-jenisnya, Semoga menambah wawasan pengetahuan anda. Silahkan kunjungi laman kami yang lain untuk melihat artikel terbaru kami dari ilmu bahasa. Salam
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top