Friday

Pengetahuan Jurnal Mikroskop Dalam Bidang Ilmiah

Info Jurnal - Biasanya kalau anda mendengar kata mikroskop pasti anda langsung mengarah pemikiran anda ke hal yang biologis. Memang benar, karena ketika anda waktu pelajaran ilmu pengetahuan alam di dalam laboraturium biologi pasti ada barisan mikroskop di bagian lemari atau biasanya di meja. Mikroskop ini memiliki fungsi untuk melihat mikroorganisme dan sel sel yang memiliki ukuran kecil dan biasanya mikroskop ini. 
 
Pengetahuan Jurnal Mikroskop Dalam Bidang Ilmiah

Sekarang kita akan sedikit membahas mengenai mikroskop. Pasti semua orang sudah tahu dengan yang namanya mikroskop, jika belum tahu atau belum mengenal mikroskop itu bisa dibilang cukup kebangetan kecuali anak kecil. Kenapa kebangetan?? Karena semua orang yang bersekolah pasti diterangkan tentang mikroskop dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam ketika smp, dan bahkan ketika sd pun sudah diterangkan apa itu mikroskop. 

Mikroskop merupakan alat bantu yang dapat ditemukan hampir di seluruh laboratorium baik di laboraturium sekolah maupun laboraturium rumah sakit yang berfungsi untuk  mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis). Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah terlihat oleh mata. Nah, sudah jelas kan apa itu mikroskop. Kalian dapat menemukan mikroskop di laboraturium baik di sekolah maupun rumah sakit.  Jadi intinya jurnal mikroskop ini adalah laporan laporan yang di buat berdasarkan praktikum atau kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan menggunakan mikroskop.
 
Tahu tidak, kalau mikroskop terbagi menjadi beberapa jenis yang berdasarkan pemakaian dan penggunaannya. Berdasarkan sumber cahayanya, mikroskop terbagi menjadi dua, yaitu, mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Mikroskop cahaya ini sendiri terbagi lagi menjadi dua kelompok besar, yaitu berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan. Berdasarkan kegiatan pengamatannya, mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop diseksi yang berfungsi untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel. Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang hanya memiliki 1 lensa okuler dan binokuler memiliki 2 lensa okuler. 
 
Bisa anda ketahui, bahwa jurnal mikroskop ini sering di buat oleh pelajar, mahasiswa, bahkan dokter untuk mengamati suatu percobaan atau praktikum dan menganalisa hasi dari percobaan atau praktikum yang sedang dibuat.  Nah, beruntung bagi anda yang waktu SMA adalah siswa kelas IPA pasti tahu cara menggunakan mikroskop dengan benar. Biasanya mikroskop ini digunakan seperti mengamati sel sel yang ada di dalam daun, kayu dan sebagainya. Dan diakhir praktikum atau percobaan, selalu disuruh membuat laporan hasil dari pratikum atau percobaan yang telah dilakukan sebelumnya. Dan bukan hanya itu saja yang kita akan bahas tapi juga struktur dari mikroskop. Ada dua bagian utama yang menyusun mikroskop, yaitu:

1. Bagian optik, yang terdiri dari kondensor, lensa objektif, dan lensa okuler.
2. Bagian non-optik, yang terdiri dari kaki dan lengan mikroskop, diafragma, meja objek, pemutar halus dan kasar, penjepit kaca objek, dan sumber cahaya. Nah, demikian pembahasan kali ini mengenai jurnal mikroskop. Semoga bermanfaat.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top