Tuesday

Pengertian Jurnal Komunikasi

Info Jurnal Terbaru - Pasti semua orang sudah tahu dan kenal dengan yang namanya komunikasi. Manusia adalah mahluk sosial, mahluk sosial adalah mahluk yang berbaur dengan orang lain, mahluk yang salaing berkomunikasi satu sama lain. Maka dari itu,  kita sebagai mahluk sosial diharuskan bersosialisasi dan juga diharuskan berkomunikasi dengan orang lain karena kita dapat menjalin silaturahmi dan saling mengenal satu sama lain dan juga karena kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri, pasti suatu saat membutuhkan orang lain dalam membantu kita. Baik itulah awal dari artikel ini.

Sekarang, kita masuk ke topik pembahasan, pada kali ini kita akan mengenai jurnal komunikasi. Dari kata komunikasi sudah jelas, jurnal ini berisi seperti teknologi komunikasi, mahluk sosial yang saling berkomunikasi, dan sebagainya. Komunikasi merupakan ketrampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, yang dimana dapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak langkah manusia. Jadi, komunikasi bukan hanya ketika kita berbicara saja lho tetapi juga komunikasi ini bisa dilakukan dengan gerak tubuh dan langkah kita.

Pengertiannya Jurnal Komunikasi


Komunikasi ini di jelaskan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk menjalin hubungan dan juga untuk menyampaikan pendapat seperti berbicara. Berbicara ini memang sudah wajar dilakukan oleh manusia seperti kita karena kita sebagai manusia juga berbicara dalam menjalin hubungan dengan orang lain sehari hari. Sekarang kita sedikit membahas mengenai komunikasi. Pengertian komunikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI terbitan Balai Pustaka, 2002), komunikasi merupakan pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, hubungan, kontak.

Di dalam pembahasan kali ini, kita akan sedikit mengetahui tentang jurnal komunikasi ini. Seperti halnya jurnal yang lainnya yaitu berisi tentang laporan laporan yang berisi tentang komunikasi yang dicatat dan di analisa oleh si penulis. Seperti yang kita ketahui, jurnal komunikasi ini juga seperti jurnal ilmiah biasanya. Jurnal ini mengkaji setiap laporan laporan bahkan bahan demi bahan yang sedang di cobakan atau bahasa ilmiahnya adalah di praktekkan.

Komunikasi ini dinyatakan  dengan Komunikasi sebagai interaksi. Ternyata pandangan ini menyetarakan komunikasi dengan suatu proses sebab akibat atau mungkin juga aksi reaksi, yang arahnya bergantian. Seseorang menyampaikan pesan, baik verbal maupun nonverbal, seorang penerima bereaksi dengan memberi jawaban verbal atau nonverbal, kemudian orang pertama bereaksi lagi setelah menerima respon ataupun umpan balik dari orang kedua, dan begitu seterusnya.

Juga komunikasi ini sebagai transaksi yang dinyatakan bahwa pandangan ini menyatakan bahwa komunikasi merupakan proses yang dinamis yang secara sinambungan mengubah pihak-pihak yang berkomunikasi. 

Berdasarkan pandangan ini, maka orang-orang yang berkomunikasi dianggap sebagai komunikator yang secara aktif mengirimkan dan menafsirkan pesan. Setiap saat mereka bertukar pesan verbal maupun pesan nonverbal.

Fungsi Jurnal Komunikasi

Bukan hanya pengertian saja yang akan kita bahas tapi juga fungsinya.  Fungsi dari penggunaan komunikasi ini banyak, antara lain.

Kendali

Ffungsi dari komunikasi ini bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.

Motivasi

Fungsi dari komunikasi ini membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.

Pengungkapan Emosional

Fungsi ini bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.

Informasi

Fungsi komunikasi ini memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan alternatif. Nah, demikian pembahasan kita kali ini mengenai jurnal komunikasi.

Jurnal Komunikasi adalah jurnal yang merincikan sitematika atau mekanisme sistem yang berkaitan dengan dunia komunikasi. Hal ini perlu dipahami, karena di era modern ini, sudah banyak bermunculan skiptis berdasarkan pemahaman era komunikasi yang kemudian dituangkan dalam bentuk jurnal yang biasa disebut, jurnal komunikasi.

Sebagai perkenalan kepada anda mengenai jurnal komunikasi kami paparkan terlebih dahulu mengenai pengertian komunikasi. Karena jurnal komunikasi pastilah memuat hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi. Selanjutnya akan kami bahas lebih dalam mengenai Jurnal Komunikasi. Semoga menambah wawasan anda saat mengunjungi kami. Semoga hari anda menyenangkan, salam ilmu bahasa
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top