Thursday

Pengertian Dari Jurnal Umum

Info Jurnal Terbaru - Apa itu jurnal umum?  Apa gunanya jurnal umum?  Emang jurnal umum biasanya di buat oleh siapa?? Daripada bertanya tanya langsung saja  kita bahas satu per satu. Jurnal Umum merupakan sebuah jurnal yang digunakan untuk mencatat berbagai transaksi keuangan yang muncul dalam periode tertentu. Jurnal umum ini dapat menjadi sebuah buku harian yang digunakan oleh perusahaan yang berisi catatan secara keseluruhan transaksi yang terjadi. Biasanya jurnal umum lebih tepat digunakan untuk sebuah perusahaan jasa. 

Sedangkan untuk jurnal khusus ini lebih dikhususkan digunakan untuk perusahaan perdagangan. Namun bukan berarti jurnal umum ini tidak digunakan. Jurnal ini sangat berguna untuk mencatat bukti transaksi yang tidak dapat dicatat pada jurnal khusus. Jurnal umum ini memiliki tujuan, tujuan dari jurnal umum ini adalah untuk melakukan pengidentifikasian, penilaian, serta pencatatan pengaruh ekonomi yang ditimbulkan dari berbagai transaksi keuangan. Sudah mulai paham sedikit kan. 

Pengertian Dari Jurnal Umum

 
Nah, kali ini bukan hanya pengertian dan tujuan saja yang akan kita bahas, tetapi juga fungsi dari jurnal umum juga akan kita bahas. Jurnal umum memiliki 5 fungsi yang terdiri dari fungsi historis, fungsi mencatat, fungsi analisis, fungsi instruktif dan fungsi informatif. Mari kita bahas satu per satu fungsi jurnal umum ini. Berikut merupakan penjelasan dari kelima fungsi.

Fungsi Historis

Fungsi jurnal umum yang pertama ini  dapat digunakan sebagai sebuah catatan yang mencatat secara keseluruhan bukti transaksi keuangan secara berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi. 

Fungsi Mencatat

Jurnal umum merupakan media yang digunakan untuk mencatat secara terperinci transaksi keuangan yang terjadi. Seluruh kegiatan transaksi keuangan ini dicatat secara lengkap. 

Fungsi Analisis

Jurnal umum ini adalah untuk menganalisa transaksi yang bertujuan untuk menentukan akun yang harus di debet maupun yang di kredit. 

Fungsi Instruktif

Jurnal umum merupakan perintah memposting pada buku besar baik yang didebet maupun yang dikredit sesuai dengan hasil analisa  dalam jurnal tersebut.

Fungsi Informatif

jurnal umum ini adalah memberikan keterangan yang berkait dengan kegiatan transaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan secara jelas.

Ternyata jurnal umum ini termasuk dalam akuntansi. Jadi akuntansi ini memiliki jurnal yang terbagi jadi dua, yaitu jurnal umum dan jurnal khusus. Jurnal ini memang dikhususkan untuk pengusa seperti pebisnis karena jurnal ini berisi tentang ekonomi dan seperti jasa jasa gitu. 

Jadi intinya jurnal umum ini mengandung akuntansi yang dikhususkan untuk para pengusaha maupun pebisnis. Secara  sederhana, jurnal umum ini dapat diartikan sebagai catatan akuntansi pertama setelah bukti transaksi dan berdasarkan pengertiannya jurnal adalah setiap transaksi menurut urutan waktu (secara kronologis) yang dicatat melalui media maupun buku setiap terjadinya transaksi dalam perusahaan.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top