Monday

Pengertian Dan Fungsi Jurnal Internasional

Info Jurnal - Artikel Jurnal | Kebanyakan orang ketika mendengar kata internasional pasti pemikirannya mengarah ke dunia atau seluruh dunia tang di sebut universal. Nah, kali ini kita akan membahas nih mengenai jurnal internasional. Langsung saja kita membahas tentang jurnal internasional.

Jurnal internasional merupakan jurnal yang memenuhi kriteria sebagai berikut, yaitu karya ilmiah yang diterbitkan dan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan, memiliki ISSN, ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok), memiliki terbitan versi online, dewan redaksi (Editorial Board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara,  artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari 2 (dua) negara, dan terindeks oleh database internasional seperti Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search, atau bahkan laman sesuai dengan pertimbangan Ditjen Dikti. Nah, jurnal internasional ini biasanya dibuat oleh seluruh negara dan digunakan sebagai seperti perjanjian antara negara lain atau bahkan mungkin sebagai arsip laporan ketika rapat. 


Pengertian Dan Fungsi  Jurnal Internasional


Nah, bukan hanya pengertian dari jurnal internasional saja tapi tetap mempunyai arti yang mengarah ke seluruh dunia. Jurnal internasional  adalah jurnal yang menggunakan bahasa PBB seperti English, China dan lain-lain, tetapi penamaan internasional ini bukan hanya karena bahasa nya saja tetapi karena penulisnya dari berbagai universitas di dunia dan juga memiliki mitra bersafari yang handal di bidangnya. Namun, tidak hanya sampai di situ lho pengertiannya. Jurnal yang ditulis ini juga menggunakan sistem OJS atau kepanjangan dari Open Journal System. Dan ternyata jurnal internasional ini juga memiliki teman lho.

Namanya jurnal internasional bereputasi Sedikit asing ya di telinga kita, tapi jurnal itu memang ada. Jurnal internasional bereputasi merupakan jurnal yang memang sudah memenuhi kriteria jurnal internasional, dengan kriteria tambahan terindek pada Web of Science dan juga Scopus serta mempunyai faktor dampak (impact factor) dari ISI Web of Science (Thomson Reuters) atau Scimago Journal Rank (SJR) yang mempunyai urutan tertinggi dalam penilaian karya ilmiah dan juga dinilai paling tinggi 40. Wow hebat kan orang orang dunia sekarang ini. 

Ternyata yang dimaksud dengan jurnal internasional ini tidaklah sama dengan yang namanya jurnal ilmiah. Jurnal internasional sudah tentu merupakan jurnal ilmiah karena sesuatu yang ditulis didalam jurnal internasional tersebut merupakan sebuah hal baru dan bersifat ilmiah. Lalu jurnal internasional itu apakah bersifat mendunia?  Jawabannya adalah ya. Jurnal ini isinya bersifat internasional dengan seleksi yang ketat dan bersifat baru. 

Jurnal internasional ini juga merupakan jurnal ilmiah karena bisa dikatakan naskah isi dari jurnal internasional ini bersifat ilmiah dan dapat dipertangungjawabkan. Harus kalian ketahui bahwa tidak sembarang orang dan semua orang bisa menulis dalam jurnal internasional. Hanya mereka atau orang orang yang berkompeten saja yang dapat menulis dalam jurnal internasional. Meskipun demikian, terkadang yang ahli saja juga belum tentu tulisannya akan diterbitkan di jurnal ilmiah

Jurnal internasional ini juga memiliki tingkatan yang cukup tinggi atau bisa dibilang paling tinggi diantara jurnal yang lainnya. Tingkatan ini didapatkan bukan secara tertulis saja tetapi juga bisa dilihat dari seberapa ketat jurnal ini bisa diterbitkan. Wah cukup rumit ya, hanya mau nulis jurnal saja harus diseleksi dan tidak boleh sembarang orang yang dapat menulis jurnal internasional ini.

Memang harus seperti itu sih, karena kan namanya juga jurnal internasional jadi kan harus benar benar orang yang menguasai dan juga pintarbdalam skill menulis. Seperti mau masuk ke perguruan tinggi saja ya hehehe.. Tapi memang itu faktanya, harus selektif dan ketat. Yuk cek kumpulan artikel tentang jurnal yang bisa kamu semua lihat di sini
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top