Thursday

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Jurnal Audit

Info Jurnal - Apa itu jurnal audit ?? Mungkin sebagian orang masih asing dengan kata jurnal audit. Kebanyakan orang biasanya jarang menggunakan jurnal audit, bahkan pengertiannya pun belum tahu apa itu jurnal audit. Bagi kalian yang belum mengenal dan ingin mengetahui jurnal audit, beruntunglah kalian yang sedang membaca artikel ini. Kenapa? Karena di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai jurnal audit mulai dari pengertiannya hingga fungsinya.

Apa kalian pernah mendengar kata auditing? Kalau belum kita akan membahas sedikit mengenai auditing. Auditing merupakan suatu proses sistematis yang secara objektif memperoleh serta mengevaluasi bukti mengenai asersi tentang kegiatan ekonomi untuk memberikan keyakinan kepada pihak yang berkepentingan.

Pengertian dan Fungsi Jurnal Audit

Jadi, tujuan dari audit adalah memberikan keyakinan terhadap laporan keuangan yang sudah di susun oleh manajemen.

Oke, sekarang kita akan membahas mengenai jurnal audit. Sebelum itu, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian audit terlebih dahulu. Audit atau pemeriksaan dalam arti luas yaitu mempunyai makna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau bahkan produk di suatu perusahaan. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor. Tujuan diadakannya audit adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima.

Dalam dunia bisnis, kita juga mengenal adanya istilah audit laporan keuangan yang biasanya dilakukan oleh akuntan publik untuk menilai seberapa wajar atau seberapa layak penyajian laporan keuangan ini dibuat oleh perusahaan dengan mengacu pada prinsip akuntansi yang berlaku secara umum.

Jurnal audit atau jurnal auditing ini biasanya digunakan sebagai laporan pada akuntansi yang ada di perguruan tinggi. Dan sekarang kita akan membahas mengenai jenis jenis audit. Ternyata audit dibagi dalam beberapa jenis audit, yaitu audit keuangan, audit operasional, audit ketaatan, dan audit investigatif. Kali ini kita akan membahas satu per satu jenis audit tersebut.

4 Jenis-Jenis Audit

Audit Keuangan

Yang pertama adalah audit keuangan. Audit keuangan merupakan audit terhadap laporan keuangan suatu entitas (perusahaan atau organisasi) yang akan menghasilkan pendapat atau opini dari pihak ketiga mengenai relevansi, akurasi, dan kelengkapan laporan-laporan tersebut. 

Audit Operasional

Audit yang kedua adalah audit operasional. Audit operasional adalah pengkajian atas setiap bagian organisasi terhadap prosedur operasi standar dan metode yang diterapkan suatu organisasi dengan tujuan untuk mengevaluasi efisiensi, efektivitas, dan keekonomisan (3E). 

Audit Ketaatan

Audit yang ketiga adalah audit ketaatan. Audit ketaatan adalah proses kerja yang menentukan apakah pihak yang di audit telah mengikuti prosedur, standar, dan aturan tertentu yang ditetapkan oleh pihak yang berwenang. 

Audit Investigatif

Dan sekarang audit yang keempat adalah audit investigatif.  Audit investigatif merupakan serangkaian kegiatan seperti mengenali (recognize), mengidentifikasi (identify), dan menguji (examine) secara detail informasi dan juga fakta-fakta yang ada untuk mengungkap kejadian yang sebenarnya  di dalam rangka pembuktian untuk mendukung proses hukum atas dugaan penyimpangan yang dapat merugikan keuangan suatu entitas (perusahaan atau organisasi atau negara atau daerah). Sudah paham kan.??

Jadi intinya adalah jurnal audit merupakan jurnal yang berisi laporan tentang proses kerja maupun kegiatan kegiatan kerja. Audit ini juga memiliki fungsi dalam pemakaiannya. Fungsi yang pertama adalah mengevaluasi kinerja entitas, digunakan untuk mengevaluasi kinerja suatu entitas. Fungsi yang kedua adalah meminimalkan kesalahan dan fraud,berfungsi untuk memastikan bahwa kesalahan dan fraud tidak ada di dalam entitas tersebut. Dan fungsi yang ketiga adalah meningkatkan kinerja entitas, setelah proses pemeriksaan audit berlangsung biasanya akan ada rekomendasi untuk entitas, yang digunakan oleh entitas untuk meningkatkan kinerja entitas.

Yah, sekian pembahasan mengenai jurnal audit. Terimakasih telah mampir di laman ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Salam kami Ilmu Bahasa
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top