Monday

Info Pendidikan - Problematika Pendidikan dan Ruang Lingkupnya

Situs Pendidikan - Pendidikan adalah sebuah sistem yang sangat berkaitan dengan peradaban suatu bangsa. Pendidikan secara tidak langsung berpengaruh pada cara berpikir mayoritas masyarakat suatu negara. Jika pendidikan yang dimiliki oleh mayoritas masyarakat tergolong tinggi maka, dapat dipastikan cara berpikirnya juga lebih luas. Dan sebaliknya, jika tingkat pendidikan mayoritas masyarakat masih rendah, maka akan banyak pula pola pikir masyarakat yang sempit, bahkan cenderung tidak mau menerima perubahan. Tentunya dalam setiap sistem pendidikan terdapat permasalahan-permasalahan yang melingkupinya. Adapun permasalahan tersebut kemudian disebut dengan istilah problematika pendidikan.  Masing-masing negara memiliki problematika pendidikan yang berbeda-beda, tergantung letak geografis, status suatu negara apakah merupakan negara maju atau masih dalam taraf berkembang, dan lain sebagainya.

Info Pendidikan - Problematika Pendidikan dan Ruang Lingkupnya

Secara umum, yang dimaksud dengan problematika pendidikan adalah segala persoalan atau segala bentuk permasalahan yang selalu ada dalam dunia pendidikan. Permasalahan ini tidak pernah bisa dilepaskan dari dunia pendidikan, karena adanya hubungan kausalitas antara keduanya. Adapun kata problematika sendiri berasal dari bahasa Inggris problem yang mengandung arti masalah, teka-teki. Dan problematic berarti sebuah ketidaktentuan. Jadi problematika pendidikan juga bisa disebut sebagai suatu hal dalam dunia pendidikan yang tidak pasti, tidak tentu, dan merupakan teka-teki yang harus selalu dipecahkan. Di dalam dunia pendidikan memang sangat kompleks permasalahannya, sehingga tidak mungkin dapat menyelesaikan satu masalah tanpa mengundang masalah yang baru untuk datang.

Kehadiran problematika pendidikan sendiri ternyata juga berhubungan dengan ada tidaknya kesempatan yang diberikan pihak pemerintah kepada warga masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan, ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi sampai saat ini masih banyak anak-anak yang hanya lulusan sekolah dasar, bahkan justru tidak pernah mengenyam pendidikan. Faktor kemiskinan juga ikut berkontribusi melanggengkan problem pendidikan di negara Indonesia ini. Karena masih banyak masyarakat yang miskin, maka banyak juga anak-anak yang tidak dapat melanjutkan pendiidikan karena terkendala biaya pendidikan yang juga semakin mahal.

Selain itu fasilitas penunjang pendidikan yang kurang memadai dan tidak tersebar secara merata juga menyebabkan kegiatan belajar mengajar di banyak sekolah terhambat. Bahkan kurangnya pemerataan pendidikan di daerah-daerah terpencil menyebabkan kehidupan yang dijalani oleh masyarakat di pelosok atau di pinggiran tidak dapat berkembang atau bahkan tidak dapat mencapai kesejahteraan. Selain itu, pengaruh budaya barat yang juga berkontribusi terkait adanya dekadensi moral juga turut menghambat proses atau kemajuan pendidikan di Indonesia. akhlak anak-anak muda yang sudah sangat bobrok, bahkan sampai tidak memiliki keinginan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi membuat kemajuan negara juga terhambat. Karena negara jadi tidak memiliki anak-anak muda yang berkompeten untuk mengisi kekosongan di bidang pemerintahan, ekonomi, sosial, dan juga budaya. Tentu adanya problematika pendidikan ini harus bisa dicarikan jalan keluar. Agar generasi muda dapat mengenyam pendidikan dan mengharumkan nama bangsa.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top