Friday

10 Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup CV yang Baik dan Benar beserta Contohnya

CONTOH DAFTAR RIWAYAT HIDUP (CV) YANG BAIK DAN BENAR – Halo kawan-kawan semua, hendak mencari kerja? Atau sedang mencari kerja? Atau baru proses mempersiapkan untuk mencari pekerjaan?. Bingung bagaimana cara melamar pekerjaan yang baik dan benar itu?. Sebelumnya sudah kita cuplik mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar, Nah… Pada kesempatan baik ini, kami akan mengulas yang tidak kalah pentingnya apabila anda hendak melamar pekerjaan, yakni daftar riwayat hidup atau CV yang kepanjangannya adalah Curiculum Vitae.


Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae memang sangat penting dan menjadi salah satu indikator penilaian penyeleksi karyawan baru dalam proses mencari karyawan baru. Daftar riwayat hidup adalah surat yang berisi mengenai siapa dirimu, seperti apa dirimu, bagaimana riwayatmu, dan kelebihan dan kekurangan dirimu, serta dimana kamu sebelumnya bekerja. Wahh… pasti susah buatnya. 

Enggak kok… Daftar riwayat hidup memang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk melihat seperti apa calon pekerja yang akan menjadi bagian dari suatu perusahaan. Membuat Daftar riwayat hidup sebenarnya bukan hal yang sulit kok, semua kalangan pendidikan mampu dan bisa untuk membuatnya. Meskipun begitu masih banyak kalangan masyarakat diluar sana yang masih kebingungan dalam membuat daftar riwayat hidup atau CV (curriculum vitae).

Fungsi Daftar Riwayat Hidup atau Curiculum Vitae (CV)

Daftar riwayat hidup atau cv memiliki beberapa fungsi sebagai salah satu cara kita dalam proses melamar sebuah pekerjaan, baik instansi maupun swasta. Berikut ini beberapa fungsi daftar riwayat hidup yang perlu anda ketahui agar setelah membaca artikel ini nanti, kami harap anda akan mendapatkan wawasan mengenai seperti apa cara membuat daftar riwayat hidup atau cv yang baik dan benar. 
  1. Daftar riwayat hidup berfungsi sebagai indikator pribadi untuk menawarkan diri kepada instansi atau perusahaan yang ia dambakan.
  2. Daftar riwayat hidup berfungsi sebagai rekam jejak pelamar atau seseorang selama beberapa tahun belakangan
  3. Menjadi bukti bagaimana karir dan pendidikan pelamar
  4. Menjadi alat untuk mengetahui seberapa mampukah seseorang terhadap perusahaan yang diminatinya
  5. Menjadi Alat untuk mengetahui seseorang apakah mampu atau tidak kelak bekerja di sebuah perusahaan
  6. Mengenali jati diri kepada orang lain
  7. Menjadi cara untuk mengetahui seluk beluk seseorang sebagai calon karyawan di sebuah perusahaan atau instansi.

Apabila kawan-kawan merupakan salah satu di antara orang orang yang saat ini mencari contoh daftar riwayat hidup, maka kami berharap contoh yang kami berikan di bawah ini bisa membantu agar kawan-kawan bisa lebih paham, lebih jelasnya silahkan lihat contoh daftar riwayat hidup berikut ini:


Pada saat anda hendak melamar sebuah posisi pekerjaan di perusahaan, baik institusi ataupun perusahaan swasta, tentunya perlu mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Karena setiap perusahaan memiliki kriteria yang harus dipenuhi dalam proses mencari calon karyawan barunya. Ada perusahaan yang memintamu untuk membuat contoh daftar riwayat hidup dengan ketikkan, ada juga yang meminta dengan tangan. Ada yang tidak menetapkan apapun dalam proses membuat daftar riwayat hidup.


Bagi kawan-kawan yang sudah terbiasa dengan organisasi dan kegiatan di sekolah ataupun kampus, seperti seminar, simposium, presentasi ilmiah, pementasan, tentu sudah tidak asing lagi mengei bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Hal ini memang perlu dipelajari agar kawan-kawan terbiasa untuk menulis daftar riwayat hidup kalian saat melamar sebuah pekerjaan. Soalnya bagi yang fresh graduate atau masih belum pernah berkecimpung di organisasi atau pekerjaan, maka pasti akan kebingungan bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup atau cv yang baik dan benar. 

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup atau CV yang baik dan benar.  

Memang wajib bagi anda yang akan atau sedang melamar sebuah pekerjaan, menulis daftar riwayat hidup atau cv harus disusun sebaik mungkin, serapi mungkin, sebagus mungkin, namun harus mencerminkan diri dan pengalaman anda sebagai pelamar.. Tips menulis daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

  1. Harus mencerminkan diri sendiri
  2. Tidak boleh melebih-lebihkan agar tampak wah dalam CV
  3. Harus sesuai dengan riwayat anda sebagai pelamar, dimana sajakah sebelumnya anda bekerja
  4. Mencantumkan identitas diri yang jelas dan sebenar-benarnya 
  5. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan anda. 
  6. Prestasi apa saja yang pernah anda raih selama berkarir sebelumnya
  7. Mencamtumkan visi misi anda sebagai pelamar kerja pada perusahaan yang sedang anda lamar.
  8. Singkat, padat, dan jelas
  9. Menggunakan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang baik dan benar
  10. Jika diperlukan dicantumkan papan foto di pojok kanan atau kiri atas di lembar Daftar Riwayat Hidup atau cv anda.

Perlu kawan kawan ketahui, dalam urusan melamar pekerjaan, menulis daftar riwayat hidup atau cv memang harus dibuat sebaik mungkin agar ada peluang untuk diterima perusahaan yang dilamar. Karena isi dan caramu menulis daftar riwayat hidup juga menjadi indikator penilaian kelayakan juga.
Nah itulah ulasan kami mengenai contoh daftar riwayat hidup. Semoga tulisan kami ini memberikan tambahan pemahaman anda sebagai calon pekerja yang sukses. Salam kami
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top