close

Tips Buku Paket Siswa Yang Baik, Menarik, dan Berkualitas

Ilmu Bahasa – Buku ajar adalah buku yang digunakan dalam proses kegiatan belajar. Buku ajar dikenal dengan sebutan buku teks, buku materi, buku paket, atau buku panduan belajar. Menilik isi dan luasnya buku teks sama saja dengan buku ajar. Jadi buku ajar yang dimaksudkan identik dengan buku tek, buku paket, buku materi, atau buku panduan belajar, termasuk buku yang berisi tentang teori ilmu bahasa.

Buku ajar yang ditrbitkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan Nasional dan Departemen Agama disebarluaskan ke semua sekolah di tanah air sebagai buku pegangan wajib serta serta tidak diperdagangkan. Jadi, dalam menerangkan apa yang dimaksud dengan buku ajar, kami sebagai pihak yang membagi artikel ini mendasarkan diri pada teori-teori yang berhubungan dengan buku teks. 

Tips Buku Paket Siswa Yang Baik, Menarik, dan Berkualitas

Dalam perkembangannya, buku ajar tidak lagi diterbitkan oleh pemerintah, melainkan oleh pihak swasta. Dalam kaitan ini, pemerintah hanya diberi wewenang untuk pengadaan buku ajar.bukan untuk pengadaannya. Selanjutnya pemerintah menetapkan standar tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap penerbitan buku yang akan digunakan oleh satuan pendidikan, dalam hal ini standar yang ditetapkan dan dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Buku ajar disusun dengan alur dan logika sesuai dengan rencana pembelajaran. Buku ajar disusun sesuai dengan kebutuhan belajar siswa atau mahasiswa. Buku ajar disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu. Penulisan buku ajar harus mengacu kepada kurikulum dan harus tercermin adanya bahan yang tingkat kedalaman dan keluasannya berbeda antara kelas X dan kelas XI. Bahan di kelas XI relatif lebih luas, lebih dalam dari bahan yang diberikan pada kelas X, bukan malah sebaliknya. Buku ajar disusun sesuai dengan kebutuhan pelajar.

  √ Pengertian Riba: Riba, Macam-macam Riba, dan Contoh Riba Terlengkap

Fungsi Buku Ajar

  • Mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai pengajaran serta mendemonstrasikan aplikasi dalam bahan pengajaran yang disajikan.
  • Menyajikan suatu sumber pokok masalah atau subject matter yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi, yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan dimana keterampilan-keterampilan ekspresiona; diperoleh pada kondisi yang menyerupai kehidupan yang sebenarnya.
  • Menyediakan sumber-sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampilan-keterampilan ekspresional.
  • Menyajikan bersama-sama degan buku manual yang mendampinginya, metode-metode dan sarana-sarana pengajaran untuk memotivasi siswa 
  • Menyajikan fiksasi awal yang perlu sekaligus juga sebagai penunjang bagi latihan dan tugas praktis.
  • Menyajikan bahan atau sarana evaluasi dan remidial yang serasi dan tepat guna.
Buku ajar harus mempunyai sudut pandang yang jelas, terutama mengenai prinsip-prinsip yang digunakan, pendekatan, metode, serta teknik-teknik pengajaran yang digunakan di dalamnya. Buku ajar sebagai pengisi bahan haruslah menyajikan sumber bahan yang baik. Susunannya teratur, sistematis, bervariasi, dan kaya akan informasi. Disamping itu harus mempunyai daya tarik kuat memengaruhi minat siswa terhadap buku tersebut. Oleh karena itu, buku ajar itu hendaknya menantang, merangsang, dan menunjang aktivitas dan kreativitas siswa.

Tidak kalah pentingnya, buku ajar harus berfungsi sebagai penarik minat dan motivasi peserta didik dan pembacanya. Motivasi bisa timbul karena banyak gagasan dan ide-ide baru. Sehingga buku ajar atau buku penunjang yang baik adalah yang berisi segala hal yang dibutuhkan oleh siswa dan pembacanya.

Bagaimana?? Menarik bukan belajar tentang Buku Paket siswa yang Baik dan Menarik itu seperti apa. Apakah anda sudah tau mengenai Syarat Karya Tulis ilmiah yang baik dan benar.

Leave a Comment