Tuesday

Pengertian dan Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah



Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Pengertian dan Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah - Karya ilmiah di era ini menjadi hal yang sangat populer di kalangan mahasiswa dan olimpiade pendidikan nasional, pasalnya, Indonesia mulai menyadari betapa karya ilmiah memiliki fungsi besar untuk mengetahui kerangka pemikiran seseorang di sebuah bidang, baik sains, sosial, bahasa, ataupun di bidang-bidang lainnya yang mengacu pada keformalan.

Sudah taukah anda mengenai pengertian karya tulis ilmiah?, karya tulis ilmiah menurut KBBI adalah sebuah hasil pekerjaan atau rekayasa dari sebuah ciptaan atau pemikiran. Karya ilmiah dianggap adalah sebagai sebuah perbuatan, atau rekayasa bersifat ilmu pengetahuan yang dapat bermanfaat untuk kepentingan keilmuan.

Karya tulis mempunyai banyak sekali fungsi, manfaat dan tujuan. Disamping bisa dipakai untuk referensi kita dalam melakukan inovasi penelitian, juga dapat menjadi acuan referensi kita dalam membuat sebuah penelitian. Karena penelitian dianggap valid dan bagus adalah mengacu penelitian atau karya ilmiah. Berdasarkan sumber penulisan karya ilmiah, karya tulis ilmiah dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yakni fiksi dan non fiksi. Karya fiksi merupakan karya tulis yang sumber penulisannya berasal dari imajinasi, fantasi dan rekaan. Sementara non fiksi karya ilmiah adalah karya ilmiah yang sumber penulisannya berasal dari realita, hasil penelitian, dan pemahaman penulis menyikapi sebuah hal.

Karya tulis ilmiah dapat dipilah dalam dua kelompok yaitu: (a) karya tulis ilmiah yang merupakan laporan hasil pengkajian/penelitian, dan (b) karya tulis ilmiah yang berupa tinjauan/ulasan/ gagasan ilmiah. Meskipun keduanya berbeda, namun sebagai tulisan yang bersifat ilmiah terdapat beberapa ciri yang menunjukkan kesamaan antara lain.

Pengertian dan Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah


Jone (1996) menyatakan istilah karya tulis ilmiah dengan istilah karangan ilmiah yang berdasarkan pemahaman, penelusuran, dan penyusunan secara sistematis dan terstruktur dengan baik.

Klasifikasi Karya Ilmiah

Karya ilmiah dibagi menjadi dua,
  1. Karya ilmiah yang ditujukan kepada masyarakat tertentu (profesional) yang biasanya bersifat ilmiah tinggi. Selanjutnya kita sebut ini sebagai karya ilmiah.
  2. Karya ilmiah yang ditujukan kepada masyarakat umum. Selanjutnya kita sebut "karangan ilmiah populer".
Uraian berikut ini difokuskan pada pendapat jones yang pertama, yakni karya tulis yang ditujukan kepada masyarakat tertentu (profesional). Karya tulis ilmiah pada dasarnya merupakan laporan tertulis tentang suatu kegiatan ilmiah yang berisikan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan tertulis dengan menggunakan metodologi ilmiah.

Karya tulis ilmiah dapat dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai guru, dosen, pengawas, dan lain-lain. Suatu karya dikatakan ilmiah apabila karya tersebut memiliki ciri-ciri ilmiah. Apakah ciri-ciri karya tulis ilmiah tersebut?

Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah


1. Objektif

Keobjektifan ini tampak pada setiap fakta dan data yang diungkapkan berdasarkan kenyataan yang sebenarnya, tidak dimanipulasi. Setiap pernyataan atau simpulan yang disampaikan berdasarkan bukti-bukti yang bisa dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, siapapun dapat mengecek keberadaannya.

2. Logis

Kelogisan ini dapat dilihat dari pola nalar yang dibangun dalam sebuah karya tulis ilmiah, baik pola nalar induktif ataupun pola nalar deduktif. Kalau maksud menyimpulkan suatu fakta atau data digunakan pola induktif, sebaliknya, kalau bermaksud membuktikan suatu teori atau hipotesis digunakanlah pola deduktif.

3. Sistematis

Uraian yang terdapat pada karya ilmiah dikatakan sistematis apabila mengikuti pola pengembangan tertentu, misalnya pola urutan, klasifikasi, kausalitas, dan sebagainya. Dengan cara demikian, pembaca akan bisa mengikutinya dengan mudah alur uraiannya.

4. Netral

Kenetralan ini bisa dilihat pada setiap pernyataan atau penilaian bebas dan kepentingan-kepentingan tetentu, baik kepentingan pribadi ataupun kepentingan kelompok. Oleh karena itu, pernyataan-pernyataan yang bersifat mengajak membujuk dan mempengaruhi pembaca sangat dihindarkan.

Karya tulis ilmiah memiliki ciri-ciri dibandingkan karya tulis lainnya. Berikut ini ciri-ciri karya tulis ilmiah berdasarkan kriterian penulisan karya ilmiah. Karena Karya tulis ilmiah bersifat formal, maka mengacu pada hal-hal sebagai berikut.

1. Karya tulis ilmiah ditulis menggunakan rumusan teori sebagai dasar pikiran.

2. Karya tulis ilmiah haruslah memuat pembahasan atau keterangan yang jelas dan tidak mengandung miss interpretasi di pembacanya.

3. Karya tulis ilmiah harus memuat kerangka rumusan atau skema tulisan agar mudah dipahami dan tidak keluar konteks.

4. Karya tulis ilmiah harus menggunakan bahasa yang efektif, maksudnya menggunakan susunan ejaan yang disempurnakan.

5. Karya tulis ilmiah haru bersifat institusi formal dengan objektifitas yang tinggi, memuat hal-hal yang fakta , bukan sekedar opini atau isapan jempol semata, sehingga dapat dipertanggung jawabkan kebenaran isinya.

Syarat-Syarat Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah sebagai karya ilmiah juga tersaji dalam format penggunaan bahasa yang lazim dipakai pada dunia keilmuan, karya tulis ilmiah setidak-tidaknya harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut.

a. Permasalahan yang dikaji berada pada khasanah keilmuan.

b. Tersajikan dengan jelas, argumentasi konseptual teoritik dan halyang dipermasalahkan.

c. Tersajikan adanya fakta spesifik dari hal yang dipermasalahkan.

d. Ada diskusi dan kesimpulan terhadap hal yang dipermasalahkan.

Jenis - Jenis Karya Tulis Ilmiah

Sudah taukah anda bahwa karya tulis ilmiah ternyata banyak banget macam atau jenisnya. Berikut ini macam-macamnya.

1. Laporan penelitian
Laporan penelitian merupakan karya tulis ilmiah yang memuat laporan hasil penelitian yang disusun secara sistematis dan objektif.

2. Makalah
adalah sebuah karya tulis ilmiah yang berisi tentang sebuah penelaahan keilmuan atau karya sastra yang bertujuan untuk menguak sebuah kasus yang spesifik dan membutuhkan kerangka dalam pembuatannya. Biasanya makalah sering dibuat oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dari dosen pengampu mata kuliah.

3. Skripsi
Adalah sebuah laporan ilmiah yang harus dibuat untuk menyelesaika studi Sarjana S1

4. Tesis
Adalah sebuah laporan ilmiah yang harus dibuat untuk menyelesaika studi Sarjana S2

5. Resensi
Adalah proses membedah sebuah karya sastra untuk mengetahui berbagai hal yang membangun sebuah karya sastra

6. Disertasi
Adalah sebuah laporan ilmiah yang harus dibuat untuk menyelesaika studi Sarjana S3

7. Artikel Ilmiah
Adalah karya tulis ilmiah yang bentuknya beberapa paragraf merangkum sebuah hasil penelaahan penelitian yang terkondisikan sesuai dengan representatif karya tulis ilmiah sebagai referensi acuannya

8. Surat Pembaca
Adalah bagian karya tulis ilmiah yang memuat informasi pembaca yang diterbitkan di media massa. Berisi tentang saran, kritik, keluhan, ajakan, dan hmbauan

9. Referat
Adalah kertas kerja yang berisi pemaparan dalam sebuah seminar atau workshop.

10. Monograf
Adalah semacam buku yang berisi satu topik atau beberapa topik yang saling berkaitan satu sama lain.

11. Laporan Kasus
Adalah karya tulis ilmiah yang berisi keterangan mengenai studi kasus sebuah peristiwa atau tinjauan ilmiah.

12. Laporan Tinjauan
Adalah Hasil tinjauan sebuah fenomena intelektual atau realita yang berfungsi sebagai dasar penentuan kerja dan riset.

Untuk download contoh karya tulis dalam bentuk PDF, Anda bisa menuju ke Karya Tulis Ilmiah PDF.

Demikian pengertian dan ciri-ciri karya ilmiah yang kami bagi dengan anda malam ini, silahkan cek beberapa artikel kami yang berhubungan dengan jurnal agar dapat lebih memberikan pemahaman bagi anda. Subscribe kami di google agar anda mendapatkan artikel-artikel terbaru kami dari Ilmubahasa.net
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top