√ Arti Lambang Tunas Kelapa Gerakan Pramuka

Arti Lambang Tunas Kelapa Gerakan Pramuka. Pada kesempatan ini IlmuBahasa.net akan membahas tentang makna lambang Tunas Kelapa  Gerakan Pramuka. Adalah bapak Soenaryo Admodipuro yang berjasa membuat lambang tersebut untuk Pramuka.

Bapak Soenaryo Admodipuro adalah seorang pembina Pramuka yang bekerja di Departemen Pertaniaan. Lambag tersebut resmi digunakan sejak tanggal 16 Agustus 1961 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.

Arti Lambang Tunas Kelapa Gerakan Pramuka
Tunas Kelapa Lambang Gerakan Pramuka Indonesia

Bentuk dan Arti Kiasan Lambang Tunas Kelapa Gerakan Pramuka
Arti kiasan dari Tunas Kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka adalah sebagai berikut:
  • Buah Nyiur yang sedang tumbuh bernama cikal yang diibaratkan cikal bakal penduduk asli Indonesia yang pertama, yang akan menurunkan generasi baru. Sehingga dipilihnya lambang buah nyiur yang tumbuh menggambarkan bahhwa anggota Pramuka adalah modal utama kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

  • Buah Nyiur awet dan dapat bertahan dalam berbagai keadaan. Hal tersebut merupakan cerminan anggota pramuka proaktif, ulet sehat, kuat, mempunyai tekad yang besar, cita-cita mulia dan setia mengabdi kepada bangsa Indonesia.

  • Nyiur mampu tumbuh dimana saja adalah cerminan  anggotan pramuka yang dapat menyesuaikan diri dimana saja dan dalam keadaan apapun.

  • Nyiur tumbuh lurus menjulang tinggi merupakan cerminan anggota pramuka yang mempunyai visi dan misi yang tinggi dan lurus. Mempunyai pendirian yang teguh dan memiliki cita-cita mulia.
  • Nyiur mempunyai akar yang kuat masuk ke dalam tanah. Merupakan cerminan anggota pramuka yang memiliki landasan dan dasar yang kuat dan benar yang akan mengantarkannya untuk berperilaku mulia dan menggapai cita-cita.

  • Nyiur adalah pohon yang mempunyai berbagai macam kegunaan dari ujung atas hingga akarnya. Hal ini mencerminkan anggota pramuka yang berguna dan berbakti kepada tanah air dan umat manusia.
  Perubahan Sosial: Teori, Faktor Pendorong, Dampak, Bentuk, dan Proses Perubahan Sosial

Penggunaan lambang Gerakan Pramuka

Lambang Gerakan Pramuka biasanya digunakan pada papan nama kwartir dan satuan, bedera, panji, tanda pengenal administrasi gerakan pramuka. Tujuan penggunaan lambang gerakan pramuka sebagai alat untuk pendidikan yang mengingatkan serta meningkatkan kegiatan gerakan pramuka sesuai pada arti kiasan lambang Gerakan Pramuka.
Sekian artikel tentang Arti Lambang Tunas Kelapa Gerakan Pramuka. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *