Perkembangan Trimester Kehamilan, dengan Antisipasi Perubahan Sang Ibu

Pengetahuan perkembangan trimester kehamilan sebaiknya sudah kita pahami sebagai wanita dari jauh hari. Sebagai bekal kita kelak dalam masa menjadi seorang calon ibu.

Trimester sendiri pasti akan terasa lebih akrab bagi para wanita. Namun jika anda belum mengetahuinya tidak usah khawatir, kita akan membahasnya.

Berasal dari Bahasa Latin trimestris yang berartian triatau tiga, mensis atau bulan. Nah, jadi dapat kita simpulkan bahwa trimester memiliki arti yang berhubungan dengan umur kehamilan.

Kemudian, dalam hitungannya juga memiliki ukuran tersendiri dalam sebuah kehamilan. Mari kita bahas dari awal.

trisemester kehamilan

Perkembangan Trimester Kehamilan

Pada saat proses kehamilan, seorang calon ibu akan memasuki 3 pembagian siklus. Dengan kurang lebih 3 bulan per siklus.

Hal ini sering disebut sebagai awal kehamilan atau trimester pertama,  tengah kehamilan atau trimester kedua dan akhir kehamilan atau trimester ketiga.

Nah pada saat proses menuju setiap bulannya seorang ibu akan merasakan perubahan sedikit demi sedikit. Akan lebih baik jika kita mempersiapkan dari awal agar tidak kaget nantinya.

Perkembangan Awal Kehamilan atau Trimester Pertama

Pada saat merasakan awal kehamilan yang seharusnya mendapatkan dampingan tenaga ahli. Misalnya pada usia 0 hingga 12-14 minggu, dokter akan memantau perkembangan secara rutin secara morfologi.

Hal ini adalah prosedur agar segera ada penanganan apabila terjadi pembentukan organ yang tidak sesuai atau tidak lengkap. Perkembangan trimester kehamilan akan memecahkan masalah sebelum semakin runyam.

Mengetahui kondisi janin dari awal juga dapat membantu penanganan lebih dini. Dampak panjang pada sang buah hati dan ibu akan menjadi konsen yang utama.

Perkembangan Tengah Kehamilan atau Trimester Kedua

Pada usia kandungan sekitar 14 hingga 26 minggu, perkembangan pada trimester ini masuk pada siklus kedua. Maka pada saat menginjak 3 trimester pertama ibu hamil ini, sudah bisa melakukan USG atau Ultrasonografibiasa disebut juga sebagai evaluasi genetik.

  Kenali Karakter Nyamuk Aedes Aegypti dan Cara Menghindarinya

Dalam proses ini kita bisa mengetahui bagaimana organ pada struktur kepala, otak, cerebellum, dan cairan otak. Pada perkembangan jantung dan anggota gerak juga bisa lebih terpantau.

Ketika sudah menyelesaikan tahapan pada perkembangan trimester kehamilan tengah. Maka hanya tinggal melanjutkan untuk kontrol bagaimana kondisi berat badan ibu dan kondisi perkembangan plasenta.

Perkembangan Akhir Kehamilan atau Trimester Ketiga

Proses yang mendekati hari kelahiran akan sangat dinantikan. Akan ada banyak perubahan pada tubuh dan hormon pada sang ibu.

Perubahan Tubuh

Masa perkembangan trimester kehamilan terakhir ini akan merasakan otot kaku, sakit pada punggung, kaki membengkak. Juga perut yang semakin membesar seiring dengan usia kandungan itu sendiri.

Hati-hati pada masa ini ya, melakukan peregangan otot akan baik untuk mempersiapkan prosesnya kelak. Dengan memijat kaki secara perlahan, senam ibu hamil dan gerakan yoga ringan akan membantu dengan baik.

Pada saat membesarnya perut juga akan berpengaruh pada penyakit wasir. Coba untuk mengurangi duduk terlalu lama ataupun berdiri terlalu lama ya.

Perubahan Hormon

Perkembangan trimester kehamilan terakhir ini juga akan berpengaruh pada kondisi hormon wanita. Perubahan pada denyut jantung akan membuat tekanan darah hingga mengakibatkan pusing.

Hormon ini akan membuat suasana hati seorang ibu berubah-ubah lho. Bahkan akan muncul perasaan yang menyebabkan mood buruk dan juga pikiran negatif lainnya.

Support system dari lingkungan akan sangat berpengaruh demi kelancaran proses hingga melahirkannya nanti. Resiko terkena depresi ini harus kita pahami dari awal ya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Persiapan Menuju Kelahiran

Setelah mengetahui perkembangan trimester kehamilan kita akan lebih siap dalam menuju hari H. Kenakan pakaian yang nyaman saat mendekati persalinan. Mengikat rambut akan menghindari hal yang tidak diinginkan juga.

  Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kebaikan Kulit Hingga Jantung

Perhatikan dan usahakan ada orang yang berada dalam sekitar anda saat mendekati masa persalinan. Akan terasa kontraksi berulang dan terjadinya pembukaan untuk jalan keluar sang bayi.

Apabila anda merasakan kontraksi jangan panik ya, seringkali hal tersebut merupakan kontraksi palsu. Sebuah sinyal akan keluarnya sang bayi.

Perkembangan trimester kehamilan ini akan sangat penting bagi pendidikan parenting sendiri. Memahami bahwa ketika ada sebuah kehidupan dan tanggungjawab yang sedang ada dalam diri. Maka tidak usah khawatir namun perlu untuk kita persiapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *