Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kebaikan Kulit Hingga Jantung

Makanan yang mengandung kolagen serta suplemen kolagen bisa anda konsumsi untuk mendapatkan kolagen secara alami. Perlu anda ketahui bahwa manfaat kolagen selain untuk wajah, kecantikan kulit, dan rambut, ternyata juga berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan serta bermanfaat untuk tulang hingga jantung.

Kolagen berfungsi untuk membentuk struktur pada sendi dan tendon serta melindungi organ-organ dalam tubuh. Selain itu, kolagen juga bisa menyatukan bagian tubuh seperti tulang dan otot. Macam makanan yang memiliki kandungan kolagen tinggi akan membuat kulit kencang dan tampak muda secara alami.

Macam-macam Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

makanan yang mengandung kolagen

Kolagen sendiri merupakan jenis protein yang ada pada beberapa area tubuh, mulai dari kulit, otot, hingga pembuluh darah. Tubuh pada dasarnya bisa memproduksi kolagen seumur hidup. Namun seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan berkurang.

Sehingga kulit bisa mengendur dengan garis-garis kerutan bermunculan serta tulang rawan pada sendi menjadi melemah. Banyak yang mulai mencari tambahan kolagen dari luar seperti membeli suplemen kolagen.

Bila anda juga ingin meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh namun tidak ingin menguras biaya mahal, maka solusi paling tepat adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Makanan yang mengandung vitamin C dan A, antosianin, protein, zinc, tembaga, omega 3, serta alpha-hydroxy acids. Dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Nah, berikut ini beberapa makanan yang mengandung kolagen tinggi.

1. Ikan

Jenis seafood yang satu ini termasuk ke dalam makanan tinggi kolagen. Kandungan asam omega 3 pada ikan berguna dalam melindungi selaput lemak yang mengelilingi sel kulit. Selaput tersebut berfungsi untuk mempertahankan kulit agar tetap kencang.

Salah satu ikan yang patut anda konsumsi adalah salmon. Dalam setiap 85 gram mengandung sekitar 1,1 hingga 1,9 gram omega 3 dalam keadaan segar maupun beku. Untuk jenis ikan lainnya seperti makarel, harina, serta tuna.

  Direktori Dokter SehatQ.com Lengkap dengan Spesialisasi Bidangnya

2. Bawang Putih

Tidak hanya sebagai penyedap dalam setiap masakan, manfaat bawang putih ternyata juga bisa membantu untuk produksi kolagen dalam tubuh. Pada makanan yang mengandung kolagen ini terdapat taurine dan asam lipoat.

Dimana keduanya bermanfaat untuk membangun ulang serat kolagen yang rusak. Selain itu, bawang puting juga mengandung sulfur alami yang diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen.

3. Kaldu Tulang Hewan

Salah satu makanan yang memiliki kandungan kolagen tinggi adalah kaldu tulang hewan. Sehingga anda bisa mengonsumsi kaldu tulang hewan, baik itu berasal dari sapi, ayam, ataupun ikan. Yang mana berguna untuk menambah jumlah kolagen dalam tubuh.

Kaldu tulang ini bisa anda buat dengan mendidihkan tulang hewan pada air. Pada proses ini diklaim mampu mengekstraksi kolagen dari tulang tersebut. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau menambahkan ke dalam makanan lain.

4. Sayuran Hijau

Makanan yang mengandung kolagen lainnya dalam sayuran hijau, misalnya seperti bayam dan daun kale. Sayuran hijau memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Sementara klorofil ini merupakan komponen yang memicu produksi kolagen untuk kulit dan wajah.

5. Buah Berry

Berbagai macam buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry kaya akan vitamin C yang krusial dalam membuat kolagen dalam tubuh. Selain itu, kandungan anthocyanidins bukan hanya meningkatkan produksi kolagen saja, namun juga berguna dalam menangkal radikal bebas.

6. Daging Ayam

Olahan ayam merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber protein dan kolagen tinggi bagi tubuh. Akan tetapi, tidak semua bagian dalam mengandung kolagen yang tinggi.

Bagian ayam yaitu bagian leher serta dada menjadi sumber kolagen terbesar. Selain itu, makanan yang mengandung kolagen ini juga mengandung asam amino yang tubuh butuhkan dalam memproduksi kolagen.

  Inilah Jenis Makanan Tinggi Kolesterol Yang Perlu Anda Ketahui

7. Produk Olahan Susu

Minuman yang mengandung kolagen seperti susu serta produk olahannya, misalnya keju dan yoghurt mengandung zinc serta protein. Tubuh mampu mengubah asupan protein yang dimakan menjadi asam amino. Asam amino inilah yang kemudian digunakan untuk membangun jaringan tubuh dan kolagen.

8. Jeruk

Jenis jeruk seperti lemon dan jeruk nipis kaya akan vitamin C. Sehingga mampu mengubah asam amino lisin dan prolin menjadi kolagen. Selain itu, vitamin C bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin C juga mampu mencegah kulit kering dan membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan keriput.

9. Sayuran Berwarna Merah

Ciri wajah kekurangan kolagen dimana kulit tampak keriput dan timbul garis halus, bahkan terlihat kusam dan mengendur. Untuk itu, anda mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti sayuran berwarna merah yang kaya akan likopen dan antioksidan.

Keduanya berfungsi sebagai pendongkrak produksi kolagen sekaligus sunblock alami. Sayuran ini misalnya tomat, semangka, grapefruit, dan paprika merah dengan bonus vitamin C tinggi.

10. Telur

Makanan yang satu ini memiliki kandungan kolagen yang sangat tinggi, terutama pada bagian putih telur. Jenis makanan ini juga kaya akan proline yang terkandung di dalamnya. Dimana kandungan tersebut merupakan salah satu bahan baku utama dalam membuat kolagen untuk tubuh.

Keuntungan Mengonsumsi Makanan Berkolagen Tinggi

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi, tidak hanya bisa membuat kulit lebih kencang. Namun juga berguna untuk kondisi tubuh secara keseluruhan. Seperti bisa mengurangi kerontokan rambut dan membantu dalam menjaga berat badan ideal.

Kemudian makanan berkolagen juga bisa membantu tidur lebih berkualitas dan membuat sistem imun tubuh menjadi kuat. Selain itu, makanan ini juga bisa berperan sebagai antioksidan yang baik untuk jantung serta menyehatkan tulang dan otot.

  Kenali Karakter Nyamuk Aedes Aegypti dan Cara Menghindarinya

Dengan gaya hidup sehat serta konsumsi makanan tersebut, anda bisa merasakan berbagai manfaat tersebut. Kurangi atau batasi konsumsi makanan tinggi gula yang bisa merusak kolagen.

Kapan Kita Perlu Mengonsumsi Suplemen Berkolagen?

Mungkin sebagian besar orang masih bertanya-tanya apakah kita perlu mengonsumsi suplemen berkolagen atau tidak. Pada dasarnya, bila makanan dengan kandungan kolagen di atas belum bisa mencukupi kebutuhan tubuh dalam produksi kolagen, maka anda perlu untuk memenuhi asupan kolagen dengan konsumsi suplemen berkolagen.

Selain makanan yang mengandung kolagen dan bisa menjadi kolagen alami untuk wajah dan tubuh, suplemen kolagen ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen harian.  Namun sebelumnya, anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sehingga dokter bisa memberikan saran serta dosis yang tepat mengenai suplemen kolagen tersebut.

Manfaat Lain dari Suplemen Penambah Kolagen

Tidak hanya mencukupi kebutuhan harian saja, suplemen berkolagen juga bisa memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Banyak yang memilih untuk mengonsumsi suplemen kolagen terutama untuk orang yang kerap bepergian atau khawatir akan pola makanan tidak bernutrisi seperti seharusnya.

Suplemen ini memiliki manfaat lainnya, yaitu antara lain:

  • Mampu mengurangi peradangan dan nyeri sendi yang dirasakan oleh para penderita gangguan sendi.
  • Suplemen penambah kolagen juga bisa menghambat kerusakan dan pengeroposan tulang.
  • Dapat menjaga kesehatan jantung serta mengurangi risiko akan terkena penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen serta suplemen kolagen bila perlu, anda bisa memenuhi kebutuhan kolagen yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *