Pengertian Pendidikan Karakter Terbaru Beserta Tujuan dan Pentingnya Pendidikan Karakter - Ilmu Bahasa

Wednesday

Pengertian Pendidikan Karakter Terbaru Beserta Tujuan dan Pentingnya Pendidikan Karakter

Pengertian Pendidikan Karakter Terbaru - Pendidikan Karakter adalah usaha sadar yang dilakukan seseorang bekerjasama dengan lembaga untuk meningkatkan potensi dirinya. Dalam proses itu seseorang menjadi peserta didik pada sebuah lembaga pendidikan.

Hasil akhir dari mendidik karakter adalah tercapainya peningkatakan karakter pribadi dan sekelompok orang menjadi orang-orang yang lebih baik daripada sebelum menerima pendidikan. Pendidikan karakter diartikan juga sebagai tindakan menanamkan akhlak dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Pengertian Pendidikan Karakter

Pengertian Pendidikan Karakter Terlengkap dan Terbaru

Pengertian pendidikan karakter bisa lebih diperdalam dengan memahami pengertian pendidikan karakter dari para ahli berikut ini.

  • T. Ramli


Pengertian pendidikan karakter menurut T. Ramli adalah upaya menurunkan informasi yang mengedepankan esensi dan makna suatu ilmu. Tindakan transfer ilmu ini didasarkan pada moral dan akhlak manusia peserta didik agar terbentuk menjadi manusia yang lebih baik.

  • Thomas Lickona


Pengertian pendidiakn karakter menurut Thomas Lickona ialah upaya perbaikan dan menumbukan karakter baik kepada peserta didik. Usaha ini dilakukan secara sengata oleh orang tua atau guru sehingga peserta didik dapat memahami etika, norma, dan hukum yang berlaku di masyarakat.

  • John W. Santrock


Pengertian pendidikan karakter menurut John W. Santrock ialah upaya yang dilakukan untuk mentransfer ilmu dan menanamkan nilai-nilai moral secara sadar untuk mencegah perilaku yang merugikan orang lain.

  • Elkind


Pengertian pendidikan karakter menurut Elkind adalah usaha mentransfer ilmu dan nilai-nilai moral dengan suatu metode pendidikan khusus. Proses itu dilakukan oleh tenaga pendidik dalam kurun waktu yang sangat lama sampai peserta didik berkembang menjadi orang yang teladan.

  • Menurut Suyanto


Pendidikan karaket menurut Suyanto ialah pengelolan cara berpikir dan berperilaku yang dilakukan oleh seorang pendidik kepada individu yang terlibat dengan rposes itu. proses ini bisa terjadi di dalam lingkup keluarga, masyarakat, sekolah, lembaga, instansi, dan seterusnya sampai lingkup negara.

  • Menurut Kertajaya


Pengertian pendidikan karakter menurut Kertajaya ialah suatu proses yang dilakukan oleh setiap orang untuk memiliki ciri khas tertentu. Ciri khas itu diharapkan memberikan manfaat positif kepada lingkungannya.

Ciri khas bisa juga diperoleh dari asli bawaan seseorang karena gen, namun kebanyakan akan dipengaruhi oleh lingkungan tempat seseorang hidup. Oleh karenanya lembaga seperti sekolah mengupayakan pendidikan karakter yang membuat seseorang terdorong untuk bersikap yang lebih baik.

Umumnya, ditujukan agar seseorang tidak hanya menghormati lingkungan tempat tinggalnya saja, melainkan juga dapat berpartisipasi untuk bangsa dan negara. Pendidiakn karakter mendorong seseorang untuk bertindak, bersikap, berucap, dan merespon sesuatu dengan cara tertentu sesuai dengan yang diajarkan kepadanya.

Tujuan Pendidikan Karakter

Dari pengertian pendidikan karakter tersebut di atas dapat diketahui bahwasanya pendidikan karakter ditanamkan dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai tertentu ke peserta didiknya. Berikut adalah nilai-nilai yang hendak ditanamkan oleh pendidik kepada peserta pendidikan karakter.

  1. Kejujuran
  2. Sikap toleransi
  3. Disiplin
  4. Kerja keras
  5. Kreatif
  6. Mandiri
  7. Demokratis
  8. Semangat kebangsaan
  9. Berwawasan nusantara
  10. Cinta tanah air
  11. Toleransi
  12. Kepedulian
  13. Rasa tanggung jawab
  14. Ramah tamah
  15. Religius


Nilai-nilai di atas hendak ditanamkan dalam diri manusia agar mereka dapat mengisi kehidupan dengan kegiatan yang positif. Kegiatan memberikan pendidikan karakter bisa memiliki tujuan untuk mengubah orang yang tadinya kriminal menjadi orang baik yang membantu masyarakat di sekitarnya.

Oleh karenanya, tujuan pendidikan karakter sangatlah kompleks. Meski demikian, para ahli bersepakat bahwa tujuan pendidikan karakter pada inti subtilnya adalah mengubah, mengarahkan, dan membentuk perilaku, sikap, dan pola pikir seseorang menjadi orang yang memberikan manfaat baik untuk lingkungannya.

Pengertian Pendidikan Karakter

Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter Di Indonesia

Pentingnya pendidiakn karakter diberikan kepada generasi penerus disampaikan oleh Thomas Lickona. Pentingnya pendidikan karakter ini juga didasarkan pada tujuan pendidikan itu sendiri yang bertujuan untuk mengubah perilaku dan cara berpikir masyarakat.

Berikut merupakan beberapa alasan yang disampaikan oleh Thomas Lickona.
  1. Pendidikan karakter adalah cara paling baik untuk memastikan generasi penerus memiliki kepribadian dan karakter yang bermanfaat untuk kehidupan dan lingkungannya.
  2. Pendidiakn karakter dapat membantu seseorang meningkatkan potensi hidupnya
  3. Pendidikan karakter dapat membantu peserta didik meningkatkan prestasi akademiknya di sekolah
  4. Pendidikan karakter diperlukan dan harus disampaikan oleh lembaga karena sebagian anak tidak dapat memperoleh dan membentuk pendidikan karakter dengan sendirinya.
  5. Pendidikan karakter memiliki kekuatan untuk membentuk individu yang dapat menghormati dan menghargai hak-hak orang lain
  6. Pendidikan karakter membantu seseorang memahami kewajiban yang harus dilaksanakan di tengah kehidupan bermasyarakat.
  7. Pendidikan karakter bisa menjadi alat mengatasi krisis moral yang menjadi isu nasional dan internasional
  8. Pendidikan karakter bisa mengurangi tindakan kriminal karena orang jadi makin paham hak-hak orang lain yang tidak boleh dirampas begitu saja.
  9. Pendidikan karakter adalah cara terbaik untuk membentuk perilaku seseorang agar sesuai dengan yang diharapkan di dunia kerja.
  10. Pendidikan karakter bisa menjadi sebuah cara untuk mengajarkan dan melestarikan nilai-nilai budaya yang masih eksis di tengah-tengah masyarakat.


Demikian pemaparan tentang pendidikan karakter, semoga dapat menambah wawasan anda.

Loading...
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top