Organisasi: Pengertian, Tujuan, Unsur-unsur, dan Ciri-ciri Organisasi - Ilmu Bahasa

Saturday

Organisasi: Pengertian, Tujuan, Unsur-unsur, dan Ciri-ciri Organisasi

Organisasi adalah sebuah tempat perkumpulan orang-orang yang dibentuk dalam sebuah kelompok yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan dalam setiap organisasi telah ditetapkan sejak awal organisasi didirikan dan generasi penerus tinggal melanjutkannya sesuai dengan AD/ART organisasi.

Umumya, organisasi diartikan sebagai bentuk pembagian kerja antar kelompok, mereka bekerjasama dalam berbagai bentuk untuk mencapai tujuan, visi, dan misi bersama-sama. Kepentingan organisasi akan jadi kepentingan bersama di atas kepentingan individu. Agar lebih jelas, berikut pengertian organisasi untuk anda pahami.

pengertian organisasi

Pengertian Organisasi

Pengertian organisasi tidak akan mudah dipahami tanpa adanya praktik atau keterlibatan langsung dengan organisasi. Meskipun demikian, berikut merupakan pengertian organisasi untuk meningkatkan pemahaman anda terkait organisasi.

Stoner

Pengertian organisasi menurut Stoner ialah pola hubungan bertingkat yang mana orang-orang di dalamnya mendapatkan pengarahan dari pemimpin yang lebih tinggi untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Stephen P. Robbins

Pengertian organisasi menurut Stephen P. Robbins ialah kesatuan sosial yang berkoordinasi dan dikoordinasi secara sadar. Mereka dipersatukan oleh tujuan bersama dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi karena organisasi tidak memiliki wewenang bebas atas segala sesuatu.

Meskipun demikian, organisasi dapat melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan, visi, dan misi yang sudah ditetapkan sejak awal. Tercapaianya tujuan tersebut menjadi pencapaian penting bagi setiap organisasi di masyarakat.  

James D. Mooney

Pengertian organisasi menurut James D. Mooney ialah terbentuknya perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama. di dalam organisasi terjadi praktik musyarawarah mufakat untuk mewujudkan tujuan yang sudah ditetapkan oleh organisasi.

Chester I. Bernard

Pengertian organisasi menurut Chester I. Bernard  ialah sistem yang memiliki aktifitas kerjasama di antara dua orang atau lebih. Anggota dalam organisasi minimal dua orang. mereka bekerjasama untuk melakukan aktifitas yang seuai dengan visi dan misi organisasi.

Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan

Pengertian organisasi menurut Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan ialah proses pengelompokan, penentuan, dan pelaksanaan sebuah aturan yang disepakati oleh sejumlah orang dan mereka memiliki tujuan bersama. tujuan ini bisa merugikan bisa juga memberi dampak positif, tergantung dari jenis tujuan organisasi terkait.

Ada banyak jenis organisasi di masyarakat. Mereka membentuk aktifitas yang berbeda-beda. Organisasi yang sah umumnya akan memiliki tujuan yang baik untuk masyarakat, tapi tidak dengan organisasi ilegal yang akan lebih dicurigai melakukan aktifitas gelap.

Max Weber

Pengertian organisasi menurut Max Weber ialah kerangka hubungan terstruktur yang terdapat dalam sebuah kelompok dengan adanya seorang pemimpin di dalamnya. Organisasi memiliki wewenang dan tanggung jawab bahkan ada pembagian kerja di dalamnya untuk mencapai tujuan tertentu.

Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Pengertian organisasi menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian adalah sebuah bentuk persekutuan banyak orang yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. mereka terikat satu sama lain dengan sebuah tugas dan tanggung jawab.

Di dalam sebuah organisasi, terdapat pengurus yang terstruktur mulai dari pemimpin tertinggi sampai staff terbawah. Kerja masing-masing orang di dalam organisasi ini akan memberi pengaruh kepada yang lainnya.

Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Pengertian organisasi menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer adalah suatu bentuk kumpulan banyak orang yang terhubung satu sama lain karena struktur kepemimpinan tertentu. Mereka saling bekerjasama untuk mencapai tujuan organisasi tanpa terkecuali.

Philip Slznic

Pengertian organisasi menurut Philip Slznic ialah sebuah perkumpulan dengan peraturan, tugas, dan wewenang yang jelas sesuai dengan tujuan organisasi didiirkan. Organisasi memiliki beberapa personil yang ditempatkan di posisi tertentu sesuai dengan keahliannya.

Masing-masing akan saling terhubung dan bertanggung jawab sesuai dengan fungsi masing-masing hingga tujuan organisasi tercapai. Mereka juga bertugas mempertahankan keberadaan organisasi dalam waktu yang sangat lama.

Thompson

Pengertian organisasi menurut Thompson ialah kerjasama antar anggota organisasi secara rasional dan impersonal untuk saling bekerjasama mencapai tujuan tertentu. Secara spesifik tujuan organisasi sudah ditentukan sejak awal. Para penerus kemudian bertugas menjaga dan melanjutkan pencapaian organisasi.

Tujuan organisasi

Tujuan Organisasi

Merujuk pada pengertian organisasi di atas, dapat dipastikan bahwa setiap organisasi didirikan dengan tujuan tertentu. Tujuan organisasi juga dapat diidentifikasi memiliki tujuan profit maupun non-profit sesuai dengan jenis organisasi.

Berikut adalah beberapa tujuan organisasi yang dapat diidentifikasi sejauh ini.

Tujuan organisasi secara umum

Secara umum, tujuan pendirian sebuah organisasi adalah sebagai berikut:
  • Menjadi tempat mencapai tujuan bersama-sama secara efektif dan efisien
  • Menjadi tempat untuk belajar meningkatkan kemampuan individual
  • Sebagai tempat meningkatkan kemandirian dan kemampuan sumberdaya yang dimiliki.
  • Sebagai tempat menjalin jaringan yang lebih luas
  • Sebagai tempat masing-masing individu belajar terkait dengan jabatan, penghargaan, dan pembagian kerja.
  • Sebagai tempat untuk mendapatkan keuntungan bersama
  • Sebagai tempat pembentukan karakter individual sesuai tujuan individu bergabung dengan organisasi yang diinginkannya
  • Sebagai tempat individu memanfaatkna waktu luang untuk tujuan yang baik
  • Sebagai tempat individu belajar tentang mengalokasikan dan memiliki kekuasaan dan pengawasan.


Tujuan Organisasi Jangka Pendek

Selain tujuan prakttis di atas organisasi memiliki tujuan jangka pendek. Tujuan ini harus dicapai dalam waktu cepat, berkala, efektif dan efisien.

Umumnya tujuan organisasi dalam jangka pendek ini akan dilakukan dalam waktu enam bulan. Tujuan jangka pendek ini menjadi acuan untuk mencapai tujuan jangka menengah dan jangka panjang.

Pencapaian tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang juga akan disesuaikan dengan kepemilikan keuangan organisasi. Sebab, organisasi profit maupun non profit, dua-duanya tetap membutuhkan dana untuk melanjutkan operasionalnya hingga dapat mencapai dan mempertahankan tujuan organisasi.

Tujuan Organisasi Jangka Menengah

Sempat disinggung bahwa setiap organisasi memiliki tujuan jangka menengah. Tujuan ini dibuat paska menentukan tujuan jangka pendek. Tujuan jangka menengah ini umumnya mengambil waktu antara satu hingga tiga tahun.

Pencapaian organisasi untuk jangka menengah ini akan memperlihatkan bahwa langkah taktis dan praktis organisasi berjalan dengan lancar. Pencapaian ini juga membuktikan sumber daya manusia dan sumber daya lain milik perusahaan dapat bekerja secara maksimal. Dengan demikian, organisasi pun memiliki harapan untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Tujuan Organisasi Jangka Panjang

Tujuan organisasi jangka panjang umumnya adalah merealisasikan ideologi organisasi. Tujuan jangka panjang ini pasti terdapat dalam misi organisasi.

Periode waktu pencapaian tujuan organisasi jangka panjang memakan waktu kurang lebih antara tiga sampai lima tahun. Penanaman keberhasilan tujuan organisasi dalam jangka panjang harus dilakukan oleh semua pihak.

Tujuan jangka panjang tidak akan tercapai jika salah satu dari unsur organisasi mengalami pelemahan. Sebab organisasi dapat bertahan hingga akhir hanya jika sumber daya manusianya dapat saling bekerjasama dengan baik.

Unsur-unsur Organisasi

Organisasi tidak dapat berjalan tanpa unsur-unsur organisasi yang mendukungnya. Pada dasrnya organisasi adalah sebuah wadah yang dibentuk oleh manusia, maka harus digerakkan oleh manusia juga.

Sebuah organisasi  membutuhkan unsur-unsur organisasi berikut ini agar dapat berjalan semestinya.

Personil

Personil atau sumber daya manusia adalah unsur penting sejak awal organisasi didirikan. Organisasi tanpa sumber daya manusia, maka organisasi itu tidak akan pernah eksis.

Masing-masing personil juga memiliki tingkatan dan kedudukannya sendiri. di mana masing-masing kedudukan memiliki fungsi dan tanggung jawab untuk memastikan tujuan organisasi dapat berjalan sesuai rencana.

Kerjasama

Dalam organisasi dibutuhkan kerjasama, karena itulah kerjasama juga termasuk unsur penting dalam sebuah perusahaan. Organisasi dapat mencapai tujuan bersama dengan syarat memiliki kerjasama yang baik antar manusia yang membangun di dalamnya.

Setiap anggota harus melakukan tugas dan tangung jawab masing-masing. Bila ada yang tidak melaksanakannya, dapat dipastikan jika tujuan organisasi itu bisa terhambat pencapaiannya.

Tujuan Bersama

Kerap diulang bahwa sebuah organisasi berjalan untuk mencapai tujuan bersama. itu benar, karena tujuan bersama adalah unsur penting yang menjadi alasan sebuah organisasi berdiri.

Sasaran utama dari pendirian organisasi ialah tujuan itu sendiri. sebesar atau sekecil apapun organisasi itu, tujuan bersama adalah poin penting yang mengikat semua sumber daya manusia yang berkedudukan di dalam organisasi tertentu.

Peralatan (Equipment)

Guna mencapai tujuan bersama, maka peralatan dibutuhkan. Sarana dan prasarana sebagai sebuah kelengkapan organisasi untuk menjalankan fungsinya.

Setiap orang yang berkedudukan di dalam organisasi harus difasiltiasi dengan peralatan tertentu agar dapat melaksanakan fungsi sesuai dengan tugas yang diberikan padanya. tanggung jawab masiing-masing individu yang berkedudukan di dalam organisasi adalah untuk mewujudkan visi dan misi organisasi tanpa terkecuali.

Peralatan itu bisa berupa komputer, gedung, kantor, uang, gadget, dan masih banyak lagi. Peralatan disesuaikan dengan jenis organisasi.

Lingkungan (Environment)

Unsur organisasi selanjutnya ialah lingkungan yang menjadi faktor penting sebuah organisasi akan menanamkan pengaruhnya atau tidak. lingkungan organisasi bisa saja fokus ke lingkungan ekonomi, lingkungan alam, budaya, pemerintah, dan lain sebagainya.

Sumber Daya Alam

Selain linkungan tempat organisasi didirikan, faktor alam juga menjadi unsur penting sebuah organisasi bertahan atau tidak. sumber daya alam berupa air, keadaan iklim, kondisi tanah, cuaca, flora dan fauna akan mempengaruhi cara kerja organisasi terkait.

Ciri-ciri Organisasi

Paska mengetahui unsur-unsur organisasi, setidaknya ada ciri-ciri organisasi yang dapat dirasakan di dalamnya. Berikut lebih rinci ciri-ciri organisasi yang teridentifikasi di lingkungan kita.
Terdiri Dari Sekelompok Orang
Setiap organisasi memiliki anggota yang berkedudukan sesaui dengan kemampuannya di dalam organisasi.

Memiliki Tujuan

Setiap organisasi memiliki tujuan sebagai alasan organisasi berdiri dan alasan setiap anggot bertahan di dalamnya. Setiap anggota akan bekerjasama untuk mewujudkan tujuan yang sudah ditetapkan.

Kerjasama

Dalam setiap organisasi, kerjasama adalah ciri khas dan kekuatan utama agar dapat meraih tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Tanpa kerjasama, tugas dan tanggung jawab tidak dapat terselesaikan, akhirnya tujuan organisasi tidak akan tercapai.

Peraturan

Dalam setiap organisasi ada peraturan yang mengikat tiap anggota agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan tujuan organisasi.  

Ada Pembagian Tugas dan Tanggungjawab

Di setiap organisasi ada pembagian tugas dan tanggung jawab yang ditetapkan kepada masing-masing anggota guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Demikian pemaparan tentang organisasi. Semoga dapat menambah wawasan anda terkait keberadaan organisasi di lingkungan anda.

Loading...
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top