Komunikasi: Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi - Ilmu Bahasa

Friday

Komunikasi: Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi

Pengertian Komunikasi - Komunikasi merupakan salah satu bentuk interaksi bersama antara dua orang atau lebih. Keduanya mengadakan hubungan timbal balik baik secara verbal maupun tidak.

Dalam berkomunikasi, setiap orang akan membutuhkan bahasa. Komunikasi merupakan alat penting untuk menyambung kehidupan bersama antara individu di dalam masyarakat.Agar lebih jelas mengenai komunikasi, berikut kami jabarkan pengertian, tujuan, dan fungsi komunikasi untuk anda.

Pengertian Komunikasi

Pengertian komunikasi

Pengertian komunikasi secara umum diketahui sebagai aktifitas menyampaikan informasi, berupa pesan, ide, gagasan, atau pun konsep dari satu pihak ke pihak lain. Dalam berkomunikasi harus ada pihak penutur dan yang menerima tuturan.

Perlu diketahui juga bahwa komunikasi bisa dilakukan dalam dua bentuk yakni secara verbal dan tulisan. Keduanya menggunakan alat utama untuk berkomunikasi yakni bahasa.

Bahasa verbal umumnya jauh lebih mudah diterima, dipahami, dan lekas sampai ke penerima pesan daripada teks tulis, gambar, atau kode. oleh karena itu, di dunia ini komunikasi verbal lebih jadi pilihan daripada yang lainnya.

Tujuan dari komunikasi itu sendiri secara umum adalah untuk memberikan pengetahuan atau mentransfer ilmu kepada pihak lain. dalam berkomunikasi dibutuhkan dua orang atau lebih untuk saling mengirim dan menyampaikan pesan atau informasi di antara mereka.

Disepakati secara umum bahwa komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat diterima dan dimengerti oleh orang lain. komunikasi juga dapat disampaikan dengan gesture tubuh, karena gesture atau mimik tubuh juga termasuk dalam bahasa non verbal.

Dalam sebuah organisasi, instansi, lembaga, atau perusahaan komunikasi merupakan hal penting. Ambil contoh sebuah perusahaan, penggunaan komunikasi sangat penting untuk keberlangsungan sebuah usaha.

Dengan komunikasi, antar tim di dalam sebuah perusahaan dapat menyampaikan gagasan, ide, atau keluhan yang menyangkut perusahaan. Tanpa komunikasi, perusahaan tidak dapat berjalan.  
               

Komunikasi Adalah

Oleh karena itu, merujuk pada pengertian di atas, dapat dipahami bahwa komunikasi adalah alat penting untuk melakukan hubungan antar sesama manusia. komunikasi memiliki peranan penting dalam proses komunikasi antar dua orang atau lebih.

Jika itu berada di dalam sebuah organisasi, perusahaan, atau instansi terentu, komunikasi menjadi jembatan penting atas semua tugas yang harus diselesaikan di dalam organisasi itu. tanpa adanya komunikasi sistem tidak dapat berjalan lancar dalam sebuah organisasi, perusahaan, atau instansi.
               

Tujuan Komunikasi

Semua bentuk aktifitas komunikasi memiliki tujuan yang nyata. Berikut merupakan tujuan komunikasi yang terdapat di antara semua jenis dan bentuk komunikasi.

Agar Komunikator Dimengerti Komunikan

Tujuan komunikasi yang pertama adalah agar pesan yang dibawa dan disampaikan oleh komunikator lekas dimengerti oleh komunikan. Komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan. Sedangkan komunikan adalah orang yang menerima pesan.

Komunikator harus menyampaikan pesna utama dengan jelas memanfaatkan alat-alat komunikasi yang sudah disepakati bersama. seperti penggunaan bahasa harus sama, seperti bahasa inggris, indonesia, mandarin dan lain sebagainya.

Jika terjadi perbedaan penggunaan bahasa, disarankan untuk memanfaatkan bantuan translator. Disebabkan tanpa adanya kesamaan pemahaman bisa terjadi misskomunikasi dan kesalahpahaman yang menyebabkan masalah di kedua belah pihak.

Agar Mengenal Orang Lain

Komunikasi juga memiliki tujuan baik lainnya yakni agar seseorang dapat mengenal orang lain dengan lebih terbuka. Komunikasi bisa mendekatkan seseorang dengan orang lain tanpa keraguan.

Untuk itu kemampuan mengartikan, mendengar, dan mengakui orang lain sangat penting dari aktifitas komunikasi. Tanpa adanya saling mengakui, akan sulit terjadi komunikasi yang sehat.

Tanpa adanya keterbukaan dalam mendengarkan dan mengartikan pesan, bisa terjadi misskomunikasi. Bila itu terjadi, pesan yang seharusnya diterima komunikan bisa tidak tersampaikan dengan sempurna.

Agar Pendapat Diterima Orang Lain

Komunikasi juga memiliki tujuan agar pendapat yang disampaikan bisa diterima oleh orang lain. komunikasi dengan tujuan ini umumnya menggunakan teknik persuasif untuk membuat orang mendengarkan dan memahami gagasan ide orang lain dengan mudah. Selanjutnya, mereka akan menerima saran, ide, dan pendapat orang lain karena telah memahami pesan yang disampaikan.

Menggerakkan Orang Lain

Komunikasi juga bertujuan untuk menggerakkan orang lain. dengan telah berhasil membangun pemahaman tertentu kepada orang lain, komunikan dan orang diajak berkomunikasi bisa bekerjasama melakukan suatu aktifitas bersama.

Selanjutnya, mereka bersama-sama melakukan suatu aktiftias untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Umumnya tujuan ini memiliki manfaat dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Agar Hubungan Tetap Terjaga dengan Baik

Setiap komunikasi juga memiliki tujuan untuk menjaga agar hubungan tetap terjaga dengan baik. Utamanya hubungan antar pasangan. Tanpa adanya komunikasi yang baik akan kerap terjadi kesalahpahaman, dampak akhirnya terjadi perpisahan di antara keduanya.

Pengertian Komunikasi

Apa itu Komunikasi ? 15 Pengertian Komunikasi Terbaru

Apa itu komunikasi juga dapat dipahami dari pengertian komunikasi berdasarkan pada ahli berikut ini.

1. Everett M. Rogers

Apa itu komunikasi menurut Everett M. Rogers sebagai proses pengalihan ide dari satu orang ke orang lain atau lebih, tujuannya untuk mengubah pemikiran dan tingkah laku penerima komunikasi.

2. James A. F. Stoner

Komunikasi menurut James A. F. Stoner adalah proses yang dilakukan seseorang untuk memberikan pengertian, menyampaikan pesan dan informasi kepada orang lain dengan pilihan bahasa yang mudah dimengerti.

3. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Komunikasi menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya adalah interaksi antar individu atau pun antar kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.

4. Anderson

Komunikasi menurut Anderson adalah rangkaian menyampaikan pesan secara dinamis dan konstan, dapat berubah sesuai kondisi yang sedang berlangsung ketika komunikasi terjadi.

5. Lexicographer

Komunikasi menurut Lexicographer adalah memberi informasi dengan tujuan agar kedua belah pihak dapat mencapai pemahaman yang sama tentang informasi yang tengah disampaikan.

6. Aristoteles

Komunikasi menurut Aristoteles ialah usaha yang dilakukan masyarakat menggunakan bahasa sebagai alat untuk mewujudkan demokrasi.

 7. Hoben

Komunikasi menurut Hoben ialah proses menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain dalam sebuah forum atau bukan secara lisan.

8. Redi Panuju

Komunikasi menurut Redi Panuju adalah sistem yang melekat di antara individu, organisasi, instansi, atau lembaga terentu untuk mencapai keharmonisan bersama.

9. Murphy & Mendelson

Komunikasi menurut Murphy & Mendelson adalah upaya yang dilakukan dua orang atau lebih untuk melakukan hubungan interpersonal atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.

10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Komunikasi menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid adalah sebuah tahapan di mana dua orang atau lebih bertukar informasi dan memunculkan pengertian yang mendalam di antara orang yang berkomunikasi.

 11. Shannon dan Weaver

Komunikasi menurut Shannon dan Weaver adalah wujud interaksi antar manusia yang mengadakan ikatan untuk saling bekerjasama dan saling mempengaruhi secara konstan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi tidak langsung dapat berlangsung dengan teknologi atau karya seni.

12. Raymond S. Ross

Komunikasi menurut Raymond S. Ross adalah sebuah proses memilah, menyaring, memberikan, dan menawarkan suatu bentuk pesan kepada orang lain. komunikasi dilakukan sedemikian rupa supaya orang yang diajak berkomunikasi bisa merespon sesuai yang diinginkan oleh komunikan.

13. William Albig

Komunikasi menurut William Albig adalah rangkaian transfer kata yang mengandung pesan dilakukan oleh seseorang atu lebih kepada orang lain atau organisasi.

14. William I. Gordon

Komunikasi menurut William I. Gordon ialah terjadinya pertukaran informasi secara dinamis meliputi perasaan, ide, dan gagasan dalam satu waktu yang sama.

15. Djenamar SH

Komunikasi menurut Djenamar SH adalah seni menyampaikan gagasan, informasi, dan pesan yang dilakukan seseorang kepada orang lain agar pesan yang tersirat maupun tersurat dapat diterima.

Pengertian Komunikasi

6 Fungsi Komunikasi Terbaru

Dalam kegiatan komunikasi di dalamnya pasti ada fungsi dan manfaatnya. Merujuk pada setiap pengertian komunikasi di atas, maka dapat dirasakan bahwa komunikasi memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Alat Kendali

Komunikasi memiliki fungsi sebagai alat kendali. Dalam hal ini artinya adalah perilaku komunikasi seseorang di dalam sebuah kelompok masyarakat mengandung kekuatan untuk mengendalikan situasi.

Sebagai contohnya ialah ketika seorang kepala desa mengatakan, memerintahkan, atau meminta sesuatu orang lain akan melaksanakannya. Hal itu karena komunikasi yang dilakukannya mengandung kekuatan untuk mengendalikan dan menggerakkan orang lain agar melaksanakan sesautu sesuai dengan kata-katanya.

2. Alat Motivasi

Komunikasi antar dua orang bisa menjadi alat motivasi yang menggerakkan hati seseorang. Dari yang tadinya lemah, kurang bersemangat dan ingin menyerah bisa kembali bersemangat ketika mendengarkan motivasi dari orang lain.
Jika komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan baik, maka komunikasi tersebut akan berdampak positif pada orang yang menerimanya. Orang tersebut kemudian bisa berubah, baik secara pola pikir dan sikapnya.

3. Mengungkapkan Emosi 

Dalam kondisi tertentu, komunikasi yang dilakukan seseorang dapat berfungsi untuk mengungkapkan emosi pribadinya. Perasaan di dalam diri seseorang kadang sulit diungkapkan, sehingga kadang komunikasi yang digunakanya bukanlah komnuikasi verbal, tapi tindakan dengan gesture tubuh.

Emosi yang ditunjukkan bisa persaan senang, kecewa, gembira, dan lain sebagainya. Ketika berhasil mengekspresikannya, seseorang bisa mendapatkan kembali pengakuan dari orang lain. bahkan bisa menggerakkan perasaan orang lain untuk semakin menyukainya.

4. Sebagai alat menyampaikan pesan

Berkomunikasi memiliki tujuan dan fungsi penting yakni untuk menyampaikan pesan. Komunikai tanpa pesan hampir mustahil terjadi, meski hanya sekedar humor, pastilah memiliki tujuan.

Pesan itu bisa berupa informasi untuk segera diproses, bisa juga hanya sekedar untuk membuat orang tertawa agar tidak sedih. Di balik setiap jenis komunikasi ada pesan yang terkandung di dalamnya.

5. Menyampaikan informasi

Selain untuk menyampaikan pesan, komunikasi memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi yang bisa saja baru berupa gagasan atau konsep. Informasi tersebut umumnya memiliki nilai penting.

6. Menjaga hubungan

Komunikasi juga memiliki fungsi untuk menjaga hubungan. Contoh nyatanya di antara pasangan. Tanpa adanya komunikasi hubungan yang positif akan sulit terjadi. Komunikasi diperlukan untuk memastikan bahwa kedua orang tersebut masih memiliki perasaan yang sama satu sama lain.

Demikian pemaparan tentang komunikasi untuk anda. dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah alat yang digunakan dua orang atau lebih untuk berhubungan satu sama lain. Dalam komunikasi terkandung pesan di setiap informasi yang disampaikan guna mencapai tujuan tertentu. Demikian informasi kali ini semoga bermanfaat.

Loading...
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top