Pengertian Komunikasi: Komunikasi, Teori, Definisi, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi - Ilmu Bahasa

Tuesday

Pengertian Komunikasi: Komunikasi, Teori, Definisi, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi

Komunikasi adalah sebuah cara yang dilakukan orang sekelompok orang  dalam sebuah wilayah untuk berinteraksi satu sama lain. Komunikasi memiliki manfaat jangka panjang dan jangka pendek. Di mana jika aspek-aspek komunikasi berjalan dengan baik penggunanya bisa mencapai kesuksesan tertentu yang diinginkannya. 

Komunikasi memiliki fungsi yang sangat penting di tengah-tengah hubungan masyarakat. Pasalnya, komunikasi tidak hanya dapat menghubungkan satu atau dua orang saja, tapi bisa banyak orang dalam satu komunitas. 

Pengertian Komunikasi: Komunikasi, Teori, Definisi, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi


Agar lebih jelas, berikut kami paparkan teori komunikasi untuk anda. 

Kumpulan Teori Komunikasi

Teori komunikasi dapat disimak dari beberapa ahli dalam ilmu komunikasi berikut ini. 

1. Everett M. Rogers

Everet M. Rogers mengungkapkan bahwa komunikasi merupakan proses pengalihan ide dari satu penutur ke penutur lain, dari satu orang ke orang lain dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku orang yang menerima tuturan. 

2. James A. F. Stoner

James A. F. Stoner mengungkapkan komunikasi sebagai proses individu yang saling berinteraksi untuk saling memberikan pengertian atau informasi. 

3. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Prof. Drs. H. A. W Didjaya, komunikasi merupakan hubungan kontak antar individu atau pun sekelompok orang yang saling membutuhkan. 

4. Anderson

Ilmuwan Anderson mengungkapkan komunikasi merupakan rangkaian langkah serah terima informasi yang terjadi secara dinamis atau pun konstan dan dapat berubah berdasarkan kondisi dan tingkah laku lingkungannya. 

5. Lexicographer

Komunikasi menurut Lexicographer merupakan upaya berinteraksi yang bertujuan menyalurkan dan meraih informasi guna mencapai kesepakatan dan tujuan bersama yang selaras dengan tujuan masing-masing. 

6. Aristoteles

Aristoteles mengungkapkan teori komunikasi sebagai suatu alat masyarakat untuk berinteraksi dan berperan dalam percaturan sistem kehidupan berwarna negara, termasuk dalam menegakkan demokrasi di dalam sistem masyarakat. 

7. Hoben

Hoben mengartikan teori komunikasi sebagai suatu alat untuk melakukan proses transfer pemikiran berupa ide dan gagasan yang dapat diutarakan secara lisan maupun non-lisan. 

8. Redi Panuju

Redi Panuju membeberkan teori komunikasi sebagai sebuah arus ssitem yang melekat dalam hubungan masyarakat yang berkesinambungan membentuk suatu keharmonisan bersama untuk mencapai tujuan bersama. 

9. Murphy & Mendelson

Berdasarkan Murphy dan Mendelson, teori Komunikasi merupakan upaya yang dilakukan orang-orang alam mempertahankan dan melakukan hubungan interpersonal yang dapat saling mempengaruhi. Hubungan dapat terjadi dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Efeknya pun bisa menjadi efek jangka panjang atau pun efek jangka pendek. 

10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Rogers dan D. Lawrence Kincaid mengungkapkan bahwa komunikasi merupakan sebuah tahapan di mana dua orang atau lebih saling bertukar informasi. Mereka saling membutuhkan satu sama lain hingga memunculkan pengertian yang bersifat mendalam. 

11. Shannon dan Weaver

Shannon dan Weaver mengungkapkan teori komunikasi sebagai salah satu wujud budaya manusia yang sifatnya dapat saling mengikat dan saling mempengaruhi baik secara sengaja maupun tidak.  
Komnunikasi dapat dilakukan tidak hanya dalam bentuk verbal. Menurutnya komunikasi bisa dalam bentuk ekspresi, teknologi, karya seni, literatur dan lain sebagainya. 

12. Raymond S. Ross

Raymond S. Ross mengungkapkan bahwa teori komunikasi merupakan proses menyaring, memberikan, dan memilah simbol-simbol interaksi sedemikian rupa. Hasil akhirnya berupa respon dalam bentuk yang dikehendaki oleh komunikator. 

13. William Albig

Berdasarkan William Albig, teori komunikasi merupakan rangkaian transfer verbal yang bermakna dan dilakukan antar individu yang saling membutuhkan atau bersinggungan dengan masalah tertentu. 

14. William I. Gordon

William I. Gordon mengungkapkan bahwasanya komunikasi merupakan pertukaran informasi yang terjadi secara dinamis, yang mana meliputi perasaan dan gagasan hingga kedua hal tersebut diterima oleh komunikator. 

15. Djenamar SH

Djenamar SH menyatakan teori komunikasi sebagai seni untuk menyampaikan gagasan, informasi, ide, konsep dan lain sebagainya yang dilakukan seseorang kepada orang lain. 

Definisi Komunikasi

Definisi komunikasi dapat dibedakan menjadi dua hal berdasarkan penjelasan William F. Glueck. Definisi tersebut antara lain sebagai berikut:

• Komunikasi Antar Pribadi

Definisi komunikasi berdasarkan atas komunikasi antar pribadi disebut juga Interpersonal communications. Komunikasi jenis ini merupakan proses saling bertukar ide, gagasan, dan informasi serta pemindahpengertian yang terjadi antar dua individu saja. Bisa juga individu dengan sekelompok kecil komunitas.

• Komunikasi Dalam Organisasi

Definisi komunikasi berdasarkan organisasi lebih luas dan lebih kompleks. Komunikasi Dalam Organisasi atau disebut dengan istilah Organization Communications merupakan proses komunikasi antara seorang pembicara dengan anggota organisasi yang jumlahnya bisa ratusan hingga ribuan orang. 

Dalam proses komunikasi itu terjadi pemindah pengertian sesuatu, ide, konsep, atau pun informasi kepada orang-orang yang dapat menjalankannya. Orang-orang ini kemudian akan bekerja sesuai dengan tujuan yang ditargetkan penutur pertama. 

Komunikasi dalam organisasi bisa berlapis, dari pimpinan ke direktur, dari direktur ke staf direktur, ke manajer, ke staf manajer, hingga karyawan terendah.  Mereka saling terkait dan bergantung pada keberlangsungan organisasi tersebut. 

Pengertian Komunikasi: Komunikasi, Teori, Definisi, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi

Tujuan Komunikasi

Semua jenis komnikasi pada dasarnya dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut merupakan tujuan komunikasi secara umum. 

1. Menyampaikan pesan 

Komunikasi memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan sampai penerima pesan memahami yang dikomunikasikan oleh komunikator kepadanya. Komunikator akan memastikan bahwa informasi yang disampaikannya dapat dimengerti oleh orang lain. 

Oleh karena itu, komunikator harus punya cara dan teknik yang baik untuk menyampaikan informasi tersebut. komunikator juga tidak boleh kehilangan kendali atau berada di luar pemahaman informasi yang ingin disampaikannya. 

2. Mengenal Orang lain 

Selain punya tujuan diplomatis seperti yang disampaikan di poin pertama, komunikasi juga memiliki tujuan romantis, salah satunya ialah mengenal orang lain. interaksi yang dilakukan setiap orang dengan orang lain memiliki tujuan ini. 

Dengan bisa saling mengenal mereka bisa berhubungan dengan lebih baik. Oleh karena itu, kemampuan mendengar, membaca, dan mengartikan pesan yang terkandung dalam sebuah informasi sangat penting dalam aktifitas komunikasi. 

3. Agar Pendapat Diterima Orang Lain

Tujuan komunikasi berikutnya mengandung tujuan persuasif. Dalam komunikasi kerap terdapat pendapat pribadi antar individu. 

Oleh karena itu, dalam proses komunikasi itu diharapkan orang yang diajak bicara dapat menerima pendapat lawan bicaranya. Kemudian keduanya dapat berjalan beriringan secara harmonis menjalankan kesepakatan yang terjadi di antara keduanya. 

Keindahan komunikasi dengan tujuan ini ialah berhasilnya sebuah tujuan dicapai bersama-sama. Kemudian, dari semua itu tercipta kehidupan yang selaras dan saling bertoleransi. 

4. Komunikasi untuk Menggerakkan Hati Orang Lain

Tak terpungkiri bahwa salah satu tujuan komunikasi adalah untuk menggerakkan hati orang lain. ketika kita menyampaikan pendapat kita, ada upaya untuk membuat orang lain sepakat dengan kita.  Dalam upaya itulah kita sebenarnya sedang berusaha menarik hati orang lain agar memilih pendapat kita. Tujuan dari komunikasi jenis ini ialah agar diperoleh persepsi bersama-sama. 

Di mana hasil dari persepsi tersebut kemudian dapat digunakan bersam-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya tujuan bersama yang tersepakati, maka diharapkan terjalin masyarakat yang saling menghargai dan saling melindungi. 

Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi akan selalu berhubungan dengan tujuan komunikasi itu sendiri. Berikut adalah beberapa fungsi komunikasi yang dijaga dan dicari sampai sekarang. 

1. Tercipta Harmoni dalam kehidupan masyarakat

Fungsi paling subtil dari komunikasi adalah terciptanya harmoni dalam kehidupan masyarakat. Mereka dapat saling menerima keberadaan masing-masing karena terjalin komunikasi yang sehat. 

Dalam masyarakat tercipta rasa saling pengertian, tenggang rasa, dan pemahaman mendalam satu sama lain. komunikasi dalam taraf ini sudah mencapai tahap menjaga lingkungan yang selaras dan seimbang. 

2. Sebagai Alat Kendali 

Selain tercipta harmoni, komunikasi yang sehat juga menciptakna alat kendali yang tak kasat mata di antara hubungan masyarakat. Alat kendali ini terjadi karena kebiasaan masyarakat dalam berkomunikasi. 

3. Dapat Memotivasi Masyarakat 

Komunikasi juga memiliki fungsi untuk memotivasi masyarakat. Ketika ada masalah tertentu, seorang pemimpin dalam suatu komunitas kemudian dapat menyampaikan ide penyelesaian masalah.

Dalam upaya menyelesaikan masalah itu kerap masyarakat merasa kurang motivasi. Di tengah-tengah inilah komunikasi yang sehat dapat meningkatkan motivasi untuk menyelesaikan masalah bersama-sama. 

Motivasi yang diterima masyarakat akan dengan segera mengubah pola pikir dan cara hidup masyarakat. Hasilnya adanya kehidupan yang lebih positif di antara lingkungan masyarakat. 

4. Sebagai Ungkapan Emosional

Dalam berkomunikasi juga kerap ada ungkapan emosional. Di mana salah saorang menangis, marah, atau merasa kesal atas sesuatu persoalan. Kemudian mereka membicarakan hal tersebut. 

Ungkapan emosi ini bisa mendatangkan hal baik bisa juga mendatangkan hal buruk, tergantung dari penerima informasi dari si penutur. Meskipun demikian, komunikasi emosional kerap menimbulkan perubahan ke arah positif. 

5. Sebagai alat interaksi 

Seperti yang terungkap, berkomunikasi membuat orang-orang saling berinteraksi. Maka fungsi komunikasi berikutnya adalah sebagai alat berinteraksi. 

Orang-orang membutuhkan informasi tertentu, dan mereka harus berhubungan dnegan orang lain. Di tengah-tengah upaya meraih informasi inilah akan terjalin interaksi yang erat antar dua orang atau lebih. 

Hasil dari proses interaksi ini kemudian sebuah produk. Bisa berupa barang atau jasa, atau pun penyelesaian maslaah bersama. Hingga akhirnya proses interaksi ini membuat dapat hidu bersama dalam satu komunitas. 

6. Sebagai alat berdagang 

Komunikasi bahkan memiliki fungsi ekonomi. Fungsi ini terjalin di bursa pasar, bursa saham, perbankan dan seterusnya. Proses komunikasi sebagai alat berdagang menimbulkan efek nilai terhadap hasil komunikasi itu sendiri. 

Bahkan hasil komunikasi antara marketing dan pembeli akan berpengaruh pada pendapatan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, fungsi komunikasi di kelas perdagangan ini sangat tinggi. 

Semakin baik cara anda berkomunikasi semakin besar peluang anda mendapatkan keuntungan. Sebab, komunikasi adalah alat utama untuk melakukan promosi produk barang atau pun jasa. 

7. Sebagai alat politik

Komunikasi bahkan memiliki fungsi politik jika komunikan yang memanfaatkannya beraktifitas di dunia politik. Hasil dari komunikasi antar politikus ini berupa kebijakan yang berpengaruh pada kehidupan bangsa dan negara. 

Nilai komunikasi dalam lingkup politik sangat besar karena mempengaruhi hajat hidup orang banyak. Semakin penting kebijakan yang diambil, nilai komunikasi itu akan semakin tinggi nilai hukumnya. Oleh karenanya, komunikasi di tataran politik kerap dilakukan secara rahasia. 

Demikian itu pemaparan tentang komunikasi yang berpengaruh luas di kehidupan masyarakat. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda. 

Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top