Saturday

Pengertian Budaya dan Unsur-unsur Budaya Terlengkap

Pengertian Budaya - Budaya adalah suatu sistem yang terbentuk dan disepakai bersama-sama oleh masyarakat dalam keadaan terwariskan ataupun dibentuk sendiri olehnya. Unsur pembentuk budaya sangat kompleks antara lain berupa agama, adat istiadat, populasi penduduk, karya seni, bahasa, pendidikan, sosial politik dan lain sebagainya.

Unsur-unsur tersebut saling berhubungan satu sama lain secara berkesinambungan membentuk hukum etika dan moral di tengah-tengah masyaraka. Jika ada yang melanggarnya akan ada sanksi secara langsung maupun tidak langsung dirasakan oleh si pelanggar.

Pengertian Budaya dan Unsur-unsur Budaya Terlengkap


Agar lebih jelas mengenai budaya, silahkan simak pengertian budaya di bawah ini.

Pengertian Budaya

Pengertian budaya merupakan suatu cara hidup yang ada dalam sekelompok masyarakat. Cara hidup teresebut berkembang dan diwariskan secara turun temurun dari generasi dan ke generasi. Umumnya budaya akan bertahan lama dalam beberapa abad sebelum akhirnya berubah ke bentuk baru.

Selain itu, arti budaya juga digambarkan sebagai bentuk pola hidup yang dijalani, berkembang dan tumbuh di tengah-tengah masyarakat. Pola hidup ini mengatur secara subtil setiap individu dalam kehidupan sehari-harinya. 

Masing-masing individu menyadari adanya suatu sistem yang mengakar yang mengontrol tingkah laku mereka dalam berinteraksi satu sama lain di dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu budaya tidak dapat dipisahkan dari sekelompok masyarakat tertentu.

Hal itu sesuai dengan ari kata budaya yang berasal dari bahasa Sansekerta, yakni Buddhaya. Kata tersebut merupakan bentuk jaman dari Buddhi yang berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan akal dan sifat manusia.

Merujuk pada hal itu, budaya dapat diartikan sangat terkait erat dengan cara manusia saling berkomunikasi satu sama lain hingga membentuk kebiasaan. Dalam perkembangannya kebiasaan itu menjadi sebuah sistem yang dihargai oleh masyarakat kemudian dijalankan secara bersama-sama dan dijaga dalam kurun waktu yang sangat lama.

6 Definisi Budaya Terbaru

Selain pengertian di atas, agar lebih jelas pengertian tentang budaya, berikut ini kami hadirkan definisi budaya berdasarkan para ahli. Definisi berikut ini dijabarkan berdasarkan hasil penelitian masing-masing ahli yang berkecimpung di bidangnya.

1. Koentjaraningrat

Bapak Sosiologi Indonesia, Koentjaraningrat menerangkan definisi budaya sebagai sebuah sistem, rasa, tindakan, ide, gagasan, serta karya yang diproduksi oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang mana hasil dari produksi ini diperoleh dari hasil belajar dan pengalaman yang didapatnya selama berproses kehidupan di tengah-tengah masyarakat. 

2. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi menyatakan definisi budaya sebagai hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat terhap lingkungannya. Hasil karya bisa berupa produk barang seperti perkakas rumah tangga, teknologi, dan lain sebagainya.

Hasil produksi ini bisa hal-hal yang mempengaruhi jiwa manusia yang selaras dengan norma dan nilai sosial. Sementara cipta meliputi kemampuan kognitif dan psikologi masyarakat dalam mengamalkan ilmu pengetahuan yang dikuasainya. 

3.Ralph Linton

Budaya berdasarkan definisi Ralph Linton adalah segala bentuk perbuatan, pengetahuan, pola pikir, dan perilaku masyarakat yang terjadi berdasarkan sikap yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Di mana hal-hal tersebut dimiliki serta diwariskan oleh para nenek moyang secara turun temurun, terus menerus.

4. Edward Burnett Tylor

Definisi Budaya menurut Edward Burnett Tylor adalah hubungan kompleks yang terjadi karena dipengaruhi oleh dan membentuk ilmu pengetahuan, kesenian, kepercayaan, hukum, adat istiadat, hukum, etika dan lain sebagainya. Seluruhnya didapatkan dan dipengaruhi oleh keberadaan sebuah kelompok masyarakat yang salin mempengaruhi.

5. Levi Strauss

Definisi budaya berdasarkan Levi Strauss adalah suatu bentuk hasil perwujudan dari struktur sosial yang berinteraksi terus menerus, proses interaksi ini menghasilkan proses berpikir hingga membentuk sebuah kebiasaan yang dilakukan secara berulang dan turun temurun.

6. Melville J. Herskovits


Definisi budaya menurut Melville J. Herskovits adalah hasil interaksi antar manusia dengan lingkungan hidupnya dalam upaya mempertahankan hidupnya. Hasil produksi tersebut bisa berupa karya seni, perkakas rumah tangga, ide, konsep, dan bahkan hukum sosial, moral, dan etika. Di mana jika kelak ada yang tidak sesuai masyarakat akan memberikan sanksi.

Pengertian Budaya dan Unsur-unsur Budaya Terlengkap

Apa itu Budaya

Dari pengertian di atas, apa itu budaya dapat dimengerti sebagai sebuah sistem yang ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat, yang awalnya terbentuk dari sebuah kebiasaan yang menguntungkan satu sama lain. Kebisaan itu kemudian bertahan lama dalam suatu ekosistem masyarakat hingga akhirnya berkembang dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Budaya kemudian secara sadar maupun tidak menjadi sebuah tolok ukur kehidupan berinteraksi antar masyarakat. Budaya dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga ada beberapa budaya dari nenek moyang yang akhirnya punah karena dianggap sudah tidak sesuai dengan kebutuhan perkembangan jaman.

Dari pengertian budaya di atas, dapat dilihat pula bahwa budaya memiliki unsur-unsur pembentuk yang kompleks dan sangat penting. Satu sama lain saling mempengaruhi sampai tidak dapat dipisahkan keberadannya.

8 Unsur-unsur Budaya

Unsur-unsur budaya itu antara lain berupa:

1. Bahasa
Bahasa adalah unsur penting dalam budaya karena bahasa adalah alat utama interaksi antar manusia.  bahasa membuat hubungan antar manusia dapat saling memahami. Bahasa dapat dikatakan sebagai jembatan hubungan antar manusia yang kemudian membentuk sistem komunikasi satu sama lain. 

2. Lembaga
Lembaga bisa berupa tempat tinggal, lingkungan hidup, keluarga, dan lain sebagainya yang merupakan tempat yang mempengaruhi interaksi antar manusia yang tinggal di dalamnya.

3. Ekosistem
Hubungan antar manusia pun dipengarui oleh lingkungannya. Di mana manusia tidak hanya berinteraksi dengan manusia saja, melainkan dengan tanaman, hewan, dan benda-benda alam lainnya. Hal-hal tersebut memberi pengaruh pada cara hidup manusia.

4. Kekuatan
Unsur kekuatan ini bisa berupa kekuatan ekonomi, energi sumber kehidupan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kekuatan ini menjadi salah satu alasan suatu budaya masyarakt masih bisa bertahan selama berabad-abad atau akan hancur karena suatu alasan, bisa karena bencana alam, perang, atau faktor teknologi.

5. Wujud Budaya
Menilik pada pengertian di atas, maka budaya memiliki berbagai macam wujud yang dapat dilihat maupun tidak tapi dapat dirasakan. Sejauh ini, adapun wujud budaya adalah sebagai berikut.

6. Ide atau Gagasan
Wujud budaya yang pertama adalah ide. Wujud ide ini dipengruhi oleh pola pikir, di mana pola pikir dipengaruhi oleh pendidikan. Ide memiliki kekuatan yang dahsyat untuk mengubah kebiasaan masyarakatnya.

Ide berada di alam pikir manusia yang memiliki ekpektasi terhadap segala sesuatu yang dilihatnya dan yang dijalaninya dalam kehidupan sehari-hari. Ide ini bisa mengubah kebisaan manusia dari yang buruk menjadi baik, kemudian mempengaruhi perubahan sosial, politik, dan ekonomi masyarakat setempat.

7. Aktivitas
Aktivitas adalah wujud budaya yang berupa kegiatan manusia dalam sistem sosial, politik, dan ekonomi. Akibat dari kegiatan manusia ini adalah bentuk interaksi yang meluas sesaui dengan bidang yang dikuasainya.

8. Karya
Dari ide, kemudian menuju aktivitas untuk mewujudkan ide tersebut, hingga hasilnya adalah karya yang akan memberikan manfaat kepada kehidupan manusia untuk jangka pendek sampai jangka panjang. Bentuk karya bisa dalam bentuk fisik maupun abstrak, namun umumnya bentuk karya yang dapat dilihat, didokumentasikan dan dinikmati secara langsung adalah bentuk karya yang akan lebih dihargai.

Demikian pemaparan tentang budaya untuk anda, semoga menambah wawasan.

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)