Kewirausahaan: Pengertiaan Kewirausahaan dan Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli - Ilmu Bahasa

Wednesday

Kewirausahaan: Pengertiaan Kewirausahaan dan Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Terbaru - Pada kesempatan sebelumnya, kami telah mengulas mengenai kewirausahaan dan materi-materi yang ada dalam kewirausahaan yang dapat anda lihat apa saja materi-materi kewirausahaan yang biasa dipaparkan dalam mata pelajaran atau mata kuliah kewirausahaan. Kewirausahaan adalah sebuah usaha yang dilakukan seseorang untuk melakukan bisnis dengan sistem yang dibuanya sendiri. seseorang yang ingin memulai bisnis ini harus memiliki syarat sebagai seorang wirausaha.

Syarat menjadi wirausaha tidak hanya tentang modal material saja, melainkan kesiapan mental dari si pencetus ide kewirausahaan tersebut. Kenapa? Karena seseorang yang berwirausaha namun tidak memiliki jiwa wirausaha hanya akan gagal di tengah jalan.

Kewirausahaan: Pengertiaan Kewirausahaan dan Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli


Ketidakmampuan itu pengaruhnya bisa jadi karena diri sendiri atau karena lingkungannya. Pada umumnya, selain keberanian mengimplementasikan idenya, dia juga harus punya kecakapan yang tinggi selain juga kreatifitas dan inovasi.

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan secara umum dikenal sebagai sebuah proses melakukan dan menciptakan sesuatu yang baru. Proses itu dilakukan dengan cara yang kreatif dan penuh inofasi. Hasilnya ditujukan untuk memberikan manfaat untuk orang lain dan memberikan nilai tambah terhadap produk yang dihasilkan dari inofasi tersebut. 

Selain pengertian di atas, ada juga yang menambhakan definisi kewirausahaan adalah sebagai sebuah sikap mental seseorang yang memiliki kreatifitas. Dia aktif menciptakan sesuatu yang unik dan baru sehingga karyanya bermanfaat bagi banyak orang.

Usaha seseorang yang berwirausaha sangatlah dinamis. Dia harus dapat menyesuaikan diri dengan waktu, perubahan pasar, modal, sumber daya manusia, dan berbagai macam resiko. Di mana seorang wirausaha juga harus dapat mempertimbangkan peluang dan ancaman dari internal maupun eksternal perusahaannya.

Secara khusus, Wikipedia mengungkapkan, kewirausahaan sebagai sebuah proses untuk mengembangkan dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan seseorang dengan tujuan yang baik untuk lingkungannya. Sebutan Kewirausahaan berasal dari dua istilah, yakni wira dan usaha.

Merujuk pada pengertian di dalam kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti pejuang, berani, dan berwatak agung, serta berbudi luhur. Sementara usaha ialah upaya, bekerja, berbuat sesuatu, berbuat ama. Maka, secara bahasa Wirausaha diartikan sebagai seseorang yang berwatak berani mengejakan sesuatu untuk suatu tujuan.

Dari pegertian di atas, maka kewirausahaan Adalah sebuah upaya yang sedang dilaksanakan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan inovasi dan kreatifitasnya sampai menciptakan sesuatu yang berdasarkan tujuannya. Dalam prosesnya dia dibantu oleh beberapa pihak yang sesuai dengan keahliannya masing-masing.   

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Agar dapat meraba dengan lebih jelas apa itu kewirausahaan, sebaiknya silahkan simak pengertian kewirausahaan menurut para ahli berikut ini.

1. Drs. Joko Untoro

Ahli kewirausahaan, Drs. Joko Untoro mengungkapkan pengertian kewirausahaan sebagai sebuah keberanian yang ditunjukkan seseorang atau sekumpulan orang untuk melakukan sebuah upaya dalam kepentingannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan kewirausahaan yang dilakukannya dilakukan berasarkan kemampuannya dengan menargetkan pada manfaat, potensi, dan peluang yang luas hingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.

2. Eddy Soeryanto Soegoto

Eddy Soegoto mengungkapkan pengertian kewirausahaan sebagai sebuah usaha kreatif dan inovatif untuk menghasilkan sesuatu yang baru. seorang wirausaha dapat memberikan nilai tambah pada suatu barang yang tadinya kurang manfaat menjadi leih bermanfaat. Dia juga dapat menciptakan lapangan kerja dan hasilnya bermanfaat bagi khalayak umum.

3. Ahmad Sanusi

Ahmad Sanusia mengungkapkan pengertian kewirausahaan sebagai sebuah usaha menciptakan nilai yang diwujudkan dengan sistematis memanfaatkan sumber daya, tenaga penggerak, siasat, proses, dan berujung pada hasil bisnis.

4. Soeharto Prawiro

Soeharto Prawiro mengungkapkan pengertian kewirausahaan sebagai sebuah usaha untuk memulai kegiatan dan mengembangkan ide hingga mencapai sebuah tujuan yang bernilai bisnis dan bermanfaat untuk khalayak umum.  

5. Peter Drucker

Pengertian kewirausahaan menurut Peter Drucker ialah kemampuan seseorang dan sekelompok orang untuk melakukan penciptaan dengan inovasi hingga menghasilkan produk yang berciri khas. Hasil dari produksinya kelak bernilai bisnis dan bermanfaat untuk masyarakat umum.

6. Zimmerer

Zimmerer mengungkapkan pengertian kewirausahaan sebagai sebuah proses menerapkan kreatifitas dan inovasi guna memecahkan persoalan dan menemukan peluang bernilai bisnis. Seorang wirausahawan dapat menciptakan sesuatu dari sesuatu yang tidak ternilai. Dia mengubah sesuatu yang biasa menjadi memiliki peluang profit yang tinggi.

7. Siswanto Sudomo

Pengertian kewirausahaan menurut Siswanto Sudomo adalah sebagai sebuah usaha yang dilakukan oleh seseorang yang pekrja keras, berani berkorban dan memusatkan segala daya pikirnya untuk mengambil resiko dalam menciptakan sesuatu.

Hasil kerja kerasnya kemudian membuahkan hasil yang bermanfaat, bernilai bisnis dan ekonomi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Seorang wirausahawan tidak takut menghadapi kegagalan dalam proses penciptaannya.

Kewirausahaan: Pengertiaan Kewirausahaan dan Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Apa itu Kewirausahaan?

Setelah membaca pengertian kewirausahaan secara umum dan kewirausahaan berdasarkan para ahli di atas, sudahkah anda mendapatkan inti dari apa itu kewirausahaan. Dari pengertian-pengertian di atas, bukankah anda juga mendapatkan ciri-ciri wirausaha?

Jika tidak jelas di mengenai ciri-ciri seorang wirausaha melalui pengertian di atas, berikut kami paparkan dengan lebih terperinci.

1. Memiliki Kepercayaan Diri

Seorang wirausahawan pasti memiliki kepercayaan diri, baik itu pada kemampuannya maupun dengan impiannya. Sebab dia harus menjadi orang yang berani mempertanggungjawaban sekaligus mewujudkan impiannya sendiri.

2. Memiliki Semangat yang Tinggi

Memiliki impian saja tidak cukup, seorang wirausahawan juga harus memiliki semangat yang tinggi untuk mewujudkan impiannya. Tidak ada kreatifitas yang dapat diselesaikan tanpa semangat yang tinggi untuk menyelesaikannya.

Seorang wirausahawan adalah orang yang juga memikirkan bisnis. Sehingga dia juga harus memiliki semngat yang tinggi untuk menjawab kebutuhan pasar. Jika ada persaingan, dia tidak ciut nyali melainkan segera  menemukan solusinya.

3. Memiliki Daya analisis yang tinggi

Seorang wirausaha pasti akan menghadapi pasar yang dinamis. Di sana ada banyak perubahan setiap harinya. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus memiliki daya analisis yang tinggi untuk memperhitungkan untung dan rugi. Dia juga harus dengan cepat membuat keputusan untuk meminimalisir resiko yang datang dari internal maupun eksternal sistem manajemennya.

4. Memiliki Semangat Memimpin dan Tidak Berperilaku Konsumtif

Seorang wirausaha berarti juga menjadi seorang pemimpin untuk bisnisnya sendiri. untuk menjalankan usahanya dia akan bekerja dengan orang lain. maka dari itu, dia harus bisa memimpin dengan baik. Hal itu diperlukan tidak hanya untuk mengontrol manajemen, melainkan juga untuk menjaga keutuhan kerjasama di dalam timnya. Selaku wiruasaha dia juga tidak seharusnya berperilaku konsumtif yang membuat boros keuangan.

Dia harus mampu memperhitungkan jumlah keuangan yang dimilikinya. Dia harus bisa memisahkan kebutuhan pribadi dan kebutuhan perusahana. Dia juga harus bisa memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bersama guna menjaga kestabilan keuangan usahanya.

5. Memiliki Kemampuan Membuat Keputusan

Seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan membuat keputusan. Tanpa kemampuan ini akan sulit baginya untuk menentukan mana yang harus dikerjakan dan tidak.

Jika tidak dapat membuat keputusan berdasarkan prioritas dia bisa membahayakan jalannya usahanya sendiri. kemampuan membuat keputusan juga dibutuhkan disaat-saat krusial. Maka dari itu, seorang wirausahawan yang sudah sukses pasti sangat terasa kemampuan dan kecepatan berfikirnya dalam menemukan solusi terhadap masalah usahanya.

6. Memiliki Komitmen Melaksanakan Keputusannya

Seorang wirausahawan haruslah memiliki komitmen terhadap keputusannya sendiri. jika dia plin plan, selain usaha tidak dapat berjalan lancar, bisa jadi hanya jalan di tempat. Pemimpin yang tidak bisa menunjukkan komitmennya hanya akan membuatnya ditinggalkan oleh timnya.

Oleh karena itu, seorang wirausahawan juga harus memiliki kesadaran tinggi untuk mennjalankan keputusan yang sudah disepakati. Dia harus bisa meminimalisir hilangnya peluang baik hanya karena dia plin plan dengan keputusannya sendiri.

Demikian pemaparan tentang kewirausahaan untuk anda. Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top