Pramuka: Sejarah , Pengertian, Kepramukaan, Kegiatan, dan gerakan Pramuka - Ilmu Bahasa

Saturday

Pramuka: Sejarah , Pengertian, Kepramukaan, Kegiatan, dan gerakan Pramuka

Pramuka adalah kegiatan untuk melatih setiap siswa di sekolah dengan tingkatan tertentu untuk menjadi pribadi yang lebih berkarakter. Karakter yang dimaksudkan di sini sangat kompleks, namun intinya memiliki sikap yang baik dan bermanfaat untuk lingkungan tempatnya hidup.

Di dalam gerakan pramuka diajarkan banyak hal positif, seperti cinta lingkungan, cinta sesama, sampai dengan menghormati hak-hak orang lain. Belajar kemanusiaan dalam gerakan kepramukaan pun memungkinkan seseorang untuk lebih menghargai orang lain. Agar lebih jelas, berikut penjelasan umum mengenai pramuka untuk anda.

Pramuka: Sejarah , Pengertian, Kepramukaan, Kegiatan, dan gerakan Pramuka

Sejarah Pramuka

Bicara tentng sejarah pramuka tak dapat dilepaskan dari peran Robert Stephenson Smyth Baden-Powell. Tokoh yang lebih dikenal dengan nama Lord Baden-Powell ini merupakan pelopor gerakan Pramuka atau kepanduan.

Baden-Powell merupakan mantan tentara asal Inggris yang sejak kecil memfavoritkan kegiatan di luar ruangan. Kebiasaannya merangkum pengalaman selama kegiatan latihan kepanduan membuatnya berhasil menciptakan sebuah buku.

Buku itu diberinya judul Scouting for Boys. Buku kemudian diterbitkan dan menjadi bagian dari kepanduan. Robert Baden-Powell juga tidak melepaskan diri dari pendirian organisasi kepanduan khusus untuk perempuan.

Bowel di tahun 1918 mendirikan organisasi Rover Scout khusus untuk penegak di rentang usia 16-20 tahun. Kegiatan organisasi ini disamakan dengan buku panduannya. Hingga akhirnya, kegiatan organisasi yang dibentuk Powell dikenal oleh dunia dan diterapkan di negara-negara tersebut untuk membekali anak muda terkait pertahanan diri dengan lingkungan dan sekitarnya.
Indonesia menjadi negara yang juga tak ketinggalan mendirikan dan melaksanakan kegiatan yang berdasarkan pemikiran Powell tersebut.

Di Indonesia sendiri, kegiatan Pramuka mengacu kepada Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 Tanggal 5 April 1961. Pramuka dianggap lahir di Indonesia tahun 1961.

Pramuka: Sejarah , Pengertian, Kepramukaan, Kegiatan, dan gerakan Pramuka

Pengertian Pramuka

Agar anda dapat lebih memahami tentang Pramuka, berikut kami sajikan pengertian pramuka menurut pendapat beberapa ahli.

  1. Joko Mursitho
Pengertian Pramuka menurut Joko Mursitho adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar ruangan, namun masih dalam satu lingkup dengan sistem sekolah. Kegiatan ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler sah di lingkungan sekolah yang resmi didirikan di Indonesai.
Proses pendidikan pramuka dilakukan dalam bentuk berbagai kegiatan yang menarik. Masing-masing kegiatan menyimpan pesan, tujuan, dan meningkatakn semangat masing-masing pramuka.
Peserta pramuka akan mendapatkan kegiatan yang teratur, memenuhi syarat sehat, praktis dan bermanfaat serta dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari peserta. Tujuan dari pramuka adalah membentuk watak sehat peserta didik.

  1.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Pengertian pramuka menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2014 ialah proses pendidikan yang dilakukan dengan cara menyenangan di luar ruangan untuk siswa-siswa sekolah.
Proses dilakukan dengan penuh tanggung jawab di bawah pengawasan orang dewasa. Tujuan dari pendidikan pramuka adalah menerapkan prinsip dan metode mengenai pertahanan diri dan pengetahun umum tentang luar lingkungan sekolah.

  1.  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Pengertian pramuka berdasarkan KBBi ialah kegiatan organisasi yang didirikan dan dilaksanakan oleh orang dewasa untuk mendidik anak-anak mengenai berbagai jenis keterampilan yang bermanfaat untuk menunjang kehidupan sehari-harinya. Materi pramuka mencakup kedisiplinan, pengolahan kepercayaan diri, saling toling menolong dan lain sebagainya.

Pramuka: Sejarah , Pengertian, Kepramukaan, Kegiatan, dan gerakan Pramuka

Kepramukaan

Kepramukaan adalah penerapan dan pelaksanaan gerakan pramuka yang harus berlandaskan prinsip-prinsip pramuka. Berikut merupakan prinsip-prinsip yang harus dimiliki seorang pramuka.
  • Keimanan dan takwa terhadapa Tuhan Yang Maha Esa
  • Peduli dan cinta pada tanah air, bangsa, sesama manusia, dan alam sekitarnya
  • Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap diri sendiri
  • Memiliki kepatuhan dan rasa taat pada kode kehormatan Pramuka

Kode-kode kehormatan dalam pramuka harus dilaksanakan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun ketika pelatihan pramuka sedang berjalan. Kode-kode pramuka antara lain Satya (janji) dan Darma (ketentuan moral).
Masing-masing tingkatan Pramuka memiliki kode-kode kehormatan yang berbeda. Berikut kode kehormatan pramuka berdasarkan tingkatannya.
  • Kode Kehormatan Dwisatya dan Dwidarma untuk Pramuka Siaga
  • Kode Trisatya Penggalang dan Dasadarma Pramuka untuk penggalang
  • Kode trisatya pramuka penegak, pandega, dan dasadarma untuk Pramuka penegak dan pandega 
  • Kode Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma khusus sebagai kode kehormatan untuk Pramuka Dewasa.
Pramuka: Sejarah , Pengertian, Kepramukaan, Kegiatan, dan gerakan Pramuka


Kegiatan Pramuka dilaksanakan di luar jam sekolah. Kegiatan pramuka dilaksanakan secara sistematis dengan metode yang interaktif dan progresif.
Penerapannya dilakukan dengan praktik langsung sehingga peserta pramuka merasakan cara-cara menerapkan kode-kode Pramuka di kehidupan sehari-hari. Cara-cara itu mencakup langkah-langkah berikut ini:
  • Membawa anggota Pramuka ke lokasi perkemahan agar lebih dekat dengan alam
  • Membuat anggota Pramuka memahami kode-kode kehormatan Pramuka dengan meminta mereka mengenakan seragam khusus Pramuka
  • Setiap peserta anggota Pramuka diberikan teori tentang kode-kode kehormatan Pramuka dengan cara yang menyenangkan
  • Peserta Pramuka mendalami darma dengan cara melakukan praktik langsung, berbaur dengan masyarakat dan alam
  • Peserta Pramuka menerapkan gotong royong dan kehidupan berpancasila dengan membentuk kelompok
  • Untuk meningkatkan keberanian Pramuka, peserta diajak untuk melakukan aktivitas yang menantang
  • Setiap aktifitas pramuka mengandung nilai untuk memperkuat watak Pramuka
  • Kegiatan di alam terbuka menjadi kegiatan utama bagi Pramuka
  • Pramuka dilatih mandiri dengan membuat sendiri tempat tinggal, makanan, dan lain sebagainya 
  • Pramuka dilatih dapat menjaga kesehatannya dengan diberikan ilmu mengenai obat-obatan
  • Pramuka dilatih untuk menjaga alam dengan ditanamkan pentingnya alam untuk kehidupan
  • Sistem satuan dibuat terpisah antara puteri dan putera
  • Peserta Pramuka diajari hak-hak dasar manusia dalam kehidupan sebagai warga negara dengan menerapkan sistem kerjasama dalam kelompok
Masih ada banyak bentuk kegiatan Pramuka yang dipraktikkan di lapangan. Seluruh rangkaian kegiatan umumnya bertujuan untuk melatih peserta Pramuka mengamalkan Dasa Darma Pramuka. Di Indonesia, Pramuka ditujukan pula untuk menanamkan asas Pancasila kepada peserta Pramuka, sehingga ada materi khusus yang berhubungan dengan Pancasila dalam rangkaian kegiatan Pramuka.

Secara resmi Gerakan pramuka di Indonesia diperkenalkan pada tanggal 14 Agustus 1991 kepada khalayak luas. Hal itu terjadi setelah Presiden Republik Indonesia memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.
Sampai sekarang, tanggal 14 Agustus dikenang sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka memiliki lambang berupa gambar tunas kelapa yang diciptakan oleh Sunardjo.
Lambang tersebut memiliki arti sebagai berikut:
  • Buah Nyiur sebagai simbol generasi baru, bahwa Pramuka siap menjadi inti kelangsungan bangsa Indonesia di masa depan.
  • Nyiur atau pohon kelapa dapat hidup di mana saja, menjadi simbol bahwa Pramuka siap menyesuaikan diri dalam lingkungan masyarakat manapun dan bagaimanapun keadaannya.
  • Akar Nyiur dapat tumbuh dengan kuat dan erat di bumi, ini menjadi simbol keyakinan tiap anggota Pramuka yang memiliki tangung jawab berlandaskan pada kode-kode gerakan pramuka.
Demikian uraian singkat mengenai gerakan pramuka. Semoga dapat memperkuat kepercayaan anda terhadap gerakan Pramuka di Indonesia.
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top