Pengertian Biografi , Struktur Teks Biografi, Ciri-ciri Biografi, dan Jenis-jenis Biografi - Ilmu Bahasa

Saturday

Pengertian Biografi , Struktur Teks Biografi, Ciri-ciri Biografi, dan Jenis-jenis Biografi

Pengertian Biografi - Biografi adalah sebuah tulisan yang memaparkan tentang kisah hidup seorang tokoh. Biografi dapat ditulis ketika tokoh tersebut masih hidup atau ketika sudah tiada.

Biografi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Bios” yang berarti hidup dan “Graphien” yang berarti tulisan. Dengan demikian secara singkat, biografi adalah tulisan yang membahas kehidupan seseorang.

Pengertian Biografi , Struktur Teks Biografi, Ciri-ciri Biografi, dan Jenis-jenis Biografi


Orang yang ditulis di sini biasanya bukan sembarang orang, melainkan seorang tokoh yang dianggap penting dan memiliki pengaruh pada kehidupan banyak orang. biografi bisa berupa artikel singkat atau dalam bentuk buku tebal.

Agar lebih jelas berikut kami paparkan mengenai struktur biografi dan lain sebagainya.

Struktur Teks Biografi

Struktur teks biografi umumnya akan memuat tiga unsur berikut ini.

1. Orientasi

Bagian ini merupakan bagian pertama dalam tulisan biografi yang berisikan pengenalan tokoh atau memaparkan gambaran awal mengenai tokoh yang diceritakan dalam satu artikel atau satu buku utuh. 

2. Peristiwa dan Masalah

Bagian kedua ialah peristiwa dan masalah apa saja yang dihadapi oleh tokoh. Dalam bagian ini akan terlihat upaya tokoh menjalani kehidupannya, seperti mencapai cita-cita, jenis pergaulan yang dijalaninya, dan lain sebagainya.

3.Reorientasi

Reorientasi adalah bagian penutup sebuah biografi yang sifatnya opsional untuk disampaikan dalam satu artikel atau buku biografi. Di bagian ini, penulis dapat menyampaikan pandangan pribadinya mengenai tokoh yang diceritakan dalam biografi yang dibuatnya.

Pengertian Biografi , Struktur Teks Biografi, Ciri-ciri Biografi, dan Jenis-jenis Biografi


Unsur Kebahasaan Struktur Biografi

Untuk membuat biogafi dibutuhkan struktur kebahasaan yang tepat untuk membuatnya menjadi biografi yang nyaman untuk dibaca. Berikut unsur kebahasaan yang digunakan dalam struktur biografi.

1. Kata Hubung

Kata hubung merupakan kata yang digunakan untuk menyambung antar suku kata dan kalimat. Kata hubung membuat hubungan antar kalimat jadi nyaman untuk dibaca dan lebih mudah dimengerti.

Kata hubung itu antara lain seperti dan, tetapi, lalu, kemudian. kata hubung tersebut berfungsi untuk menghubungkan satu kata atau frasa dengan kata dan frasa yang lain.

Jika hendak menghubungkan antar kalimat, penulis biografi menggunakan oleh karena itu, akan tetapi, meskipun demikian, dan lain sebagainya.

2. Rujukan Kata

Selain kata hubung, unsur kalimat lainnya ialah rujukan kata yang merupakan kata penghubung untuk merujuk ke kata atau ungkapan sebelumnya.

Rujukan kata dibeadakan menjadi beberapa jenis, sebagai berikut:

-Kata rujuk benda atau hal, yaitu  ini, itu, tersebut.

-Kata rujuk tempat yaitu disini, disana, disitu.

-Kata rujuk orang yaitu dia, ia, beliau, mereka, -nya.

3. Peristiwa, Waktu dan Tempat

Teks bbiografi juga diperlukan unsur kebahasaan yang menunjukkan peristiwa, waktu, dan tempat yang dialami tokoh. Seperti kapan, di mana, dan mengapa perlu dijawab di dalam buku atau artikel.

4. Kata Kerja

Dalam menulis biografi pasti dibutuhkan kata kerja untuk menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan tokoh sealma hidupnya. kata kerja berdasarkan bentuknya antara lain sebagai berikut:

a. Kata kerja dasar yakni kata kerja yang belum mengalami imbuhan baik awalan atau akhiran dan sisipan. Seperti adil, ambil, dan ajak.

b. Kata kerja berimbuhan yakni kata kerja yang sudah mengalami penambahan seperti awalan, akhiran, dan sisipan. Contohnya mengambil, membuang, dan lain-lain.

Pengertian Biografi , Struktur Teks Biografi, Ciri-ciri Biografi, dan Jenis-jenis Biografi

Ciri-ciri Biografi

Menulis biografi juga tidak hanya berkaitan dengan struktur teks biografi di atas. Dalam satu struktur biografi akan termuat ciri-ciri teks biografi sebagai berikut.

  • Teks biografi mengandung struktur baku yang dalam pembuatannya pasti menggunakan struktur mulai dari orientasi, re-orientasi, dan peristiwa.
  • Teks bografi dibuat harus berdasarkan fakta mengenai kisah hidup tokoh yang diceritakan, tidak boleh ditambahi dengan asumsi atau dugaan-dugaan di luar kenyataan.
  • Teks biografi ditulis dengan gaya penulisn narasi, sudut pandang bisa menggunakan sudut pandang orang pertama sampai ketiga.
  • Di dalam teks biografi selalu terkandung kisah yang menarik, menginspirasi, dan menggugah kehidupan orang lain yang membacanya.
  • Teks biografi bahkan dapat mempengaruhi semangat pembaca.
  • Teks biografi mengandung kisah-kisah yang dapat diteladai dari tokoh yang ditulis kepada masyarakat pembacanya.


Jenis-jenis Biografi

Teks biografi memiliki beberapa bentuk. Berikut adalah jenis-jenis biografi yang mana telah beredar di tengah-tengah masyarakat.

1. Teks Biografi berdasarkan Izin Penulisan

Tek biografi berdasarkan izin penulisan ini ada dua jenis, yaitu:

a. Authorized Biography
Authorized biography adalah sebuah naskah biografi yang penulisannya mendapatkan ijin dari tokoh yang akan diceritakan. Penulis bahkan mendapatkan kesempatan wawancara langsung dengan tokoh terkait.

b. Unauthorized Biography
Tipe kedua ialah unauthorized bigraphy yang mana penulisan naskah biografi ini tanpa sepengetahuan tokoh yang diceritakan selama hidupnya. Tipe ini umumnya ditulis ketika tokoh sudah meninggal. Penulis juga mendapatkan sumber tulisannya dari pihak sekunder atau bahkan tersier.

2. Biografi Berdasarkan Isi

Biografi berdasarkan isi ada dua tipe, berikut biografi berdasarkan isi.

a. Biografi Perjalanan Hidup
Biografi berdasarkan isi yang pertama ialah yang isinya tentang perjalanan hidup tokoh. Biografi ini tidak hanya memaparkan kesuksesan tokoh, tapi menuliskan kisah tokoh secara lengkap. Dari mulai lahir sampai meninggal, penulis memaparkan seluruhnya.

b. Biografi Perjalanan Karir
Biografi perjalanan karir ini lebih khusus dalam pembahasannya. Penulis memampatkan pembahasan pada kisah awal tokoh membangun karir sampai sukses. Seperti kisah seorang tokoh membangun bisnisnya sendiri, dari yang tidak memiliki apa-apa menjadi seorang milyarder.

3. Biografi Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

Dalam penulisan biografi ada yang disebut dengan biografi berdasarkan persoalan yang dibahas. Biografi ini umumnya akan memaparkan lingkungan tempat di mana tokoh dibesarkan. Lingkungan tersebut memberinya pengaruh baik dalam hal pemikiran, sikap, dan lain sebagainya.

Berikut biografi berdasarkan persoalan yang dibahas.

a. Biografi Politik
Sesuai dengan namanya, biografi ini menuliskan kisah hidup tokoh berdasarkan sudut pandang politik. Penulisan biografi politik akan membutuhkan riset yang panjang terkait dengan cara pandang politik tokoh yang sedang diceritakan.

Penulis bahkan mungkin akan membutuhkan wawancara dengan lawan politik tokoh untuk dapat memaparkannya dengan lebih menarik.

b. Biografi Intelektual
Seusai dengan namanya, biografi intelektual berkaitan dengan kisah tokoh di bidang intelektual. Penulisan ini juga membutuhkan riset terkait dengan sisi intelektual tokoh yang sedang ditulis.

Penulis biografi ini tidak dapat dengan sembarangan memaparkannya. Sebab diperlukan sudut pandang ilmiah, riset yang akurat tentang sisi intelektual tokoh yang ditulis.


4. Biografi Berdasarkan Jurnalistik

Biografi jurnalistik merupakan sebuah bografi yang ditulis berdasarkan hasil wawancara langsung. Dalam penulisannya, penulis mendapatkan data yang didominasi dari hasil wawancara.

5. Biografi Berdasarkan Penerbit

Biografi berdasarkan penerbit dibedakan atas dua bentuk sebagai berikut:

a. Buku sendiri
Biografi tokoh ini dibuat oleh penerbit secara eksklusif dengan biaya produksi ditanggung sendiri oleh tokoh. Dia dapat meminta orang lain untuk melakukan penulisan, pencetakan, dan pemasaran, namun semua biayanya ditanggung oleh dirinya sendiri.

Umumnya biografi sendiri ini dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan perhatian publik. Buku ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan misal politik, ekonomi, dan lain-lain.

b. Buku subsidi
Jenis buku berdasarkan penerbit kedua ialah subsisi yang mana biaya penulisan dan produksi ditanggung oleh sponsor. Sponsor sendiri bisa dari penerbit itu sendiri, atau lembaga lain.

Tujuan dari buku subsidi umumnya hanya untuk komersil karena tokoh yang ditulis sedang populer di pasaran. Terkait dengan harga jual, hal ini tergantung dari sponsor itu sendiri.

Pengertian Biografi , Struktur Teks Biografi, Ciri-ciri Biografi, dan Jenis-jenis Biografi

Apa itu Biografi?

Dari penjelasan di atas dapat teks biografi dapat dipahami sebagai sebuah teks yang memaparkan cara hidup seorang tokoh. Di dalam struktur teksnya kita bisa mengetahui seseorang dari yang tadinya bukan siapa-siapa menjadi tokoh yang disegani masyarakat.

Dengan membaca buku teks boiografi, kita dapat belajar dari seorang tokoh tersebut tanpa harus bertemu langsung.   

Demikian pemaparan tentang biografi semoga menambah ilmu pengetahuan anda.
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top