Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia - Ilmu Bahasa

Saturday

Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia - Tentunya kita semua sudah mengetahui dan memahami betul tentangSebuah perusahaan tidak dapat berjalan tanpa adanya sumber daya manusia yang mendukungnya. Bisa dikatakan manusia adalah faktor penggerak utama sebuah perusahaan didirikan. Bagaimanapun sebuah perusahaan tidak akan pernah berdiri tanpa ada yang mencetuskan ide pendiriannya. Sementara pencetu ide itu sendiri merupakan seorang manusia.

Oleh karenanya, sumber daya manusia sangat penting bagi eksistensi perusahaan. Tak hanya itu, organisasi sampai pemerintahan tanpa sumber daya manusia pun akan menjadi tidak ada. Agar penjelasan mengenai manajemen sumber daya manusia menjadi lebih jelas, silahkan simak uraian berikut.

Manajemen Sumber Daya manusia: Pengertian dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia

Pengertian Sumber daya manusia adalah orang-orang yang terlibat pada suatu urusan perusahaan, lembaga, atau instansi tertentu. Sumber daya manusia rata-rata berperan sebagai karyawan di perusahaan tertentu.

Sumber daya manusia yang ada di sebuah perusahaan biasanya merupakan orang-orang terampil dan terdirik. Mereka memiliki kemampuan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mereka juga ditempatkan sesuai dengan kemampuan masing-masing dan masing-masing akan mendapatkan reward sesuai dengan perjanjian kontrak kerjanya.

Sementara manajemen ialah tindakan mengatur, mengevaluasi, mengkoordinasi, dan juga mengarahkan sesuatu di dalam sebuah perusahaan. Sesuatu itu pastilah berhubungan dengan proses produksi perusahaan untuk mencapai target.

Agar tidak terjadi kekeliruan untuk memahami manajemen sumber daya manusia, berikut penjelasan ringkas mengenai pengertian manajemen sumber daya manusia.

Pengertian Manajemen SDM Sumber Daya Manusia Menurut Ahli

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dapat anda simak lebih lanjut berdasarkan pemaparan para ahli berikut ini:

1. Anwar Prabu Mangkunegara

Pengertian MSDM menurut Anwar Prabu Mangkunegara ialah suatu perencanaan, pengorganisasia, pelaksanaan dan pengawasan terhadap proses produksi perusahaan. Proses produksi itu bisa berupa pengembangan, pengadaan barang, pemelihraan, kinerja tenaga kerja dan lain sebagainya.

2. Handoko

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut Handoro ialah kegiatan seleksi, merekrut, mengembangkan, memelihara, dan menggunakan sumber daya manusia dengan tujuan mencapati tujuan perusahaan. Bisa juga untuk mencapai tujuan individu atau organisasi.

3. Henry Simamora

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut Henry Simamora ialah kegiatan memanajemen, mendayagunakan, mengembangkan, melakukan penilaian, dan lain sebagainya sebagai satu kelompok kerja.

4. Melayu SP Hasibuan

Pengertian manajemen sumber daya manusia ialah seni dan ilmu yang mengatur peran hubungan tenaga kerja dalam satu wilayah kerja untuk mencapai tujuan bersama. hubungan kerja tersebut diatur agar mencapai hubungan yang efektif dan efisien supaya tidak ada waktu yang terbuang percuma.

5. Hadari Nawawi

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut Hadari Nawai ialah proses pendayagunaan manusia sebagai bagian produksi perusahaan. Dapat diartikan juga sebagai kemampuan untuk memperlakukan manusia di dalam sebuah perusahaan diperlakukan secara manusiawi sesuai dengan potensi fisik dan psikis.

Mereka kemudian dipastikan dapat bertugas secara maksimal sesuai dengan penempatan kerja masing-masing. Tujuan akhirnya adalah pencapaian tujuan perusahaan.

6. Gary Dessler

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut Gary Dessler ialah kebijakan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pekerja dari berbagai macam aspek. Aspek yang jadi perhatian manajemen sumber daya manusia ialah seleksi, rekruitmen, kompensasi, pelatihan, penilaian prestasi, dan lain sebagainya.

7. Mutiara S. Panggabean

Pengertian sumber daya manusia menurut Mutiara S. Panggabean ialah proses manajemen yang terdiri atas pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan, sekaligus pengendalian kegiatan yang berhubungan dengan kerja. Wilayah kerja manajemen cakupannya berupa analisis pekerjaan, pengadaan karyawan, evaluasi karyawan, pengembangan karyawan, promosi, kompensasi, dan pemutusan hubungan kerja.

Semua itu dilakukan dengan detail. Tujuan akhirnya adalah mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

8.  Mary Parker Follett

Pengertian sumber daya manusia menurut Mary Parker Follett ialah pelaksanaan mendetail rencana-rencana perusahaan yang berkaitan dengan karyawan. Pelaksanaan itu ditujukan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan cara membagi tugas sesuai dengan skill masing-masing karyawan.

9. Achmad S. Ruky

Pengertian sumber daya manusia menurut Achmad S. Ruky ialah aplikasi secara efisien karyawan yang telah tersaring di dalam perusahaan. Pemanfaatan, akuisisi, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya manusia dimiliki oleh perusahan. Secara efektif mereka bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan secara optimal. 

Manajemen Sumber Daya manusia: Pengertian dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya manusia 

Manajemen Sumber Daya manusia adalah proses serta upaya untuk mengembangkan, mendorong, dan mengevaluasi secara menyeluruh Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendorong proses produksi hingga mencapai tujuan.

Manajemen Sumber daya manusia sendiri merupakan ilmu yang bermanfaat untuk mengatur hubungan dan peran tenaga kerja secara efektif dan efisien di dalam sebuah perusahaan. Manajemen SDM dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dalam manajemen SDM dilakukan dengan bantuan beberapa hal, seperti teori psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, dan lain sebagainya. Penerapannya secara nyata dalam bentuk pembagian kerja yang disesuaikan dengan kemampuannya.

Di sana juga terdapat pengelolaan karir, pengembangan karyawan, evaluasi kerja, dan hubungan ketenagakerjaan. Masing-masing SDM akan terlibat pada kebijakan dan keberlangsungan perusahaan.

7 Fungsi Manajemen SDM [Sumber Daya Manusia]

Mengacu pada pengertian sumber daya manusia di atas, berikut secara ringkas uraian mengenai fungsi manajemen sumber daya manusia.

1. Staffing/ Employment

Fungsi sumber daya manusia ialah sebagai staffing atau karyawan. Manajemen sumber daya manusia akan membentuk perencanaan yang baik terkait dengan seleksi tenaga kerja. Pada program itu, perusahaan pun akan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhanya.

Maka, fungsi pertama dari manajemen sumber daya manusia ialah menyaring tenaga kerja yang seusai dengan kebtuhan perusahaan. Manajemen memberikan pelatihan tambahan jika itu diperlukan.

2. Perfomance Evaluation

Performance evaluation adalah bentuk tanggung jawab manajer dari manajemen sumber daya manusia untuk melakukan evaluasi hasil kerja tenaga kerja yang sudah direkrut. Dalam evaluasi ada penilaian yang berfungsi untuk memantau tanggung jawab masing-masing tenaga kerja yang sedang bekerja.

3. Compensation

Compensation atau kompensasi dalam manajemen sumber daya manusia maksudnya ialah berkaitan dengan pemberian kompensasi atau reward untuk tenaga kerja. Hal itu diberikan ketika karyawan pantas untuk menerimanya.

Manajer memiliki tanggung jawab tetap untuk mengembangkan struktur penggajian yang baik dan reward lain yang sesuai untuk karyawannya. Manajemen setidaknya harus dapat memberikan bayaran tepat waktu.

4. Training and Development

Menyediakan training dan pengembangan tenaga kerja adalah fungsi bidang manajemen sumber daya manusia. Pekerjaan manajemen sumber daya manusia tidak hanya mengatur, tapi juga dapat memberikan pelatihan dan pengarahan yang bermanfaat untuk tenaga kerja.

5. Personnel Research

Fungsi personnel research adalah peningkatan efektifitas tenaga kerja untuk mendorong produktifitas perusahaan melalui analisis terhadap permasalahan individual. Misalnya, ketika terjadi keterlambatan, ketidakhadiran, atau percekcokan, manajemen harus berada di tengah-tengah untuk menganalisa masalah utmanya.

Hasil analisis kemudian dapat dijadikan bahan evaluasi. Langkah selanjutnya, manajemen dapat memanfaatkannya sebagai konseling agar tidak ada karyawan yang mengundurkan diri secara mendadak.

6. Employe Relations

Fungsi manajemen sumber daya manusia sebagai employe realtions ialah menempatkan tenaga kerja dengan baik sesuai dengan kapasitasnya. Manajemen juga dapat menerapkan kultur kerja yang baik sehingga dapat menghindari permasalahan yang berhubungan dengan serikat kerja.

7. Safety and Health

Fungsi manajemen sumber daya manusia selanjutnya ialah memastikan tenaga kerja berkerja dengan sehat dan aman. Hal ini mengarah kepada kepentingan untuk mnegatur interaksi tenaga kerja dan peranannya dalam mengemban tanggung jawab.

Porsi kerja harus diberikan secara wajar. Di samping itu, juga wajib diberikannya jaminan kesehatan kepada setiap karyawan.

Demikian pemaparan tentang manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan wawasan anda.

Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top