Sunday

Definisi, Manfaat Dan Fungsi Kwitansi Beserta Nota

Definisi, Manfaat, Dan Fungsi Kwitansi Beserta Nota – Selamat datang kawan-kawan pembaca ilmubahasa.net. Kami banyak menerima email untuk segera mengulas lagi artikel artikel pilihannya. Maafkan kami kawan-kawan, karena kesibukan kami satu tim yang sedang mengerjakan proyek di bidang pendidikan dan website developer, sehingga beberapa minggu ini kami tidak bisa mengulas artikel-artikel terbaik pilihan kami. 

Tapi karena tim kami sudah menyelesaikan tugasnya masing-masing, kini kami melanjutkan ulasan kami. Kami menerima email banyak sekali, dan kami sudah mengumpulkan vote terbanyak diantara email-email yang masuk kepada tim, sehingga pada kesempatan awal kami ini, email terbanyak meminta kami untuk membahas

manfaat dan fungsi kwitansi
Manfaat dan Fungsi Kwitansi

Manfaat dan Fungsi Kwitansi juga Nota

Mengenai pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Kwitansi dan nota yang dimana dalam hal ini meliputi sebuah pengertian, fungsinya, cara pembuatan dan kaidah penggunaannya, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Berikut Manfaat Dan Fungsi Kwitansi

Secara umum kwitansi merupakan suatu alat bukti penerimaan sejumlah dana yang ditandatangani oleh penerima, lalu akan diserahkan kepada yang membayar dan bisa dijadikan sebagai sbeuah bukti transaksi. Kwitansi yakni surat bukti yang menyatakan sudah terjadinya penyerahan sejumlah uang, dari pemberi kepada penerma dan akan ditanda tangani oleh penerima sejumlah uang yang ditulis pada surat tersebut.

Kwitansi akan dilengkapi dengan keterangan tempat, tanggal dan alsan penyerahannya sejumlah uang tersebut. Biasanya untuk memperkuat sebuah tanda bukti transaksi pada kwitansi akan ditempatkan materai sebesar yang telah ditentukan oleh undang-undang perpajakan.

contoh kwitansi fisik
Contoh Kwitansi Sederhana


Kwitansi merupakan sebuah surat atau dokumen yang sering digunakan sebagai tanda bukti bahwa sudah terjadi sebuah transaksi penerimaan sejumlah dana dari pemberi uang kepada penerima uang, yang akan dilengkapi dengan beberapa rincian seperti tujuan dari pembayaran atau transaksi, tempat dan tanggal dimana terjadi sebuah transaksi tersebut.

Terdapat beberapa transaksi yang menggunakan sebuah bukti kwitansi dalam pendatanganannya akan diwajibkan disertai materai sebagai legalitas dari kwitansi yang dibuat sebagai bukti dari transaksi.

Bisa kami simpulkan dari beberapa penjelasan diatas, salah satu fungsi kwitansi yakni bisa digunakan sebagai sebuah tanda bukti transaksi atau penyerahan sejumlah uang. Itulah diatas beberapa penjelasan contoh tulisan kwitansi, kalian bisa memilih yang mana saja dari yang singkat sampai yang rinci, karena apabila diamati dari semua penjelasan tersebut mempunyai inti yang sama.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Sedang Membuat Kwitansi

Adapun hal-hal yang harus kalian perhatikan ketika akan membuatan sebuah kwitansi yang nantinya akan digunakan sebagai bukti transaksi, yang diantaranya sebagai berikut ini:
  • Jangan menandatangani kwitansi yang kosong.
  • Tulis secara lengkap nama orang yang akan menerima sejumlah uang.
  • Pada akhir uraian atau penenjelasan akan lebih baik berikan sebuah tanda akhir tulisan. Tujuannya supaya penjelasan pada kwitansi tidak bisa ditambahkan dengan penjelasan lain, yang nantinya akan berpotensi bisa merugikan kalian.
  • Tempat dan tanggal akan lebih baik jika berdekatan dengan tandatangan orang yang akan menerima sejumlah uang.
  • Apabila dalam pembuatan kwitansi kalian diwabibkan menggunakan materai, maka tandatangan harus mengenai materai yang dibutuhkan atau ditempelkan.
  • Dan kalan harus bisa membedakan dengan baik antara kwitansi dengan nota jual beli.

Ciri-Ciri Kwitansi

Adapun beberapa ciri khas dari kwitansi, yang diantaranya sebagai berikut ini:
Contoh kwitansi pembayaran dibagi dalam dua bagian diantaranya yakni bagian kiri disebut dengan sub kwitansi bagian ini digunakan sebagai bukti bagi yang meminta uang dan bagian sebelah kanan diberikan kepada yang membayar atau menyerahkan sejumlah uang.

Adapun kwitansi yang dibuat secara rangkep, dimana bagian paling atau bgaan asli asli diberi kepada yang membayar dan bagian bawah atau arsip pada yang menerima sejumlah uang.

Informasi yang akan dimuat dalam bagian bagian kwitansi yakni diantaranya: nama lengkap yang menyerahkan sejumlah uang, jumlah yang akan diserahkan atau dibayarkan, tempat maupun tanggal penyerahan uang serta nama lengkap maupun tandatangan penerima.

contoh kwitansi pembayaran modern
Kwitansi Pembayaran Modern


Memang pada umumnya pengertian tentang kwitansi, nota dan faktur merupakan hal yang sama sebagai salah satu perlengkapan kantor atau usaha yang akan digunakan sebagai bukti-bukti transaksi jual-beli yang sah.

Perlengkapan ini akan sangat penting dimiliki oleh siapapun yang mempunyai usaha dengan ini kas keuangan masuk dan keluar bisa lebih terkontrol dengan baik. Kendati nota, kwitansi dan faktur sama-sama sebagai alat sebuah transaksi, namun ketiganya mempunyai perbedaan dalam fotmat dan penggunaanya. Berikut definisi dan fungsi ketiganya.

Kwitansi secara instilah yakni kertas yang digunakan sebagai bukti dari penerimaan sejumlah uang yang ditanda tangani oleh para penerimanya dan diserahkan kepada yang membayar dan bisa digunakan sebagai alat bukti dari transaksi tersebut.

Manfaat kwitansi

mempunyai fungsi sebagai surat bukti yang sudah menyatakan telah terjadinya transaksi dan penyerahan sejumlah uang dari pemberi kepada para penerima dan ditandatangani oleh penerima sejumlah uang yang ditulis dala surat kwitansi tersebut.

Kwitansi bisa dilengkapi dengan keterangan seperti: tempat, tanggal dan serah terima sejumlah uang. Biasanya untuk bisa memperkuat tanda bukti dari kwitansi akan ditempel materai sebesar Rp.6000 yang sudah ditentukan oleh undang-undang perpajakan.

Kwitansi kosong juga menjadi salah satu dari dokumen yang sering diguakan sebagai tanda bukti transaksi antara pemberi dan penerima bisa dilengkapi dengan beberapa rincian seperti halnya pembayaran, tempat dan tanggal dan dimana terjadinya sebuah transaksi tersebut.

Ada beberapa yang harus anda perhatikan pada saat pembuatan kwitansi diantaranya sebagai berikut:
  1. No. Kwitansi excel, mempunyai fungsi untuk membedakan antara kwitansi satu dengan yang lainnya, nomor kwitansi bisa kalian buat secara urut menggunakan angka atau sebuh kombinasi dengan huruf.
  2.  Nama lengkap orang atau sebuah perusahaan yang akan meyerahkan uang.
  3. Jumlah uang yang akan diberikan, yaitu besarnya nominal yang akan ditulis dengan angka dan kalimat.
  4. Mengenai tujuan pembayaran, berisi tentang hal yang menjelaskan untuk apa pembayaran tersebut dilaksanakan.
  5. Tempat dan tanggal kapan terjadinya sebuah transaksi.
  6. Nama lengkap kalangan atau jabatan dalam lembaga yang sudah menrima uang beserta tanda tangan asli yang jelas.
  7. Apabila kwitansi hotel menggunakan sebuah materai maka harus menandatangani sampai mengenai materai yang akan ditempel pada kwitansi rentan mobil tersebut.
  8. Jangan pernah menandatangi kwitansi yang kosong atau tanpa ada keterangan.

Definisi, Fungsi dan Contoh Nota

Nota merupakan sebuah bukti dari transaksi untuk pembelian barang atau penjualan menggunakan uang tunai, bisa dibuat menjadi beberapa lembar yakni dalam lembar pertama akan diserahkan kepada pembeli, sedangkan lembar kedua atau salinan harus kalian simpan sebagai pihak penjual untuk dibuat sebagai bahan pecatatan laporan keuangan perusahaan tersebut.

Nota debit atau Debet Memorandum

Nita debit yakni sebuah bukti transaksi pengiriman kembali barang yang sudah dibeli namun beberapa barang yang telah dibeli ada yang cacat, tidak sesuai dengan pesanan atau rusak. Maka dari itu nota ini akan dibuat oleh pembeli yang kemudian akan dikirman kepada penjual bersamaan dengan barang yang sudah mereka terima agar bisa ditukar kembali.

Nota kredit atau Credit Memorandum

Nota kredit merupakan sebuah bukti transaksi penerimaan kembali barang yang sudah dijual secara kredit. Nota ini bisa kalian pahami dengan pengurangan harga faktur karena beberapa barang rusak atau kualitas di dalamnya tak sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan.

Nota kwitansi atau kuitansi ini akan dibuat oleh pihak penjual atau perusahaan dan dikirimkan kembali kepada pihak pembeli.

Demikianlah mengenai pembahasan kwitansi Pengertian dan beberapa fungsinya. Semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top