Sunday

Analisis Swot Dan Contohnya

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai analisis SWOT, mungkin di antara kalian sudah tidak asing dengan sebuah metode bisnis yang satu ini, yakni analisis SWOT. Metode ini memang cukup populer untuk digunakan, karena dengan penjelasan yang simple kita bisa menilai suatu perusahaan secara keseluruhan dengan cara yang akurat. 

Terlepas dengan metode tersebut, memang masih banyak sebenarnya metode analisis yang bisa kalian gunakan, seperti  metode analisis 5 forces of porters yang sudah cukup terkenal dan masih banyak lainnya.

Pengertian Mengenai Analisis Swot Dan Contohnya

Memang tidak bisa dipungkiri suatu hasil analisis bisa berguna untuk internal perusahaan itu sendiri atau sebagai bahan evaluasi demi meningkatkan kinerja dan pihak eksternal sebagai bahan pertimbangan untuk berinvestasi. Sebelum lebih jauh mengenai contoh analisis swot, tidak ada salahnya kita mengulang kembali pengertian mengenai analisis swot dan contoh analisis swot.

Analisis SWOT Menurut Albert Humprey

Analisa SWOT merupakan sebuah analisa yang dicetuskan oleh Albert Humprey pada dasawarsa 1960-1970an. Analisis SWOT merupakan sebuah instrumen perencanaaan strategis yang klasik. Dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan serta kesempatan ekternal, instrument ini akan memberi cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk menjalankan sebuah strategi. Instrumen ini akan menolong para perencana apa yang akan dicapai, dan hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan oleh mereka semua.

analisis swot menurut Albert Humprey
Albert Humprey

Analisis SWOT memang digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan. Dengan melihat kekuatan yang sudah dimiliki serta mengembangkan kekuatan tersebut bisa dipastikan bahwa perusahaan akan menjadi lebih maju dibandingkan pesaing yang ada. Demikian juga dengan kelemahan yang dimiliki harus diperbaiki agar sebuah perusahaan bisa tetap eksis. 

Peluang yang ada harus dimanfaatkan dengan sebaiknya-baiknya oleh perusahaan agar volume penjualan bisa lebih meningkat. Dan ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan haruslah dihadapi dengan mengembangkan strategi pemasaran yang baik. 

Analisis SWOT menurut Sutojo dan F. Kleinsteuber adalah dengan menentukan usaha yang realistis, sesuai dengan kondisi perusahaan dan oleh karena itu diharapkan akan lebih mudah tercapai. 

Dalam kesempatan kali ini mari kita bahas pengertian analisis swot, pertama-tama kita perlu memahami mengenai singkatan dari analisis SWOT itu sendiri, yaitu:

infografis analisis swot


S artinya Strengths sebuah kekuatan
W artinya Weaknesses sebuah kelemahan
O artinya Opportunities sebuah kesempatan
T artinya Threats sebuah ancaman

Dari beberapa analisa swot adalah sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan sebuah ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis atau perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor ini yang akan membentuk akronim swot (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin suatu proyek riset pada Universitas Stanford tepatnya dasawarsa 1960 an dan 1970 an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Dari uraian singkat kami di atas mungkin anda sudah mempunyai gambaran mengenai pengertian SWOT, tidak sah jika sebelum masuk ke contoh analisis swot, ada baiknya kita membahas mengenai sedikit manfaat menganai swot bagi perusahaan.

Manfaat Analisis Swot

Metode analisis SWOT merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Dengan saling berhubungan antara 4 faktor tersebut, maka membuat analisa ini memberi kemudahan untuk mewujudkan misi dan visi dalam sebuah perusahaan. Untuk menyempurnakan atau melengkapi pemahaman mengenai sebuah analisa swot, maka kami akan memberikan beberapa contoh analisis swot sebuah perusahaan.

Contoh Analisis Swot Perusahaan

Dengan adanya sebuah contoh analisis swot perusahaan, maka akan sangat berharap anda bisa memahami secara keseluruhan mengenai analisis SWOT. Perlu dimengerti, inti analisis SWOT ini merupakan penilaian dalam perusahaan dengan melihat kekuatan dan kelemahan, lalu kemudian menilai secara luar atau ekstenal perusahaan dengan melihat peluang dan ancaman di dalamnya.

contoh analisis swot perusahaan
Contoh Analisis SWOT Perusahaan Sepeda


Bagi kalian yang ingin serius menganalisis menggunakan sebuah metode SWOT, maka wajib untuk menyertakan data dan penjelasan dengan maksimal agar analisis benar-benar tepat.

Tanpa harus membahas secara panjang lebar, mari kita simak contoh analisis swot perusahaan SWOT nokia:

Strengths (Kekuatan)

Bagaimana tidak, perusahaan nokia masuk dunia mobile mulai dari tahun 1968-1991 dan pada tahun 1992 sudah mulai meluncuran ponsel GSM dengan produk Nokia 1011.

Jaringan Terbesar Penjualan dan Distribusi

Nokia merupakan sebuah brand yang sudah melekat di hati para kosumen dan merupakan perintis ponsel yang hingga saat ini sangat di butuhkan oleh seluruh dunia, jadi wajar saja jika kekuatannya ada pada penujualan dan distribusinya.

Hubungan Pelanggan yang Kuat

Jika berbicara mengenai brand NOKIA maka hampir seluruh dunia mengenal merk ponsel ini, pelanggan yang loyal serta setia pasti susah untuk berpindah ke lain hati.

Berbagai Macam Produk Untuk Semua Kelas

Tidak hanya mengenai sebatas hubungan pelanggan yang kuat, Nokia juga sudah memanjakan seluruh konsumennya dengan berbagai macam produk yang sesuai kelas.

Weaknesses (Kelemahan)

Memang sudah sangat wajar, harga menentukan sebuah kualitas atau tampilan. Tetapi ini menjadi kelemahan yang mana produk China bisa membuat replika dengan gaya eksklusif namun masih tetap dengan harga yang relatif murah.

Kehilangan Pangsa Pasar

Untuk sekarang ini Nokia memang sudah kehilangan pasarnya setelah symbian tak lagi di update, lalu di akuisisi oleh Microsoft dengan sistem OS Windows Phone.

Opportunities (Kesempatan)

Dengan pertumbuhan pasar atau sebuah trand terbaru, yaitu handphone berbasis smartphone maka ini akan menjadi peluang untuk berkonstrasi dalam meningkatkan kualitas smartphone.

Threats (Ancaman)

Ponsel China merupakan sebuah ancaman yang sangat serius untuk Nokia, karena dengan fitur yang hampir sama, mereka berani menjual dengan harga dan ini pun menjadi sebuah perang harga.

Contoh lainnya, dari tahun 2000 sampai 2010 Nokia memang tidak ada tandingan dalam masalah ponsel, karena memang memberi setiap kebutuhan untuk seluruh konsumen, akan tetapi mulai tahun 2011 para pesaing Nokia khususnya produk Samsung dan Apple sudah mulai melejit.

Setelah menganilsa beberapa faktor, langkah selanjutnya yakni bagaimana memaksimalkan kekuatan (strengths), menutupi seluruh kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan menangkal berbagai ancaman yang akan datang. Semoga penjelasan contoh menganai analisa SWOT diatas bisa memberi gambaran mengenai analisis SWOT secara keseluruhan.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini, semoga selalu memberikan banyak kemudahan untuk kalian semua.

   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top