Wednesday

Primary Care BPJS Kesehatan (Pcare) : Manfaat & Cara Penggunaannya

Primary care atau p-care ialah aplikasi yang biasanya digunakan khusus bagi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Perlu diketahui dengan menggunakan p care (Primary Care) petugas yang malayani faskes pertama akan mempermudah untuk mengakses data yang berada di server BPJS. Hal ini dilakukan untuk kepentingan seperti input data pasien yang dirawat di faskes pertama, cek laboratorium, rujuk konseling serta kegiatan penting lainnya yang dilakukan faskes tingkat pertama.

Aplikasi Pcare BPJS

Aplikas p-care ini diperkenalkan pertama kali tahun 2014 dan terus dilakukan pengembangan dari BPJS Kesehatan agar selalu mutakhir dan dapat digunakan dengan baik. Anda dapat langsung mengakses pcare melalui alamat https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id. Aplikasi p-care juga tersedia di PC atau hp Android sehingga lebih praktis jika diakses.

Bagi pengguna Android, anda dapat download aplikasinya di Goole Play Store.

Penting untuk diketahui bahwa aplikasi ini tidak dapat diakses secara umum. Hanya yang telah terdaftar atau petugas faskes tingkat 1 BPJS Kesehatan saja yang mendapatkan akses dengan menggunakan username serta password yang telah dibuat sebelumnya.

Berikut ini adalah tutorial cara menggunakan aplikasi p-care BPJS Kesehatan yang dapat anda praktekkan.


  1. Silahkan login di https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id
  2. Akan tampil halam seperti gambar dibawah ini
primary care bpjs

  1. Silahkan masukkan username dan password faskes di tempat kerja anda
  2. Jika berhasil login, akan tampil halaman p-care BPJS Kesehatan seperti dibawah ini.

primary care bpjs

Cara Mengguanakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan

Berikut ini adalah penjelasan fungsi menu yang ada pada aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan.

  • Home, adalah halaman depan p-care itu sendiri, seperti saat anda masuk pertama kali.
  • Entri Data, jika anda klik menu ini akan ditampilkan 2 pilihan yakni pelayanan dan pendaftaran, apabila terdapat pasien yang berobat untuk pertama kalinya, silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan cara isikan nomor BPJS peserta, lalu klik "cari" jika pasien tersebut termasuk pasien faskes tempat bekerja, maka akan ditampilkan identitas pasein secara otomatis. 
  • Langkah selanjutnya adalah melengkapi form yang telah disediakan meliputi, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah hingga jenis kunjungan. Setelah lengkap, pastikan anda memeriksa kembali untuk menghindari kesalahan penulisan. Jika sudah klik simpan. Langkah berikutnya adalah klik entry data untuk kembali, kemudian pilih pelayanan seperti gambar dibawah ini.
  • Isi kolom "terapy" dan kolom "diagnosa" kemudian anda klik simpan. Sampai sini proses entry data pasien BPJS Kesehatan pada faskes tingkat 1 sudah selesai.
  • Lihat Data, di menu ini kita dapat cek data pasien yang berobat di faskes 1 tampat anda bekerja. Akan ditampilakn informasi tentang kegiatan, jenis kunjungan, jumlah kunjungan sampai 10 daftar penyakit yang sering muncul.
primary care bpjs
  • Tools, menu ini digunakan untuk mengubah password p-care serta cek data pekerja faskes tingkat 1 tempat anda bekerja. Jika anda lupa password login aplikasi Primary Care BPJS atau menemukan error pada aplikas p-care, silahkan menghubungi BPJS Kesehatan di daerah anda agar segera diperbaiki.
  • Log out, menu terakhir ini digunakan untuk keluar dari aplikasi Primary Care (p-care).

Data Anggota Faskes BPJS Kesehatan

Dibawah ini adalah data anggota Faskes Kesehatan peserta JKN-KIS mulai dari Faskes Tingkat Pertama dan Faskes Rujukan.

primary care bpjs kesehatan

primary care bpjs kesehatan

Keuntungan Menggunakan Primary Care BPJS Kesehatan

  1. Proses pendaftaran pasien yang praktis, dengan menggunakan aplikasi Pcare BPJS pendaftaran akan dilakukan secara otomatis hanya dengan memasukkan nomor kepesertaan semua data pasien akan terekam secara otomatis.
  2. Proses diagnosa penyakit cepat, apabila pasien pernah melakukan pengobatan sebelumnya, maka petugas akan mengetahui riwayat penyakit dan penanganan yang akan dilakukan selanjutnya.
  3. Mempunyai aplikasi dengan jaringan luas, jika anda telah terdaftar menggunakan Primary Care BPJS kesehatan, dimanapun anda berobat maka semua data anda akan terintegrasi disemua layanan kesehatan seperti klinik atau Puskesmas.
  4. Sistem pendaftaran rujukan mudah, apabila klinik Faskes Tingkat Pertama tidak dapat menangani penyakit yang sedang diderita, maka petugas Klinik akan secepatnya meneruskan ke Faskes Rujukan ke Rumah Sakit yang sudah bekerjasama secara online.

Demikianlah artikel yang berjudul Primary Care BPJS Kesehatan (Pcare) : Faskes Tingkat Pertama & Cara Penggunaannya. Share artikel ini ke teman atau saudara anda dan jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya.
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top