Friday

Manajemen Pendidikan, Kunci Sukses Mendidik Bangsa

Info Pendidikan - Dalam pendidikan, hal yang tidak boleh diabaikan adalah manajemen pendidikan. Banyak ahli sepakat bila suatu manajemen pendidikan itu baik, maka akan dipastikan ouput pendidikannya juga baik. Dengan begitu, manajemen pendidikan amatlah penting untuk diseleranggarakan dengan sebaik-baiknya agar kualitas dan mutu pendidikan itu terjamin dengan baik. Kita dalam hal ini, mesti memahami lagi apa hakikat manajemen pendidikan? Karena ini akan mempengaruhi cara-pandang kita memilih manajemen pendidikan yang baik. Menurut Syarif, manajemen pendidikan merupakan segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber personal maupun materiil secara efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya pendidikan.

Definisi yang disuguhkan Syarif sangat menarik. Karena ia menunjukkan bagaimana sebuah pengelolaan sumberdaya yang efektif dan efisien. Kuncinya ialah efektif dan efisien. Kunci rersebut akan membukakan pintu yang didamba-dambakan, yaitu tercapainya pendidikan. Sehingga saat pendidikan yang diekspektasikan atau dicita-citakan terwujud, maka bisa dipastikan karena manajemen pendidikannya very well (sangat baik).

Manajemen Pendidikan, Kunci Sukses Mendidik Murid

 Hal ini mesti digaris bawahi pula bahwa efisien dan efektif juga memperhatikan hal-hal lainnya, yaitu perencanaan, organanisasi, koordinasi, penyelenggaraan dan pengawasan. Semua hal tersebut mestilah diperhatikan agar tercapai suatu tujuan pendidikan yang baik dan benar. Dalam hal ini mesti penjabaran memadai untuk memahamai langkah-langkah yang mesti dilakukan. Karena itu, saya akan menjabarkan lebih jauh tentang langkah-langkah dan unit analisis yang perlu dihadirkan dalam manajemen pendidikan, hal paling pertama yang mesti dilakukan dalam manajemen ini adalah perencanaan. Dalam perencanaan ini, kita mesti membangun imajinasi tentang capaian-capaian yang akan diraih.

Dalam perencanaan pula kita juga menghitung potensi dan kelemahan yang akan kita analisis dengan analisis model SWOT (STRENG, Weakness, Oportunity, Threat) Kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman. Analisis tersebut digunakan dalam hal perencanaan supaya bisa mengetahui hal yang buruk bisa diminimalisir. Untuk itu kewaspadaan sedari dimulai. Dengan analisis itu, mungkin akan menjadikan manajemen pendidikan lebih baik. coba kamu lihat artikel kami mengenai fungsi pendidikan informal yang memiliki relatifitas dan perwujudan dari proses manajemen pendidikan yang berbasis informal

Setelah perencanaan, kita akan masuk ke dalam model organisasi. Ini sudah pada tahap pengimplementasian. Disini rencana yang telah disusun matang akan diberikan kepada individu-invidu yang mumpuni. Dalam pengertian lain bagi-bagi tugas. Secara bersamaan, dalam mengorganisisr ini perlu adanya koordinasi yang baik. Karena dalam sebuah organisasi ada mekanisme yang menghubungkan pekerjaan satu indvidu ke individu lainnya. sehingga perlu adanya koordinasi dari setiap individu-individu yang ada.

Kemudian penyelenggaraan bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya. Namun perlur diketahui pula, dalam perencanaan mestilah ada pengawasan. Karena setiap orang mungkin bisa melakukan kesalahan, maka dalam hal ini mestilah ada pengawasan yang memadai. Begitulah kunci sukses mendidik seorang murid. Semua hal mestilah termanajemen dengan baik. Karena itulah satu-satunya kunci agar pendidikan kita dapat sukses. Semoga artikel kami bermanfaat dan menambah wawasan keilmuan anda. Salam kami Ilmu Bahasa
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top