Saturday

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan yang Sesuai dengan Kaidah

Ada banyak contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan yang sesuai dengan kaidah. Surat pengunduran diri ini merupakan surat formal yang harus diajukan kepada kantor tempat bekerja untuk memutuskan hubungan kerja.

Surat pengunduran diri sama halnya dengan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan surat formal yang digunakan sebagai syarat formal untuk mendaftar suatu pekerjaan. Surat pengunduran diri merupakan surat formal yang sebaliknya digunakan untuk memutuskan hubungan kerja suatu pekerjaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja


Surat pengunduran diri dibuat bertujuan untuk syarat administarasi pemutusan hubungan kerja yang sesuai dengan procedural. Surat pengunduran diri memiliki esensi untuk mengurus administrasi dalam permintaan legalitas pemutusan hubungan kerja.


Format Surat Pengunduran Diri yang Bisa Dibuat Secara Mudah

Anda membutuhkan contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan untuk mempermudah dalam urusan pemutusan hubungan kerja. Salah satu contoh format surat pengunduran diri yaitu sebagai berikut:

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Semarang, 13 Januari 2018

Kepada
Yth. Kepala PT. Argo Arta Sejahtera
di Jalan Nakula 5, Banyumanik
Semarang

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Argo Arta Sejahtera, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama : Ramli Azhar
Departemen : General Affair 
Jabatan : Manajer GA

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Argo Arta Sejahtera karena urusan ingin fokus membangun bisnis pribadi. Surat ini saya buat tanpa maksud buruk dan hanya berkaitan dengan hubungan kerja.

Saya memiliki harapan besar agar Bapak menerima permohonan pengunduran diri saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua perhatian dan kebaikan Bapak selama ini kepada saya selama menjadi karyawan di Perusahaan Bapak.

                                                                                                                         Hormat saya


                                                                                                                         Ramli Azhar


Kegunaan Surat Pengunduran Diri yang Sesuai dengan Format Baku

Ada beberapa kegunaan surat pengunduran diri yang sesuai dengan format baku yang bisa Anda ketahui ialah sebagai berikut:

Pengajuan Pemutusan Hubungan Kerja Secara Resmi

Anda bisa melakukan pengajuan pemutusan hubungan kerja secara resmi kepada kantor yang menaungi Anda dalam bekerja. Pemutusan hubungan kerja ini harus dibuat dalam bentuk surat resmi bisa membawa Anda ke dalam situasi yang formal dan sopan meskipun harus berhenti bekerja.

Permintaan Surat Pengalaman Kerja

Apabila Anda mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan tanpa menggunakan surat pengunduran yang resmi, maka Anda akan dinilai tidak sopan. Anda tidak akan mendapatkan surat pengalaman kerja. 
Pengalaman kerja merupakan salah satu persyaratan penting untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Jadi pastikan Anda membuat surat pengunduran diri yang baik untuk mendapatkan surat ini.


Pendataan Arsip Karyawan

Anda harus menggunakan surat pengunduran diri untuk mendata arsip di data karyawan. Pendataan karyawan ini sangat baik untuk memastikan bahwa Anda memang sudah melakukan pemutusan hubungan kerja.

Anda harus memutuskan hubungan kerja secara sopan. Sebaiknya jangan langsung kabur, Anda harus membuat pengunduran diri secara formal. Anda bisa membuat surat pengunduran diri ini dengan baik dan benar. 

Sebaiknya Anda memahami contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan sehingga bisa diajukan saat memang sudah dibutuhkan. Jangan langsung mengambil keputusan untuk tidak masuk kerja tanpa adanya pemberitahuan secara resmi.

Update! Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang surat resign, kami telah mempersiapkan pembahasan yang lebih mendalam di ✪ Contoh Surat-surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top