Tuesday

Pengertian Proposal, Tujuan Proposal dan Jenis-jenis Proposal

Menurut KBBI, proposal adalah rencana yang diluangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal diajukan dengan tujuan mendapatkan izin, persetujua atas kegiatan yang dilaksanakan. Namun, proposal juga sering diajukan untuk memohon bantuan dana. Isi proposal harus menampilkan kegiatan atau masalah yang diusulkan dengan baik agar dapat meyakinkan penerima proposal tersebut untuk menyetujui penawaran atau permohonan yang diajukan.
Proposal ditulis dan diajukan kepada pihak yang berwenang sekaligus yang berkaitan dengan proposal yang diajukan. Proposal idealnya juga menyertakan surat pengantar untuk ditujukan kepada piha terkait, biasanya setelah diajukan pengajuan kemudian oleh pihak tersebut akan membalas dengan surat balasan yang berisi apakah proposal yang telah diajukan tersebut layak atau tidak untuk ditindaklanjuti oleh pihak tersebut. Adapun tujuan penyusunan proposal mencakup hal-hal di bawah ini. 

Tujuan Penulisan Proposal


  1. Menjelaskan secara tidak langsung mengenai sebuah program kerja atau rencana.
  2. Menjadi acuan dalam proses rancangan sebuah kegiatan.
  3. Memberikan keyakinan kepada donatur atau pihak yang akan menjadi sponsor atau klien agar semakin yakin dan mantap.
  4. Agar mendapatkan tujuan sesuai kesepakatan.
  5. Sebagai acuan dalam sebuah kesepakatan awal.


Jenis-jenis proposal

Proposal dapat dibedakan dalam beberapa jenis

a. Proposal Formal

Proposal ini berbentuk formal terdiri dari tiga bagian utama, yakni bagian pendahuluan, isi proposal, dan bagian penutup.

Bagian pendahuluan : Sampul, halam judul, surat pengantar, ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan.

Bagian Isi Proposal : latar belakang, pembatasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar, metodologi, fasilitas, personalia atau susunan panitia, keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya.
Bagian Penutup : Daftar Pustaka, Lampiran, Label, dan sebagainya.

b. Proposal Nonformal

Proposal nonformal merupakan variasi dari bentuk proposal formal, karena tidak memenuhi syarat-syarat tertentu atau tidak selengkap bentuk formal. Proposal nonformal biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat sehingga sebuah proposal nonformal harus mengandung unsur unsur sebagai berikut.

1. Masalah
2. Saran
3. Pemecahan
4. Permohonan

c. Proposal Semiformal

Hampir seperti proposal non formal. Proposal semiformal ini tidak memiliki aturan atau kaidah dalam penulisannya, sehingga proses penulisannya pun tidak ada acuan seperti proposal formal

d. Proposal Riset

Proposal riset atau proposal penelitian adalah proposal yang bertujuan untuk pengadaan atau pengajuan sebuah riset atau penelitian. Ada beberapa macam yang perlu kalian ketahui mengenai proposal penelitian ini. Berikut ini adalah jenis-jenis proposal penelitian atau proposal riset yang sudah kami rangkum kedalam beberapa macam sub penelitian.

1. Proposal penelitian pengembangan

Kegiatan ini pada dasarnya adalah mencari jawaban atas sebuah permasalah untuk diteliti dan dikaji secara ilmiah dengan acuan teori sebagai dasarnya untuk pemecahannya.

2. Proposal penelitian kajian pustaka

Proposal kajian penelitian pustaka menggunakan telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan sebuah masalah. Pada dasarnya proposal ini bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalamterhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Telaah semacam ini biasanya dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka yang kemudian disajikan dengan cara baru dan kepentingan baru.

3. Proposal penelitian kualitatif

Sudah banyak dibahas sebelumnya di web ini mengenai penelitian kualitatif. Proposal penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis yang bersifat induktif. Proses dan makna sangat ditunjukkan dalam proposal ini.

4. Proposal Penelitian kuantitatif

Proposal kuantitatif biasanya sering digunakan dalam bidang sains dan ekonomi, baik bisnis ataupun manajemen. Namun penelitian kuantitatif adalah penelitian yang proses pembedahannya membutuhkan perhitungan dan uji sampling agar hasilnya akurat. Penelitian kuantitatif biasanya menggunakan pendekatan induktif.


  • Proposal acara


Proposal acara adalah proposal yang bertujuan untuk mencari sponsor atau pengadaan inventaris tentang sebuah kegiatan atau acara.

  • Proposal Kerjasama


Proposal kerjasama adalah proposal yang bertujuan untuk mengajukan usulan kerjasama, baik instansi, perusahaan, perorangan, atau pun UKM

  • Proposal Permohonan Dana


Proposal permohonan dana adalah proposal yang bertujuan untuk mengajukan dana atau sumbangan ke seseorang atau instansi.

  • Proposal Praktik


Proposal Praktik adalah proposal yang bertujuan untuk mengajukan permohonan kerja praktik.

  • Propoal Usaha


Proposal usaha adalah proposal yang disusun oleh seseorang atau perusahaan yang bertujuan untuk mendirikan sebuah suatu usaha. Biasanya proposal semacam ini sering ditemui di disperindag atau ukm ukm yang akan mendirikan sebuah usaha.

Demikianlah . Silahkan kalian ikuti kami di facebook atau twitter kami agar kalian mendapatkan informasi-informasi seputaran materi pelajaran, materi kuliah, pengetahuan umum dan lain-lain.
Salam kami Ilmubahasa

   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Ilmubahasa.net

×

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top