Tuesday

Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar Sesuai Kaidah Yang Berlaku



Cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku - Menulis daftar pustaka itu lumayan susah karena banyak hal yang harus kamu perhatikan pada saat menulisnya, Tapi bisa jadi mudah jika kamu sudah tahu. Nah sebelum kita menulis daftar pustaka ini sobat harus tahu dulu artinya, jadi daftar pustaka itu adalah sebuah tulisan yang tersusun pada akhir dari sebuah karya ilmiah yang biasanya di isikan dengan nama penulis, judul dari tulisan atau karya ilmiah, sumber atau penerbit, identitas dari penerbit atau penulis dan juga yang terakhir adalah tahun terbitnya sumber yang di gunakan untuk bahan menulis karya ilmiah tersebut.

Tapi tidak hanya di karya ilmiah ya bro, di Buku, artikel dan lainnya juga ada tergantung dari seberapa pentingnya tulisan tersebut untuk mencantumkan fakta agar di akui para pembaca sebagai fakta. Penulisan untuk daftar pustaka juga mempunyai cara  penulisan yang baku namun tidak mengikat juga pada kata – katanya, karena pada setiap sumber yang ada yang di pakai adalah beragam. Jadi untuk menulis daftar pustaka ada beberapa peraturan seperti berikut ini :


  1. Peraturan pertama untuk menulis daftar pustaka Dengan Abjadnya untuk menyusun sebuah daftar pustaka layaknya menyusun pada absen atau namanama orang yaitu dengan menyesuaikan pada abjad yang ada. Di atur dari atas ke bawah dengan awal a dan di akhiri dengan abjad z.
  2. Aturan nomor dua untuk menyusun daftar pustaka ini adalah pada menyusun Angka terlebih dulu kemudian abjad. Itulah Peraturan kedua untuk cara menulis daftar pustaka.
  3. Nah peraturan yang ke tiga untuk menulis daftar pustaka ini adalah dengan penggunaan jarak pada sumber yang berbeda biasanya akan menggunakan spasi biasa untuk memisahkannya.

Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar Sesuai Kaidah Yang Berlaku



Selain dari peraturan pada penulisan daftar pustaka ini juga mempunyai tujuan, Jadi pada tujuan untuk menulis daftar pustaka ini adalah :


  1. Bertujuan sebagai ciri dari karya ilmiah atau skripsi yang kalian buat tersebut, karena dengan begitu orang dapat membedakannya mulai dari sumber yang tertulis di daftar pustaka.
  2. Untuk menjadi rujukan atau sumber yang bisa di ambil untuk ilmu pengetahuan atau karya ilmiah lainnya yang ingin menggunakan beberapa informasi dari karya ilmiah kalian.
  3. Agar si penulis tidak merasa karya ciptaannya telah di curi, karena pada saat kalian menuliskan sumber dari informasi yang kalian berikan maka di situ akan di tulis nama dari si penulis informasi yang kalian cantumkan dalam karya ilmiah itulah gunanya daftar pustaka. Jika kalian tidak menulis daftar pustaka maka si penulis informasi yang kalian gunakan informasinya akan merasa tidak senang karena tidak mencantumkan namanya pada sumber.
  4. Untuk mempermudah informasi mengenai Kota atau tempat dari informasi yang kalian gunakan di karya ilmiah tersebut di terbitkan.
  5. Membantu orang agar mengetahui referensi yang dapat mereka cari contohnya pada daftar pustaka kalian tersebut.

Untuk urutan pada saat menulis daftar pustaka juga haruslah kalian ketahui agar tidak salah nantinya saat membuat daftar pustaka, nah berikut ini adalah susunannya untuk menulis daftar pustaka yang benar :

- Pertama adalah > nama si penulis.
Untuk penulisan pada nama kita harus menulisnya dengan benar seperti di awali dengan huruf besar dan juga adalah Pada penulisan di daftar pustaka nama tidak perlu di tulis gelarnya dari si penulis. Jika si penulis mempunyai marga maka marga di tuliskan paling depan dari namanya. Untuk yang tidak bermarga maka namanya akan terbalik pada penulisannya nama akhir dulu kemudian di lanjutkan dengan nama awal.

- Kemudian > Tahun dari sumber di terbitkan.
Masukkan tahun buku atau sumber di terbitkan.

- Selanjutnya > Judul dari sumber informasi.
Pada penulisan di daftar pustaka ini untuk bagian judul kalian harus menulisnya dengan format font italic atau bercetak miring pada setiap kata yang terdapat di judul dari buku atau sumber yang kalian gunakan untuk informasi di skripsi tersebut.

- Setelah itu > Tempat informasi tersebut di terbitkan.
Masukkan tentang terbitnya buku atau sumber yang kalian gunakan. Jangan lupa di setiap penulisan ini kita harus menggunakan jarak dan jarak pada penulisan daftar pustaka ini adalah sebanyak sua spasi.

- Dan terakhir > Nama penerbit informasi tersebut.
Nah yang terakhir adalah dari nama penerbit silahkan di tuliskan. Jangan lupa untuk penulisan daftar pustaka ini setiap jenis formatnya berbeda contoh dari penulisan daftar pustaka untuk sumber internet dan penulisan daftar pustaka untuk sumber buku dan juga lainnya itu saling berbeda jadi jangan sampai kalian terkecoh dalam penulisan daftar pustaka ini ya bro. Jangan main – main juga bro tentang penulisan daftar pustaka ii sebab sudah di tetapkan atau sudah di buat undang – undang dari pemerintah yang mengaturnya tetang penulisannya.

Nah setelah kalian mengetahui aturan dalam menulis daftar pustaka ini admin akan memberikan beberapa contoh dari penulisan daftar pustaka ini, Nah berikut ini bisa kalian lihat contoh – contoh dari daftar pustaka :

1. Contoh menulis daftar pustaka dengan sumber buku
Pertama (nama pengarang seperti di tulis di atas jika ber marga maka bagian marga di depan dan jika tidak bermarga susunana pertama nama akhir kemudian nama awal contoh: Abu Rizal maka akan menjadi Rizal, Abu). {dua spasi} Kemudian tuliskan tahun dari sumber di terbitkannya. {dua spasi} Judul dari Buku atau sumber. {dua spasi} Tempat terbitnya buku atau sumber: {dua spasi} Nama Penerbit.

Contoh hasilnya untuk penulisan satu  : 
- Rizal, Abu.  2009.  Pedoman Menjaga Kesehatan Jantung. Jakarta:  Wiki Media.
- Joko, Roma.  2003.  Keterampian Menghasilkan Uang. Bandung:  Karir Media.
- Udin, Badas.  2006.  Cara Menjaga Hubungan Pertemanan. Jakarta:  Sunda Media.

2. Contoh menulis daftar pustaka dengan sumber Majalah
- Budiharto, Widodo. 2004. Beralih ke Oracle 10g. Jakarta: Majalah Bisnis Komputer, No. 6 Thn. 04. (20 Juni-20 Juli 2004)

3. Contoh menulis daftar pustaka dengan sumber Buletin
- Herman, Donal. 1996. Developments Bla bla bal. Fly Bulletin of bla bla bla. Vol. 45:315-317.

4. Contoh menulis daftar pustaka dengan sumber Jurnal
- Cahaya dan Warna. 1989. Pemilihayang benar. Jakarta: Jurnal Bla bla bla. Vol. 16,No. 3:47-48.

5. Contoh menulis daftar pustaka dengan sumber Koran
- Jono, Logi. 2002. Wireless RT RW DK dengan Wajan Canggih, DKF. Jakarta:MI. (22 Maret 2004)

Nah itulah sekiranya mengenai cara menulis daftar pustaka. Thanks bro atas kunjungannya,  Dan jika bacaan di atas telah membantu sobat jangan ragu untuk share ke media sosial atau bisa juga dengan memberikan saran juga komentar pada kolom komentar di bawah artikel. Sekian dari artikel ini dan terima kasih atas waktunya.

Baca juga: Mudahnya Cara Menulis Footnote atau Catatan Kaki dalam Karya Tulis
   
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top