Tuesday

Pengertian Istilah Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka

Pengertian Pramuka Kepramukaan dan Gerakan Pramuka. Berikut ini adalah penjelasan perbedaan antara Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka.
  1. Pengertian Pramuka. Pramuka ialah singkatan dari Praja Muda Karana. Memiliki makna orang-orang yang memiliki jiwa muda, semangat dan giat berkarya. Berjiwa muda dalam hal ini adalah orang-orang yang memmiliki semangat yang membara untuk berkembang dan maju.
  2. Pengertian Keparamukaan. Kepramukaan ialah sebutan untuk semua kegiatan yang ada pada Pramuka. Kepramukaan biasanya berisi kegiatan-kegiatan yang menarik, mengandung unsur pendidikan, kekompakan dan kebugaran. Sangat banyak macam-macam kegiatan menarik yang ada pada Pramuka. (Akan diulas pada artikel selanjutnya)
  3. Pengertian Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka ialah organisasi atau wadah tempat pramuka berkumpul bersama dan menyelesaikan masalah. Organisasinya dibagi dalam beberapa tingkatan seperti; Gerakan Pramuka Kwartir Daerah, Gugus Depan dan lain sebagainya.(Lebih detailnya akan dibahas pada pembahasan artikel selanjutnya)
logo gerakan pramuka
Logo Gerakan Pramuka


Untuk mempermudah dalam mengingat tentang perbedaan ketiga istilah diatas, berikut ini adalah penjabarannya secara singkat.
  1. Pramuka adalah yang melakukan kegiatan atau orangnya, misalnya peserta didik atau anggota pramuka, pembina pramuka, ambalan dalam hal ini.
  2. Kepramukaan adalah kegiatannya, misalkan saja Jambore atau Persami.
  3. Gerakan Pramuka adalah organisasinya, misalnya saja Gugus Depan dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasa artikel yang berjudul Pengertian Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka. Semoga bermanfaat.
   

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top