Monday

Cara Membaca Puisi Yang Baik dan Benar Agar Menarik di Pentas

Ilmubahasa.net - Pada kesempatan kali ini kami dari imbas ingin mengulas mengenai materi membaca puisi. Hal ini dikarenakan anggota kami sering mendapatkan undangan untuk menjadi juri lomba puisi di Yogyakarta. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda sekalian. 

Bagaimana cara membaca puisi yang baik dan benar?

Teknik membaca puisi yang baik akan menghasilkan makna yang indah. Puisi merupakan salah satu bentuk ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima serta penyusunan larik dan bait. Proses pembuatan puisi bisa dibilang mudah-mudah susah. Karena puisi yang dianggap baik dan bagus adalah puisi yang sarat dengan diksi atau pemilihan kata yang memiliki nilai keindahan yang baik. Makna di dalam puisi pun benar-benar dipertanyakan, mengingat seorang penyair dalam membuat puisi, selain dengan kata-kata puitis, juga memahami makna yang dia tulis. Begitu juga dalam pembacaan puisi. Kami disini akan membahas cara membaca puisi yang baik dan benar, berdasarkan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat.

Membaca Puisi dengan Teknik Membaca Ekspresif

cara membaca puisi yang baik dan benar, teknik membaca puisi di atas pentasLalu bagaimana cara membaca puisi agar menarik? Membaca puisi merupakan salah satu bentuk memberikan apresiasi pada karya sastra. Tujuan mengapresiaisi karya sastra (puisi) tidak sekedar membuat puisi itu jadi indah dan bisa dinikmati banyak orang melainkan juga memberikan puisi itu jadi bermakna dan berarti. Oleh karena itu dalam proses pembacaan puisi tidak hanya dibutuhkan penjiwaan serta ekspresi yang mengena melainkan juga volume suara yang meliputi lafal, nada, tekanan dan intonasi yang tepat. Lafal atau pelafalan merupakan salah satu bentuk ketepatan mengucapkan kata yang tepat dan benar tanpa ada unsur kedaerahan yang mempengaruhinya. Dengan begitu anda dapat membaca puisi dengan ekspresi yang tepat.

Teknik Membaca Puisi

Nada merupakan pola pengiramaan dari puisi yang dibacakan, sehingga maknanya bisa muncul saat dibacakan. Tekanan merupakan bentuk keras lembutnya suara yang dimunculkan saat membacakan puisi. Intonasi merupakan tinggi rendahnya nada saat membacakan puisi.

Agar penjiwaan, ekspresif dan volume suara tepat dan mengena saat pembacaan puisi, langkah awal yang harus dan mutlak dilakukan adalah membaca dan memahami substansi puisi. Pemahaman terhadap substansi puisi ini tidak hanya untuk mendapatkan tafsir makna terhadap puisi yang akan dibacakan melainkan juga untuk menentukan bagaimana lafal, nada, tekanan serta intonasi diucapkan saat pembacaan puisi.

Cara Membaca Puisi Aku Karya Chairil Anwar


Setelah mempelajari teknik membaca puisi ada baiknya kita untuk mencoba membacanya. Barikut ini adalah contoh membaca puisi karya Chairil Anwar.


Nahh… demikian cara membaca puisi yang baik yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Jika anda memiliki puisi, jangan ragu mengirimkan kepada kami. Maka, akan kami tampilkan puisi sahabat-sahabat sekalian di website ini. Tetaplah semangat dan teruslah berkarya. Salam kami.
   

2 komentar

terima kasih untuk artikelnya

@Kurapika : Sama sama... Semoga bermanfaat bagi anda ya... Terimakasih telah berkunjung di website kami.. Ditunggu kedatangannya lagi lho

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top