Thursday

Simpulan Lisan dan Tulis dalam Bahasa Indonesia

simpulan lisan dan simulan tulisIlmubahasa.net- Beberapa waktu lalu kita telah membahas apa itu Simpulan dan teknik pembuatannya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Simpulan Lisan dan Tulis dalam Bahasa Indonesia dan beberapa macam bentuknya dengan hubungan-hubungan logis.

Alat komunikasi yang paling utama dalam kehidupan manusia adalah bahasa. Dengan bahasa, manusia dapat bergaul, bertegur sapa, mengungkapkan perasaan, menjalin kerja sama, kasih sayang, dan sebagainya. Dengan bahasa pula manusia dapat menyampaikan ilmu pengetahuan, teknologi. Tanpa bahasa manusia akan mengalami hambatan dalam berpikir, karena pada dasarnya proses berpikir merupakan proses berbahasa yang berlangsung secara informal dalam alam pikiran manusia, contoh orang akan sulit menyampaikan gagasannya kepada orang lain.

Penggunaan bahasa tidak lepas dari logika atau penilaian. Ekspresi bahasa berupa kalimat, paragraf atau wacana hendaklah saling berhubungan kesimpulan yang logis atau dapat diterima oleh akal sehat. Macam-macam bentuk simpulan dengan hubungan-hubungan logis di antaranya sebagai berikut:

1. Urutan waktu atau kronologis
Contoh:
Setiap pagi saya bangun pukul 05.30, saya melakukan senam pagi sebentar kemudian mandi. Setelah mengenakan seragam sekolah, saya makan pagi bersama keluarga. Saya persiapkan buku dan tas, kemudian berangkat sekolah.

2. Memilih
Contoh:
Anak itu akan belajar atau bermain-main

3. Pertentangan
Contoh:
Bunga-bunnga yang ia beli bagus-bagus dan mahal harganya, namun sayang tidak terawat dengan baik.

4. Penguatan
Contoh:
Anak itu perkembangan fisiknya terhambat, ia belum dapat berdiri bahkan duduk saja ia harus dipegangi, apalagi disuruh berjalan.

5. Sebab-akibat
Contoh:
Ia termasuk anak yang malas, ia jarang mengerjakan tugas-t
ugas rumah, belajar pun tidak sehingga di akhir tahun ia tidak naik kelas.

6. Syarat
Contoh:
Semua pelajaran di sekolah tidak ada yang berat asal diperjari dengan tekun.

.

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top