Thursday

Bahasa

Definisi Bahasa | Pengertian Bahasa

Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang dipergunakan oleh masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri (Kridalaksana, 1993: 21). Rumusan yang hampir sama dinyatakan oleh Lyons (dalam Pateda dan Yenni, 1993:21), bahwa bahasa adalah most of them hare taken views that languages are systems of symbols, designed, as it were, for the purpose of communications. berdasarkan pendapat tentang pengertian bahasa tersebut, dapat dikatakan bahwa bahasa harus bersistem, berwujud simbol, yang kita lihat dan dengar dalam lambang, serta bahasa digunakan oleh masyarakat dalam komunikasi.

bahasa

Hakikat Bahasa

Bahasa digunakan oleh manusia dalam segala aktivitas, baik dirinya ataupun masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. dengan demikian, bahasa merupakan hal yang paling hakiki dalam kehidupan masyarakat. Tanpa adanya bahasa, sistem dalam sebuah masyarakat, apapun itu, tidak akan mungkin bisa berjalan dengan baik. Begitu juga sebaliknya, bahasa tanpa adanya masyarakat sebagai penggunanya, mustahil bisa terintegrasikan dengan baik. itulah yang menjadi dasar mengapa bahasa mendapatkan peran penting dalam kehidupan manusia, yang notabennya mungkin tidak disadari sepenuhnya oleh anggota masyarakat pada umumnya, namun itulah karakter bahasa yang sesungguhnya.

Raching Koen (dalam Pateda dan Yenni, 1993:5) yang menyatakan, bahwa hakikat bahasa bersifat mengganti, individual, kooperatif, sebagai alat komunikasi. memang benar adanya bahwa bahasa memiliki hakikat tersebut. tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa dapat menggantikan peristiwa atau kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh individu ataupun kelompok. Dengan bahasa, seorang individu atau kelompok dapat meminta individu atau kelompok lainnya untuk melakukan hal, entah pekerjaan atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dilakukan karena mendapat stimulasi dari bahasa yang disampaikan. Kalimat yang diungkapkan oleh seorang individu lain, lalu individu dalam melakukan pekerjaan yang diminta. Kesediaan seorang individu dalam melakukan pekerjaan tentunya karena adanya kerja sama antarindividu dalam melakukan pekerjaan itu tentu karena adanya kerjasama antarindividu. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa bahasa bersifat kooperatif. Disamping bahasa bersofat kooperatif, bahasa juga digunakan sebagai alat komunikasi antar individu atau kelompok. Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi ditentukan beberapa faktor. faktor tersebut adalah faktor sosial dan faktor situasional.

Selain empat hakikat tersebut, chaer (1994:33) mengatakan, bahwa hakikat bahasa itu ada 12 butir. yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Bahasa adalah sebuah sistem.
2. Bahasa berwujud lambang.
3. Bahasa bersifat Arbitrer.
4. Bahasa bermakna.
5. Bahasa bersifat Konvensional.
6. Bahasa bersifat Unik.
7. Bahasa berwujud Bunyi.
8. Bahasa bersifat Universal.
9. Bahasa bersifat Produktif.
10. Bahasa bersifat Dinamis.
11. Bahasa bervariasi.
12. Bahasa adalah Manusiawi.

Dari 12 hakikat bahasa tersebut, dapat dikatakan bahasa merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan manusia. Bahasa digunakan oleh manusia hampir di segala bidang kehidupan. Mempelajari bahasa dan mengkaji bahasa merupakan hal paling penting dilakukan oleh manusia karena secara langsung akan melestarikan dan menginventarisasikan bahasa tersebut. Dengan mempelajari dan melakukan pengkajian terhadap bahasa, akan menghindari manusia dari kepunahan bahasa.
   

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top