close

6 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android [Ampuh]

Pernahkah Anda tidak sengaja menghapus foto penting dari ponsel Android Anda? Jika ya, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak orang mengalami hal ini, dan ada beberapa cara untuk memulihkan foto yang terhapus.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 6 cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android. Cara-cara ini akan membantu Anda memulihkan foto yang hilang, bahkan jika Anda telah menghapusnya dalam waktu lama.

Cara Ampuh Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

1. Menggunakan Google Photos

Google Photos adalah aplikasi galeri bawaan Android yang memiliki fitur pencadangan dan sinkronisasi. Jika Anda telah mengaktifkan fitur ini, foto dan video yang dihapus akan disimpan di folder “Sampah” selama 60 hari sebelum dihapus secara permanen. Anda dapat memulihkan foto atau video yang terhapus dari folder “Sampah” dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Google Photos.
  2. Di bagian bawah, ketuk Galeri foto > Sampah.
  3. Sentuh lama foto atau video yang ingin Anda pulihkan.
  4. Di bagian bawah, ketuk Pulihkan.

2. Menggunakan aplikasi Dumpster

Aplikasi Dumpster adalah aplikasi pihak ketiga yang berfungsi sebagai “keranjang sampah” untuk Android. Aplikasi ini akan menyimpan semua file yang Anda hapus selama 30 hari. Anda dapat memulihkan foto atau video yang terhapus dari aplikasi Dumpster dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi Dumpster dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Dumpster.
  3. Cari foto atau video yang ingin Anda pulihkan.
  4. Ketuk foto atau video tersebut.
  5. Ketuk Pulihkan.

3. Menggunakan aplikasi DiskDigger

DiskDigger adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat digunakan untuk memulihkan foto yang terhapus. Aplikasi ini dapat memulihkan foto yang telah dihapus dari penyimpanan internal dan eksternal Android. Anda dapat memulihkan foto atau video yang terhapus dari aplikasi DiskDigger dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi DiskDigger dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi DiskDigger.
  3. Pilih lokasi penyimpanan tempat foto atau video yang Anda cari berada.
  4. Ketuk Mulai.
  5. Tunggu proses pemindaian selesai.
  6. Pilih foto atau video yang ingin Anda pulihkan.
  7. Ketuk Pulihkan.
  Cara Mengidentifikasi Unsur dalam Puisi

4. Menggunakan komputer

Jika Anda telah menyambungkan Android Anda ke komputer, Anda dapat menggunakan komputer untuk memulihkan foto yang terhapus. Anda dapat menggunakan software pemulihan data untuk memulihkan foto yang telah dihapus dari penyimpanan internal atau eksternal Android.

5. Mengirim email ke diri sendiri

Jika Anda telah mengirim foto atau video yang ingin Anda pulihkan ke email, Anda dapat memulihkannya dengan mengunduhnya dari email Anda.

6. Menggunakan layanan pemulihan pihak ketiga

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas dan masih tidak dapat memulihkan foto yang terhapus, Anda dapat menggunakan layanan pemulihan pihak ketiga. Layanan ini dapat menggunakan perangkat lunak profesional untuk memulihkan foto yang telah dihapus dari penyimpanan internal atau eksternal Android.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan peluang Anda untuk memulihkan foto yang terhapus:

  • Jangan memasang aplikasi baru atau membuat perubahan apa pun pada sistem Android Anda sebelum mencoba memulihkan foto yang terhapus.
  • Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan foto yang terhapus, pastikan aplikasi tersebut memiliki reputasi yang baik.
  • Lakukan pencadangan foto Anda secara rutin untuk mencegah kehilangan data di masa mendatang.

Kesimpulan

Itulah 6 cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, Anda dapat memulihkan foto yang hilang, bahkan jika Anda telah menghapusnya dalam waktu lama.

Namun, penting untuk diingat bahwa semakin lama Anda menunggu untuk memulihkan foto yang terhapus, semakin kecil kemungkinan Anda untuk berhasil. Oleh karena itu, jika Anda tidak sengaja menghapus foto penting, segera lakukan tindakan untuk memulihkannya.

Selain itu, untuk mencegah kehilangan data di masa mendatang, sebaiknya Anda melakukan pencadangan foto Anda secara rutin. Anda dapat mencadangkan foto Anda ke Google Photos, OneDrive, atau penyimpanan cloud lainnya.

Leave a Comment