Tips Melamar Pekerjaan yang Tepat, HRD Bakal Terkesan!

Jika Anda belum mendapatkan pekerjaan dan ingin meramalnya. Maka akan membutuhkan beberapa tips melamar pekerjaan supaya dapat diterima. Selain mempersiapkan interview, cobalah untuk membuat HRD terkesan.

Hal tersebut dapat Anda lakukan sebelum waktu interview tiba. Manfaatkan kesan pertama bertemu dengan menarik perhatian para HRD. 

Tips Melamar Pekerjaan yang Tepat

tips melamar pekerjaan di perusahaan impian

Di zaman yang semakin modern ini teknologi kian berkembang. Banyak website yang dapat Anda kunjungi untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. 

Untuk mendapatkan pekerjaan yang baik, Anda harus mempunyai strategi atau tips melamar pekerjaan

Perbaiki Profil

Supaya HRD terkesan, maka perbagus profil Anda. Baik itu saat melamar atau di sosial media. Pasalnya, di era yang semakin modern ini platform sosial media dapat berfungsi sebagai profil branding.

Jadi, keberadaan sosial media dengan profil yang Anda perbagus mampu menarik perhatian HRD. Anda dapat memanfaatkan profil yang bagus untuk keperluan bisnis atau menunjukkan eksistensi. 

Tidak sedikit HRD yang terkadang mengintip calon kandidat dari sosial medianya. Mulai dari profil, keahlian, riwayat pekerjaan, status, dan postingan. Karena pada umumnya, sosial media akan menunjukkan karakter seseorang yang memilikinya. 

Selain itu gunakan alamat email yang benar. Karena terkadang ada yang mengharuskan lamaran melalui email. Tunjukkan kredibilitas Anda dengan kata-kata yang santun.

Membuat Resume

Resume merupakan salah satu tahapan penting dalam tips melamar pekerjaan. Sebaiknya cantumkan profil secara relevan. 

Perkenalkan diri Anda secara singkat kemudian cantumkan pengalaman kerja atau aktivitas lainnya.  Keahlian merupakan salah satu bakat yang menonjol dalam diri Anda dan berguna untuk meningkatkan peluang untuk mendapat pekerjaan. 

Jika masih bingung bentuk resume yang baik, kita telah menyiapkan contoh resume template sebagai inspirasi membuat resume. Resume harus dibuat sedemikian rupa untuk memperlihatkan bakat dan keahlian Anda. 

  √ Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Jangan lupa sertakan foto yang terlihat formal dan professional. Jangan menggunakan efek yang berlebihan. 

Saat melamar pekerjaan secara langsung, kenakan busana yang layak. Misalnya saja kemeja, blazer, dan lain sebagainya. Jangan sampai menggunakan pakain santai seperti kaos. 

Apabila penampilan Anda tidak memenuhi kriteria, bisa jadi HRD tidak akan menerima atau memanggil Anda untuk bekerja. Untuk itu, jangan anggap remeh masalah penampilan, tips melamar pekerjaan berikutnya adalah persiapkan diri sebaik mungkin. 

Memilih Divisi Pekerjaan Serupa

Sebaiknya Anda melamar pekerjaan pada divisi atau bidang yang sama seperti sebelumnya. Hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi Anda. Kemungkinan akan bisa masuk tahap selanjutnya. 

Pengamalan akan meningkatkan peluang Anda untuk dapat diterima dengan baik. Karena kondisi sumber daya manusia Indonesia tergolong rendah kualitasnya. Sehingga banyak dunia usaha dan industri merasa kesulitan ketika merekrut SDM yang berkualitas. 

Bahkan lulusan perguruan tinggi pun banyak yang tidak membawa keterampilan yang memadai. Sehingga tips melamar pekerjaan dengan menyertakan pengalaman akan menjadi salah satu cara terbaik. 

Pasokan tenaga kerja yang terampil sangat sulit dicari di dunia industri. Kondisi seperti inilah yang menghambat majunya dunia industri.

Mencari Info Tentang Perusahaan

Sebelum melamar pekerjaan, sebaiknya mencari informasi mengenai perusahaan yang akan Anda lamar. Sebaiknya Anda paham betul mengenai profil perusahaan. Karena terkadang HRD akan menanyakan hal tersebut, bila Anda dapat menjawabnya tentu akan menimbulkan kesan lebih baik. 

Dengan pengetahuan Anda seputar perusahaan akan menjadi poin plus. Sebab HRD tidak perlu panjang lebar untuk menjelaskan tentang profil perusahaan. 

Anda bisa googling melalui internet informasi tentang perusahaan. Bisa juga dengan menanyakan dan menggali informasi kepada teman. Apabila memungkinkan dapat menanyakannya kepada humas perusahaan tersebut. 

  Contoh Penulisan Surat Dinas Resmi Perusahaan

Selain itu, jangan sering berganti-ganti pekerjaan. Memang hal tersebut akan membuat Anda banyak pengalaman, namun disisi lain dapat menjadi hal yang dipertanyakan. Karena HRD akan menanyakan hal tersebut secara mendetail.

Seringnya berganti pekerjaan, apalagi dalam waktu sebentar maka akan menjadi catatan hitam. Hal tersebut bisa menjadi catatan yang kurang baik pada CV Anda. 

Untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kriteria, maka HRD akan selektif. Untuk itu, persiapkan profil, resume, tes kesehatan, dan interview dengan matang. Tips melamar pekerjaan di atas dapat Anda jadikan bahan pertimbangan supaya HRD terkesan.