Arti Venture Capital Hingga Pembahasan Lengkapnya

Arti Venture Capital (VC) mungkin belum banyak yang mengetahui. Namun bagi seorang pendiri suatu usaha, VC ini tidaklah asing lagi. Karena dengan VC tersebut banyak startupmendapatkan pendanaan dan bantuan untuk mengembangkan bisnis. 

Akan tetapi, semua itu tak hanya berwujud uang saja. Ada pula yang dengan keterampilan atau keahlian khusus. Karena setiap investor memberikan dana ke VC tersebut untuk diberikan kepada perusahaan startupyang memiliki risiko cukup tinggi. 

Pengertian Venture Capital

pengertian venture capital

Pengertian Venture Capital adalah modal atau pembiayaan dalam bentuk uang yang memang diberikan kepada perusahaan startupyang sedang berkembang. Biasanya venture capital ini berasal dari investor hingga beberapa investasi Bank. Selain itu juga berasal dari lembaga keuangan lainnya. 

Biasanya venture capital bukanlah milik perseorangan saja. Karena sebenarnya milik gabungan yang terdiri dari berbagai pihak. VC seperti Manajer Investasi reksadana namun lebih pada porsi besar. 

Selain itu tidak semua perusahaan startup akan didanai venture capital ini karena sangat berisiko. Hal ini tentu mengingat bahwa perusahaan startupmerupakan rintisan yang masih berpeluang mengalami kegagalan. 

Oleh karena itu mengelola modal tersebut mulai dari aktivitas manajemen, penyaluran dana, administrasi pendanaan dan pengawasannya perlu ada yang ahli menjalankannya. Dan yang mengawasi venture capital ini adalah venture capitalist atau venture capital fund

Tugas dan Pekerjaan Venture Capitalist

Venture Capitalist bertugas mengelola dan mengawasi venture capital. Namun yang perlu diketahui, hal ini tidak sekedar memberikan modal dan mulai mengelolanya.

Karena peran venture capital bagi early stage startup adalah memberikan modal, maka perlu adanya pertimbangan dan perhitungan proyeksi keuntungan dari kepemilikan perusahaan startup tersebut. 

Mengingat arti venture capital penting, sehingga memberikan dana investasi dalam jumlah yang cukup besar tidaklah sia-sia. Karena pada dasarnya dana yang digunakan untuk perusahaan startup tersebut adalah dana yang mereka dapatkan dari investor mereka. 

  Kumpulan Grup Whatsapp (WA) Investasi

Hal inilah yang yang sering disebut dengan Limited Partners. Sebagaimana dijelaskan diatas, venture capital adalah terdiri dari dana dari investor kaya yang memiliki perusahaan keluarga secara turun temurun yang cukup panjang.

Hal ini termasuk pemilik dana mengendap atau endowmentdan pemilik dana pensiun yang cukup besar. Sehingga di dalam venture capital juga mencakup staf mulai dari menganalisis, mengelola dan menjadi koneksi pendanaan. 

Arti Venture Capital merupakan Investasi ini lebih berisiko tentunya untuk para investor. Karena uang yang didanakan pada perusahaan startupdan lamanya waktu dalam mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut setidaknya 4 hingga 6 tahun setelah pendanaan awal. 

Resiko dan Tantangan Pemberian Venture Capital

Dalam memberikan dana tentu diperlukan penilaian yang tepat. Hal ini untuk mendapatkan potensi tinggi untuk mereka. Karena pada dasarnya memberikan value bukanlah pekerjaan yang mudah. 

Tantangan dan risiko harus diminimalisir dari awal, inilah kenapa para investor memberikan penilaian terhadap perusahaan startup tersebut.

Meskipun dalam prediksi nantinya masa depan cerah namun tidak ada sebuah jaminan startup ini akan berhasil. 

Arti venture capital memiliki maksud setiap perusahaan startup yang didanai memiliki peluang gagal hingga 90%. Hal ini dengan sebab akibat yang cukup beragam. Sehingga hal ini juga telah diantisipasi melalui trik jitu untuk mencegah kerugian. 

Trik yang digunakan para investor adalah berinvestasi pada beberapa perusahaan startup dalam waktu bersamaan.

Selain itu melakukan pemberian dana pada perusahaan startup yang sedikit berkembang dan sudah teruji. Hanya saja dana yang dibutuhkan juga tidak sedikit, mengingat harus dilakukan pada beberapa perusahaan startup

Kriterianya adalah perusahaan yang telah terverifikasi. Perusahaan yang memiliki potensi mendapatkan cap perusahaan startup unicorn.

  4 Alasan Memilih Creative Agency Untuk Bisnis Anda

Berhubung perusahaan yang memiliki potensi tersebut adalah perusahaan besar maka arti venture capital dana yang dibutuhkan juga akan besar. 

Unicorn ini merupakan istilah untuk mempresentasikan sebuah startup yang telah memiliki valuasi lebih dari USD 1 miliar.

Investor biasanya akan melakukan exitdari perusahaan jika telah berjalan 4 hingga 6 tahun setelah pembiayaan awal.

Caranya menawarkan merger, penjualan saham umum Pertama (IPO) atau akuisisi. Nah inilah pentingnya mengetahui keseluruhan terkait arti venture capital untuk perusahaan startup.