Inilah Jenis Makanan Tinggi Kolesterol Yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi atau kerap dialami seseorang yaitu tinggi kolesterol. Ketika seseorang mengalami masalah kesehatan seperti ini, maka mereka harus bisa menghindari berbagai macam makanan tinggi kolesterol. Jenis kolesterol yang dapat berdampak buruk jika jumlahnya berlebihan di dalam tubuh yaitu LDL. Lalu apa itu LDL? LDL atau (low density lipoprotein) merupakan kolesterol jahat.

LDL memiliki peranan yang penting untuk tubuh, yaitu mengangkut kolesterol dari organ hati menuju sel-sel dalam tubuh. Akan tetapi, jika kadar LDL dalam tubuh ini terlalu tinggi bisa mengendap di dinding pembuluh darah arteri dan selanjutnya akan membentuk plak. Plak yang terbentuk ini dapat menyumbat pembuluh darah dan menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya jantung koroner dan stroke.

Macam Makanan Tinggi Kolesterol

makanan tinggi kolesterol

Perlu anda ketahui, jika kolesterol sebagian besar dihasilkan oleh tubuh anda sendiri, dan yang dihasilkan dari makanan hanyalah 30%. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas dari kolesterol tinggi, maka sebaiknya anda mengetahui berbagai macam jenis makanan tinggi kolesterol seperti berikut ini:

1. Makanan Cepat Saji

Salah satu jenis makanan tinggi kolesterol yang perlu anda batasi yaitu makanan cepat saji atau fast food. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji bisa meningkatkan berbagai macam resiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga obesitas. Seseorang yang sering makan makanan cepat saji biasanya cenderung memiliki kolesterol tinggi dan banyak lemak di bagian perutnya.

Contoh dari makanan cepat saji yang sering dikonsumsi yaitu hamburger dan pizza. Pada makanan ini terdapat kandungan 85-180 kolesterol di dalam tiap satu porsinya. Untuk itu, anda perlu membatasi mengonsumsi makanan seperti ini agar tetap sehat dan bebas dari kolesterol tinggi.

  Kenali Karakter Nyamuk Aedes Aegypti dan Cara Menghindarinya

2. Telur

Telur memang merupakan makanan yang sehat dan menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh. Akan tetapi jika telur dikonsumsi dalam jumlah berlebihan di setiap harinya justru dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Jika anda sudah menderita kolesterol tinggi, sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam mengonsumsi telur. Maksimal anda hanya boleh mengonsumsi telur sebanyak 4-6 butir per minggunya.

3. Seafood

Seafood memang dikenal sebagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi seafood bisa menjadikan tubuh tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebab seafood merupakan jenis makanan tinggi kolesterol yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Jenis seafood yang tinggi kolesterol diantaranya seperti udang, cumi, dan juga kerang. Tak hanya itu saja, lobster juga tinggi akan kolesterol. Maka dari itu, hindarilah mengonsumsi makanan ini secara berlebihan agar anda bisa jauh dari resiko penyakit berbahaya.

Agar lebih aman anda bisa memilih seafood seperti ikan. Selanjutnya diolah dengan cara yang aman seperti direbus atau dikukus.

4. Jeroan

Jeroan adalah salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh orang Indonesia dan banyak dijadikan sebagai hidangan yang lezat dan menggugah selera. Banyak jenis jeroan yang bisa dinikmati, diantaranya seperti hati, otak, usus, babat, dan lain sebagainya.

Mengonsumsi jeroan dengan berlebihan ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, di dalam jeroan terdapat kandungan kolesterol yang tinggi.

5. Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis, nugget, dan daging asap merupakan jenis makanan tinggi kolesterol. Maka dari itu, anda harus bisa membatasi dalam mengonsumsinya.

Mengetahui Manfaat Kolesterol

Walaupun kolesterol sering dihindari karena dianggap membahayakan bagi tubuh, namun ternyata kolesterol juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk tubuh manusia. Bahkan makanan tinggi kolesterol biasanya selalu mereka hindari. Sebenarnya makanan tersebut tidaklah berbahaya jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Lalu, apa saja manfaat kolesterol bagi tubuh?

  Perkembangan Trimester Kehamilan, dengan Antisipasi Perubahan Sang Ibu

Manfaat kolesterol yang pertama yaitu sebagai pelindung sel. Kolesterol merupakan jenis lemak yang sifatnya kaku, sehingga tepat sekali jika berfungsi sebagai pelindung sel dalam tubuh. Sel yang kuat dapat menciptakan jaringan serta organ yang bisa memiliki fungsi optimal.

Manfaat kolesterol yang selanjutnya yaitu bisa membantu memproduksi vitamin D. Perlu anda ketahui, jika vitamin D bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Tak hanya itu saja, vitamin D juga bisa berfungsi untuk membantu fungsi kekebalan tubuh. Selain dari makanan, anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Kolesterol juga bisa menjaga fungsi otak. Seperti yang kita ketahui, jika otak termasuk organ tubuh yang terdapat kandungan kolesterol paling tinggi daripada dengan organ tubuh yang lainnya. Di dalam otak, peran kolesterol yaitu memperlancar antara sambungan saraf. Selain menjaga fungsi otak untuk mengingat, kolesterol juga berfungsi sebagai pemelihara sel otak.

Berbagai manfaat kolesterol tersebut bisa anda dapatkan jika anda bisa menjaga kadarnya agar tetap dalam batas normal dan sehat. Sebab jika kadar kolesterol berlebihan, maka tidak lagi memberikan manfaat namun justru bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit.

Pada umumnya kadar kolesterol bisa dikatakan ideal jika jumlah totalnya kurang dari 200 mg/dl. Kemudian untuk kadar LDL atau kolesterol jahat jumlahnya kurang dari 100 mg/dl pada darah.

Kemudian, kolesterol bisa berbahaya bagi kesehatan jika memiliki kadar kolesterol jahat atau LDL anda hingga mencapai 160 mg/dl atau lebih, lalu untuk total kadar kolesterolnya hingga 240 mg/dl atau lebih.

Dampak Makanan Tinggi Kolesterol Untuk Tubuh

Agar kita bisa mendapatkan tubuh yang fit dan sehat, sebaiknya kita membatasi makanan tinggi kolesterol. Mengapa demikian? Jika kita tidak membatasi makanan yang tinggi kolesterolnya, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

  Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kebaikan Kulit Hingga Jantung

Bahkan banyak penyakit yang bisa beresiko terjadi pada kita. Berbagai penyakit yang bisa timbul akibat berlebihan mengonsumsi makanan tinggi kolesterol diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner sering dialami oleh orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi pada tubuhnya. LDL atau kolesterol jahat yang jumlahnya terlalu tinggi bisa menumpuk serta mengakibatkan penyumbatan. Sehingga pasokan darah menuju jantung menjadi terganggu.

2. Stroke

Kolesterol yang tinggi juga dapat mengakibatkan pembuluh darah mengeras atau atherosclerosis yang bisa mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah di otak. Apabila semua bagian pembuluh tersumbat, maka terjadilah stroke.

3. Hipertensi

Kolesterol tinggi juga bisa mengakibatkan hipertensi atau naiknya tekanan darah di  dalam tubuh. Ketika pembuluh arteri menyempit karena tingginya kolesterol, maka kinerja jantung di dalam memompa darah akan menjadi lebih keras. Dengan demikian, tekanan darah bisa menjadi terlalu tinggi hingga melebihi batas normalnya.

4. Diabetes

Jika seseorang memiliki jumlah LDL atau kolesterol jahat yang terlalu tinggi, maka dapat memicu penyakit diabetes. Kolesterol yang dilapisi gula ini jika dibiarkan saja semakin lama bisa menjadi menumpuk. Dengan demikian, bisa menyumbat dinding arteri dan penyakit diabetes bisa menjadi semakin parah.

Agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya dan mematikan seperti ini, sebaiknya anda menjaga pola hidup anda dengan pola hidup yang sehat. Tak hanya itu saja, sebaiknya anda juga mengatur pola makan dengan pola makan sehat. Sebisa mungkin hindari makanan tinggi kolesterol. Jangan sampai anda mengonsumsinya melebihi batas normal.