Contoh Surat Penawaran: Pengertian Surat Penawaran Beserta Contoh Cara Membuat Surat Penawaran Terlengkap - Ilmu Bahasa

Friday

Contoh Surat Penawaran: Pengertian Surat Penawaran Beserta Contoh Cara Membuat Surat Penawaran Terlengkap

Pengertian Surat Penawaran beserta contohnya terbaru dan terlengkap - Surat Penawaran merupakan bagian dari strategi bisnis untuk mencapai target pasar yang diinginkan. Oleh karenanya, setiap pebisnis yang membuat surat penawaran akan memikirkan dengan matang struktur sampai dengan kalimat di dalamnya.

Membuat surat penawaran tidak dapat dilakukan sembarangan. Melakukan kesalahan kecil bisa meningkatkan potensi kegagalan anda mendapatkan target market yang anda inginkan.

Contoh Surat Penawaran: Pengertian Surat Penawaran Beserta Contoh Cara Membuat Surat Penawaran Terlengkap


Maka, agar anda menjadi lebih waspada dalam membuat surat penawaran, berikut kami sampaikan contoh surat penawaran yang tepat untuk mendukung bisnis anda.

Apa itu Surat Penawaran?

Sebelum membuat sebuah surat penawaran, kami sarankan agar anda memahaminya terlebih dahulu. Dimulai dari pengertiannya, yakni surat penawaran adalah surat yang ditujukan untuk menawarkan sesuatu, baik itu barang atau jasa kepada mitra yang dituju.

Dalam surat penawaran inilah anda menyampaikan keinginan anda untuk menjalin kemitraan. Menilik pada tujuannya, maka dalam surat penawaran harus menggunakan bahasa yang sopan. Di dalam surat penawaran harus terkandung struktur formal, mulai dari pembukaan sampai dengan penutupan. Surat penawaran yang baik akan membuka pintu kerjasama yang baik kepada klian yang anda tuju.

Surat penawaran anda harus mengandung kelengkapan formal seperti memiliki kop surat, kepala surat, pembuka surat, isi surat, dan penutup surat.

Macam-macam Surat Penawaran Barang Beserta Contohnya Terbaru

Untuk membuat surat penawaran barang, anda juga harus memperhatikan struktur yang benar dalam menyampaikan tujuan anda. Misalnya, anda hendak menawarkan barang seperti peralatan pembangunan. Perhatikan stuktur contoh surat penawaran barang berikut ini.


PT. Karya Binangun
Distributor bahan-bahan dan peralatan bangunan terpercaya.
Jl. Ruko Villa Nomor 90, Jakarta.
         Email: [email protected]
         Fax: 021-472492
                                                                                                     Jakarta, 7 Juli 2019

Nomer: 88/SPn/XI/2019
Lampuran: 1 (satu) bendel
Hal: penawaran bahan-bahan dan peralatan bangunan

Kepada,
Manajer pengadaan bahan-bahan dan peralatan bangunan, PT. Indokontraktor Indonesia.
Jl. Jayakarta, Jakarta.

Dengan Hormat,
Dengan surat ini izinkan kami memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami dari PT. Karya Binangun, yang merupakan perusahaan yang fokus sebagai distributor alat-alat dan bahan-bahan bangunan.

Kami menawarkan berbagai macam jenis bahan dan alat bangunan yang siap digunakan. Kami menyediakan bahan dan alat dalam berbagai kualitas dan harga kompetitif dengan pasar.

Bersamaan dengan surat ini, kami sampaikan maksud dan tujuan kami yang berupa ingin menjalin kerjasama dengan PT. Indokontraktor Indonesia. Penawaran yang kami ajukan terkait dengan suplai bahan bangunan kepada PT. Indokontraktor Indonesia.

Kami berniat menyediakan alat-alat dan bahan bangunan yang dibutuhkan PT. Indokontraktor Indonesia dalam menjalankan bisnis. Adapun sebagai bahan pertimbangan PT. Indokontraktor Indonesia untuk mempertimbangkan penawaran ini antara lain sebagai berikut.
  1. Lampiran dokumen bukti sebagai distributor resmi produk-produk yang kami tawarkan.
  2. Lampiran katalog produk lengkap dengan harga.
  3. Lampiran berkas mekanisme kerjasama yang kami ajukan
  4. Lampiran dokumen perjanjian kerjasama
  5. Lampiran metode pembayaran yang kami tawarkan
Kami berharap dengan adanya beberapa dokuman yang kami lampirkan, anda menjadi lebih mudah untuk memahami penawaran dari kami. Kami harapkan anda dapat mempertimbangkan kerjasama dalam jangka panjang.

Demikian surat penawaran ini kami buat. Besar harapan kami, PT. Indokontraktor Indonesia dapat menerima penawaran kami. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor 021-472492.

Demikian kami tutup surat penawaran kami. Atas perhatian dan kerjasama yang anda berikan, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
PT. Karya Binangun.
Ardyan Avelia
Manajer Marketing PT. Karya Binangun.

Pengertian dan Fungsi Surat Penawaran Barang di Perusahaan 

Surat penawaran barang merupakan surat yang penawaran kerjasama yang di dalamnya melampirkan jenis barang yang hendak ditawarkan kepada calon mitra. Fungsi dari surat penawaran barang adalah untuk membuat mitra mengetahui bahwa perusahaan anda memiliki barang yang dibutuhkan oleh mitra.

Contoh Surat Penawaran Barang Terbaru 

Anda yang sedang berusaha membuat surat penawaran barang, berikut adalah contoh surat penawaran barang.

Nomor : 28/PCK/PAC/VI/2018 Yogyakarta, 5 Agustus 2018
Kepada : Yth, General Manager PT Kramabangga
Jl. Yogayakarta-Wates no 15
Yogyakarta

Dengan Hormat,
Melalui surat penawaran barang ini kami PT Cat Abadi yang bergerak di bidang produksi dan distribusi cat menawarkan barang berupa cat kepada PT. Kramabangga. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang desain interior kami yakin anda membutuhkan cat yang berkualitas dan sesuai dengan standar produk-produk interior anda.

Berdasarkan sumber informasi kami, PT Kramabangga adalah perusahaan penyedia jasa desain interior bangunan yang terkenal. Perusahaan anda menyediakan jasa interior kepada berbagai macam kalangan.

Jasa anda yang berpusat di bidang interior kerap membutuhkan cat untuk menghias interior ruangan. Karenanya kami menwarkan cat berkualits kepada perusahaan anda untuk mendukung kualitas produk anda kedepannya.

Bersama dengan surat ini kami lampirkan katalog produk. Di dalamnya terdapat keterangan spesifikasi produk yang dapat anda peritmbangkan. Bila perusahaan berminat dengan produk usaha kami, kami akan mengirimkan pesanan anda. Kami akan berikan harga khusus jika anda membeli dalam jumlah mencapai IDR 5.000.0000.

Demikian surat penawaran barang dari kami, semoga ada beberapa produk kami yang cocok dengan produk anda.
Hormat Kami,
PT Cat Abadi

Darusman
Manager Marketing

Contoh surat penawaran barang untuk sekolah


Sekolah juga bisa menjadi bagian penting dari bisnis. Salah satunya ialah bisnis peralatan sekolah, seperti buku-buku dan pensil. Bila anda termasuk produsen dari salah satu barang tersebut, anda bisa menawarkan barang anda dengan melayangkan surat penawaran sebagai berikut.

Kepada
Kepala Sekolah SMA N 3 Yogyakarta
Di Yogyakarta
Dengan Hormat,

Dengan surat ini kami dari CV Pencil yang bergerak di bidang penyediaan peralatan sekolah ingin menawarkan barang-barang yang diperlukan untuk kebutuhan sekolah. Kami memproduksi peralatan sekolah yang tidak hanya buku dan pensil saja, melainkan kami juga dapat menyediakan buku paket materi sekolah.

Kami bekerjasama dengan penerbit buku sekolah untuk menyediakan lembar kerja siswa sampai dengan buku-buku bacaaan. Sebagaimana yang anda ketahui, murid-murid di sekolah pastinya membutuhkan buku-buku dan peralatan yang berkualitas.
Kami siap memberikan diskon sampai 30 % jika pihak sekolah memborong buku-buku dan peralatan sekolah yang kami tawarkan. kami berharap produk-produk kami dapat menunjang pendidikan di lingkungan sekolah anda.
Demikian surat penawaran barang kami kepada sekolah anda. Atas perhatian dan kerjasama dari anda, kami ucapkan terimakasih.
Bandung, 4 November 2018
Hormat kami,

Manager Merketing

PT Pencil

Contoh Surat Penawaran Barang Untuk Dinas

Menjalin hubungan bisnis tidak hanya dengan personal. Hubungan bisnis yang dibangun dengan kedinasan juga bisa memberikan profit yang besar. Banyak surat penawaran yang biasa diajukan oleh pihak swasta dalam rangka menjalin kerjasama dengan Dinas Terkait, misalnya Surat Penawaran Barang Untuk Dinas Pendidikan terkait pengadaan buku dan mebelair atau Surat Penawaran Barang Untuk Dinas Tata Kota, Surat Penawaran Barang Untuk Dinas Pekerjaan Umum, Surat Penawaran Barang Untuk Dinas Perhubungan, Surat Penawaran Barang Untuk Dinas Kebersihan, Surat Penawaran Barang Untuk Dinas Pemuda dan Olahraga, kesemuanya baik Dinas Propinsi maupun Dinas Kabupaten.


Salah satunya ialah kerjasama penyediaan catering makan siang untuk pegawai dinas. Jika anda merupakan salah stu pemilik usaha catering, mungkin anda dapat menawarkan produk anda kepada dinas dengan cara sebagai berikut.

.Bandung, 2 Juli 2018
Hal: Penawaran Catering
Lamp: Daftar Makanan

Kepada Yth,
Manajer Operasional Dinas Kesehatan Bandung
Bandung

Dengan hormat,
Bersama surat ini kami dari perusahaan Catering Sehat yang bergerak di bidang layanan jasa catering menawarkan jasa catering kami kepada anda. Perusahaan kami yang bergerak di bidang makanan,kepada Dinas Kesehatan Bandung kami menawarkan makanan sehat dan higienis dengan cita rasa yang lezat.

Mengenai jenis menu yang kami tawarkan, kami lampirkan daftar makanan yang dapat kami sediakan. Sekiranya dari pihak Dinas Kesehatan Bandung dapat memilih paket catering setiap harinya, silahkan hubungi kontak kami.

Demikian surat penawaran kami tawarkan kepada anda. Kami akan senang jika perusahaan kami dengan Dinas Kesehatan Bandung dapat bekerjasama dalam jangka waktu yang panjang ke depannya. Terimakasih atas perhatian anda.

Hormat kami,
Promotion Staff

Contoh Surat Penawaran Barang untuk Rumah Sakit

Rumah sakit juga merupakan lembaga yang sangat tepat untuk diajak bekerjasama. Lembaga ini membutuhkan banyak hal dari vendor-vendor seperti catering, pembersih lingkungan rumah sakit, dan masih banyak lagi hal lainnya.


Anda pun bisa menawarkan barang kepada rumah sakit. Misalnya peralatan medis dan lain sebagainya. Berikut merupakan contoh surat penawaran barang kepada rumah sakit jika anda hendak menawarkan peralatan medis kepada mereka.

Perihal : Penawaran Peralatan Medis
Lampiran :2 (Dua) lembar

Kepada Yth,
Direktur Rumah Sakit
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Dengan surat ini tim marketing strategi dari perusahaan Medical Tools hendak menawarkan sejumlah barang perawatan medis. Medical Tools adalah perusahaan yang berfokus pada memproduksi peralatan perawatan medis.

Barang produksi kami beragam, mulai dari kursi roda, kruk, tempat tidur pasien, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, secara khusus kami menawarkan peralatan perawatan medis tersebut kepada rumah sakit anda.

Kami lampirkan dua lembar katalog produk kami, yang mana tujuannya agar dapat anda periksa. Anda pun dapat mendatangi langsung kantor dan pabrik kami untuk melihat barang peralatan medis kami diproduksi dengan memperhatikan standar-standar medis yang penting.

Pemilik Medical Tools sendiri merupakan mantan Direktur Rumah Sakit, yang mana sangat memahami standar keamanan dan medical dari perlatan medis untuk digunakan.

Apabila rumah sakit anda membeli peralatan dari perusahana kami, perusahaan akan memberikan beberapa keistimewaan, di antaranya:

1. Garansi 2 tahun
3. Layanan asuransi
4. Aksesoris dengan suku cadang asli
5. Barang yang rusak dapat dikembalikan
7. Menerima sistem tukar tambah peralatan medis yang sebelumnya dibeli di perusahana kami di kemudian hari
8. ada bonus menarik untuk setiap pembelian dalam jumlah banyak

Di dalam lampiran kami sertakan brosur lengkap dengan harga. Kami harapkan brosur tersebut dapat mempermudah anda untuk memilih produk yang kami tawarkan.

Demikian penawaran dari kami, semoga mendapatkan perhatian positif dan bisa bekerjasama secepatnya dalam waktu jangka panjang.

Hormat Kami,


Tim Marketing Medical Tools

Pengertian dan fungsi Surat Penawaran Jasa yang baik dan benar

Surat penawaran jasa merupakan sebuah surat yang berisikan penawaran jasa dari sebuah perusahaan tertentu kepada mitra. Sifat penawaran jasa disesuaikan dengan jenis jasa yang hendak ditawarkan

kepada calon mitra.
Sementara itu, fungsi dari surat penawaran jasa juga akan sesuai dengan jenis jasa yang ditawarkan. Akan tetapi, pada umumnya, fungsi dari surat penawaran jasa adalah untuk membuat calon mitra memilih jasa yang anda tawarkan.

Beberapa fungsi surat penawaran jasa yang baik dan benar yang perlu ketahui di antaranya sebaiknya mengandung hal-hal sebagai berikut.

Surat penawaran jasa mengandung penawaran terikat memiliki sifat terikat. Dengan demikian, jika terjadi kesepakatan, pihak perusahaan wajib memberitahukan harga atau jumlah barang yang berubah suatu saat kepada perusahaan.

Sementara itu, ada juga penawaran beabs yang fungsinya memberikan kebebasan kepada perusahaan untuk memesan produk. Mitra perusahaan tidak wajib saling memberitahukan dalam jangka waktu tertentu jika ada perubahan pesanan. Demikian sebaliknya, perusahaan tidak perlu memberitahukan sebelumnya jika ada perubahan harga.


Selain itu ada penawaran bersifat jangka waktu yang fungsinya membebaskan kerjasama sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati. Jika ingin ada hubungan keberlanjutan maka dibutuhkan penandatangan ulang kontrak kerjasama.

Demikian Surat Penawaran ini kami sampaikan, besar harapan kami terjalin hubungan kerjasama dengan instansi bapak. Terimakasih

Hormat Kami,

Manajer Operasional Lapangan

Contoh Surat Penawaran Jasa Konsultan

Jasa konsultan di bidang bisnis sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Terutama bagi mereka yang hendak menuju pasar internasional. Dibutuhkan pengetahuan tentang kondisi pasar global. Oleh karena itu, anda bisa menawarkan jasa konsultan bisnis anda jika anda memilikinya.


Berikut adalah contoh bentuk surat penawaran jasa konsultan untuk anda.

Nomor : 15/PBIG/CVK/I/2019
Lamp : 1 (Satu) berkas
Hal : Penawaran Jasa Konsultan Bisnis Marketing Digital
Ruang Mawar sampai Ruang Melati Lt.1-4

Kepada:
Direktur Perusahaan Fashion Gemilang
Jl. Pamekaran 5 Bandung Selatan.

Dengan hormat,

Sehubungan dengan perkembangan pasar global yang sangat luas, kami perusahaan Brand Branding dari Bandung menwarkan jasa konsultan bisnis marketing digital kepada perusahaan Fashion Gemilang.

Kami menawarkan jasa kami karena kami melihat pentingnya pemasaran di ranah digital untuk menembus pasar global. Terutama karena produk anda adalah produk fashion yang memiliki pasar potensial di luar sana.

Brand fashion anda bisa mendominasi pasar dengan bantuan marketing digital yang kami tawarkan. fasiltas yang dapat kami sediakan dalam  kaitannya dengan jasa konsultan bisnis marketing digital ialah sebagai berikut.

  • Developer website
  • Tim media sosial marketing
  • Riset dan analisa kondisi pasar fashion global
Terkait dengan jenis layanan, kami jelaskan dalam lampiran, lengkap dengan pilihan paket yang cocok untuk perusahaan anda.

Demikian surat penawaran jasa konsultan kami kepada perusahaan anda. Kami harapkan anda memiliki minat untuk bekerjasama dalam jangka panjang dengan perusahaan kami.
Salam Hormat kami,
PT. Brand Branding




Contoh Surat Penawaran Jasa Desain Rumah

Jasa desain rumah juga dapat ditawarkan ke developer rumah dan bangunan. Anda bisa menawarkan keahlian anda kepada mereka sehingga anda menjadi mitra potensial bagi proyek mereka.

Jika anda berhasil mendapatkan kontrak kerjasama, anda pun akan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun sebelum itu, dibutuhkan surat penawaran jasa desain rumah yang baik terlebih dahulu.
Berikut adalah salah satu contoh surat penawaran jasa desain rumah yang dapat kami contohkan kepada anda.




Nomor : 34/MD/CVDB/ V/2017
Lamp :     1. Contoh Desain Rumah (5) Lima Halaman
                2. Surat Perjanjian kerjasama 1 bundel

Kepada, Yth:
Pimpinan CV. BARA
Jl Hijau Limau Bandung

Dengan hormat,

Kami dari PT. Yakin bermaksud menawarkan jasa desain rumah kepada perusahaan anda selaku kontraktor bangunan yang bergerak di Bandung dan sekitarnya. Kami menawarkan beberapa jenis desain rumah yang dapat dikerjakan oleh tim kami.

Contoh desain rumah yang dapat dikerjakan oleh tim kami dapat anda lihat di lampiran.  Desain rumah yang dikuasai oleh tim kami adalah rumah minimalis, art-deco, modern klasik, vintage, dan lain sebagainya.

Jenis kerjasama yang kami tawarkan ialah terikat, di mana perusahaan anda dapat memesan sejumlah desain dalam jangka waktu tertentu dan membelinya. Meski demikian, kami tidak menutup jenis kerjasama dalam bentuk lain.

Terkait dengan jenis surat kontrak kerjasama, kami lampirkan bentuk surat kerjasama tersebut dalam lampiran. Dengan demikian anda dapat memeriksa dan memilih.

Demikian, penawaran kerjasama desain rumah yang kami tawarkan kepada CV BARA. Kami berharap perusahaan anda dapat menjalin kerjasama dengan kami.

Hormat kami,

PT. Yakin




Manager Pemasaran

Struktur dan Cara Membuat Surat Penawaran Yang Baik dan Benar

Dalam membuat surat penawaran yang baik dan benar dibutuhkan pengetahuan struktur yang baik dan benar. Berikut merupakan struktur pembuatan surat penawaran yang tidak boleh anda lupakan.

Contoh Surat Penawaran: Pengertian Surat Penawaran Beserta Contoh Cara Membuat Surat Penawaran Terlengkap

Kop Surat

Bagian teratas dari surat penawaran adalah kop surat. Bagian ini tidak boleh tidak ada. Isi dalam kop surat umumnya disertakan nama perusahaan, alamat perusahaan, dan kontak perusahaan yang dapat dihubungi.

Kepala Surat

Surat penawaran harus memiliki kepala surat. Di dalamnya terkait tanggal, nomor, jumlah lampiran, perihal, dan tujuan surat penawaran.

Pembuka Surat

Dalam sebuah surat resmi selalu ada bagian pembuka surat. Demikian juga dengan surat penawaran tertentu. Anda harus mencantumkan pembuka surat.

Isi Surat

Hal penting dalam surat penawaran tentu harus memiliki isi surat. Di dalam isi surat inilah anda harus mencantumkan tujuan dan hal-hal penting menyangkut tujuan penawaran yang anda lakukan. Di dalam isi, anda beri penjelasan mengenai produk yang akan ditawarkan. Termasuk juga di dalamnya ada cara memperoleh, cara pemesanan, atau pembayaran produk.

Penutup

Setelah jenis penawaran anda jelaskan di bagian surat, jangan lupa untuk menutup surat. Anda harus membuat penutup surat yang berkesan dan tetap memiliki nilai keseriusan.

Demikian struktur penulisan surat penawaran kerjasama. Lebih baik jika anda mempelajari terlebih dahulu cara menulis surat kemudian mengevaluasinya sebelum anda mengirimkannya. Kurang lebih adalah berikut cara menulis surat penawaran.

6 Tips Menulis Surat Penawaran Yang Baik dan Benar

Pertama adalah sampaikan identitas perusahaan anda pada bagian kop surat. Identitas perusahaan akan sangat penting untuk membuat calon mitra mengetahui siapa pengirim surat tersebut.

Setelah itu langkah kedua ialah sampaikan tujuan penawaran dan sampaikan tentang produk barang atau jasa yang hendak anda tawarkan. sampaikan bentuk kerjasama yang anda inginkan kepada klien sesingkat dan sejelas mungkin.

Langkah ketiga, jelaskan mengenai produk yang anda tawarkan tersebut dalam bahasa yang mudah dimengerti. Jelaskan pula stok yang dapat anda sediakan jika itu terkait barang kepada perusahaan calon mitra.

Langkah keempat adalah sampaikan adanya harga khusus. Buat kesan yang baik terkait harga kepada mitra supaya bisa lebih tertarik untuk melakukan kerjasama.

Harga khusus akan menarik perhatian mitra. Oleh karenanya, baik untuk menyampaikan range harga produk anda kepada calon mitra.

Langkah kelima, jangan lupa untuk menyampaikan tata cara pembayaran. Beri calon mitra kemudahan untuk melakukan transaksi akan meningkatkan kepercayaan mereka.

Selanjutnya, dan merupakan langkah terakhir adalah pengiriman barang. Sudah seharusnya anda menyampaikan cara anda menyampaikan barang yang kelak akan dipesan klien. Pastikan anda memberikan jaminan keamanan kepada setiap barang yang akan dikirim nantinya.

Demikian penjabaran tentang contoh surat penawaran sampai kepada struktur dan cara membuatnya. Anda bisa mulai membuat sendiri di rumah sebelum anda melakukan penawaran. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top