Kebugaran Jasmani: Pengertian, Komponen, Konsep, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Macam-Macam Kebugaran Jasmani - Ilmu Bahasa

Monday

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Komponen, Konsep, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Macam-Macam Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani - Pada kesempatan sebelumnya, kita sudah berbagi mengenai RPP Pendidikan Jasmani yang bisa anda lihat dan bisa gunakan sebagai bahan pembelajaran jasmani di kelas anda. 

Kebugaran jasmani merupakan kebutuhan fital yang harus dimiliki manusia. Sebab, kondisi tubuh yang kurang sehat bisa menyebabkan seseorang tidak dapat melakukan aktifitasnya. Jika aktifitas terhambat maka proses produksinya bisa rusak dan dia tidak memperoleh keuntungan apapun dalam hidupnya. Ini juga dapat merusak hakikat hidupnya sebagai manusia.

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Komponen, Konsep, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Macam-Macam Kebugaran Jasmani


Agar lebih jelas mengenai arti kebugaran jasmani dan pentingnya memiliki kebugaran jasmani, simak penjelasan singkat di bawah ini.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian kebugaran jasmani adalah kondisi tubuh yang dapat melakukan berbagai macam aktifitas dengan baik tanpa mengalami suatu masalah tertentu seperti cepat merasa lelah dan lesu. Kebugaran juga berarti kondisi tubuh yang sehat sehingga dapat digerakkan untuk melakukan aktifitas secara optimal.

Sekalipun sudah melakukan kegiatan secara optimal, tubuh masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan tambahan lainnya. Maka, secara umum dapat dilihat bahwa kebugaran jasmani diklasifikasikan menjadi dua bagian.

Pertama sehat, tubuh disebut bugar ketika tubuh juga dalam kondisi sehat yang ditunjukkan dengan tubuh terbebas dari segala macam gejala penyakit.

Kedua, kondisi tubuh bugar, yang mana ditunjukkan dengan dapat melakukan segala macam aktifitas secara optimal tanpa merasakan lelah yang berlebihan bahkan masih memiliki tenaga cadangan untuk melakukan aktifitas tambahan di luar aktifitas utamanya.

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Komponen, Konsep, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Macam-Macam Kebugaran Jasmani

Komponen Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani memiliki beberapa komponen penting yang harus dipenuhi oleh tubuh. berikut merupakan komponen kebugaran jasmani yang dimaksud.

1. Kekuatan (Stenght)

Kekuatan dalam komponen kebugaran jasmani ialah kemampuan otot dan seluruh syaraf anggota tubuh dalam memikul beban dan melakukan aktifitas, baik itu aktifitas ringan maupun berat. Masing-masing individu memiliki batasan dan kemampuan masing-masing dalam memaksimalkan kekuatan ototnya untuk melakukan aktifitas.

Masing-masing individu juga dapat meningkatkan aktifitas otot dengan melakukan beberapa latihan fisik secara teratur. bentuk latihan fisik bisa beragam antara lain:
  • sit up yang efektif untuk memperkuat otot perut
  • Push up, yang efektif untuk memperkuat otot lengan
  • Squat Jumpt yang efektif untuk memperkuat otot tungkai dan otot perut
  • Pull up yang efektif untuk melatih kekuatan bahu dan tangan

2. Daya Tahan (Endurance)

Kekuatan saja tidak cukup untuk memastikan seseorang memiliki kebugaran tubuh yang prima. Masing-masing individu harus memiliki daya tahan di balik kekuatannya.

Daya tahan merupakan kesanggupan seluruh organ tubuh untuk melakukan tugasnya. Organ tubuh yang dimaksud tentu saja jantung, paru-paru, ginjal, hati, dan lain sebagainya. Jika organ-organ tersebut dapat bekerja secara efektif sesuai dnegan tugasnya masing-masing maka tubuh dijamin memiliki daya tahan terhadap serangan penyakit.

Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan latihan yang teratur. bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh berbeda dengan latihan meningkatkan kekuatan otot. Latihan daya tahan tubuh bisa berupa berjalan sehat, berlari kecil, dan senam kesehatan secara rutin. Berenang juga bisa menjadi latihan efektif untuk meningkatkan kekuatan paru-paru.

3. Daya Otot (Muscular Power)

Otot disebut menjadi bagian dari kekuatan tubuh seseorang untuk memenuhi syarat kebugaran, karenanya otot merupakan bagian khuus yang diperhatikan dalam menjaga kebugaran tubuh seseorang.
Pengertian daya otot dalam komponen kebugaran tubuh ini adalah kemampuan otot dalam menghasilkan dan menyalurkan energi secara maksimal dalam waktu tertentu. Misalnya ketika seorang atlit mengangkat besi, diperlukan kekuatan otot untuk melakukan angkat besi dalam beberapa waktu tertentu.

Kemampuan otot juga dapat ditingkatkan seperti halnya kekuatan tubuh dan daya tahan tubuh. untuk meningkatkan kemampuan otot, yang perlu anda lakukan adalah melakukan latihan seperti:
  • Vertical jump untuk meningkatkan daya tahan otot tungkai
  • Front jump untuk meningkatkan kekuatan otot betis dan tungkai
  • Side jump untuk meningkatkan kekuatan otot paha dan tungkai


4. Kecepatan (Speed)

Kecepatan sebagai komponen kebugaran di sini berarti adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan dalam satu waktu tertentu. Umumnya, kecepatan dibutuhkan dalam berbagai bidang olahraga terutama lari, balap sepeda, lomba berenang, dan lain sebagainya.

5. Daya lentur (Flexibility)

Daya lentur dalam komponen kebugaran jasmani berarti kesanggupan tubuh untuk menyesuaikan diri dengan gerakan yang diperlukan ketika beraktifitas. Dalam kehidupan sehari-hari kelenturan sangat dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan tingkat produksi yang terus meningkat.

Dalam kehidupan sehari-hari kelenturan tubuh diperlukan oleh pegawai kantor, atlit, bahkan pebisnis sekalipun. Latihan untuk melenturkan otot dapat berupa:
  • Hip Flexor/ Quad Stretch yang bermanfaat untuk melenturkan otot pinggul.
  • Bridge with Leg Reach bermanfaat untuk melentorkan otot dada, perut, penggul, glutes, dan juga kaki.
  • Seated Trunk Twist dapat meningkatkan kelenturan otot punggung, perut, dan oblique.
  • Foldover Stretch dapat membantu melenturkan otot leher, glutes, hamstring, betis, dan punggung.
  • Butterfly Stretch dapat melenturkan otot leher, punggung, glutes, hamstring, dan paha.
  • Lower Back dan glutes dapat melenturkan otot punggung atas, bawah, dan glutes.
  • Swan Stretch dapat melenturkan otot bahu, punggung, abs, oblique, dada, dan bip flexor.

6. Kelincahan (Agility)

Kelincahan juga merupakan ukuran kebugaran tubuh. kelincahan diartikan seabgai kemampuan tubuh bergerak dengan cepat dalam posisi yang berbeda-beda tanpa halangan. Misalnya melakukan gerakan dari kiri ke kanan, depan belakang, berputar dan lain sebagainya tanpa hambatan.

Gerakan-gerakan ini sangat penting bagi seseorang yang harus dapat bekerja dengan cepat. Hal ini akan sangat dirasakan oleh para atlit sepakbola, tenis lapangan, badminton, basket, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk meningkatkan kelincahan, latihan yang baik ialah latihan lari zig-zag, naik turun tangga, dan melompat dengan cepat.

7. Koordinasi (Coordination)

Kemampuan koordinasi juga termasuk dalam tanda komponen kebugaran seseorang bugar atau tidak. kemampuan koordinasi ialah kemampuan tubuh dalam mengintegrasikan perintah gerakan dari otak ke bagian tubuh yang dikehendaki.

Misalnya untuk melakukan gerakan cepat secara efektif, atau melakukan tembakan, mengontrol bola, mengetik dengan cepat dan tepat, dan lain sebagainya. Semua itu dibutuhkan koordinasi yang sehat dari otak menuju organ tubuh yang dikehendaki.

8. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan adalah kemampuan tubuh dalam mengontrol syaraf tubuh ketika melakukan kegiatan sehingga tidak terjadi upaya yang tidak diinginkan. Seluruh aktifitas manusia membutuhkan daya seimbang agar tujuan dari aktifitas itu mencapai sasarannya.

Keseimbangan bisa ditingkatkan dengan latihan seperti berdiri dengan satu kaki, berdiri terbalik dengan satu tangan, berjalan di atas tali, dan lain sebagainya. Anda juga dapat melakukannya dengan yoga untuk memaksimalkan daya konsentrasi yang berpengaruh besar pada daya keseimbangan.

9.  Ketepatan (Accuracy)

Percumah memiliki kecepatan tanpa ketepatan. Maka ketepatan juga menjadi tolok ukur seseorang memiliki kebugaran prima. Ketepatan adalah kemampuan tubuh dalam menggerakkan anggota tubuhnya sesuai dengan target yang diinginkan.

Seperti misalnya, seseorang dapat menembakkan busur panah tepat di tengah-tengah target. Bisa juga hal lainnya seperti mengoper bola dalam permainan bola basket, voli, dan lain sebagainya.

10. Reaksi (Reaction)

Bagian penting dari kebugaran tubuh lainnya ialah reaksi yang merupakan kemampuan tubuh dalam menanggapi perintah otak dan faktor dari luar tubuh. ketika dia bisa merespon sesuatu dengan cepat, itu berarti reaksi tubuhnya berada dalam kondisi yang baik. Reaksi bisa berupa kemampuan tubuh untuk menghindar, menyerang, dan bertahan.

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Komponen, Konsep, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Macam-Macam Kebugaran Jasmani

Konsep Kebugaran Jasmani 

Dari pengertian dan komponen kebugaran jasmani di atas, dapat dilihat bahwa kebugaran jasmani tidak hanya menunjukkan kesehatan tetapi juga kondisi seseorang dapat menjalankan aktifitas sehari-harinya atau tidak. Oleh karena itu, terdapat tiga hal penting untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki kebugaran jasmani yang dapat diandalkan.
Ketiga hal itu adalah sebagai berikut:

- Fisik

Fisik berkaitan dengan kondisi otot, syaraf, tulang dan organ tubuh lainya.

- Fungsi Organ

Fungsi organ sendiri merupakan hal penting karena berkaitan langsung dengan area permroduksi energi seperti sistem jantung, pembuluh darah, ginjal, pencernaan, sistem pernafasan, dan lain sebagainya. Bilamana salah satunya terganggu, maka seluruh anggota tubuh terancam.

- Respon Otot

Respon otot juga menjadi bagian penting sebagai tanda aspek kognitif dan motorik seseorang tumbuh maksimal hingga bisa menjalankan aktifitas berat maupun ringan. Respon otot berkaitan dengan kestabilan, kecepatan, kelemahan dan kekuatan tubuh.

Dari ketiga hal tersebut diatas, dapat disimpulkan pula bahwa latiha fisik yang diperlukan seseorang untuk meningkatkan kebugarannya bisa berbeda-beda. Semuanya tergantung dari kondisi fisiknya.

Fungsi Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani memiliki fungsi yang sangat besar untuk kehidupan seseorang. Kebugaran jasmani memiliki fungsi yang dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya, antara lain sebagai berikut. 

1. Berdasarkan Aktifitas

Fungsi kebugaran jasmani berdasarkan aktifitas dapat dilihat dari semua orang ialah tubuh secara optimal dapat bergerak di berbagai bentuk aktifitas. Tubuh juga dapat membantu seseorang menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan sasaran dan bidang profesi masing-masing orang.

2. Berdasarkan Keadaan

Kebugaran tubuh berdasarkan keadaan dapat dilihat secara nyata di antara disabilitas, ibu hamil, ibu menyusui, dan lain-lain. Masing-masing memiliki keadaan yang berbeda, namun membutuhkan kebugaran tubuh untuk melaksanakan tugasnya masing-masing. Oleh karena itu kondisi didukung dengan latihan dan asupan makanan yang berbeda juga.

3. Berdasarkan Usia

Kebugaran tubuh berdasarkan usia berbeda-beda. Anak-anak, orang dewasa, lansia tetap membutuhkan kebugaran tubuh agar bisa tetap beraktifitas.

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Komponen, Konsep, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Macam-Macam Kebugaran Jasmani

10 Tujuan dan Manfaat Kebugaran Jasmani Terlengkap

Sejauh ini didapatkan kenyataan bahwa kebugaran jasmani sangat penting untuk kehidupan sehari-hari semua orang. kebugaran jasmani juga memiliki tujuan dan manfaat yang penting untuk tubuh itu sendiri, misalnya ialah sebagai berikut:
  1. Membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh mampu beregenerasi sesuai dengan waktunya
  2. Kekuatan otot, tulang dan persendian yang sehat akan mencegah tubuh mengalami osteoporosis dan penuaan dini
  3. Latihan kebugaran tubuh dapat memperbaiki penampilan tubuh secara lebih proporsional
  4. Dengan memiliki tubuh yang bugar, stamina dan kekuatan tubuh tetap stabil sehingga bisa memproduksi energi yang bermanfaat.
  5. Tubuh yang sehat dapat memperbaiki sirkulasi darah dan sistem kerja jantung secara otomatis
  6. Respon baik yang dimiliki tubuh dapat menjaga seseorang dari ancaman luar yang merugikan.
  7. Tubuh yang bugar mencegah potensi obesitas dan cepat lelah yang merugikan
  8. Tubuh yang bugar mengurangi potensi serangan penyakit
  9. Tubuh yang sehat dengan aliran darah yang lancar menurunkan resiko stroke, tekanan darah tinggi, dan gangguan syaraf.
  10. ubuh yang bugar membuat seseorang terbebas dari depresi dan stress

Demikian itu kurang lebih tujuan dan manfaat dari menjaga kebugaran jasmani. Masing-masing bisa ditingkatkan dan dijaga secara lebih maksimal.

10 Macam-macam Kebugaran Jasmani Terbaru

Kebugaran jasmani memiliki beberapa macam bentuk. Bila anda ingin meningkatkan kebugaran jasmani anda, silahkan ikuti petunjuk singkat macam-macam kebugaran jasmani berikut ini.

1. Latihan Kelincahan (agility)

Seperti yang disebutkan kelincahan adalah bentuk kebugaran jasmani yang berpengaruh besar pada aktifitas seseorang. Kelincahan juga terkait erat dengan macam-macam kebugaran jasmani lainnya.
Ada banyak jenis latihan kelincahan. Bisa dimulai dari berlari sambil mengubah gerak tubuh seperti zig zag, bolak balik, jongkok berdiri dan seterusnya. Manfaat latihan ini sangat besar, keseimbangan dan kelincahan tubuh kamu dalam menanggapi sesuatu dapat berjalan maksimal.

2. Latihan Daya Ledak (power)

Daya ledak menjadi bagian dari macam-macam kebugaran yang harus dimiliki untuk menjaga kekuatan tubuhmu. Dukungan daya ledak dapat memaksimalkan potensi tubuhnya dalam melakukan tugasnya.
Latihan rutin untuk meningkatkan daya ledak seperti lompat jongkok, lompat dengan dua kaki, melompati box, lompat dengan dua kaki secara bergantian. Latihan ini akan memaksimalkan kekuatan dan kecepatan. Hasil latihan ini akan membuatnya menjadi semakin cepat tanggap secara fisik terhadap situasi lingkungan.

3. Latihan Kecepatan (speed)

Dalam kebugaran jasmani, kecepatan sangat penting. Kecepatan tergantung pada kondisi fisik dan kekuatan tubuh itu sendiri.

Kecepatan juga berpengaruh pada kelincahan, daya pikir, dan daya ledak yang dimiliki tubuh. untuk meningkatkannya, latihan yang diperlukan adalah lari naik turun tangga, lari cepat,  dan lari dengan mengubah-ubah kecepatan.

Semua itu akan memicu respon organ di dalam tubuh, otot, sampai dengan syaraf dan aliran darah. frekuensi gerak harus diatur untuk menembangkan kekuatan yang dinamis di dalam tubuh.

4. Latihan Kekuatan (strengh)

Kebugaran jasmani yang penting berikutnya ialah kekuatan. Untuk meningkatkan kekuatan tubuh dari kepala sampai kaki dibutuhkan latihan seperti push up, sit up, back up, angkat beban dan lain sebaginya. Porsi latihan harus disesuaikan dulu dengan kondisi fisik.

5. Latihan Kelenturan (Flexibility)

Kelenturan adalah bagian penting dari kebugaran jasmani. Latihan yang bisa anda manfaatkan untuk meninkatkan kelenturan seperti pemanasan dengan hola hup, senam tali, dan berbagai macam jenis senam lainnya.

6. Latihan Keseimbangan (balance)

Kebugaran jasmani juga dapat diukur dari keseimbangan tubuh. untuk meningkatkannya dapat dilakukan latihan yoga setiap beberapa menit. Dalam menu latihan yoga akan ada seluruh jenis peregangan otot untuk menjaga dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

7. Latihan Ketepatan (Accuracy)

Latihan ketepatan berfungsi untuk membantu seseorang membidik sesuatu. latihan yang diperlukan untuk meningkatkan hal ini bisa berupa menembak atau memanah.

8. Latihan Daya Kerja Jantung

Kebugaran tubuh sangat dipengaruhi oleh kesehatan jantung. Oleh karenanya, menjaga kesehatan jantung juga faktor penting untuk menjaga seluruh anggota tubuh. Anda bisa meningkatkan kerja jantung dengan latihan lari jarak pendek, sprint atau maraton.

9. Latihan Koordinasi (coordination)

Bentuk latihan koordinasi untuk kebugaran tubuh adalah kebutuhan unik supaya tubuh tetap dapat mengintegrasikan gerakan berbeda yang diperintahkan oleh otak. Diperlukan latihan-latihan yang dapat memaksimalkan kerja otak seperti menyusun puzzle, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

10. Latihan Daya Tahan Otot

Daya otot adalah syarat lain tubuh seseorang disebut bugar. Latihan daya otot harus dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu yang relatif lama.
Latihan yang anda butuhkan harus dimulai dari pemanasan. Kemudian seseorang melanjutkan latihan dengan menu latihan lain seperti yoga, angkat beban, dan lain sebagainya.

Demikian pemaparan tentang kebugaran jasmani untuk anda. semoga dapat menambah inspirasi untuk menjaga kebugaran tubuh.

Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top