Perubahan Sosial: Teori, Faktor Pendorong, Dampak, Bentuk, dan Proses Perubahan Sosial - Ilmu Bahasa

Tuesday

Perubahan Sosial: Teori, Faktor Pendorong, Dampak, Bentuk, dan Proses Perubahan Sosial

Perubahan Sosial - Perubahan sosial bukanlah sesuatu yang harus dihindari karena hal itu pasti terjadi. Akan tetapi, agar tidak berdampak buruk pada lingkungan pergaulan kita, ada baiknya bila bisa menghindari dampak buruknya.

Berikut uraian singkat menganai perubahan sosial, termasuk faktor pendorong dan dampak yang harus diwaspadai.

                           Perubahan Sosial: Teori, Faktor Pendorong, Dampak, Bentuk, dan Proses Perubahan Sosial

Teori Perubahan Sosial

Sebelum mengetahui mengenai faktor pendorong dan dampak perubahan sosial, sebaiknya pahami dulu teori perubahan sosial. Berikut adalah teori perubahan sosial yang telah terkenal sejauh ini.

  • Teori Evolusi
Teori evolusi membicarakan tentang perubahan sosial mengacu pada teori Darwin dan Herbert Spencer. Menurut teori evolusi Darwin, perubahan sosial terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Tahapan perubahannya pun juga melalui tahapan ekstrim sampai mewujud berbagai macam wujud.

  • Teori Konflik
Teori konflik tentang perubahan sosial dibangun berdasarkan pemikiran Karl Marx dan Ralf Dahrendord. Dalam teorinya disebutkan bahwa perubahan sosial dapat terjadi karena adanya pertentangan diantara masyarakat.

Pertetangan itu mengawali permusuhan, kemudian terjadi tindakan penindasan, gangguan, dan hal itu dalam waktu yang sangat cepat dapat menimbulkan perubahan. Hal ini bergantung dari kestabilan sosial, yang juga dipengaruhi oleh kondisi keamanan lingkungan dan politik.

  • Teori Fungsional
Teori perubahan sosial selanjutnya dicetuskan oleh teori fungsional yang pertama kali dicetuskan oleh Willian Ogburn. Menurut teori fungsional, kecepatan perubahan terjadi dalam waktu yang berbeda-beda.

Hal itu dipengaruhi oleh unsur-unsur yang terjaga atau terancam oleh sesuatu hal. Ketika terjadi suatu ancaman, maka di sana bisa terjadi perubahan besar.

Unsur-unsur kehidupan masyarat ini umumnya akan saling berhubungan, maka jika salah satunya mengalami gangguan yang lain akan merasakan dampaknya. Oleh karenanya, sangat penting fungsi dari unsur-unsur kehidupan itu terjaga kestabilannya.

  • Teori Siklus
Perubahan sosial juga dijelaskan dalam teori siklus yang dipaparkan oleh Arnold Toynbee dan Oswald Spenger. Dalam teori siklus, perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di luar kendali masyarakat.

Dengan terpaksa masyarakat harus menerima perubahan itu. Teori siklus ini contohnya tahap perkembangan manusia. contoh lainnya ialah terjadinya bencana alam.

Siklus-siklus tersebut di luar kendali manusia. tidak ada yang dapat mengendalikan kehidupan dan kematian seseorang, demikian juga dengan datangnya bencana.

Contoh Perubahan Sosial

Setelah mengetahui teori perubahan sosial, berikut kami paparkan contoh perubahan sosial berdasarkan bentuknya.

  1. Perubahan berdasarkan struktural
Perubahan berdasarkan struktural adalah perubahan mendasar yang sudah biasa terjadi di antara struktur masyarakat. Contohnya ialah pergantian kepala desa, camat, bupati, Ketua RT, dan lain-lain.

  1. Perubahan Besar dan Kecil
Perubahan berdasarkan bentuk besar dan kecil ini dapat menimbulkan perubahan dan pengaruh besar pada masyarakat. Contohnya ialah industrialisasi, perubahan lifestyle karena akulturasi budaya luar negeri, pengaruh globalisasi.

  1. Perubahan Cepat dan Lambat
Perubahan sosial juga bisa dalam bentuk cepat dan lambat. Perubahan ini contohnya global warming atau perubahan kelas masyarakat. Keduanya dipengaruhi oleh perilaku masyarakat kita terhadap lingkungan hidup.

  1. Perubahan Diinginkan dan tidak diinginkan
Perubahan sosial bisa disebabkan oleh hal-hal yang diinginkan dan tidak dinginkan. Perubahan yang diinginkan pasti akan terjadi secara sengaja. Sebaliknya yang tidak diinginkan akan terjadi di luar kuasa masyarakat.

Perubahan yang diinginkan misalnya teknologi, alat komunikasi, jarak tempuh berkendara dan lain-lain. sementara perubahan yang tak diinginkan contohnya bisa berupa gangguan politik, teroris, kematian, dan lain sebagainya.

Pengertian Perubahan Sosial

Pengertian perubahan sosial dapat dibaca dari paparan pengertian perubahan sosial menurt para ahli berikut ini:

  • Mac Iver
Pengertian perubahan sosial menurut Mac Iver ialah perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial yang dapat merubah keseimbangan hubungan sosial.

  • William F. Ogburn
Pengertian perubahan sosial menurut William F. Ogburn ialah perubahan yang mencakup unsur kebudayaan sampai imaterial dalam wujud yang sangat besar sehingga mengubah perilaku manusia.

  • Emile Durkheim
Pengertian perubahan sosial menurut Emile Durkheim ialah perubahan yang terjadi dipengaruhi oleh faktor ekologis dan demografis. Perubahan juga terlihat dari kondisi tradisional menuju ke kehidupan modern yang mengandalkan teknologi otomatis.

  • John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin
Perubahan sosial menurut John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin ialah vaariasi cara hidup yang diterima masyarakat dipengaruhi oleh faktor geografis, material, ideologi, dan lain sebagainya.

  • Selo Soemardjan
Perubahan sosial menurut Selo Soemardjan ialah perubahan yang terjadi di berbagai lembaga masyarakat oleh faktor-faktor yang diinginkan dan tidak diinginkan. Dalam hal ini termasuk sosial, sikap, pola perilaku masyarakat, budaya, dan politik.

Faktor Pendorong Perubahan Sosial

Perubahan-perubahan sosial dapat terjadi karena faktor pendorong seperti berikut ini.
  • Adanya hubungan dengan kebudayaan negara atau bangsa lain sehingga terjadi akulturasi
  • Adanya sikap terbuka terhadap keinginan, budaya, gaya hidup, dan bahkan ideologi lain
  • Adanya sistem pendidikan formal yang memberikan kontribusi dalam penyaluran informasi dan ilmu pengetahuan
  • Adanya perubahan teknologi yang membuat masyarakat menyesuaikan diri
  • Adanya perubahan iklim atau demografi, seperti bencana alam yang membuat orang menyesuaikan diri
  • Adanya perkembangan orientasi di masa depan seperti perubaha politik, ekonomi, sosial dan budaya.
  • Adanya perubahan infrastruktur dan ekonomi di kalangan rakyat
  • Adanya komposisi penduduk heterogen mendorong terjadinya pertukaran informasi untuk saling mengenal satu sama lain
  • Adanya upaya individu untuk memperbaiki kehidupan pribadinya
  • Adanya rasa ketidakpuasan masyarakat terhadap lingkungan kehidupannya sendiri.

Dampak Perubahan Sosial

Dampak perubahan sosial bisa dirasakan di berbagai aspek kehidupan seperti di bawah ini:
- Terjadi kesenjangan sosial di antara masyarakat
- Terjadinya klasifikasi kelas ekonomi
- Terjadi ketimpangan kelas sosial
- Terjadi disintegrasi sosial
- Terjadi persaingan ideologi
- Terjadi konflik sosial di antara warga

Bentuk Perubahan Sosial

Bentuk-bentuk perubahan sosial ialah sebagai berikut:
  1. Bentuk Struktural
Perubahan dalam bentuk struktural ialah perubahan yang terjadi  di tengah masyarakat karena sudah mencapai batas waktunya. Perubahan ini dirasakan pada struktur dan sistem pemerintahan. Bisa juga dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

  1. Bentuk besar dan kecil
Perubahan sosial dalma bentuk besar dan kecil tergantung dari luasnya perubahan itu dirasakan atau terjadi di tengah-tengah masyarakat. Perubahan besar itu bisa berupa gaya hidup atau mata pencahariaan masyarakat yang awalnya masyarakat agraris menjadi masyrakat industri.

Perubahan kecil terjadi pada kehidupan sehari-hari, yang awalnya berpakaian sederhana, mulai berubah seperti menyesuaikan diri dengan budaya luar. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh arus informasi dan lain-lain.

  1. Perubahan dalam bentuk cepat dan lambat
Perubahan cepat dan lambat tergantung dari kondisi lingkungan. Hal ini berkaitan pula dengan proses revolusi.

Perubahan lambat itu seperti kondisi sejarah indonesia yang dulu sempat dijajah kemudian merdeka. Dibutuhkan waktu yang lama untuk masyarakat indonesia dapat membangun indonesia sesuai dengan identitasnya, bahkan sampai kini masih terus terjadi perubahan-perubahan.

  1. Perubahan dalam bentuk dikehendaki dan tidak dikehendaki
Perubahan ini terjadi karena adanya perubahan lingkungan yang disengaja maupun tidak disengaja. Sehingga hal itu membawa dampak pada kehidupan.

Perubahan yang dikehendaki biasanya sudah membuat orang dapat bersiap-siap menerima perubahan itu. sebaliknya, terhadap perubahan yang tidak dikehendaki orang umumya tidak siap dan mengalami banyak masalah untuk menyesuaikan diri.

Proses Perubahan Sosial

Proses perubahan sosial seperti dijelaskan di atas bisa terjadi dalam waktu singkat, lambat, atau butuh waktu yang sangat panjang sampai berabad-abad. Semua itu tergantung dari sebab yang melatarbelakangi perubahan tersebut.



Demikian pemaparan singkat mengenai perubahan sosial untuk anda. Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel diatas kepada orang-orang disekitar. Jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah. Kesan & pesan dari teman-teman adalah motivasi kami untuk selalu berkarya :)

 
❤ Tentang ☎ Hubungi Kami ✿ Daftar Isi ▲ Disclaimer ♛ Kebijakan Privasi
Back To Top